Trimegah Sekuritas, Keunggulan dan Cara Daftarnya

trimegah sekuritas

PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk, adalah salah satu perusahaan sekuritas di Tanah Air yang juga melantai di bursa saham. Kode saham perusahaan ini adalah TRIM. 

Tepat pada kuartal III 2019, TRIM membukukan laba bersih yang mencapai Rp 48 miliar. Jumlah ini jelas naik dibanding periode sebelumnya (kuartal III 2018) yang pada saat itu nilainya adalah Rp 47,1 miliar.

Sebagai anggota Bursa Efek Indonesia (BEI), Trimegah mengantongi izin sebagai penjamin emisi efek dan perantara dagang efek. Tepat pada Agustus 2019, pemberitaan di situs berita Investor Daily menyebutkan bahwa jumlah nasabah di perusahaan ini meningkat drastis dari yang awalnya cuma 16 ribu di Agustus 2018, menjadi 63 ribu!

Luar biasa ya kenaikannya! Hal itu disebabkan karena sekuritas ini mengembangkan platform digital yang mempermudah transaksi para investor, serta fasilitas e-learning bagi calon investor.

Tertarik membuka akun saham di Trimegah Sekuritas? Baca ulasan di bawah sini yuk biar paham.

Profil Trimegah Sekuritas

Trimegah Sekuritas bukanlah pemain baru di pasar modal. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1990 dengan nama PT Trimulya Securindolestari.

Saham Trimegah dipegang oleh Advance Wealth Finance, Ltd (51,13 persen), PT Union sampoerna (10,23 persen), Stephanus Turangan (0,03 persen), dan Masyarakat termasuk dewan direksi lainnya (38,62 persen)

Mereka memiliki anak usaha bernama PT Trimegah Asset Management, sebuah perusahaan manajer investasi dengan banyak produk reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, hingga reksa dana saham. Klien mereka bukan cuma nasabah perorangan lho, melainkan juga korporasi, lembaga keuangan dan dana pensiun.

Tepat pada April 2014, Trimegah juga aktif menjadi Agen Penjual Efek Reksa Dana bagi nasabah ritel. Alhasil, mereka melengkapi fasilitas transaksi online untuk pembelian reksa dana.

Seperti diketahui, sekuritas dengan kode broker LG ini punya banyak keunggulan. Mau tahu apa saja? Yuk cek di bawah sini. 

Kelebihan Trimegah Sekuritas

1. Buka akun di Trimegah Sekuritas sangat mudah

Gak ada yang ribet dalam proses membuka akun saham di Trimegah. Hal itu disebabkan karena prosesnya 100 persen bisa online, gak perlu mendatangi kantor perwakilannya pun bisa.

Selain itu prosesnya juga terbilang cukup cepat. Jika semua berkas yang dibutuhkan sudah diterima oleh Trimegah, maka proses pembukaan rekening efek dan rekening dana nasabah (RDN) cuma memakan waktu dua hari kerja. 

Mau tahu gimana cara buka rekeningnya? Kita akan bahas di sub bab artikel ini juga ya. 

2. Ada Trimegah e-Learning (TELL)

Nah ini dia fasilitas e-learning yang dibicarakan di atas. Kalau penasaran kunjungi saja situsnya di https://www.tell.co.id/

Situs ini memang ditujukan untuk para calon investor yang belum mengerti soal pasar modal. Mereka menyediakan banyak konten video bersifat edukasi yang bisa kamu akses secara gratis.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Baik nasabah maupun bukan nasabah bisa kok mengakses situs ini. 

3. Bisa beli reksa dana sekaligus obligasi

Ini dia yang jadi salah satu kelebihan sekuritas ini. Wajar saja, mereka punya anak usaha yang memiliki izin manajer investasi, dan juga aktif sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana. Selain reksa dana, obligasi pun bisa dibeli lewat aplikasi mereka lho. 

Trimegah memang sudah dipercaya Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan Republik Indonesia (DJPPR, Kemenkeu) sebagai satu-satunya sekuritas yang ikut serta dalam pilot project pembuatan mekanisme pemasaran SBN Ritel online. 

Di tahun 2020 ini, mereka mendapat kepercayaan dari Pemerintah RI untuk menjadi Mitra Distribusi Surat Berharga Negara ke investor ritel di Pasar Perdana Domestik Tahun Anggaran 2020. Produk yang diterbitkan tahun ini adalah Sukuk Ritel Seri SR012 Tahun 2020, dan dipasarkan pada tanggal 24 Februari – 18 Maret 2020.

4. Deposit awal murah

Trimegah Sekuritas merupakan salah satu perusahaan sekuritas dengan deposit awal ke RDN yang tergolong murah. 

Jika beberapa sekuritas menerapkan minimal deposit Rp 5 juta, Rp 10 juta, hingga Rp 25 juta, Trimegah hanya Rp 100 ribu saja. Kurang lebih sama seperti IndoPremier tentunya, karena nominal depositnya adalah Rp 100 ribu.

Akan tetapi, soal deposit ini ya jangan pelit-pelit amat deh. Kalau investasinya cuma Rp 100 ribu, tentu tak akan terasa keuntungannya. Setuju?

Trima, aplikasi trading saham Trimegah Sekuritas

Sekarang kita akan membahas Trima yang merupakan aplikasi trading milik Trimegah. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, lewat aplikasi ini kamu bisa langsung buka rekening efek dan RDN tanpa harus ke kantor Trimegah Sekuritas.

Selain itu, kamu bisa beli reksa dana sampai obligasi juga. Kurang lengkap apa coba! Satu aplikasi untuk tiga produk investasi sekaligus. 

Aplikasi ini sudah bisa digunakan untuk sistem operasi iOS, android, dan desktop. Gak perlu bingung lagi, pokoknya semua OS dijamin bisa.

Trima juga punya kelebihan. Mau tahu apa saja? 

1. Sangat user friendly

Aplikasi ini terbilang cukup ramah pengguna alias user friendly secara tampilan. Tentu saja keunggulan yang satu ini sangat berguna bagi para investor pemula yang baru saja membuat akun saham.

2. Seluruh aset investor akan terkonsolidasi di aplikasi ini

Nah ini juga merupakan fitur penting. Berhubung Trima menyajikan transaksi untuk saham, obligasi, dan reksa dana, maka aplikasi ini wajib menyajikan fitur informasi portofolio yang mumpuni.

Dalam Trima, investor bisa menikmati single portfolio view for multiple product. Jadi kesimpulannya, tampilan portofolionya gak bakal dipisah antara saham dan reksa dana.

Menarik bukan?

3. Bisa nabung reksadana secara otomatis

Trima menyediakan fitur auto-sweep, dengan fitur ini kamu bisa memindahkan uang di rekening ke reksadana pasar uang. Canggih kan!

Selain fitur auto-sweep, fitur-fitur umum seperti stock alert juga tersedia di Trima. 

4. Reksa dana bisa jadi jaminan untuk beli saham

Nah ini dia fitur yang terbilang cukup unik. Mengingat Trima adalah aplikasi yang mengkonsolidasikan seluruh aset nasabah atau para investornya, maka mereka bisa melakukan transaksi dengan cara menjaminkan reksa dana untuk membeli saham.

Cara buka akun di Trimegah Sekuritas

Sekali buka akun di Trimegah kamu akan punya tiga akun otomatis. Akun itu adalah akun saham, reksa dana, dan obligasi. 

Seperti yang dijelaskan di atas, cara buka akun di sini gampang banget deh! Ikuti saja langkah-langkahnya di bawah sini ya.

1. Lakukan registrasi di situs Trima tanpa harus download formulir

Trimegah Sekuritas melayani dua cara dalam membuka akun saham. Pertama adalah dengan cara offline atau mendatangi kantor perwakilan mereka, atau dengan cara online.

Khusus buat yang ingin buka akun online, pertama-tama, langsung saja isi data-data yang tertera di https://trima.trimegah.id/opening-account dan pastikan data-data yang kamu kirimkan adalah valid serta update. Gak perlu diunduh formulirnya, di situsnya saja bisa.

2. Upload dokumen-dokumen yang dibutuhkan

Jangan lupa untuk siapkan foto KTP, NPWP, dan halaman depan buku tabungan. Bila kamu gak punya NPWP, gak apa-apa kok, kamu masih bisa membuka rekening saham di sini. 

Berhubung proses registrasinya online, maka berkas-berkas ini bisa kamu unggah ketika melakukan registrasi. Tentu lebih praktis kan ketimbang harus mengirim ke kantor Trimegah.

3. Setelah registrasi berhasil, formulir akan dikirimkan ke emailmu

Setelah registrasi selesai, maka formulir registrasi rekening efek dan RDN akan dikirimkan ke email yang kamu cantumkan. 

Cetak formulir tersebut dan tandatangani. Dokumen-dokumen utama seperti formulir pendaftaran rekening efek harus dikirim ke kantor pusat Trimegah Sekuritas. 

4. Tunggu akun kamu jadi

Proses pembuatan rekening ini gak lama kok. Kabarnya malah cuma dua hari kerja saja. Jadi, tunggu saja ya prosesnya sampai selesai, ketika sudah jadi maka kamu bakal diberikan user ID sekaligus password untuk aplikasi Trima. 

Biaya transaksi di Trimegah Sekuritas

Jika biaya deposit awal di RDN ini adalah Rp 100 ribu, maka berapa biaya atau fee transaksi yang dibebankan Trimegah ke investor? 

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Biayanya gak mahal kok, 0,18 persen untuk beli, sementara itu 0,28 persen untuk jual saham. Gimana, cukup terjangkau kan?

Sementara itu, untuk jual beli reksa dana, investor akan dikenakan tergantung dari produk apa yang dia beli. 

Kantor Trimegah Sekuritas

Di mana lokasi kantor pusat Trimegah Sekuritas? Mari lihat tabel di bawah sini. Kita akan melihat alamat, serta nomor kontak dari perusahaan sekuritas ini.

Kamu pun bisa berkunjung ke kantor-kantor cabang mereka untuk mencari informasi soal update terbaru atau sekadar berkonsultasi bila ada beberapa kendala dalam proses transaksimu.

no Kantor Alamat No telepon
1 Head office  Gedung Artha Graha Lantai 18 & 19

 Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53

Jakarta 12190

t. +62 21 2924 9088t. +62 21 2924 9150

e. [email protected]

2 Jakarta, Pluit Office

 

 

Ruko Pluit Village No. 1

Jl. Pluit Permai Raya

Jakarta 14440, Indonesia

 

 

 

t. +62-21 6660 1456

f. +62-21 6660 1443

 

3 Jakarta, Kelapa Gading  Office

 

Rukan Boulevard Artha Gading

Blok A 7A No. 7

Jl. Boulevard Artha Gading

Jakarta 14240, Indonesia

 

 

 

 

t. +62-21 8061 7270

f. +62-21 4585 6418

 

4 Tangerang Office Ruko ITC BSD Blok R No. 43A

Jl. Pahlawan Seribu, Serpong

Tangerang 15322, Indonesia

 

 

 

t. +62-21 538 6700

f. +62-21 538 6767

5 Cirebon Office Hotel Grand Tryas Cirebon

Jl. Tentara Pelajar No. 103-107

Cirebon 45123, Indonesia

 

 

 

 

t. +62-231 833 2767

f. +62-231 833 2768

6 Surabaya Office

 

Gedung Calindo Lantai 1 

Jl. Mayjen. Sungkono No. 121

Surabaya 60189, Indonesia

 

 

 

 

t. +62-31 562 3720

f. +62-31 562 3775

7 Medan Office

 

 

Jl. Diponegoro No. 14F

Medan 20152, Indonesia

 

 

 

t. +62-61 410 00000

f. +62-61 452 0335

 

8 Malang Office

 

Jl. Pahlawan Trip No. 23 B-2

Malang 65112, Indonesia

 

 

t. +62-341 589 888

f. +62-341 561 959

 

9 Bali Office

 

 

Gedung Indovision Lantai 2 Unit M

Jl. Diponegoro No. 109

Denpasar 80114, Indonesia

 

 

t. +62-361 226 009

f. +62-361 248 960

 

10 Makassar Office

 

 

Jl. Karunrung No. 1F

Makassar 90113, Indonesia

 

 

t. +62-411 850 222

f. +62-411 870 861

 

11 Solo Office

 

Hotel Novotel

Jl. Slamet Riyadi No. 272

Solo 57131, Indonesia

 

 

 

t. +62-271 677 5590

f. +62-271 733 311

 

12 Pekanbaru Office

 

 

Gedung Graha Sucofindo Ground Floor

Jl. Jend. Ahmad Yani No. 79

Pekanbaru 28155, Indonesia

 

 

 

t. +62-761 859 710

f. +62-761 859 701

13 Semarang Office

 

 

Jl. M.H. Thamrin No. 112

Semarang 50134, Indonesia

 

 

 

t. +62-24 845 2333

f. +62-24 845 3989

Pilihan RDN di sekuritas ini gak banyak, cuma dua yaitu Bank Central Asia alias BCA, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Itulah informasi mengenai Trimegah Sekuritas, jika kamu masih bingung ingin investasi di instrumen apa, gunakan Kalkulator Profil Risiko untuk mengetahui instrumen investasi yang cocok buat kamu:

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →