Uang Giral: Pengertian, Jenis, Keunggulan, dan Kelemahan

Uang Giral

Uang giral bisa diartikan sebagai uang yang disimpan dalam rekening koran di bank umum dan bisa digunakan untuk transaksi pembayaran dengan menggunakan cek, giro, bilyet atau perintah bayar dengan periode tertentu. 

Pastinya, uang giral diterbitkan oleh bank umum dalam bentuk surat berharga dan telah dinyatakan sebagai alat pembayaran yang sah.

Namun berbeda dengan uang kartal, uang jenis ini tidak bisa digunakan untuk bertransaksi secara bebas setiap harinya. Meski begitu, banyak juga orang yang menganggap bahwa uang tersebut lebih praktis dan aman.

Proses Kemunculan Uang Giral

penghasilan tambahan

Uang giral kebanyakan digunakan di negara-negara maju karena dinilai lebih aman dan praktis bila dibanding uang kartal. Setidaknya ada tiga proses terjadinya uang giral yang akan dibahas seperti di bawah ini.

1. Primary deposit

Primary deposit merupakan uang giral yang proses terjadinya karena seorang menyimpan, menitipkan, atau menabung sejumlah uang kartal di bank. Setelah itu uang tersebut diubah menjadi uang giral.

2. Loan deposit

Loan Deposit merupakan proses uang giral yang terjadinya karena ada seseorang yang meminjam sejumlah uang di bank. Akan tetapi uang itu tidak digunakan melainkan disimpan di bank.

3. Uang kuasi

Uang kuasi merupakan uang giral yang terjadi ketika seorang menyimpan uang di bank dalam bentuk deposito berjangka atau tabungan berjangka. Uang itu tak bisa digunakan untuk membayar secara langsung karena harus diambil dahulu di bank maupun nonbank. 

Uang kuasi ini juga disebut dengan uang dekat karena bisa digunakan dengan waktu yang sudah ditentukan.

Jenis-jenis Uang Giral

Jenis-jenis Uang Giral

Ada lima jenis uang giral yang telah dikeluarkan oleh bank umum. Uang itu bisa kalian gunakan dalam melakukan transaksi. Adapun jenis-jenisnya sebagai berikut.

1. Cek

Cek merupakan surat berharga berupa perintah tertulis dari pemilik rekening kepada bank yang ditunjuk dalam membayarkan sejumlah uang.

2. Giro

Giro merupakan simpanan di bank yang penarikannya bisa dilakukan kapan saja dengan menggunakan cek maupun surat berharga lainnya.

3. Kartu kredit

Kartu kredit merupakan kartu yang dikeluarkan oleh perbankan agar penggunanya bisa bertransaksi tanpa membawa uang tunai. Pemegang kartu kredit harus membayar transaksi kepada bank penerbit kartu kredit tersebut.

4. Wesel pos

Wesel pos merupakan simpanan di bank yang bentuknya surat pos. Surat itu bisa digunakan untuk mengirimkan uang.

5. Bilyet 

Bilyet merupakan suatu formulir, nota, atau bukti tertulis lain yang bisa membuktikan suatu transaksi atau perintah dalam membayar. 

Keunggulan dan Kelemahan Uang Giral

Keunggulan dan Kelemahan Uang Giral

Ketika menggunakan uang giral, pasti kalian akan menemui keunggulan dan kelemahannya. Berikut penjelasannya.

1. Keunggulan uang giral

Dibandingkan menggunakan uang kartal, uang giral menyimpan beberapa keunggulan, yaitu: 

  • Sangat praktis untuk digunakan karena tidak perlu membawa-bawa uang tunai.
  • Jenis uang ini bisa diterima dalam jumlah yang tidak terbatas.
  • Menggunakan uang giral lebih aman dan praktis karena risiko kehilangan uang lebih kecil bila dibandingkan menggunakan uang kartal. 
  • Pada saat uang giral hilang, pemiliknya bisa melacak dengan melaporkan kepada bank terkait.
  • Besarnya pecahan jenis uang giral bisa ditentukan sesuai kebutuhan yang diinginkan.
  • Proses pemindahan uang giral bisa dilakukan dalam jumlah besar dengan biaya yang sangat murah.

2. Kelemahan uang giral

Memang banyak keunggulan yang diperoleh dari uang giral. Namun demikian, uang giral ini juga menyimpan setidaknya dua kelemahan, yaitu:

  • Tidak efektif bila digunakan untuk bertransaksi dalam jumlah kecil.
  • Tidak bisa diterima semua orang saat melakukan transaksi.

Begitulah kira-kira artikel ringkas terkait uang giral. Harapannya bisa membuat Anda memahami pengertian, jenis-jenis, hingga keunggulan serta kelemahannya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu transaksi keuangan Anda.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →