Hasil Jual Uang Kuno Indonesia Ini Bisa Buat Beli Rumah

uang kuno indonesia

Siapa yang menyangka bahwa uang kuno Indonesia memiliki nilai yang tinggi bahkan bisa memiliki harga yang fantastis hingga mencapai ratusan juta.

Tingginya harga tersebut pastinya bisa bikin siapa pun yang punya menjadi kaya mendadak bahkan bisa beli rumah dengan pembayaran langsung lunas. 

Lalu, apa saja uang kuno yang memiliki harga tinggi dan diburu kolektor? Biar tidak penasaran simak daftar lengkapnya di bawah ini.

Daftar Uang Kuno Indonesia Termahal

harga uang kuno indonesia

Uang adalah alat pembayaran atas barang atau jasa yang kita beli dan diakui secara bersama oleh masyarakat dan legalisasinya telah diatur oleh pemerintah. 

Nah, ngomong-ngomong soal uang, mau dapat uang cepat untuk membeli rumah? Coba saja menjual uang kuno Indonesia yang punya harga fantastis bahkan bisa mencapai ratusan juta. Yuk, simak berikut ini.

1. Uang kertas 500 gulden

Harga uang kertas yang beredar pada tahun 1933 hingga 1939 ini senilai dengan Rp30 juta lebih, lho.

Coba bayangkan dengan menjual uang kertas 500 gulden, kita sudah bisa membayar uang muka rumah ataupun membeli dua motor seharga Rp15 jutaan.

2. Uang kertas 1.000 gulden

Harga uang kertas yang beredar pada tahun 1933 hingga 1939 ini senilai dengan dijual dengan harga mencapai Rp100 juta.

Jumlah tersebut memang terkesan sangat besar, bayangkan saja jika kita memiliki setidaknya Rp10 ribu gulden dijamin kita sudah bisa membeli lunas sebuah rumah.

3. Uang kertas Rp100

Uang kertas keluaran tahun 1948 bergambar Soekarno ini ternyata memiliki nilai yang tidak kalah fantastis, yaitu mencapai hampir Rp100 juta.

Bayangkan saja, jika kita memiliki uang ini dalam jumlah banyak tentu kita sudah bisa membeli rumah beserta properti di dalamnya.

4. Uang kertas Rp5.000

Uang kertas keluaran tahun 1958 yang berdesain perempuan berkebaya memegang padi ini memiliki harga jual mencapai Rp10 juta. Jumlah tersebut pastinya sudah pastinya sudah bisa membayar DP rumah idaman, ya.

5. Uang koin 2,5 gulden

Uang koin 2,5 gulden yang dikeluarkan pertama kali tahun 1856 hingga 1945 ini memiliki harga jual per kepingnya mencapai Rp10 juta. Harga jual untuk koin yang sudah berumur 400 tahun ini memang tergolong mahal. Namun, melihat kelangkaan dan usianya tentu hal tersebut bukan masalah bagi kalangan kolektor.

6. Uang kertas Rp10 ribu seri Barong

Uang kertas Rp10 ribu seri Barong yang diterbitkan pada tahun 1975 juga memiliki harga yang mahal, lho yaitu bisa mencapai Rp4 juta. 

Punya satu aja uang ini kita sudah bisa membuka usaha rumahan yang menjanjikan.

7. Uang kertas 25 gulden

Uang kertas yang diterbitkan pada zaman pemerintahan VOC ini memiliki gambar berhiaskan wayang dan batik. Nah, untuk bisa mendapatkan uang ini, kolektor rela membayar mahal bahkan mencapai Rp5 juta per lembarnya, wow!

8. Uang kertas Rp500

Uang kertas keluaran 1959 pun tidak kalah tinggi nilai jualnya, bahkan bisa mencapai angka Rp1 juta per lembarnya. Uang kertas yang memiliki gambar ayam hutan hijau ini masih menjadi uang yang diburu banyak kolektor, lho.

9. Uang kertas Rp100 ribu

Pernah melihat langsung uang Rp100 ribu ini? Uang bergambar Soekarno dan Hatta yang terbit pada tahun 1997 ini sekarang sudah memiliki nilai jual mencapai Rp750 ribu, lho. Tertarik buat memilikinya?

10. Uang koin pecahan Rp200

Selain uang kertas, uang koin kuno Indonesia pun tidak kalah punya nilai jual tinggi, yaitu mencapai kisaran harga Rp500 ribu. 

Uang ini tergolong langka sebab hanya berjumlah 5.100 buah saja.

11. Uang koin pecahan Rp500

Uang terbitan tahun 1945 ini bahkan jauh lebih mahal dibanding uang pecahan Rp200 sebelumnya, sebab harga yang jual yang ditawarkannya bisa mencapai Rp600 ribu.

12. Uang koin pecahan Rp2.000

Selain uang yang beredar di masyarakat, terdapat juga uang khusus yang hanya dicetak spesial sebanyak 2.970 buah. Uang yang dikeluarkan pada tahun 1970 ini memiliki bobot hingga 4,93 gram dan bisa dipastikan harganya bisa mencapai angka jutaan tergantung dari harga emas saat ini.

Cara Jual Beli Uang Kuno Indonesia

Berminat membeli atau menjual uang kuno Indonesia? Yuk, ketahui bagaimana cara menjual dan membelinya di bawah ini.

1. Cara jual uang kuno Indonesia

Uang kuno terbilang memiliki harga jual yang tinggi. Banyak faktor yang bisa membuat uang kuno tersebut memiliki harga jual yang tinggi, di antaranya:

  • Kelangkaan dan tingkat kesulitan mendapatkan.
  • Kualitas dan kondisi uang, semakin mulus uang kuno tersebut maka semakin tinggi harga jualnya.
  • Waktu dan tempat pembelian, jika membeli di acara lelang tentu harga jual uang tersebut akan tinggi.
  • Variasi dari uang kuno tersebut, misalnya uang tersebut memiliki nomor seri yang cantik.

Faktor-faktor tersebut memang bisa menentukan harga sebuah uang kuno. Nah, jika kita memiliki uang kuno Indonesia dan uang yang dimiliki sesuai dengan faktor di atas. Berikut adalah cara jual yang bisa dicoba.

Menjual langsung

Menjual secara langsung merupakan cara yang paling efektif ketika akan menjual uang kuno Indonesia. Sebab kita bisa meminimalkan penipuan dan pastinya negosiasi harga bisa berjalan dengan baik serta tidak memakan waktu yang lama.

Menjual secara online

Jika ingin mendapatkan target pasar yang lebih besar bahkan sampai ke pelosok daerah, kita bisa memanfaatkan cara satu ini. Kita bisa memasarkan uang tersebut di media sosial maupun e-commerce ternama.

2. Cara beli uang kuno Indonesia

Jika kita termasuk orang yang mencoba mengoleksi uang-uang kuno Indonesia. Maka ketahui terlebih dahulu bagaimana cara membelinya, agar mendapatkan harga yang murah dan tidak terkena penipuan.

Tanya Lifepal - Untuk Pertanyaan Keuanganmu
Mengapa ekonomi di Indonesia krisis? Bagaimana cara menghadapinya?Saya Wisnu (30), seorang pekerja. Mengapa negara Indonesia bisa mengalami krisis ekonomi? Berdasarkan sumbernya, krisis ekonomi uang terjadi di suatu negara dapat bersumber dari domestik maupun beDijawab : Maryadi Santana, CFP® QWP®

Datang langsung ke tempat penjualan uang kuno

Dengan datang langsung, kita bisa melihat apa saja jenis uang kuno yang dijualkan beserta kondisi uang tersebut. Jika sudah mendapatkan uang yang diinginkan, maka kita bisa melakukan proses negosiasi harga. Nah, apabila kita pandai menawar maka harga murah pun bisa kita dapatkan.

Membeli secara online

Terkadang kita tidak bisa mendapatkan jenis uang yang diinginkan ketika datang langsung, baik karena stok yang sedang habis atau harga yang terlalu mahal. 

Jika sudah seperti ini, maka solusi terbaik adalah dengan membelinya secara online, di media sosial maupun e-commerce. Namun, sebelum membeli pastikan akun penjual tersebut merupakan akun yang bisa dipercaya, jangan lupa untuk mengecek testimoni dari pembeli-pembeli sebelumnya ya ketika akan membeli secara online.

Membeli di kolektor uang

Biasanya dengan membeli melalui kolektor, kita akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan di pasaran. APalagi jika membelinya dalam jumlah banyak, pastinya harga yang didapat jauh lebih murah.

Cara Bedakan Uang Kuno Indonesia Asli atau Palsu

uang kertas

Biasanya uang -uang kuno tidak memiliki fitur keamanan setinggi uang masa sekarang. Namun, kita bisa melakukannya dengan cara satu ini, yaitu dengan menggosok uang tersebut menggunakan pensil.

Bukan dengan menggosok secara kuat, melainkan dengan menggosok uang yang telah terlapisi kertas tipis kemudian menggosoknya secara perlahan-lahan. Maka dari hasil gosokan tersebut kita akan mendapati banyak gambar timbul, seperti:

  • Memperlihatkan tanda air dengan jelas.
  • Nominal uang.
  • Benang pengaman.
  • Ornamen yang digunakan pada uang tersebut.
  • Memperlihatkan lipatan pada uang kertas yang tidak dapat kita lihat dengan mata langsung.

Itulah daftar uang kuno Indonesia yang dengan harga termahal. Bayangkan saja, jika kita memiliki uang tersebut dengan jumlah yang banyak pastinya kita sudah bisa membeli rumah atau setidaknya kita sudah bisa membayar uang mukanya.

Memang uang kuno bisa menjadi sumber investasi yang menjanjikan, namun akan lebih menjanjikan lagi jika kita berinvestasi pula untuk kesehatan dan masa tua dengan menjadi peserta asuransi. Cek saja daftar berbagai macam asuransi dengan harga yang menarik di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →