Dianggap Kurang Efektif, 5 Negara Ini Lebih Dulu Hilangkan Ujian Nasional

ujian nasional di sebuah sekolah

Ujian Nasional masih menjadi isu yang hangat diperbincangkan dari tahun ke tahun. Salah satunya adalah bahasan soal apakah masih efektif untuk dipertahankan atau tidak. Beberapa waktu belakangan isu tentang penghapusan kembali menyeruak ke permukaan pasca Nadiem Makarim didapuk menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Itu (penghapusan UN) yang sedang kami kaji. Ditunggu kabarnya,”  terang Nadiem saat berada di Ballroom The Ritz-Carlton Hotel Kuningan, Jakarta Selatan pada tanggal 28 November 2019, mengutip dari Detik.

Saat ini, pihak Kemendikbud juga tengah melakukan upaya sinkronisasi antara sistem pendidikan dan dunia industri terutama di Tanah Air.

“Juga arahan Pak Presiden untuk menciptakan link and match antara sistem pendidikan kita dan apa yang dibutuhkan di dunia industri dan lain-lain. Untuk mencapai itu, ada beberapa hal yang satunya adalah deregulasi dan debirokratisasi dari semua instansi unit pendidikan,” tambahnya.

Rumor penghapusan UN sebetulnya udah menjadi persoalan yang sering dibahas. Hanya aja karena realisasinya perlu kajian yang mendalam, maka sampai sekarang masih belum terwujud.

Walaupun masih menjadi pro dan kontra, penghapusan Ujian Nasional ternyata udah dilakukan terlebih dahulu di beberapa negara berikut ini lho:

Baca juga: Segini Biaya Pendidikan Program Sarjana Universitas Indonesia Tahun 2019

1. Finlandia

tidak ada ujian nasional di finlandia
Seorang siswi sekolah di Helsinki, Finlandia, melakukan eksperimen kimia di laboratorium pusat pendidikan. (Shutterstock)

Negara pertama yang meniadakan Ujian Nasional sebagai penentu kelulusan siswa adalah Finlandia. Di sana, anak-anak diberi waktu lebih banyak untuk bereksplorasi untuk bermain dibandingkan harus belajar membuka buku seperti di Indonesia.

Bahkan, sistem kurikulum Finlandia juga meniadakan Pekerjaan Rumah (PR) untuk para siswanya. Dengan begitu, para murid diberi waktu lebih untuk menemukan bakat atau passion yang dimiliki dalam dirinya sendiri.

Gak aneh kalau sistem pendidikan Finlandia menjadi salah satu yang terbaik di dunia hari ini.

Baca juga: Megah dan Lengkap, Berapa Biaya Pendidikan di Ponpes Azzikra Milik Arifin Ilham?

2. Australia

tidak ada ujian nasional di australia
Sekelompok siswa sekolah sedang melakukan olah raga atletik. (Shutterstock)

Kedua, ada negara tetanggia Indonesia yakni Australia. Di negeri Kanguru tersebut, alih-alih mengadakan Ujian Nasional yang menentukan apakah seorang siswa layak lulus atau gak, mereka justru mengadakan ujian untuk penentuan jurusan pendidikan selanjutnya.

Hal itu dirasa lebih cocok untuk menemukan keinginan siswa untuk bekerja di bidang apa nantinya.

Baca juga: Biaya Pendidikannya Mahal, tapi 4 Profesi Ini Lama Dapat Kerja

3. Jerman

tidak ada ujian nasional di jerman
Sekelompok pelajar di Jerman. (Shutterstock)

Negara selanjutnya yang meniadakan Ujian Nasional adalah Jerman. Pemerintah yang dipimpin oleh Kanselir Angela Merkel itu lebih condong memberikan fasilitas yang memadai kepada para siswa dari jenjang TK hingga Universitas dibandingkan harus mengeluarkan biaya untuk UN.

Malahan, di tingkat perguruan tinggi, banyak Universitas terkemuka yang membebaskan mahasiswa atau mahasiswi dari biaya kuliah alias gratis.

4. Kanada

tidak ada ujian nasional di kanada
Seorang siswi Kanada sedang belajar di kelas. (Shutterstock)

Keempat, ada negara Kanada yang gak memiliki sistem Ujian Nasional sebagai penentu seorang siswa layak lulus atau tidak. Sebab, di sana, sekolah udah memiliki mutu dan kualitas yang terbilang sama antara satu daerah dengan daerah yang lainnya.

Sehingga, gak perlu lagi deh ujian yang diadakan oleh pemerintah pusat.

5. Amerika Serikat

tidak ada ujian nasional di amerika serikat
Sekelompok pelajar di Amerika Serikat berlarian di lorong sekolah. (Shutterstock)

Terakhir, ada Negeri Paman Sam yang meniadakan sistem Ujian Nasional di setiap akhir periode pembelajaran. Tapi untuk bisa menembus Universitas favorit kamu harus tetap mengikuti serangkaian ujian mandiri yang tentunya lumayan sulit.

Nah itulah 5 negara yang meniadakan Ujian Nasional sebagai penentu kelulusan siswa. Kamu sendiri pro atau kontra nih dengan hal tersebut? (Editor: Ruben Setiawan)