Ukuran Ban untuk Velg Lebar 7 Inch dan Daftar Harganya

ukuran ban untuk velg lebar 7 inch

Bagi sebagian pemilik mobil seringkali kepikiran ingin mengganti velg dan ban dari versi standar yang ditetapkan oleh produsen mobil dengan berbagai alasan. Mulai dari agar tampilan mobil lebih segar hingga karena ingin ikut kompetisi. Lalu, bolehkah mengganti ukuran ban untuk velg lebar 7 inch?

Perlu kamu ketahui jika mengganti ukuran velg dan ban tidak boleh asal-asalan. Ada aturan yang perlu diketahui agar modifikasi kamu tetap mendukung safety dari mobil kamu.  

Ada rumus sederhana dalam menghitung ukuran velg agar mobil tetap aman dan nyaman saat dipakai sehari-hari. Idealnya, batas toleransi maksimal saat mengganti velg ke ukuran yang diinginkan adalah maksimal 3 inci lebih besar dari ukuran velg standar mobil.

Misalnya, ukuran ban untuk velg lebar 7 inch dengan ring velg ukuran 15 , maka ukuran velg maksimal yang bisa digunakan jika ingin modifikasi adalah ring ukuran 10 inch. Hal ini penting agar tidak sampai mengganggu performa mobil, kenyamanan saat dikendarai dan juga komponen suspensi. 

Sedangkan jika kamu ingin ganti ukuran ban (inch-up), maka prosedurnya tidak boleh menambah ukuran ban mobil  lebih dari 3 persen agar tidak mengganggu kinerja odometer.

Harga ban mobil untuk velg lebar 7 inch dan mereknya

Tergantung mobil yang kamu miliki, harga ban mobil untuk velg yang lebarnya 7 inch dapat sangat beragam. 

Apalagi di Indonesia ada banyak merk ban mobil dan velg yang menjual ukuran tersebut. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut, dikumpulkan dari berbagai situs marketplace di Indonesia:

NamaHarga untuk 4 pcs Velg
Enkei RPF1 Ring 16 lebar 7 4×100Rp4.500.000
MAHAWA JT1552 HSR R15 lebar 7 inch Pcd 5X114,3Rp5.100.000
HSR Botawa r16 lebar 7 inch Pcd 4X100-4X1143Rp5.300.000
RAI S1 R16 Lebar 7 inch Pcd 8X100-114.3Rp4.800.000
HIROSHIMA HSR Ring16x7 inch Pcd 8×100-114,3Rp5.600.000
HSR Hyura Boroko 01 Ring16x7 inch Pcd 8×100-114,3Rp5.100.000
HSR LABANG 5120 R16 Lebar 7 inch Pcd 4X100 4×114,3Rp5.300.000
HSR LAMIKA R16X7 inch Pcd 8X100-114,3Rp5.200.000
HSR OISHI L082 R16 Lebar 7 inch Pcd 5×112Rp5.300.000
HSR RUPAT Ring16x7 inch Pcd 8×100-114,3Rp6.500.000

Cara menentukan ukuran ban yang ideal saat ganti velg

Mengganti ukuran ban atau velg seringkali disebut sebagai prosedur inch-up. Agar sukses melakukan hal ini, kamu harus tahu cara membaca ukuran ban terlebih dahulu agar bisa menghitung diameter ban baru dengan benar.

Contoh ukuran ban 185/65 R14 yang dibaca sebagai berikut:

  • Lebar tapak ban 185 mm
  • Nilai rasio tinggi dinding ban 65% dari lebar tapak ban atau sama dengan = 185×65% = 120,25 mm atau 4,7 inch (dikonversi ke inch)
  • Kode R menandakan ban memiliki konstruksi Radial
  • Angka 14 merupakan diameter velg dalam satuan inch
  • Lalu bagaimana cara menentukan ukuran ban ideal saat ganti velg?

    Agar perubahan ban tidak memengaruhi odometer, maka perubahan diameter ban yang diperbolehkan adalah 3 persen dari angka standar. Lalu jika menggunakan ukuran ban di atas, maka diameter ban baru jika ingin modifikasi mobil adalah sebagai berikut.

    =Tinggi dinding ban bagian atas + diameter velg + Tinggi dinding ban bagian bawah

    =4,7 inch + 14 inch + 4,7 inch

    = 23,5 inch

    Jadi angka tersebut bisa jadi patokan jika ingin inch-up ban dan velg mobil kamu.

    Efek jika memodifikasi ukuran ban dan velg mobil

    Mengganti ban mobil bawaan dari pabrikan dengan ukuran ban yang lebih besar dan diameter velg yang lebih besar dapat berpengaruh pada diameter ban secara keseluruhan dan juga faktor keselamatan dalam berkendara. 

    Prosedur inch-up ini sudah lazim dilakukan pemilik mobil, namun kadang ada sebagian yang kurang memperhatikan sisi safety dari tindakan tersebut, seperti:

    1. Ukuran velg terlalu lebar dan tidak mengikuti rumus inch-up sehingga melebihi lebar ban

    Lebar velg standar bawaan dari produsen biasanya sudah dihitung sempurna dengan ukuran ban yang dipakai. Biasanya lebarnya berkisar 78% dari lebar tapak ban agar velg bisa terpasang sempurna di ban.

    Misalnya ban berukuran 185/65 R14 memiliki ukuran lebar velg standar 5,5 inch yang bisa diganti dengan velg dengan lebar maksimal 6  inch agar tetap sempurna terpasang di ban. Namun jika kamu menggantinya dengan velg yang punya lebar lebih besar dari 6 inch, maka ban kamu akan terlihat menggembung seperti donat.

    Secara visual mungkin terlihat menarik, namun dari sisi safety-nya sangat berbahaya karena bagian heel ban tidak duduk sempurna di velg dan bisa terlepas saat mobil melewati tikungan tajam atau saat pindah lane (jalur) di jalan.

    Selain itu, karena lebar velg melebihi ukuran ban, maka velg bisa dengan mudah tergores trotoar atau permukaan kasar lainnya. Hal ini tentu lumayan menyakitkan karena harga velg rata-rata per 1 pc-nya adalah di atas Rp 1 juta.

    Dapatkan perlindungan finansial dari asuransi mobil supaya kamu terjamin dari mahalnya biaya servis dan perbaikan di bengkel. Berkat asuransi mobil, tabungan dan investasimu tetap aman.

    2. Mengubah sudut kemiringan ban, terutama ban belakang

    Jika kamu mengganti ban dengan yang ukurannya lebih besar tanpa menghitung kenaikan ukuran dengan benar, maka akan menghadapi ketersediaan ruang roda yang tidak cukup.

    Biasanya untuk mengakalinya ban akan dibuat lebih miring agar pas dengan sudut kemiringan ban dan memotong atau membuat ruang roda jadi lebih renggang. 

    Hal ini akan membuat tingkat keausan ban yang tidak rata karena ban miring. Kondisi ini juga dapat membuat mobil kamu tidak stabil karena geometri rodanya jadi berubah.

    3. Ground clearance menjadi lebih tinggi

    Jika penggantian ukuran ban dan velg tidak akurat, maka angka ground clearance mobil juga bisa ikut berubah jadi lebih tinggi. 

    Hal ini tentu bisa membuat mobil kamu jadi kurang stabil dan efek aerodinamis mobil pun jadi berubah.

    4. Diameter ban berubah sehingga angka odometer jadi tidak akurat

    Penggantian ban dan velg ke ukuran lebih besar dari yang standar dapat mempengaruhi diameter ban secara menyeluruh. 

    Jika tidak sesuai dengan aturan pergantian ban yang benar, maka hal ini bisa membuat angka odometer jadi tidak akurat.

    Promo 15 Tahun Desktop
    Promo 15 Tahun Mobile

    5. Jika mengganti velg tanpa mengganti ban

    Ini merupakan hal yang tidak dianjurkan karena jika memang kamu ingin mengganti ukuran lebar velg misalnya dari 7 inch ke 8 inch, maka juga harus diikuti dengan perubahan ukuran lebar ban gar mobil kamu tetap aman dan nyaman dikendarai.

    Jika kamu menggunakan velg baru tanpa mengganti ban, maka:

    • Lebar tapak ban akan ikutan meningkat dan dinding ban jadi lebih tipis
    • Berkendara dengan ban mobil tipis akan pengaruhi kenyamanan kamu karena peredaman akan terasa lebih keras
    • Hal ini bisa berdampak pada performa mobil karena beban mesin jadi lebih berat
    • Konsumsi bahan bakar pun akan ikutan terpengaruh
    •  Velg baru yang harganya lumayan pun bisa rusak atau peyang jika terkena benturan atau tancap gas menerjang lubang atau polisi tidur di jalan

    Tips sebelum mengganti velg mobil

    Sebelum kamu memutuskan mengganti velg dengan ukuran yang lebih besar atau model lain, perhatikan tips berikut ini yuk!

    • Perhatikan diameter ring velg
    • Ketahui lebar velg yang tepat
    • Ukuran PCD velg
    • Center Bore atau lubang yang ada di tengah velg yang nantinya akan duduk di center hub
    • Offset atau angka besar permukaan tengah velg yang menjorok ke dalam atau ke luar

    Hal-hal di atas perlu diperhatikan demi keselamatan kamu saat berkendara tanpa mengurangi nilai estetik mobil ya. 

    Pentingnya memiliki asuransi mobil

    Punya asuransi mobil tentu saja sangat penting untuk mengcover biaya-biaya perbaikan yang mungkin muncul jika mobil bermasalah. 

    Kamu pastinya tidak akan tahu kapan mobil akan rusak atau perlu dibawa ke bengkel untuk perawatan rutin maupun perbaikan komponen. Biayanya pun tidak mungkin kecil.

    Nah, dengan memiliki asuransi mobil, terutama asuransi mobil all risk yang akan mengcover biaya perbaikan dan perawatan, maka kamu akan jauh lebih tenang jika mobil kenapa-kenapa. Uang tabungan kamu pun akan lebih aman karena tidak akan terpakai untuk biaya bengkel mobil karena ada asuransi yang siap mengcover.

    Maka dari itu penting untuk memiliki asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa mencoba kuis asuransi mobil terbaik berikut untuk tahu produk asuransi mobil yang cocok buatmu.

    Meski demikian, jika ingin memodifikasi mobil yang sebelumnya sudah diasuransikan, maka kamu perlu konsultasi dan mendapat persetujuan dari asuransi terlebih dahulu. 

    Pasalnya modifikasi mobil at some point dapat menggugurkan polis asuransi, sehingga bisa saja biaya kerusakan mobil karena modifikasi tak lagi penuh dicover asuransi.

    Jika sudah begini  tentu kamu akan rugi, bukan?

    Nah, jalan terbaik jika ingin modifikasi mobil dengan cara mengganti ban mobil dan juga velg adalah melaporkan dan konsultasi dengan asuransi terlebih dahulu agar polis asuransi tidak bermasalah nantinya.

    Jika kamu tetap modifikasi tanpa konsultasi ke pihak asuransi, maka klaim jika ada kerusakan akibat proses modifikasi bisa saja ditolak oleh pihak asuransi.

    Pelaporan ini diperlukan supaya asuransi bisa mengetahui apakah modifikasi yang dilakukan dapat meningkatkan profil risiko atau tidak. 

    Promo Car Brand Lifepal Desktop
    Promo Car Brand Lifepal Mobile

    Hal ini pun sudah tercantum pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) Pasal 8 dimana bunyinya pemilik harus memberitahukan ke pihak asuransi setiap keadaan yang memperbesar resiko mobil yang dijamin.

    Jadi, bukan kamu dilarang untuk melakukan modifikasi pada mobil sendiri, namun sebelumnya harus lapor dan konsultasi ke pihak asuransi dulu ya agar polis asuransi kamu tetap mengcover semua biaya-biaya yang mungkin muncul dari perawatan dan perbaikan mobil.

    FAQ seputar ukuran ban untuk velg lebar 7 inch

    Apakah jika ingin ganti ban ke ukuran lebih besar juga harus ganti velg?

    Tentu saja. Tapi perlu diperhatikan untuk memilih ukuran velg dan ban yang sesuai agar mobil kamu tetap nyaman dan aman saat dikendarai.

    Lebar velg 7 inch biasanya menggunakan diameter velg ukuran berapa?

    Untuk lebar velg 7 inch, biasanya besar ring-nya berkisar di angka 15 inch sampai 16 inch tergantung pabrikan velg yang kamu incar.