Gak Cuma Jokowi, Ini 5 Pemimpin Negara yang Juga Lahir di Bulan Juni

ulang tahun jokowi

Hari ini, tepat 21 Juni 2019 merupakan hari ulang tahun Jokowi. Presiden RI ke-7 ini genap berusia 58 tahun.

Jokowi lahir dari keluarga sederhana di Solo. Kisah hidupnya dulu gak secemerlang kariernya sekarang. Bahkan, saat kecil dulu ia pernah bekerja sebagai pedagang, kuli panggul, hingga ojek payung untuk membantu perekonomian keluarga sekaligus mencari uang saku untuk jajan.

Beruntung, masa-masa sulit itu bisa ia lewati dengan kerja keras dan keringat. Kecerdasannya pun tak perlu diragukan lagi, saat ia berhasil masuk ke perguruan tinggi negeri favorit Universitas Gadjah Mada di jurusan Kehutanan. Bermodalkan ilmunya semasa kuliah, suami dari Iriana itu akhirnya memberanikan diri untuk menjadi pengusaha mebel.

Dengan penuh kesabaran dan ketekunan, akhirnya usaha mebelnya sukses menembus pasar internasional hingga ke Eropa dan Amerika Serikat. Menyandang predikat pengusaha sukses, ia pun semakin percaya diri untuk mencalonkan diri sebagai Walikota Solo di tahun 2005.

Menjadi Walikota Solo sukses membuka pintunya untuk berkarier di jenjang politik yang lebih tinggi lagi. Pada tahun 2012 ia berhasil melenggang ke kursi Gubernur DKI Jakarta, dan di tahun 2014 sukses menduduki kursi pemimpin tertinggi di negara sebagai Presiden RI.

Selama karier kepemimpinannya sejumlah prestasi telah ditorehkannya

Baca juga: Jokowi Hingga Donald Trump! 5 Presiden Dunia Ini Punya Hobi Otomotif

Penghargaan bergengsi Joko Widodo

ulang tahun jokowi
Jokowi dan cucunya. (Instagram/@jokowi/Agus Suparto)

Di hari ulang tahun Jokowi ini menarik untuk membahas prestasi atau penghargaan yang pernah diraih bapak tiga anak ini. Berbagai prestasi pernah diperoleh, sejak ia menjabat sebagai Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga ketika menjadi Presiden.

Di tahun 2013, ia pernah mendapat predikat sebagai walikota terbaik ketiga di dunia. Penghargaan diberikan oleh The City Mayors Foundation, sebuah yayasan walikota dunia yang berkantor pusat di Inggris.

Dikutip dari VOA, Jokowi diberikan penghargaan tersebut atas jasanya mengubah wajah Solo yang tadinya kota dengan banyak tindak kriminal, menjadi kota seni dan budaya. Tangan dinginnya selama dua periode memimpin membuat Solo ramai dikunjungi oleh turis internasional.

Di bawah Jokowi, ada banyak walikota negara-negara maju yang meraih penghargaan sejenis, seperti Ragis Labeaume Walikota Quebec City Kanada, John Cook Walikota El Paso Amerika Serikat, dan Park Wan-su Walikota Changwon City Korsel.

Saat menjabat sebagai Presiden RI, Jokowi kembali mendapatkan penghargaan internasional,  kali ini dari Afghanistan. Mantan Walikota Solo itu mendapatkan penghargaan Khazi Amanullah Khan, sebuah medali penghargaan tertinggi atas keberaniannya dalam menjaga perdamaian dunia termasuk di Afghanistan.

Baca juga: Punya Truk hingga Mercy, Ini Deretan Koleksi Kendaraan Pribadi Milik Jokowi

Pemimpin dunia yang lahir di bulan Juni

ulang tahun jokowi
Jokowi dan Jan Ethes. (Instagram/@jokowi)

Ternyata gak cuma ulang tahun Jokowi saja yang berlangsung di bulan Juni. Ada banyak pemimpin dunia, termasuk pemimpin-pemimpin pendahulu di Indonesia yang juga berulang tahun di bulan Juni. Oleh sebab itu, bulan Juni ini sering disebut sebagai bulannya para pemimpin. Nah siapa saja sih mereka?

1. Presiden Soekarno

ulang tahun jokowi
Presiden RI ke-1, Soekarno. (Shutterstock)

Bapak proklamator, salah satu pendiri negara, sekaligus Presiden RI pertama ini juga lahir di bulan Juni. Presiden Soekarno lahir tepat tanggal 6 Juni 1901 dengan nama Koesno Sosrodihardjo. Beliau lahir di Surabaya, Jawa Timur dari keluarga terdidik dan bangsawan. Ayahnya merupakan seorang guru dan ibunya adalah seorang bangsawan dari Bali.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Karena sering sakit-sakitan, nama Koesno Sosrodihardjo pun diganti menjadi Soekarno. Soekarno juga dikenal sebagai ayah kandung dari Presiden RI ke-5 Megawati Soekarno Putri

2. Presiden Soeharto

ulang tahun jokowi
Presiden RI ke-2 Soeharto. (Shutterstock)

Selain sama dengan Soekarno, ulang tahun Jokowi juga sama bulan dengan Presiden RI ke-2 Soeharto. Presiden Soeharto lahir pada tanggal 8 Juni 1921 di Kemusuk, Bantul. Berbeda dari Soekarno, Soeharto justru lahir dari keluarga yang sederhana.

Ayahnya hanyalah seorang petani dan pembantu lurah. Tapi, keterbatasan itu gak menghalangi niatnya untuk memperoleh pendidikan tinggi. Ia pun berhasil mengikuti Sekolah Bintara dan resmi menjadi prajurit TNI di tahun 1945.

Karier militernya pun moncer, pernah memimpin salah satu pasukan yang merebut kembali Kota Yogyakarta dari tangan penjajah Belanda. Pernah juga menjadi pengawal Panglima TNI Jenderal Sudirman, hingga akhirnya menjadi Presiden RI di tahun 1968.

3. Presiden BJ Habibie

ulang tahun jokowi
Presiden RI ke-3. (Instagram/@habibiecenter)

Anak bangsa yang dikenal jenius ini dilantik menjadi Presiden RI ke-3 pada tahun 1998. Kala itu krisis ekonomi dan juga kekacauan tengah melanda Indonesia. Masyarakat dan aktivis turun ke jalanan menuntut Presiden Soeharto yang telah memimpin selama tiga dasawarsa untuk mundur dari jabatannya. BJ Habibie yang saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden pun naik menggantikan posisi Soeharto.

Habibie merupakan seorang intelektual, ahli teknik di bidang penerbangan yang telah memiliki ratusan penemuan yang telah dipatenkan. Habibie lahir pada tanggal 25 Juni 1936.

4. Donald Trump, (Presiden AS)

ulang tahun jokowi
Presiden AS, Donald Trump. (Instagram/@realdonaldtrump)

Dari Indonesia mari kita bergeser ke berbagai belahan bumi lainnya. Bulan ulang tahun Jokowi ternyata juga sama kayak Presiden AS Donald Trump. Pengusaha properti yang dikenal dekat dengan konglomerat Hary Tanoe ini lahir pada tanggal 14 Juni 1947.

5. Xi Jinping (Presiden China)

ulang tahun jokowi
Presiden China. (Instagram/@jin_pi_xing)

Seolah gak mau kalah nih sama musuh bebuyutannya, Amerika Serikat, Presiden China Xi Jinping juga lahirnya di bulan Juni, bahkan tanggalnya hampir samaan kaya Donald Trump. Xi lahir pada tanggal 15 Juni tahun 1953 di Beijing.

Xi terlahir dari keluarga elite, ayahnya adalah pahlawan revolusi komunis. Tapi karena konflik politik, ia dan keluarganya terpaksa diasingkan oleh pemerintahan Mao Zedong. Xi pun akhirnya hidup terpencil di sebuah gua di desa Liangjiahe dan terpaksa menjadi petani untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Itulah lima tokoh yang bulan kelahirannya di bulan Juni, alias sama seperti ulang tahun Jokowi. Selain kelima nama itu, masih banyak lagi sebenarnya tokoh-tokoh yang lahir bulan ini, seperti George H. W. Bush, tokoh revolusi Kuba Che Guevara, sampai mantan PM Pakistan Benazir Bhutto. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →