Undangan Nikah Murah Tapi Berkesan dan Elegan, Coba 6 Trik Ini

Jelang hari pernikahan, hampir semua persiapan udah kelar. Nah, tinggal mikirin undangan nikah aja nih.

Penginnya sih bikin undangan nikah yang unik tapi apa daya bujet jadi halangan. Eits, sebenarnya kamu bisa bikin undangan yang berkesan tapi bujet ditekan.

Simak 6 tips dan trik berikut saat pilih undangan nikah buat pesta pernikahan kamu dan pasangan nanti.

[Baca: Pesta Pernikahan Murah Meriah, Simak Deh 6 Trik Sederhana Berikut]

1. Desain dan cetak sendiri

Punya teman atau kamu sendiri jago desain? Kamu bisa manfaatkan skill ini buat desain undangan sendiri. Kemudian, kamu cetak sendiri undangan tersebut.

undangan nikah
Contoh kertas jasmine (katalog)

Kamu bisa pilih kertas jenis jasmine yang dibanderol cuma sekitar Rp 300 per lembar ukuran A5. Kalau pengin yang lebih unik, cobain kertas jenis samson kraft yang dibanderol cuma Rp 165 per lembar.

undangan nikah murah
Kertas samson kraft (Blogspot)

Buat 1.000 undangan kamu cukup keluar Rp 300 ribu aja buat kertasnya. Namun kamu punya desain unik.  Malah kalau pilih model yang lebih vintage yaitu kertas samson kraft, kamu cuma bayar Rp 165 ribu buat 1.000 undangan.

[Baca: 6 Ide Konsep Pernikahan yang Dijamin Unik dan Gak Ngabisin Duit]

2. Cari template undangan gratis di Internet

Gak jago desain atau merasa gak enak buat minta tolong teman yang jago desain? Coba cari aja template undangan pernikahan gratis di Internet.

Template ini adalah desain undangan pernikahan yang bisa kamu utak-atik informasinya. Jadi, kamu gak perlu mendesain, cukup tambahkan informasi mengenai hari pernikahan kamu.

Beberapa website yang menyediakan template gratis ini, antara lain LoveandLavender.com, clementinecreative.co.za, dan beberapa situs lainnya.

Lewat situs tersebut, kamu cukup lengkapi formulir yang disediakan buat isi nama kamu dan pasangan dan informasi pernikahan. Kemudian, kamu unduh dan cetak undangannya.

3. Hindari emboss pada undangan pernikahan

contoh undangan pernikahan
Undangan dengan tinta emboss (enhapapercard)

Emboss pada undangan pernikahan adalah finishing font timbul pada kertas undangan tersebut.

Emang sih finishing dengan teknik emboss ini bikin undangan terlihat mewah. Akan tetapi, ada rupa ada harga, kan? Buat menekan bujet undangan nikah, lupakan jasa emboss ini.

4. Tulis tangan aja

undangan pernikahan unik dan murah
Unik, kan? Tiada duanya deh (ohsobeautifulpaper)

Kamu punya tulisan tangan yang indah? Atau, kamu punya teman yang jago hand-lettering alias menggambar huruf?

Cara ini khususnya cocok buat pasangan menikah yang gak undang banyak orang. Misalnya, sekitar 100 atau 200 orang. Jika masih sebatas itu, bikin undangan dengan tulis tangan boleh kamu coba.

Tinggal tambahkan beberapa aksesoris yang mempercantik undangan deh. Simak poin berikut.

[Baca: Souvenir Pernikahan Murah di Bawah Rp 5 Ribu? Cek 5 Situs Ini]

5. Crafting dengan bikin hiasan pelengkap undangan

undangan pernikahan simple
Gak perlu amplop, tinggal gulung (emdotzee)

Biar undangan nikah yang udah jadi semakin cantik, coba deh hiasan lucu seperti pita, tali rami, atau tambahan kain jute atau burlap.

Tali rami misalnya, dibanderol cuma Rp 20 ribu untuk 50 meter-nya. Bahan ini khususnya cocok buat undangan tema vintage seperti gambar di bawah ini. Nah, kamu bisa padukan dengan kertas undangan berbahan samson kraft.

6. Kreatif gunakan bahan daur ulang

desain undangan pernikahan simple dan elegan
Simpel, murah dan elegan (ipunya)

Pengin undangan nikah yang lebih kreatif? Coba kreasikan barang-barang yang udah gak terpakai.

Contoh, kamu bisa coba model undangan nikah dari kaset CD (compact disc) bekas yang udah rusak. Di Tokopedia, kamu bisa dapatkan limbah CD ini cuma Rp 100 per keping.

Selanjutnya, kamu bisa tempelkan kertas undangan pada kepingan CD tersebut. Jadi deh undangan unik tapi murah!

Hari gini bikin undangan nikah gak mesti mahal, kok. Yang penting kamu bisa asah kreativitas, yakin deh undangan pernikahan kamu bisa terlihat unik bahkan mewah dengan bujet terbatas.

[Baca: Yang Mau Nikah, Simak Tips Menyebar Undangan Pernikahan Murah Ini]

Nah, setelah undangan udah jadi, saatnya buat kirim-kirim.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →