Mengenal Kontrak Unilateral Asuransi dan Perbandingannya

unilateral asuransi

Asuransi menjadi salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat luas saat ini. Jenis asuransi itu sendiri juga sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam sebuah layanan asuransi, klien yang melakukan pembelian perlu mempelajari kontrak asuransi. Salah satunya adalah kontrak unilateral asuransi yang akan dibahas lebih lengkap di sini. 

Kontrak atau perjanjian asuransi

Unilateral asuransi merupakan salah satu bentuk kontrak atau perjanjian asuransi. Oleh sebab itu kamu harus memahami pengertian dari kontrak asuransi itu sendiri. Kontrak ini merupakan sebuah dokumen perjanjian yang melibatkan dua pihak yaitu perusahaan asuransi dan pemegang polis.

Dalam kontrak ini nantinya akan tercantum aturan-aturan mengenai layanan asuransi yang akan digunakan. Tercantum juga ketentuan mengenai pertanggungan yang dapat diterima oleh nasabah. Di dalamnya juga akan tercantum perjanjian mengenai jumlah premi yang dibayarkan secara berkala. 

Jelas sekali bahwa kontrak atau perjanjian asuransi ini sangatlah penting. Dokumen ini akan menjadi acuan bagi nasabah untuk memilih perusahaan asuransi yang memang memberikan keuntungan dan kenyamanan. 

Selain itu isi kontrak juga akan menjaga jalinan hubungan antara nasabah dengan perusahaan asuransi dimana perselisihan bisa dihindari karena sudah ada perjanjian yang disepakati. 

Pengertian unilateral asuransi

Agar bisa memahami maksud dari unilateral asuransi ini maka perlu dipahami dulu arti kata unilateral. Unilateral bisa diartikan sebagai satu pihak. 

Dengan begitu bisa dipahami bahwa ini merupakan jenis kontrak asuransi yang dibuat oleh satu pihak saja. Tidak ada persetujuan dari pihak kedua yang artinya pihak kedua harus mematuhi isi kontrak tersebut. 

Jenis kontrak ini dibuat langsung oleh satu pihak yaitu perusahaan asuransi. Dalam kontrak tersebut akan disusun aturan mengenai manfaat asuransi juga pertanggungan yang diberikan kepada nasabah. Semua aturan tersebut merupakan keputusan mutlak dari perusahaan dan nasabah tidak bisa mengubah isi kontrak atau aturan.

Salah satu contoh kontrak yang bersifat unilateral ini adalah kontrak asuransi jiwa. Aturan yang dicantumkan dalam kontrak tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab dan kekuasaan dari perusahaan asuransi. Nantinya perusahaan akan berjanji memberi pertanggungan selama klien atau nasabah membayar premi secara teratur sesuai ketentuan. 

Dalam hal ini, perusahaan tidak harus memberikan pertanggungan ketika nasabah tidak membayar premi. Namun, jika nasabah tidak melunasi premi maka perjanjian akan terputus dan layanan asuransi tidak bisa digunakan lagi. Jadi pihak perusahaan tidak akan rugi apapun namun pihak nasabah yang dirugikan jika tidak melakukan pembayaran premi. 

Jenis kontrak asuransi

Sebelum membandingkan kontrak unilateral dengan jenis kontrak lain maka perlu dipahami dulu macam-macam kontrak yang ada di dunia asuransi. Informasi ini juga penting untuk dipahami sebelum kamu membeli produk asuransi tertentu sebagai bahan pertimbangan. Berikut adalah jenis-jenis kontrak asuransi:

1. Informal

Jenis kontrak yang pertama adalah informal. Sesuai dengan namanya, kontrak seperti ini tidak bersifat kaku atau tidak ada metode tertentu dalam pembuatannya. 

Asalkan kedua pihak sama-sama setuju dengan isi kontrak maka tidak masalah. Sifat perjanjian asuransi seperti ini sangat fleksibel karena kedua pihak bisa sama-sama memberikan saran terhadap isi perjanjian. 

2. Aleatory

Berikutnya ada jenis kontrak aleatory. Aleatory adalah jenis perjanjian dimana satu pihak bisa memberikan sesuatu kepada pihak lain sebagai imbalan dengan dasar sebuah perjanjian atau conditional promise. Dalam hal ini, satu pihak bisa mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar daripada nilai yang sudah diberikan kepada pihak lain.

Penjelasan mudahnya, nasabah bisa saja mendapatkan nilai pertanggungan yang jauh lebih besar dari premi yang dibayarkan. 

Sementara itu pada sisi lain, bisa juga perusahaan menerima keuntungan yang jauh lebih besar daripada manfaat atau nilai pertanggungan yang harus diberikan pada nasabah. Hanya saja tidak ada kepastian siapa yang akan menerima keuntungan lebih besar. 

3. Adhesion

Selanjutnya ada jenis kontrak adhesion. Ini merupakan kontrak polis yang hanya disiapkan oleh satu pihak. 

Misalnya, perusahaan akan mempersiapkan kontrak kemudian nasabah harus menerima isi kontrak dan mematuhinya. Apabila isi kontrak tidak bisa diterima maka nasabah tidak perlu memberikan tanda tangan atau persetujuan. 

Perbandingan dengan unilateral

Dari penjelasan mengenai beberapa jenis kontrak polis tadi kamu mungkin bisa mulai membuat perbandingan dengan jenis kontrak unilateral. 

Jika dibandingkan dengan jenis informal dan aleatory mungkin jelas sekali perbedaannya. Dua jenis kontrak tersebut membutuhkan diskusi antara dua pihak yaitu perusahaan asuransi dan nasabah.

Lain halnya dengan kontrak polis unilateral yang hanya dibuat oleh pihak perusahaan saja. Fakta ini ternyata sama dengan jenis kontrak adhesion. Bedanya, pada kontrak polis unilateral ini perjanjian hanya dilakukan oleh satu pihak yang perusahaan asuransi. Sementara itu nasabah tidak membuat perjanjian apapun termasuk janji untuk membayar premi.

Dengan kata lain, nasabah yang memiliki asuransi dengan kontrak polis unilateral ini tidak memiliki kewajiban yang mengikat sesuai isi perjanjian. 

Nasabah bisa saja membayar premi secara rutin namun tidak membayar premi di bulan-bulan berikutnya. Hal tersebut tidak akan dianggap pelanggaran karena, nasabah sendiri tidak membuat perjanjian apapun terkait pembayaran premi tersebut.

Nasabah tidak akan mendapatkan paksaan hukum untuk membayar premi sehingga bisa saja tidak melakukan pembayaran. 

Sanksi yang diterima oleh nasabah jika tidak membayar premi adalah tidak adanya layanan pertanggungan dari perusahaan asuransi. Sanksi ini juga akan ditanggung sendiri oleh pihak nasabah dan tidak merugikan perusahaan. 

Kekuatan kontrak

Dibuat oleh satu pihak saja yaitu perusahaan asuransi, lalu seperti apa kekuatan kontrak unilateral asuransi ini? 

Perlu dipahami bahwa ketentuan unilateral dalam sebuah kontrak asuransi jiwa mengacu kepada peraturan utama yang sudah berlaku di perusahaan. Jadi sebenarnya perjanjian ini tidak dibuat khusus untuk satu nasabah melainkan berlaku untuk semua nasabah. 

Jenis kontrak unilateral ini sebenarnya sama kuatnya dengan kontrak yang lain. Klausul kontrak keseluruhan adalah peraturan yang mengikat hubungan tertanggung dengan perusahaan asuransi. 

Perjanjian yang tercantum di dalamnya juga memiliki kekuatan hukum. Hanya saja memang pihak tertanggung tidak membuat perjanjian apapun di mata hukum. 

Jika kamu ingin memiliki asuransi jiwa dan mendapatkan kontrak perjanjian bersifat unilateral, maka tugas kamu adalah memahami isi kontrak tersebut. Isi kontrak sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari perusahaan asuransi yang dipilih. Apabila nantinya isi kontrak tersebut tidak sesuai dengan harapan, maka kamu tidak bisa meminta adanya perubahan. 

Lalu, apa yang bisa dilakukan jika isi kontrak tidak sesuai harapan tertanggung? Calon nasabah bisa mempertimbangkan isi kontrak terlebih dahulu. 

Apabila isinya tidak sesuai maka carilah perusahaan asuransi lain yang menawarkan kontrak polis asuransi sesuai ekspektasi. Itulah mengapa sangat penting untuk mempelajari polis atau kontrak perjanjian sebelum kamu membeli produk asuransi. 

kamu bisa mempercayakan kebutuhan layanan asuransi kepada Lifepal. Lifepal menjadi pilihan perusahaan asuransi terpercaya yang siap memberikan kenyamanan dan pelayanan yang memuaskan. 

Bersama produk asuransi dari Lifepal, hidup kamu menjadi lebih bermakna dengan persiapan finansial yang matang. Cek tips cari asuransi di video ini.

Manfaatkan asuransi sebagai proteksi diri dan finansial atau Bandingkan polis, hemat, dan klaim asuransi di Lifepal

Asuransi adalah salah satu solusi untuk mengontrol risiko pengeluaran berlebih, baik dari segi pengeluaran kesehatan, perjalanan, bisnis, karyawan, aset, rumah atau properti, maupun kendaraan hingga pendidikan, kredit, dan pertanian. 

Jangan sampai lupa mempersiapkan proteksi diri dan finansial dengan asuransi supaya kantong gak jebol karena kejadian tidak terduga!

Sebelum membeli produk asuransi online, sebaiknya pelajari dulu fungsi dan pengertian asuransi, istilah-istilah dalam polis serta kenali berbagai jenis asuransi di Indonesia supaya kamu bisa mendapatkan manfaat optimal dari asuransi piilihanmu nantinya.

Temukan referensi berbagai perusahaan dan produk asuransi, bandingkan polis, hemat, klaim serta konsultasi secara gratis hanya di Lifepal!

Tidak ada salahnya juga untuk menyiapkan dana darurat yang bisa digunakan tidak hanya untuk keperluan mendadak, tetapi juga untuk pengeluaran tidak terduga yang berhubungan dengan kesehatan. 

Kamu bisa gunakan kalkulator dana darurat di bawah ini untuk menghitung jumlah dana darurat yang harus dipersiapkan sesuai dengan usia. (atau kuis jenis asuransi jiwa untuk mendapatkan rekomendasi produk asuransi jiwa yang cocok dan tepat untuk kamu)

Tips dari Lifepal! Memiliki perencanaan finansial yang baik akan sangat membantu menjaga kondisi keuanganmu atau keluarga jika terjadi situasi tidak terduga dan membutuhkan pengeluaran ekstra. 

Selain produk keuangan yang dimiliki oleh bank, berinvestasi melalui beberapa instrumen, seperti obligasi, emas, saham, dan asuransi jiwa bisa menjadi alternatif dana darurat sesuai dengan manfaatnya masing-masing.

Tidak hanya itu, kini banyak tersedia produk asuransi dengan premi termurah yang mampu memberikan manfaat perlindungan yang lengkap. 

FAQ seputar uniliteral asuransi

Kontrak unilateral adalah kontrak ini dibuat langsung oleh satu pihak yaitu perusahaan asuransi. Dalam kontrak tersebut akan disusun aturan mengenai manfaat asuransi juga pertanggungan yang diberikan kepada nasabah. Semua aturan tersebut merupakan keputusan mutlak dari perusahaan dan nasabah tidak bisa mengubah isi kontrak atau aturan.

Perlindungan finansial dari asuransi penting untuk dimiliki agar kamu tidak terbebani dengan pengeluaran mendadak yang pada akhirnya bisa menguras tabunganmu. Pilihan produk asuransi yang ada di Lifepal bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan sebagainya. Tanya Lifepal untuk mendapatkan referensi produk asuransi di Indonesia.