Dari Belanda sampai Jerman, Ini 3 Universitas Top Dunia Tempat BJ Habibie Menuntut Ilmu

bj habibie

Kabar duka datang dari Tanah Air. Pada tanggal 11 September 2019 Pukul 18.05 putra terbaik bangsa sekaligus mantan Presiden ketiga Republik Indonesia yakni BJ Habibie tutup usia di RSPAD Gatot Subroto.

Kabar tersebut sontak mencuri perhatian seluruh masyarakat Indonesia. Pemerintah pun langsung menetapkan hari berkabung nasional untuk beberapa waktu ke depan.

“Kami mengajak masyarakat untuk mengibarkan bendera setengah tiang sampai 14 September 2019. Jadi kita tetapkan berkabung nasional selama tiga hari sampai 14 September,” terang Pratikno yang menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara, mengutip dari Suara.

Seperti yang kita ketahui BJ Habibie semasa hidupnya berkontribusi besar atas perkembangan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari sisi demokrasi pemerintahan maupun ilmu pengetahuan penerbangan. Kejeniusannya di bidang teknik bahkan udah diakui dunia. 

Diketahui, pria yang lahir pada tanggal 25 Juni 1936 di Parepare, Sulawesi Selatan ini memiliki sedikitnya 46 hak paten. Dan yang paling dikenal oleh banyak orang adalah di bidang pesawat terbang.

Itu gak lepas dari kecintaannya terhadap dunia aviasi yang mulai ditekuninya semenjak bangku kuliah. Penasaran sama kampus mana yang menjadi pilihan BJ Habibie selama muda? Yuk kita lihat daftarnya berikut ini:

Baca juga: Fakta Perusahaan yang Gandeng Habibie buat Bangun Gedung Tertinggi di RI

1. Institut Teknologi Bandung

Kota pertama yang menjadi pilihan BJ Habibie menuntut ilmu adalah Bandung. Ia menyelesaikan pendidikannya di Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Elektro pada tahun 1954. 

Seperti yang kita ketahui bahwa ITB merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia yang menghasilkan banyak insan muda berbakat khususnya di bidang teknologi. Beberapa tokoh dalam negeri lain yang merupakan alumni ITB adalah Presiden pertama Indonesia Soekarno, Ridwan Kamil, Ciputra, hingga pendiri startup Bukalapak Achmad Zaky.

Gak berhenti sampai di situ, BJ Habibie lalu melanjutkan jenjang pendidikannya ke luar negeri tepatnya di Eropa untuk memperdalam ilmunya di bidang aviasi.

Baca juga: Pesawat Rancangan Habibie Siap Terbang, Ini Keunggulannya

2. Delft University of Technology

Negara selanjutnya yang menjadi tujuan BJ Habibie adalah Belanda, tepatnya di kota Delft yang berjarak 69 kilometer dari Ibu Kota Amsterdam.

Berdasarkan info dari QS Top Universities, Delft University of Technology berada di ranking ke- 54 universitas terbaik di dunia dengan total mahasiswa aktif sekitar 18.429 orang. Beberapa jurusan yang menjadi favorit disini adalah teknik mesin, studi lingkungan hidup, arsitektur, teknik sipil dan teknologi.

Namun sayangnya, Presiden ketiga RI ini gak menyelesaikan jenjang pendidikannya sampai akhir dan memutuskan untuk pindah ke negara Eropa lainnya.

Baca juga: Sudah Rp 9 Miliar Terkumpul, Habibie Masih Butuh Ini Buat Rampungkan R80

3. RWTH Aachen University

Terakhir ada RWTH Aachen University atau yang dalam bahasa Jerman berarti Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule Aachen. Kota Aachen sendiri berada 638 kilometer dari Ibu Kota Berlin, Jerman.

RWTH Aachen University berada di ranking 154 universitas terbaik di dunia. Total mahasiswa aktifnya mencapai 45.256 dan memiliki hampir 2.000 tenaga akademis yang bekerja disini.

BJ Habibie menghabiskan waktu dari tahun 1960 sampai tahun 1965 untuk mendapatkan gelar Master of Science di bidang teknik. 

Nah itulah 3 universitas ternama dunia yang sempat disinggahi oleh BJ Habibie semasa muda. Semoga bakal ada generasi muda lainnya yang bisa meneruskan perjuangannya di industri pesawat terbang Indonesia! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →