5 Universitas Pencetak Tokoh Penting Terbanyak di Indonesia

sri mulyani jokowi

Pendidikan merupakan hal penting yang dapat membantu kita mencapai kesuksesan. Tidak heran jika banyak orang yang rela mengeluarkan uang banyak hingga tinggal jauh dari tempat tinggalnya hanya untuk mendapatkan ilmu terbaik. 

Nah, daripada jauh-jauh menempuh perguruan tinggi di luar negeri, sebenarnya ada begitu banyak universitas di Indonesia yang menawarkan program pendidikan dengan akreditasi yang tidak kalah saing dengan universitas luar negeri. 

Bahkan, faktanya tokoh-tokoh ternama Indonesia merupakan alumni universitas negeri, lho. Berikut beberapa universitas negeri bergengsi yang paling banyak melahirkan sosok penting yang mampu memberi dampak positif bagi Tanah Air. 

1. Universitas Gadjah Mada 

universitas unicorn UGM

Berdiri sejak tahun 1949, Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan perguruan tinggi pertama yang didirikan oleh pemerintah setelah Indonesia merdeka. Pada mulanya UGM hanya memiliki enam fakultas, hingga sekarang berkembang menjadi 18 fakultas.

Di tahun 2017, UGM berhasil mendapat predikat sebagai universitas nomor satu di Indonesia yang ditetapkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Pada tahun itu, UGM berhasil mengalahkan perguruan tinggi bergengsi lainnya, yaitu Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Indonesia. 

Dengan pencapaian yang membanggakan tersebut, universitas yang berada di kota Yogyakarta ini juga dikenal banyak mencetak alumni penting, seperti: 

Alumni Universitas Gadjah Mada

Nama Jabatan Fakultas
Joko Widodo Presiden RI ke-7 Kehutanan
Anies Baswedan Gubernur Jakarta ke-17 Ekonomi
Retno Marsudi Menteri luar negeri ke-17 Ilmu Sosial Politik 
WS Rendra  Sastrawan Seni Budaya
Djarot Saiful Hidayat Gubernur Jakarta ke-16 Ilmu Politik

2. Universitas Indonesia  

universitas unicorn UI

Di usia yang menjelang setengah abad, tidak heran jika Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu dari tiga perguruan tinggi bergengsi di Indonesia. Universitas Indonesia didirikan pada masa pemerintahan kolonial Belanda. Tujuan awal didirikannya, UI bertujuan menghasilkan asisten dokter tambahan yang dapat diberdayakan selama masa pemerintah kolonial tersebut. 

Sebagai salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia, Universitas Indonesia telah melahirkan begitu banyak alumni berkualitas di segala bidang. Salah satunya adalah di bidang politik. 

Mampu menghasilkan lebih dari 400 ribu alumni, berikut ini daftar tokoh penting yang pernah menjalani pendidikan di Universitas Indonesia: 

Alumni Universitas Indonesia

Nama Jabatan Fakultas
Najwa Shihab Jurnalis Hukum
Sri Mulyani Menteri keuangan RI ke-26 Ekonomi
Chairul Tanjung Menteri koordinator perekonomian ke- 14 Kedokteran
Soe Hok Gie Aktivis Indonesia Sejarah
dr.Abdul Halim Perdana menteri Indonesia kedokteran

3. Institut Teknologi Bandung 

universitas unicorn ITB

Institut Teknologi Bandung (ITB) didirikan pada tahun 1959, merupakan sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia dan menjadi lembaga pendidikan tinggi pertama di Hindia Belanda. Saat ini ITB memiliki 27 program studi yang telah terakreditasi secara internasional. 

Institut Teknologi Bandung juga telah memenangkan begitu banyak kejuaraan, salah satunya adalah Hult Prize Foundation (perlombaan debat terkait permasalahan sosial) tingkat regional yang diadakan di Australia bulan April tahun 2019 lalu. 

Melihat pencapaian di atas, rasanya tidaklah mengherankan jika ITB mampu menghasilkan cukup banyak tokoh-tokoh penting di Indonesia, seperti: 

Alumni Institut Teknologi Bandung

Nama Jabatan Fakultas
Ir. Soekarno  Presiden pertama RI Teknik 
BJ Habibie  Presiden RI ke-7 Teknik 
Hatta Rajasa Menteri koordinator bidang perekonomian ke-14 Teknik 
Ciputra Pengusaha properti Teknik
Rizal Ramli Politikus Indonesia FMIPA

4. Universitas Diponegoro

universitas tokoh penting undip
Sumber gambar: Infokampus.news

Universitas Diponegoro (Undip) adalah perguruan tinggi yang didirikan pada tahun 1956 dan berlokasi di Semarang. Universitas ini berhasil memperoleh akreditasi A yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 

Belum lama ini Undip dianugerahkan penghargaan sebagai perguruan tinggi pengusul hak paten terbanyak di tahun 2018. Berikut ini adalah tokoh-tokoh sukses yang berhasil dilahirkan oleh Universitas Diponegoro: 

Alumni Universitas Diponegoro

Nama Jabatan Fakultas
Mohamad Nasir Menteri riset, teknologi, dan pendidikan tinggi RI ke-12  Ekonomi
Tjahjo Kumolo Menteri dalam negeri ke-28  Hukum 
Robert Budi Hartono Pemilik PT Djarum  Ekonomi dan bisnis 
Soekarwo Gubernur Jawa Timur Hukum
Dahnil Anzar Simanjuntak Aktivis dan Ekonom Ekonomi

5. Universitas Padjadjaran 

universitas unicorn Unpad

Berdiri sejak tahun 1956, Universitas Padjadjaran (Unpad) memiliki empat fakultas dan kini telah berkembang menjadi 16 fakultas. Program yang ditawarkan juga terbilang cukup lengkap, meliputi diploma IV (D4), diploma II (D3), sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3). 

Prestasi yang diraih oleh perguruan tinggi ini pun tidak kalah mengagumkan. Di tahun 2019, Universitas Padjadjaran berhasil memenangkan kejuaraan umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Ilmu Tanah Nasional (Pilmitanas) di Universitas Halu Uleo, Kendari, Sulawesi Tenggara. 

Alumni yang dilahirkan oleh Universitas Padjadjaran juga tidak kalah mengagumkan. Berikut ini di antaranya: 

Alumni Universitas Padjadjaran

Nama Jabatan Fakultas
Megawati Soekarnoputri Presiden RI ke-5 Pertanian 
Hamdan Zoelva Ketua Mahkamah Konstitusi RI ke-4  Hukum 
Agum Gumelar Anggota dewan pertimbangan presiden RI Kedokteran
Akil Mochtar Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Hukum
Ferry Mursyidan Baldan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ilmu Sosial dan Politik

Itu tadi 5 daftar universitas yang telah menghasilkan banyak tokoh penting di Indonesia. Meski begitu, perlu dipahami bahwa meski pendidikan bukanlah satu-satunya penentu keberhasilan seseorang. Dengan kerja keras dan strategi bisnis yang tepat, kita bisa ikut bersaing dan menjadi generasi yang membanggakan Indonesia.

Sebagai langkah cerdas dalam menyongsong pendidikan di masa depan, kita membutuhkan proteksi finansial yang tepat, bukan? Jawabannya adalah asuransi pendidikan untuk kita. Dalam hal ini, Lifepal menyediakan berbagai produk asuransi pendidikan terbaik yang tepat untuk kita. 

Yuk,  kunjungi Lifepal sekarang juga!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →