5 Universitas yang Paling Banyak Dicari Perusahaan Unicorn Indonesia

mahasiswa di indonesia

Pertumbuhan teknologi digital berjalan dengan sangat cepat di Indonesia. Ini dapat dilihat dengan munculnya empat perusahaan unicorn dengan valuasi lebih dari US$ 1 miliar yang datang dari industri digital, yaitu Tokopedia, Bukalapak, Gojek, dan Traveloka. 

Perlu dipahami bahwa kesuksesan keempat perusahaan unicorn tersebut tidak lepas dari kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimilikinya. Tanpa kinerja kerja SDM yang cemerlang, tentu mustahil sebuah perusahaan dapat menyandang gelar unicorn. 

Nah, tentu saja kualitas SDM seringkali dikaitkan dengan pendidikan yang pernah dijalani oleh orang tersebut. Itu sebabnya, merupakan hal wajar jika perusahaan besar di Indonesia lebih menggemari lulusan universitas yang bergengsi. 

Penasarn universitas apa saja yang dapat dikatakan bergengsi? Berikut kami rangkum 5 lulusan universitas yang paling banyak dicari oleh perusahaan unicorn Indonesia. Simak, yuk! 

Profil Berdasarkan Pegawai di Perusahaan Unicorn 

uniersitas unicorn

1. Universitas Indonesia 

universitas unicorn UI

Berlokasi di Jakarta dan Depok, Universitas Indonesia (UI) memang sudah lama menjadi perguruan tinggi unggulan di Indonesia. Salah satu alasannya karena perguruan tinggi ini memiliki jumlah jurusan yang sangat beragam. Selain itu, UI juga mampu menyediakan tenaga pengajar yang berbobot dan berbagai kegiatan untuk menambah kemampuan mahasiswanya. 

Berdasarkan profil perusahaan di atas, dapat disimpulkan bahwa Universitas Indonesia memiliki kompetensi yang diakui secara global. Ini terbukti melalui hasil survei yang dilakukan tim Tracer Study Universitas Indonesia, bahwa 83 persen perusahaan sangat puas dengan kinerja kerja mahasiswa lulusan Universitas Indonesia.

Selain itu, melihat data di atas, tiga dari empat unicorn telah mempekerjakan mahasiswa lulusan Universitas Indonesia paling banyak, dibandingkan dengan universitas lainnya. 

2. Institut Teknologi Bandung 

universitas unicorn ITB

 

Menyandang slogan institut terbaik bangsa, Institut Teknologi Bandung (ITB) membuktikan tajinya dengan menempatkan 638 lulusannya di empat perusahaan unicorn di Indonesia. 

ITB memiliki reputasi yang sangat baik di berbagai bidang studi, khususnya teknologi. Sebut saja beberapa di antaranya adalah teknik mesin, elektro, dan informatika. Saat ini, ITB telah memiliki 27 program studi yang terakreditasi secara internasional.

Berdasarkan data di atas, perusahaan unicorn Bukalapak memiliki pegawai alumni ITB terbanyak di tahun 2019. 

3. Universitas Bina Nusantara 

universitas unicorn Binus
Sumber gambar: Id.wikipedia.org

Universitas Bina Nusantara atau lebih dikenal dengan nama Binus memang berusia relatif muda dibandingkan 4 perguruan tinggi lain, meskipun demikian kampus ini menghasilkan alumni perguruan tinggi berkualitas yang sering menjadi incaran perusahaan besar di Indonesia. Bahkan jika ditotal ada 670 alumni Universitas Bina Nusantara yang bekerja di empat perusahaan unicorn Indonesia. 

Universitas Binus dikenal memiliki akademi komputer terbaik di Indonesia. Sejak tahun 2012 hingga 2019, Universitas Binus juga mendapatkan penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di wilayah DKI Jakarta selama tujuh tahun berturut-turut. 

Perguruan tinggi ini juga telah memenuhi standar pemeringkatan perguruan tinggi dunia, yaitu Quacquarelli Symonds (QS) yang adalah sebuah lembaga resmi yang berfungsi memberi penilaian pendidikan tingkat universitas di seluruh dunia. Jadi, tidaklah mengherankan jika universitas bergengsi ini banyak dilirik oleh perusahaan unicorn Indonesia. 

4. Universitas Padjadjaran

universitas unicorn Unpad

Universitas Padjadjaran atau Unpad adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Bandung yang memiliki jumlah pendaftaran paling banyak di Indonesia. 

Hingga tahun 2019, Unpad berhasil menempati peringkat keempat sebagai universitas terbaik di Indonesia versi Quacquarelli Symonds (QS) University Rankings. Saat ini Universitas Padjadjaran memiliki total 16 fakultas dan memiliki reputasi yang sangat baik di bidang hukum, ekonomi, dan kedokteran. 

Menariknya, Unpad juga menempati peringkat keempat sebagai alumni universitas yang terbanyak dicari oleh perusahaan unicorn Indonesia. Berdasarkan data profil pegawai di atas, dapat dilihat bahwa Gojek memiliki pegawai alumni Unpad terbanyak, yaitu 107 orang di tahun 2019.

5. Universitas Gadjah Mada 

universitas unicorn UGM

Pada tahun 2017, Universitas Gadjah Mada (UGM) mampu mendapatkan predikat universitas nomor satu di Indonesia yang ditetapkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). 

Universitas yang berlokasi di kota Yogyakarta ini memang dikenal mampu mencetak alumni berkualitas di Indonesia. Hal ini terbukti dalam data profil pegawai di atas yang mencatat total ada 277 alumni UGM yang bekerja di empat perusahaan unicorn Indonesia. 

Padahal, untuk mampu bersaing dengan alumni universitas lain, hingga bekerja di perusahaan besar tersebut tidaklah mudah. Alumni UGM patut bangga, nih! 

Apakah universitas kamu masuk dalam daftar di atas? Jika iya, sebarkan fakta membanggakan ini kepada teman kampus kalian, ya. Meski begitu, lima universitas bergengsi di atas bukan menjadi jaminan atas kesuksesan karir kita. Ingat, kunci utama kesuksesan adalah kerja keras dan memiliki keinginan untuk belajar. 

Untuk informasi lainnya terkait tips meraih kesuksesan dan informasi seputar finansial, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal, ya. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →