Parah! UMR 5 Negara Ini Jauh di Bawah Indonesia, Ada yang 100 Ribu Per Bulan

upah minimum

Upah minimum menjadi salah satu hal yang paling diributkan sepanjang tahun di Indonesia. Karena sepanjang tahun pula harga-harga kebutuhan pokok naik. Jadi alangkah baiknya jika diimbangi dengan kenaikan pendapatan masyarakatnya.

Saat ini, standar upah di Indonesia beragam. Masing-masing provinsi memiliki besaran yang berbeda. Semua tergantung dari inflasi dan biaya hidup di suatu daerah. Sebut saja, UMP di Jakarta dan Yogjakarta berbeda. Dikutip dari Tribun, UMP DKI Jakarta tahun 2019 adalah RP 3,9 jutaan per bulan, sementara di Yogjakarta Rp 1,5 jutaan per bulan.

Biasanya, besaran tersebut akan naik setiap tahunnya. Kenaikan diputuskan oleh pemerintah melalui Menteri Ketenagakerjaan. Menaker akan menentukan berapa persen kenaikannya, lalu pemerintah provinsi boleh mengikuti besaran tersebut atau memiliki angka yang berbeda. Pada intinya, kenaikan harus disesuaikan dengan kelayakan hidup pekerjanya deh.

Menurutmu upah minimum Jakarta itu termasuk besar atau kecil? Kalau kamu bilang kecil, kayaknya kamu mesti simak yang berikut ini dulu deh, karena masih ada lho negara-negara lain yang memiliki UMP jauh di bawah Indonesia. Yuk simak selengkapnya seperti dikutip dari data minimum-wage.org ini.

Baca juga: Hore, Segini Besaran UMP DKI Jakarta Tahun 2019

1. Upah minimum Lesotho hanya Rp 700 ribuan per bulan

upah minimum
Aktivitas masyarakat di sebuah desa di Lesotho. (Shutterstock)

Lesotho adalah sebuah negara kerajaan yang terletak di kawasan Afrika Selatan. Negara ini menyimpan banyak bukti kejayaan zaman prasejarah. Lesotho juga menjadi salah satu negara dengan sumber fosil dinosaurus terbanyak di dunia. Jumlah penduduknya pun tak begitu banyak, sekitar 2,1 juta jiwa.

Negara kecil ini memiliki upah minimum yang masih jauh dibandingkan Jakarta atau Yogyakarta. Setahunnya, rata-rata UMPnya adalah US$ 664 atau sekitar Rp 9,4 jutaan. Berarti kalau dibagi 12, per bulannya para pekerjanya mengantongi Rp 700 ribuan.

Baca juga: 7 Profesi yang Gajinya di Bawah UMR DKI Jakarta, Kamu Termasuk?

2. Sierra Leone, Rp 250 ribu per bulan

upah minimum
Kegiatan masyarakat di Sierra Leone. (Shutterstock)

Selanjutnya ada Sierra Leone, negara miskin yang terletak di Afrika Barat. Upah minimum rata-rata pekerjanya adalah US$ 211 per tahun atau sekitar Rp 3 jutaan. Jadi, kalau per bulan cuma Rp 250 ribuan. Bayangkan, betapa kecilnya UMP tersebut, sama UMP Jakarta per bulannya saja masih tinggian Jakarta.

Padahal Sierra Leone merupakan negara yang kaya akan berlian. Tapi sekitar 70 persen warganya hidup dalam kemiskinan. Besaran gaji minimum ini sudah ditetapkan oleh pemerintah setempat, dan perusahaan wajib mentaatinya. Kalau ada yang ngasih di bawah standar ini, siap-siap kena sanksi.

Baca juga: Gaji di Bawah UMR DKI Jakarta tapi Mau Investasi Saham? Gini Caranya

3. Tajikistan, Rp 558 ribu per bulan

upah minimum
Aktivitas sekelompok penjaja makanan di Tajikistan. (Shutterstock)

Bergeser ke negara di Asia, ternyata ada juga yang memiliki upah minimum memprihatinkan. Salah satunya ya Tajikistan. Sebuah negara yang berdempetan langsung dengan Afghanistan, China, dan Uzbekistan ini UMP per tahunnya hanya US$ 477 atau Rp 6,7 jutaan. Per bulannya para pekerja mendapatkan rata-rata Rp 500 ribuan.

Besaran upah itu ditentukan langsung oleh pemerintah setempat. Tapi sayang, sejak tahun 2013 belum ada revisi.

4. Uzbekistan, Rp 575 ribu per bulan

upah minimum
Kegiatan masyarakat di sebuah kota di Uzbekistan. (Shutterstock)

Siapa sangka kalau upah minimum Uzbekistan lebih rendah dari Indonesia? UMP negara bekas pecahan Uni Soviet ini hanya sekitar US$ 490 per tahun kalau dirupiahkan hanya Rp 6,9 jutaan atau Rp 575 ribu per bulan. Gak beda jauh dibandingkan dengan Tajikistan.

Padahal, negara ini dulunya adalah salah satu negara terpenting di dunia. Negara ini menghubungkan jalur perdagangan antara Eropa dan Asia dan menjadi salah satu pelabuhan tersibuk pada masanya.

Tapi sayang, sepertinya hal tersebut gak mampu mendorong Uzbekistan menjadi negara maju saat ini. Mereka masih masuk ke dalam kategori negara berkembang.

5. Uganda, Rp 100 ribuan per bulan

upah minimum
Keramaian di sebuah daerah di Uganda. (Shutterstock)

Kalian pasti sudah bisa menebak seperti apa kondisi negara yang satu ini. Uganda memang sudah berkali-kali menyandang predikat negara termiskin. Upah per tahunnya rata-rata hanya US$ 95 saja atau Rp 1,3 jutaan. Kalau dibagi 12 bulan jadi Rp 100 ribuan.

Tapi meski demikian, tahun 2012 lalu, Uganda sempat menjadi destinasi favorit para wisatawan. Hal ini disebabkan karena keramahan penduduknya.

Itu tadi lima negara dengan upah minimum yang jauh di bawah Indonesia. Bikin kamu jadi lebih bersyukur gak? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →