7 Usaha Dagang Modal 5 Juta, Bisa Untung dalam 3 Bulan!

usaha dagang

Usaha dagang adalah segala jenis usaha dengan konsep dasar membeli pasokan barang persediaan dan menjualnya kembali tanpa ada proses pengolahan lebih lanjut. 

Keuntungan pebisnis usaha dagang diperoleh dari selisih harga atau margin dari produsen dan harga jual kepada konsumen. Namun, dalam menetapkan selisih ini tidak bisa dilakukan sembarangan karena harus memperhatikan harga jual barang di pasar. 

Jika terlalu mahal karena ingin mendapat untung besar, maka ada potensi barang yang dijual kurang diterima konsumen karena dinilai lebih mahal dan akhirnya kalah dari kompetitor yang menjual jenis produk atau merek yang sama.

Usaha dagang yang disingkat UD memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Pendapatan utama dari penjualan barang dagangan.
  • Biaya utama dari harga pokok barang yang terjual dan biaya usaha lainnya.
  • Dalam akuntansi perusahaan terdapat akun persediaan barang dagangan.
  • Sebagai perantara antara produsen dan konsumen.
  • Barang yang dibeli dan yang dijual sama, tidak ada perubahan.
  • Tujuan utama mencari laba dengan menjual barang yang harganya lebih tinggi dari harga beli.

Menentukan Jenis Usaha Dagang Barang atau Jasa

penjual sayur

 

Usaha dagang memiliki banyak jenis. Sebelum memulai bisnis ini, kita harus menentukan apa yang akan dijual, berupa barang atau jasa. Setelah itu mencari penyedia barang dan jasa yang menawarkan harga lebih rendah, tetapi kualitasnya cukup baik.

Selain itu, kita memilih usaha berdasarkan passion. Ini juga penting untuk dipertimbangkan karena menjalani sebuah bisnis tentu diinginkan yang berusia panjang. Kalau sudah kurang berminat di jenis usaha yang dijalankan, jadinya kita kurang bersemangat dalam mengurus dan mengembangkannya.

Berikut ini beberapa pilihan usaha dagang yang bisa kita tekuni sebagai bisnis utama atau untuk penghasilan tambahan dari usaha sampingan.

1. Usaha kedai kopi

Jenis usaha ini memang sedang booming. Hampir di setiap sudut jalan, ada saja kedai kopi. Apalagi daerah-daerah yang terkenal sebagai tempat kongko seperti Cipete, Jakarta Selatan. Di sepanjang jalan ini terdapat deretan kedai kopi yang menyediakan beragam racikan unik dan berbeda dari tangan para barista. 

Pada umumnya, berikut rincian modal usahanya.

  • Sepeda dan gerobak dimodifikasi Rp1,8 juta.
  • Berbagai jenis kopi sebagai modal awal Rp1 juta.
  • Peralatan dan mesin kopi jenis manual brew Rp2 juta.

Total modal yang dibutuhkan adalah Rp4,8 juta.

Bagi yang ingin berbisnis kedai kopi, ada beberapa pertimbangan yang harus dipilih. Berikut penjelasannya.

  • Modal yang harus disiapkan ini tergantung pada kemampuan kita. Jika modal kecil, jangan memaksa membuka kedai kopi ala kafe yang butuh modal lebih besar.
  • Kios atau gerobak juga bisa jadi pertimbangan. Kalau kios sudah pasti butuh biaya sewa tempat yang tergantung dari lokasi. Kalau gerobak, bisa contoh Kopi Trio yang memodifikasi sepeda dengan gerobak. Hasilnya, tetap keren sekalian olahraga dan menjangkau lebih banyak konsumen.
  • Manual brew dan mesin espresso jadi pertimbangan selanjutnya. Pengolahan biji kopi dengan teknik manual brew ini tidak kalah dari hasil racikan mesin espresso karena menyediakan berbagai jenis kopi Indonesia dengan beragam citarasa. Kalau mesin espresso sudah pasti kita bisa menyajikan beragam jenis kopi dengan basic espresso seperti kopi-kopi ala Italia.
  • Peralatan kopi dasar seperti coffee grinder, V60, dan tentunya gelas dan cangkir untuk menyajikan kopi kita.

2. Usaha Makanan

Bisnis dagang jenis ini bisa dijalani dengan mudah. Kita yang belum punya tempat atau kemampuan sewa tempat bisa memanfaatkan fitur pesan antar di aplikasi ojek online. Dengan begitu, konsumen dari berbagai tempat bisa dijangkau.

Untuk usaha makanan ini beberapa hal yang perlu disiapkan antara lain menu yang memiliki rasa enak, tetapi harga terjangkau. Sediakan pula menu sehat seperti yang ditawarkan Kulina hingga Kai’s Kitchen. Menu sehat seperti salad memang sedang tren seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat.

Untuk memulai bisnis kuliner, berikut estimasi modal yang kita butuhkan.

  • Bahan makanan Rp1 juta.
  • Peralatan makan untuk takeaway Rp200 ribu.

Modal untuk usaha makanan juga menjanjikan dan tidak besar, hanya butuh Rp1,2 juta.

3. Usaha pakaian

Jenis usaha yang ini juga lebih mudah dijalani dengan perkembangan teknologi. Terlebih platform e-commerce kian banyak. Sebagai reseller, kita bisa lebih mudah menjangkau berbagai konsumen dengan berjualan pakaian di toko online.

Cara memulainya bisa dengan mencari distributor yang lebih murah dan memiliki pakaian lucu dan menarik. Jenis pakaian etnik Indonesia juga bisa jadi pertimbangan. Batik, tenun, dan aneka pakaian dari berbagai daerah bisa jadi pilihan buat memulai usaha pakaian.

Usaha pakaian ini bisa kita siasati dengan modal di bawah Rp5 juta. Bagaimana? Berikut rinciannya.

  • Membeli pakaian dari pemasok di Pasar Tanah Abang Rp2 juta.
  • Ponsel untuk berjualan online dan foto pakaian Rp1,8 juta.
  • Pulsa untuk telepon dan paket internet Rp200 ribu.

Jadi, modal yang kita butuhkan untuk berbisnis pakaian Rp4 juta saja!

4. Usaha barang elektronik

Kalau punya modal besar kita bisa memulai usaha dagang barang elektronik. Pasalnya, untuk memulai usaha dagang ini kita butuh modal sekitar Rp100 juta untuk membeli barang-barang elektronik. 

Namun, modal besar ini juga tidak terlalu berat mengingat keuntungan yang didapat. Asal kita tidak membanderol barang-barang elektronik dengan harga terlampau tinggi dari harga pasar.

Kalau belum punya modal besar menjadi toko retail besar, kita bisa mulai dengan berjualan online. Manfaatkan media sosial dan berbagai platform e-commerce yang ada. Modal untuk memulai usaha dagang barang elektronik sebagai berikut.

  • Ponsel dengan fitur kamera cukup baik Rp1,8 juta.
  • Pulsa untuk paket internet dan telepon Rp200 ribu.

Modal untuk usaha ini hanya butuh Rp2 juta!

Bagaimana dengan barang elektroniknya?

Kita bisa bekerja sama dengan toko elektronik yang ada di pasar dan sebagainya. Katakan dengan jujur konsep berjualan yang ingin dilakukan. Minta daftar harga, foto barang-barang yang hendak dijual, dan unggah di media sosial atau akun e-commerce kita.

5. Usaha pulsa

Jenis usaha kelima ini bisa jadi pilihan bagi yang ingin memulai usaha dagang dengan modal tidak terlalu besar. Pulsa juga dicari semua orang sepertinya karena rata-rata orang Indonesia setidaknya memiliki satu ponsel.

Untuk memulai usaha dagang pulsa, kita tidak perlu memiliki kios. Bagi mahasiswa atau pelajar, bisa mulai menjualnya kepada teman-teman. Sedikit tips, jangan memberi utang karena akan menyusahkan perputaran uang yang menjadi modal kita untuk membeli pulsa dari pemasok.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Kalau mau memulai usaha ini kita bisa lakukan dengan menyiapkan beberapa hal berikut.

  • Ponsel untuk pemasaran secara online Rp1 juta.
  • Modal pulsa dari berbagai provider Rp3 juta.

Total anggaran yang diperlukan untuk memulai usaha pulsa hanya Rp4 juta.

6. Usaha salad buah

Kalau yang ini bisa dibilang spesial karena khusus menjual makanan segar. Agak tricky karena kita perlu menjaga kesegaran buah.namun, modal usaha ini juga tidak terlalu besar sehingga bisa dimulai siapa saja. Terlebih, salad buah banyak digemari masyarakat Indonesia.

Manfaatkan pula jasa layanan ojek online yang siap mengantar salad kita kepada pelanggan. Agar bisa diterima konsumen, siasati dengan memberi gratis pesan antar untuk sepekan pertama bagi konsumen baru. Dengan begitu, penikmat salad buah kita kian bertambah. Untuk modal yang dibutuhkan kurang lebih sama dengan usaha kuliner pada poin kedua.

7. Usaha jasa

Bagi yang berminat di bidang pendidikan atau memang terjun ke dunia pendidikan sebagai guru misalnya, bisa mencoba usaha les privat. Kita bisa membuka tawaran privat secara online dengan berbagai platform media sosial.

Selain les privat, usaha jasa lain yang bisa menjadi ide usaha dagang adalah penatu alias laundry. Seperti yang sudah banyak muncul di kawasan pemukiman. Kita bisa memulai jasa ini dengan memberikan harga terjangkau per kilonya, selain itu juga bisa memberikan layanan jemput dan antar agar konsumen kian dimanjakan dan terus menjadi langganan.

Modalnya juga tidak terlalu besar. Sediakan mesin cuci berkapasitas sedang atau besar minimal dua unit, setrika 2 unit, dan karyawan dua orang. Kalau belum punya tempat, kita bisa menjalani usaha ini di rumah, ya! Modal untuk memulai bisnis penatu:

  • Mesin cuci 2 unit Rp4 juta.
  • Setrika 2 unit Rp500 ribu.

Modal awal hanya Rp4,5 juta, tetapi belum termasuk biaya karyawan. Ini bisa disiasati dengan hanya membeli satu unit mesin cuci dan satu unit setrika. Tertarik untuk memulai usaha laundry?

Tips agar Usaha Dagang Bertahan Lama

tips usaha dagang

Apapun usaha dagang yang kita pilih, pasti sudah ada yang menjalaninya terlebih dahulu. Karena itu, dibutuhkan strategi bisnis untuk bersaing positif dengan kompetitor. Namun, mematok harga lebih rendah bukan strategi utama karena sebaliknya, malah bisa membuat kita tekor.

Bijak memilih strategi bisnis dan menghindari bermain curang adalah kuncinya. Dengan begitu, kompetitor akan lebih menghargai kita. Konsumen pun nantinya akan memilih mana yang terbaik bagi mereka. Berikut ini tiga tips utama dalam menjalani usaha dagang.

1. Mengetahui tingkat persaingan dan kemampuan sendiri

Selalu siap menghadapi risiko dan persaingan bisnis adalah modal lain seorang pebisnis. Karena itu, penting bagi pengusaha menyadari tingkat persaingan dan kemampuan diri atau perusahaannya.

Serahkan pilihan kepada konsumen. Sebaiknya kita fokus mengembangkan dan meningkatkan kualitas jasa atau layanan kita kepada konsumen. Misalnya saja, kompetitor bisa memberi harga lebih murah, lalu apa yang kita lakukan?

Jika memang tidak memungkinkan menawarkan harga bersaing, kita bisa siasati dengan meningkatkan pelayanan. Atau, kita bisa memberi diskon bagi konsumen yang membeli dalam jumlah banyak. Dengan strategi ini, kita bisa memastikan konsumen ini menjadi pelanggan kita.

2. Servis atau pelayanan yang lebih baik

Seperti dijelaskan pada poin pertama, servis atau pelayanan bisa menjadi keunggulan kita dalam bersaing. Meski sepele, tetapi tidak bisa dikecilkan manfaatnya untuk kelangsungan usaha dagang kita. Apalagi jika kita tidak bisa bersaing dalam hal harga.

Pelayanan terbaik membuat konsumen merasa nyaman. Tujuan dari servis yang baik adalah merebut hati pengunjung yang akan memberikan nilai lebih bagi toko kita. Bisa jadi, konsumen akan menjadi pelanggan yang akan berulang kali membeli di toko kita.

3. Kualitas yang tidak mengecewakan

Jika sudah unggul dari kompetitor lain, jaga kualitas barang atau jasa yang kita jual. Contohnya saja usaha kuliner. Jangan sampai konsumen kabur karena kita memberikan makanan yang kurang bersih, tidak segar, atau lama dalam menanggapi keluhan konsumen.

Sekali konsumen kecewa, percayalah mereka akan sulit menjadi konsumen kita lagi dan bersedia membeli lagi di tempat kita.

Untuk itu upaya mempertahankan kualitas dagangan adalah salah satu langkah yang paling berat untuk dijalankan pada strategi usaha dagang. Walau sulit, kualitas nomor wahid harus menjadi pegangan kita dalam berbisnis, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →