Cari Tahu 15 Usaha Kreatif Paling Menjanjikan di Indonesia

usaha modal 10 juta

Di zaman yang semakin maju, setiap pelaku industri akan dituntut untuk memiliki kreativitas yang tinggi dalam memasarkan produk. Jenis usaha yang dipilih mungkin saja mirip, namun pelaku usaha kreatif akan memberikan berbagai inovasi keren dalam produknya.

Jenis usaha kreatif di Indonesia memang sangat banyak, tapi berbeda kondisinya jika membahas usaha yang menjanjikan. Berikut ini adalah 15 usaha kreatif yang menjanjikan di Indonesia. Yuk, simak apa saja usaha-usahanya.

1. Peralatan Rumah Tangga Dari Rotan

usaha kreatif

Jika biasanya kita melihat peralatan rumah tangga berbahan plastik ataupun kayu, kini peralatan rumah tangga berbahan rotan sudah diminati oleh banyak orang. Bukan tanpa alasan, rotan dianggap memiliki bahan yang kuat dan juga tahan lama.

Biasanya rotan akan dijadikan peralatan rumah tangga seperti bangku, tudung saji, tempat sampah, keranjang baju, tempat mainan, lemari, tempat tisu, dan masih banyak lagi. 

Berikut adalah estimasi modal yang bisa kita siapkan di awal.

Bahan-Bahan Biaya
Rotan Rp1,5 juta
Peralatan untuk perakitan Rp1,7 juta
Biaya operasional per bulan Rp1,2 juta
Total Rp4,4 juta

Maka modal awal yang dibutuhkan untuk merintis usaha kreatif dari bahan rotan adalah Rp4,4 juta. Tentu, bentuk-bentuk peralatan rumah tangga yang bermanfaat lainnya bisa dirancang menggunakan bahan baku rotan.

Dalam hal ini, kita pun bisa mengandalkan daya imajinasi disertai ketepatan dalam mencari arah permintaan pasar yang tepat. Dengan begitu, potensi profit penjualan menjadi tidak terbatas, bukan?

2. Flip Cover 

flip cover

Cara paling cepat agar usaha kita laku dipasaran adalah dengan memastikan usaha tersebut belum memiliki banyak pesaing, contohnya saja usaha kreatif flip cover ini. Flip cover  adalah jenis casing yang menutupi bagian belakang sekaligus depan sehingga mampu melindungi tablet atau ponsel dari depan maupun belakang. 

Biasanya flip cover terbuat dari bahan kulit atau busa untuk bagian depan dan plastik fiber pada bagian belakangnya. 

Nah, jika mau membuka usaha ini, berikut estimasi modal awal yang dibutuhkan.

Bahan-Bahan Biaya
Bahan baku Rp2 juta
Peralatan untuk perakitan Rp1 juta
Biaya operasional per bulan Rp1,2 juta
Total Rp4,2 juta

Maka modal awal yang dibutuhkan untuk merintis usaha kreatif flip cover adalah Rp4,2 juta.

3. Produk Daur Ulang

produk daur ulang

Jika ingin membuka usaha sekaligus membantu kampanye go green, maka usaha kreatif seperti membuat produk dari bahan daur ulang bisa kita coba.

Salah satu jenis produk yang bisa kita buat seperti, pembuatan kantong belanjaan dari bungkus-bungkus kemasan, payung, kerajinan dari bubur kertas, dan masih banyak lagi.

Nah, jika mau membuka usaha ini, berikut estimasi modal awal yang dibutuhkan.

Bahan-Bahan Biaya
Bahan baku Rp500 ribu
Peralatan untuk pembuatan Rp300 ribu
Biaya operasional per bulan Rp800 ribu
Total Rp1,6 juta

Maka modal awal yang dibutuhkan untuk merintis usaha kreatif produk dari daur ulang adalah Rp1,6 juta.

4. Baju Desain Merek Makanan

Baju Desain Merek Makanan

Usaha berjualan baju mungkin sudah sangat umum, namun bagaimana jika baju tersebut dirancang dengan gambar-gambar merek makanan yang beredar di Indonesia saat ini, misalnya baju dengan desain logo-logo mie instan, atau logo-logo permen. Pastinya baju tersebut akan sangat unik dan banyak orang yang ingin membelinya.

Berikut adalah estimasi modal awal yang akan kita perlukan.

Bahan-Bahan Biaya
Bahan baku Rp2,5 juta
Peralatan untuk print baju Rp4 juta
Biaya operasional per bulan Rp2 juta
Total Rp8,5 juta

Maka modal awal yang dibutuhkan untuk merintis usaha kreatif baju desain merek makanan adalah Rp8,5 juta. Meski begitu, kita bisa menekan pengeluaran modal dengan menggunakan alat sablon manual yang lebih murah. Triknya adalah walau lebih murah, namun hasil sablon pun bisa tetap bagus dan tahan lama.

5. Casing Ponsel

casing ponsel

Usaha berikut yang tidak kalah menguntungkan adalah usaha berjualan casing ponsel. casing merupakan aksesoris ponsel yang berfungsi melindungi ponsel dari goresan, benturan, debu, dna juga penunjang penampilan ponsel.

Casing ponsel biasa dijual dengan berbagai tipe, mulai dari hardcase yaitu casing yang terbuat dari bahan yang keras seperti aluminium dan plastik fiber. Kemudian softcase merupakan casing  ponsel yang terbuat dari bahan yang lunak seperti karet dan juga silikon.

Berikut adalah estimasi modal awal yang akan kita perlukan.

Bahan-Bahan Biaya
Bahan baku Rp1 juta
Peralatan untuk print desain casing Rp2 juta
Biaya operasional per bulan Rp2 juta
Total Rp5 juta

Maka modal awal yang dibutuhkan untuk merintis usaha kreatif casing ponsel adalah Rp5 juta.

6. Usaha kreatif Pembuatan Karikatur

usaha kreatif karikatur

Punya keahlian menggambar karikatur? Yuk, jangan jadikan keahlian tersebut sia-sia, coba saja membuka usaha jasa pembuatan karikatur.

Jasa pembuatan karikatur tentu tidak memakan modal yang besar seperti usaha lainnya. Berikut adalah estimasi modal awal yang akan kita perlukan untuk membuka usaha karikatur.

Bahan-Bahan Biaya
Alat gambar Rp500 ribu
Pewarna Rp750 ribu
Biaya operasional per bulan Rp300 ribu
Total Rp1,550 juta

Maka modal awal yang dibutuhkan untuk merintis usaha kreatif pembuatan karikatur adalah Rp1,550 juta.

7. Jasa Foto Terbalik

foto terbalik

Membuka usaha studio foto memang sudah biasa, tapi bagaimana jika studio foto tersebut disulap sekana-akan membentuk rumah terbalik. Usaha satu ini memang terbilang jarang, namun ternyata memiliki banyak peminat.

Biaya merintis usaha ini memang cukup besar, sebab kita harus menyewa ruangan untuk disulap seakan-akan rumah terbalik. Berikut adalah estimasi biaya yang dibutuhkan.

Bahan-Bahan Biaya
Sewa ruangan Rp2 juta
Properti  Rp3 juta
Alat foto Rp4 juta
Biaya operasional per bulan Rp1 juta
Total Rp10 juta

Maka modal awal yang dibutuhkan untuk merintis usaha jasa foto terbalik adalah Rp10 juta.

8. Jasa Bungkus Kado

bungkus kado

Ketika hari ulang tahun teman atau saudara tiba pastinya kita ingin menyenangkan hatinya dengan memberikan kado ulang tahun. Meskipun kado spesial sudah disiapkan, namun tidak banyak orang yang bisa menyampul kado tersebut dengan rapi dan indah. 

Nah, jika kita memiliki kemampuan menyampul dengan rapi, tidak ada salahnya untuk membuka usaha satu ini. Yuk, simak estimasi modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha satu ini.

Bahan-bahan Biaya
Kertas kado Rp800 ribu
Kotak kado Rp500 ribu
Biaya operasional per bulan Rp500 ribu
Total Rp1,8 juta

Maka modal awal yang dibutuhkan untuk merintis usaha jasa bungkus kado adalah Rp1,8 juta.

9. Jasa Fotografer dan Videografer

fotografer

Hobi mengambil berbagai momen-momen yang ada di sekitar dengan kamera? Nah, hobi tersebut bisa kita jadikan peluang usaha kreatif, lho. Misalnya menjadi jasa fotografer atau videografer untuk pernikahan atau prewedding.

Selain modal keahlian, dana awal pun harus kita persiapkan. Estimasi di bawah ini bisa kita jadikan patokan untuk membuka usaha kreatif satu ini. Mari simak bersama.

Bahan-Bahan Biaya
Kamera Rp2 juta
Peralatan pendukung kamera Rp1 juta
Biaya operasional per bulan Rp2 juta
Total Rp5 juta

Maka modal awal yang dibutuhkan untuk merintis usaha jasa fotografer dan videografer adalah Rp5 juta.

10. Jasa Custom Buku Catatan

custom buku

Notebook atau buku catatan memang menjadi kebutuhan yang penting, baik untuk pelajar, mahasiswa, dan juga karyawan kantor. Kondisi tersebut bisa kita manfaatkan untuk membuka usaha berjualan buku catatan.Agar usaha tersebut semakin menarik pelanggan, kita bisa membuat berbagai desain buku catatan yang bisa dicustom sesuka hati.

Maka dengan demikian pembeli akan memiliki berbagai pilihan varian bentuk buku catatan yang bisa dibeli. Sekarang, mari simak estimasi modal usaha yang dibutuhkan.

Bahan-bahan Biaya
Peralatan untuk cetak buku catatan custom Rp4 juta
Biaya operasional per bulan Rp500 ribu
Total Rp4,5 juta

Maka modal awal yang dibutuhkan untuk merintis usaha jasa custom buku catatan adalah Rp4,5 juta.

11. Jasa Lukis Bantal atau Papan

bantal lukis

Jika punya keahlian melukis bisa nih memanfaatkan usaha kreatif satu ini. Jika bingung target pasar usaha seperti ini siapa saja, tenang karena target pasarnya cukup besar kok, misalnya saja para calon pengantin yang sedang mencari suvenir pernikahan ataupun acara kumpul komunitas.

Nah, modal awal usaha ini tergantung pada berapa permintaan yang datang. Namun, jika terdapat 10 permintaan dalam sebulan, maka modal yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

Bahan-bahan Biaya
Alat lukis Rp1 juta
Media lukis Rp800 ribu
Biaya operasional per bulan Rp300 ribu
Total Rp2,1 juta

Maka modal awal yang dibutuhkan untuk merintis usaha jasa lukis bantal atau papan  adalah Rp2,1 juta.

12. Jasa Custom Mahar Pernikahan

Custom Mahar Pernikahan

Jasa custom mahar pernikahan menang kerap dicari oleh pasangan-pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Biasanya mereka akan meminta mahar uang yang dimiliki dibentuk sedemikian unik, seperti berbentuk kaligrafi, ikan, kipas, kupu-kupu, hati, masjid, merpati, rumah gadang, wayang, dan masih banyak lagi.

Mahar-mahar ini dapat dibandrol dengan harga berkisar antara Rp1 juta hingga Rp2 juta per unit, tergantung seberapa besar tingkat kerumitan yang akan dilakukan.

Berikut adalah estimasi modal awal yang akan kita keluarkan untuk merintis usaha satu ini.

Bahan-Bahan Biaya
Pigura Rp3 juta
Peralatan lainnya Rp3 juta
Biaya operasional per bulan Rp300 ribu
Total Rp6,3 juta

Maka modal awal yang dibutuhkan untuk merintis usaha jasa custom mahar pernikahan adalah Rp6,3 juta.

13. Buket Makanan

buket makanan

Jika biasanya kita menemukan buket dalam bentuk rangkaian bunga, maka kita bisa menggantinya dengan makanan-makanan ringan, seperti cokelat, biskuit, maupun permen. Modal untuk pembuatan buket ini tidaklah besar, simak saja estimasi modal berikut ini.

Bahan-Bahan Biaya
Makanan-makanan ringan Rp2juta
Bahan-bahan luntuk buket Rp1 juta
Biaya operasional per bulan Rp200 ribu
Total Rp3,2 juta

Maka modal awal yang dibutuhkan untuk merintis usaha buket makanan adalah Rp3,2 juta.

14. Scrap Frame

scrap frame

Sering kali, orang-orang mencari hadiah unik untuk teman atau keluarga yang baru lulus sekolah, berulang tahun, ataupun menikah dengan scrap frame. Scrap frame adalah rangkaian foto yang dirangkai seunik mungkin dengan dihiasi background yang indah dan diberi bingkai berupa pigura. 

Berikut adalah estimasi modal yang kita butuh untuk memulai usaha ini.

Bahan-Bahan Biaya
Pigura Rp3 juta
Peralatan lainnya Rp1 juta
Biaya operasional per bulan Rp300 ribu
Total Rp4,3 juta

Maka modal awal yang dibutuhkan untuk merintis usaha jasa pembuatan scrap frame adalah Rp4,3 juta.

15. Bunga Artificial

usaha bunga

Usaha kreatif lainnya yang tidak kalah menguntungkan adalah pembuatan bunga artificial. Bunga artificial merupakan bunga kertas yang biasa digunakan sebagai buket bunga yang mampu bertahan lama dan aman bagi orang yang alergi terhadap bunga.

Nah, usaha jenis ini cukup menjanjikan untuk kita buka. Oleh karena itu, mari simak estimasi modal yang dibutuhkan.

Bahan-Bahan Biaya
Bunga artificial Rp2 juta
Bahan-bahan lainnya Rp1 juta
Biaya operasional per bulan Rp300 ribu
Total Rp3,3 juta

Maka modal awal yang dibutuhkan untuk merintis usaha jasa pembuatan bunga artificial adalah Rp3,3 juta.

Tingginya permintaan orang-orang akan produk-produk custom membuat usaha kreatif memiliki pasar tersendiri, maka dari itu manfaatkan peluang ini sebaik mungkin. Salah satu caranya adalah dengan memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai wadah promosi. 

Namun, pastikan juga untuk tidak menarik untung terlalu besar di awal perintisan usaha.

Sebagai awalan, sebaiknya kita fokus pada upaya mempromosikan brand usaha kita. Lambat laun, kita bisa menaikkan harga jual dengan turut meningkatkan kualitas produk atau jasa yang kita jual. Dengan begitu usaha bisa terus berkembang dan tidak mati di tengah jalan.

Kunjungi Lifepal untuk mendapatkan insight mengenai jenis-jenis usaha sampingan dan bisnis jasa menguntungkan lainnya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →