15 Usaha dan Investasi Ini Bisa Dijalankan dengan Modal Rp10 Juta

investasi menguntungkan dengan modal 10 juta

Investasi menguntungkan dengan modal 10 juta kini bisa dipilih sebagai pemasukan utama. Asal dijalankan dengan baik dan benar saja, uang 10 juta itu bisa mendatangkan keuntungan berkali-kali lipat. 

Stigma terjun ke bisnis harus punya banyak uang kini sudah terpatahkan. Kalau kalian serius, ada banyak contoh investasi menguntungkan dengan modal 10 juta saja.

.Jika kamu termasuk orang yang gak berani ambil risiko, kamu bisa mencoba investasi dengan modal kecil yakni hanya 10 juta. Kamu bisa langsung menginvestasikan uang 10 juta mu untuk emas, deposito, hingga saham. 

Dilansir dari cnbcindonesia.com, kini beberapa jenis reksadana tercatat lagi naik sampai 8,29 persen. Jadi, kalau kamu menanam modal Rp 10 juta, kamu bisa mendapat keuntungan sampai Rp 10,82 juta. Lumayan, bukan?

Dari gambaran di atas, sudah saatnya kamu memikirkan berinvestasi dengan modal Rp 10 juta. Selain minim risiko, keuntungan yang akan kamu dapatkan juga lumayan, lho!

Gak perlu memikirkan profit yang kamu terima bakal sedikit kalau modalnya hanya Rp 10 juta . Sebab, profit itu tidak hanya bergantung dari modal, tapi juga dari jenis bisnis hingga strategi bisnis. Banyak kok bisnis bermodal besar tapi bangkrut. Sebaliknya, ada juga bisnis yang modalnya kecil tapi untungnya bisa beratus-ratus kali lipat dari modal.

Kali ini kita mau kasih rangkuman beberapa peluang usaha dan jenis investasi dengan modal 10 juta. Apa saja? Mendingan simak langsung, barangkali ada yang membuatmu tertarik dan ingin memulainya. 

Jenis-jenis investasi dengan modal 10 juta

Dengan modal Rp10 juta, kini kamu bisa lho berinvestasi dan menghasilkan keuntungan jangka panjang yang lumayan. Ini dia beberapa jenis bisnis dan investasi menguntungkan dengan modal 10 juta yang bisa kamu coba.

1. Usaha cuci motor 

Usaha cuci motor menjadi contoh peluang usaha modal 10 juta yang pertama. Kalau kamu pikir buka jasa cuci motor itu mahal, kamu salah banget, karena usaha yang satu ini bisa dijalankan di lahan yang terbatas. 

Kalau bisa menyewa lahan atau membukanya dari garasi rumah saja. Bahkan, kamu bisa memulai dengan modal investasi awal yang gak sampai Rp10 juta. 

Alat-alat yang kamu butuhkan adalah alat steam dan kompresor, peralatan mencuci seperti ember, kain lap, busa, serta bahan shampoo untuk kendaraan. 

Di Bukalapak saja ada yang jual sepaket kompresor, beserta tabung sabun dan alat steamnya seharga Rp4,5 juta. Kalau kamu memerlukan karyawan, bisa merekrut satu karyawan untuk jasa cucinya.

Tawarkan jasa cucian itu ke tetangga-tetangga terdekat. Lumayan kan kalau satu motor dipatok seharga Rp15 ribu sekali cuci. Kalau sehari ada 10 motor saja, omzetnya sudah Rp150 ribu per hari.

2.  Laundry kiloan 

Bisnis laundry ternyata gak terlalu membutuhkan modal yang besar, cukup Rp10 juta saja kamu sudah bisa mendapatkan pundi-pundi untuk dompetmu. 

Kamu bisa membukanya di dalam rumah atau menyewa ruko kecil-kecilan di tempat padat penduduk. 

Modalnya cuma butuh dua buah mesin cuci, deterjen, serta alat setrika dan papannya. Harga mesin cuci juga bervariatif, mulai dari Rp1 juta sampai Rp3 jutaan. Pilih saja yang sesuai kebutuhan dan terjangkau di kantong tentunya.

Tawarkan jasa cuci kiloan agar semakin untung. Pasarannya sih satu kilo dipatok harga Rp6 ribu – Rp10 ribu. Tapi, kalau untuk mencuci sprei, karpet, dan alas lainnya yang memiliki ukuran besar, biasanya harganya berbeda dan cenderung lebih mahal. 

3. Warkop 

Warkop bisa menjadi peluang usaha modal 10 juta yang bisa kamu pilih. Warkop terbilang contoh usaha yang praktis dan mudah untuk dijalankan. 

Kamu gak perlu memiliki keahlian memasak tingkat dewa untuk bisa memasak dan menghidangkan menu untuk pembeli. 

Karena makanan yang dijajakan biasanya adalah mie instan dan bubur kacang hijau. Sementara itu, minumannya rata-rata adalah minuman sachet yang tinggal diseduh dalam keadaan panas atau dengan tambahan es.

Warkop identik sebagai tempat nongkrong di kala senggang, maka dari itu, kalau mau ramai, pilih lokasi-lokasi yang strategis seperti di pinggir jalan atau di area kampus. 

Biasanya yang langganan ke warkop itu abang-abang ojol, untuk sekedar makan atau melepas lelah. 

Untuk modalnya, yang paling besar adalah biaya sewa tempat dan renovasi lapak seperti warkop pada umumnya. Kalau ditotal-total sih gak bakalan sampai Rp10 juta kok, dengan catatan direnov sesederhana mungkin, asal ada kursi dan mejanya. 

4. Jualan bakso 

Makanan yang satu ini memiliki banyak penggemar. Dari yang muda sampai yang tua semuanya doyan menyantap bakso. Itu sebabnya, berjualan bakso menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan dan tentunya bisa dijalankan dengan modal kecil. 

Kamu bisa membuka lapak bakso di garasi rumah atau berkeliling dengan gerobak. Tapi sebelum berjualan, pastikan dulu kalau rasa dari bakso yang kamu jual sudah pas di lidah orang-orang. 

Supaya lebih matang, sebelum jualan, ada baiknya melakukan riset terhadap resep-resep bakso di internet. Carilah resep yang kira-kira memiliki cita rasa paling mantap. 

Harga gerobak bakso sendiri gak terlalu mahal kok. Gerobak lengkap dengan roda untuk berjualan keliling saja harganya cuma Rp1,3 jutaan. Sementara gerobak kayu tanpa roda yang biasa digunakan untuk booth harganya berkisar dari Rp1 juta – Rp3 juta, tergantung dari kualitas kayu yang digunakan. 

5. Bisnis waralaba alias franchise

Peluang usaha modal 10 juta bisa kamu temukan di aneka bisnis waralaba atau franchise. Ada banyak pilihannya, mulai dari makanan sampai minuman ringan. 

Keuntungannya terjun ke bisnis waralaba adalah kamu tidak perlu lagi melakukan proses marketing, karena sudah dikenal banyak orang. 

Nah, salah satu pilihannya adalah waralaba Cheese Tea Co. Minuman kekinian yang satu ini bisa kamu jadikan usaha dengan membayar biaya kemitraan sekitar Rp7 juta. 

Biaya tersebut sudah termasuk peralatan berjualan seperti blender dan bahan bakunya. 

Diprediksi sih omzet per bulannya bisa mencapai Rp7,1 jutaan. Wah bisa balik modal dengan cepat dong ya? 

Ada juga waralaba Kuch2Hotahu yang udah terkenal di beberapa daerah. Waralaba ini menjual tahu goreng tapi dengan sensasi pedas. Dengan biaya kemitraan Rp8 jutaan, kamu sudah mendapatkan booth, alat memasak, dan bahan bakunya. 

6. Catering rumahan 

Kalau kamu jago masak, usaha catering rumahan bisa menjadi pilihan yang tepat. Misalnya kamu bisa berjualan makanan-makanan sehat untuk para pegawai kantoran atau anak sekolah. Biar gak bosan, buatlah menu yang berbeda setiap harinya. 

Modal yang dibutuhkan gak perlu gede-gede kok, cukup beli bahan-bahan makanannya di pasar, dan alat-alat memasak. Jangan lupa juga memperhitungkan biaya ongkos kirimnya. 

Asal tekun dan konsisten dengan kualitas masakan, kamu sudah bisa dapat keuntungan rutin. Tawarkan ke tetangga-tetangga sekitar rumah atau ke kerabat terdekat. 

7. Usaha modal 10 juta, Ayam geprek 

Memanfaatkan tren di masyarakat saat ini adalah salah satu strategi yang jitu untuk terjun ke dunia bisnis. Mengingat kini banyak yang pada doyan ayam geprek dengan level-level yang bervariasi, gak ada salahnya kamu juga terjun ke bisnis ini. 

Kalau kamu pikir bisnis ini butuh modal besar, salah besar! Kamu gak harus punya ruko atau tempat makan khusus untuk jualan ayam geprek. Manfaatkan saja dapur di rumahmu, kemudian jual lewat ojek online. Lebih praktis, murah dan berpotensi datangkan banyak pundi-pundi! 

8. Jualan kue pesanan 

Usaha modal 10 juta selanjutnya adalah jual kue pesanan. Kamu gak perlu harus jadi artis dulu buat bisa jual kue kekinian, cukup bermodalkan keahlian membuat kue dan dapur rumah juga sudah bisa. 

Kamu bisa menjual kue bolu, kue lapis atau kue apapun ke tetangga-tetangga sekitar rumah. Tapi pastikan dulu kalau kue yang kamu jual rasanya enak. 

Untuk memperkaya khasanah pengetahuanmu tentang kue, kamu juga bisa belajar dari internet. Biar kue yang dijual juga bervariatif dan gak itu-itu saja. 

9. Jasa fotokopi 

Meskipun kini mesin printer fotokopi sudah murah, tapi masih banyak lho yang belum punya. Jadi membuka jasa fotokopi masih dibutuhkan banget nih saat ini. 

Lokasi yang strategis untuk membuka jasa fotokopi dan print bisa di area kampus. Di sana, pasti banyak mahasiswa yang pengin fotokopi tugas, atau fotokopi materi perkuliahan, dan keperluan kampus lainnya. 

Untuh membuka usaha ini, modalnya gak sampai Rp10 juta kok. Dilihat di Tokopedia, harga mesin fotokopiannya aja berkisar antara Rp3 juta sampai Rp8 juta. 

10. Pangkas rambut 

Peluang usaha modal 10 juta berikutnya adalah bisnis pangkas rambut. Ingat pangkas rambut dan barbershop itu beda ya. Kalau barbershop mungkin membutuhkan banyak modal karena fasilitas mereka kelas premium, seperti ada AC dan tempat yang nyaman. 

Nah kalau pangkas rambut, cukup siapkan kaca, kursi, dan alat-alat mencukur saja. Kamu bisa mempekerjakan tukang cukur yang sudah berpengalaman untuk bekerja sama kamu. 

Modal awalnya, tinggal sewa tempat, dan membeli peralatannya mulai dari kaca, kursi, dan alat cukur yang kalau ditotal-total gak sampai Rp10 juta. 

11. Jualan pulsa 

Bahkan ini jauh dari kategori kelompok usaha modal 10 juta. Karena, hanya bermodalkan ponsel pintar dan isi saldo saja, kamu sudah bisa berjualan. 

Tapi, supaya lebih menarik, jangan cuma jualan pulsa, jual juga berbagai macam pernak-pernik ponsel, seperti headphone, kabel charger, casing ponsel, tongsis, dan sebagainya. 

12. Kue basah 

Kue basah termasuk kudapan yang paling dicari oleh warga. Biasanya kue basah dicari pagi hari sebagai camilan pengganjal perut. Kue basah ada banyak macamnya, seperti kue lumpur, kue lapis, talam ebi, dadar gulung, dan lain-lain. 

Jual saja di depan rumah atau di depan komplek, bisa saat pagi hari maupun malam hari. 

Paling laku sih pada saat bulan Ramadan, karena dicari-cari sebagai takjil buka puasa. Tertarik buat menjalankan usaha modal 10 juta ini?

13. Warung makan

Modalnya mungkin hampir sama kayak catering rumahan, tapi kalau warung makan kamu harus mempersiapkan meja dan kursi untuk pembeli. Kalau dibayangkan sih modalnya gak bakal sampai Rp10 juta kok

Pertama yang perlu kamu persiapkan adalah, masakannya. Gak perlu ribet-ribet, masakan rumahan juga sudah paling pas untuk memenuhi kebutuhan para pembeli, asal ada sayur, lauk, dan nasinya. 

Kedua, kamu harus mempersiapkan tempatnya, bisa di garasi rumah yang kamu sulap menjadi warung, atau menyewa tempat di tengah keramaian. 

Yang terakhir adalah membeli peralatannya seperti meja dan kursi. Jangan yang bagus-bagus, yang penting berkualitas. Menurutmu, usaha modal 10 juta yang satu ini cocok gak buat kamu?

14. Toko kelontong

Peluang usaha modal 10 juta yang paling laku lainnya adalah toko kelontong. Meski keberadaan toko kelontong mulai tergerus dengan adanya supermarket, bisnis ini tetap menjadi alternatif berbelanja bagi warga. 

Toko kelontong juga gak membutuhkan lahan yang besar-besar, bisa di garasi rumah, atau di pinggir jalan. Jual produk yang bervariasi biar pembeli tertarik untuk datang ke sana. 

Yang terpenting sih harus ada sembako, seperti beras, telur, gula, garam, minyak goreng, dan lain-lainnya. 

15. Jualan jus buah 

Pastikan survei dulu supaya dapat pemasok buah yang berkualitas dengan harga kompetitif. (Shutterstock)

Jus buah merupakan salah satu sumber vitamin yang bagus untuk tubuh. Sangat dianjurkan bila kita meminum satu gelas jus segar setiap harinya. Namun, banyak dari masyarakat yang malas untuk membuatnya sendiri di rumah. 

Kemalasan itu ternyata bisa dijadikan sebagai peluang usaha modal 10 juta, yaitu jualan jus buah pinggir jalan. Modalnya gak banyak, cukup meja atau booth, alat blender, dan beberapa buah-buahan segar yang bisa kamu dapatkan di pasar. 

Nah, setelah membahas peluang usaha, ini dia jenis-jenis investasi yang bisa kamu pilih dengan modal Rp10 juta saja.

1. Emas

Bisa dibilang investasi emas adalah salah satu investasi yang aman dan stabil. Selain itu, keuntungan investasi emas juga cukup menggiurkan, lho

Per tahun, prediksi investasi emas bisa mencapai 10-12 persen bila dilakukan selama 4-5 tahun. Hal ini karena harga emas yang cenderung selalu naik. 

Dengan uang Rp10 juta, kamu bisa mulai berinvestasi dengan membeli emas batangan atau logam mulia. Kamu juga bisa ikut program tabungan emas di Pegadaian dan Antam!

2. Deposito

Investasi menguntungkan dengan modal Rp10 juta yaitu deposito. Deposito termasuk salah satu jenis investasi yang minim risiko karena simpanan uang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi, uang kamu tetap aman meski bank dilikuidasi.

Bunga deposito sendiri mencapai 4-7 persen tergantung tabunganmu. Bunga deposito juga mengikuti suku bunga acuan bank Indonesia.

3. Reksa dana

Untuk kamu pemula yang ingin mencoba investasi, bisa lho mencoba reksa dana. Investasi reksa dana bahkan bisa dimulai dengan modal Rp100 ribu. 

Tapi, jika kamu mulai dengan modal Rp10 juta, tentu keuntungan yang didapat akan lebih banyak, kan? 

4. Saham

Di antara tiga investasi di atas, saham merupakan salah satu investasi dengan risiko yang tinggi namun juga hasil yang didapatkan jauh lebih banyak. 

Keuntungan saham ini tentunya didapat dari pergerakan pasar dan kinerja perusahaan yang sahamnya kamu pilih. 

Karena itu, ada istilah capital gain (keuntungan dari kenaikan harga saham) dan capital loss (kerugian dari penurunan harga saham.

Untuk itu, bila kamu memilih investasi saham, diperlukan strategi dan analisis yang bagus agar bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Itulah 15 ide usaha dan investasi menguntungkan dengan modal 10 juta yang bisa kamu jadikan sumber pendapatan. Jadi intinya, membuka usaha itu kini gak perlu membutuhkan modal yang besar. (Editor: Chaerunnisa)