Deretan Usaha Rumahan Menjanjikan dan Mudah Dilakoni

Telah Ditinjau: Lifepal Lifepal
Usaha-kecil-menguntungkan-Blog

Usaha rumahan bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan penghasilan dengan melakukannya di halaman rumah. Membuka usaha rumahan, tentunya akan memudahkan kamu dalam menjalaninya apalagi tanpa perlu mengeluarkan uang banyak. 

Memiliki usaha kecil di rumah memang sangat membantu, bahkan bisa menambah penghasilan. Asalkan, pintar menjalankannya, untung dijamin bakal datang terus menerus.

Namun, usaha kecil yang seperti apa ya yang kira-kira bisa dilakukan di rumah tanpa harus mengeluarkan bujet modal besar? Sebenarnya saat ini banyak jenis usaha yang bisa kamu lakoni hanya di halaman rumah. 

Selain memikirkan bagaimana membangun usaha di rumah, kamu juga perlu lho mengantongi asuransi jiwa. Dengan memiliki asuransi jiwa sejak dini, tentunya akan membantu mengurangi dari risiko keuangan.

Nah, apa saja jenis usahanya yang menguntungkan dan bisa dilakukan meski hanya di rumah? Sebelum memulainya kamu mesti ketahui dulu apa yang harus diperhatikan sebelum memulainya. 

Perhatikan hal-hal ini sebelum memulai usaha rumahan

Sebelum melangkah jauh menjalani usaha rumahan, tentunya kamu mesti memikirkan strategi agar bisnis kecil-kecilan ini bisa berjalan lancar. Jangan sampai kamu sudah mengeluarkan dana alias modal untuk menjalankan bisnis atau usaha yang dilirik berhenti di tengah jalan. 

Seperti diketahui, dalam menjalankan usaha di rumah tentunya bukan perkara sulit. Berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai usaha kecil-kecilan di rumah. 

Memiliki keinginan

Ketika berencana menjalankan sebuah usaha di rumah pastinya sudah memiliki keinginan. Keinginan ini terbesit saat kamu akan memutar otak dari pegawai kantoran dan memulai merencanakan sebuah bisnis kecil-kecilan. 

Jangan tergesa-gesa rasanya menjadi kalimat yang tepat ketika kamu akan melakoni usaha di rumah. Oleh karena itu, memiliki keinginan dan matang memikirkannya sangat diperlukan bagi siapa saja yang akan menjalankan usaha di rumah. 

Ketika memiliki keinginan yang besar dan mantap dengan pilihannya, dijamin jenis usaha di rumah dilakukan berjalan lancar. 

Manfaatkan media sosial

Menjalankan usaha di rumah bukan berarti kamu buta teknologi ya. Saat membangun bisnis yang dilakoni di rumah, memanfaatkan kecanggihan teknologi bisa kamu lirik lho. 

Di era serba digital ini, dan di tengah pandemi Covid-19, banyak usaha rumahan yang memanfaatkan media sosial sebagai salah satu sarana promosi untuk berjualan. Bermodalkan ponsel pintar dan akun media sosial tanpa berbayar, banyak bisnis kecil-kecilan yang dilakukan di rumah hidup. 

Tapi tidak menutup kemungkinan juga kamu mempromosikan jenis usaha mu dari mulut ke mulut. Kamu bisa memperkenalkan atau promosikan ke kerabat terdekat. Dengan begitu, saat kamu sudah memiliki media sosial untuk berjualan, konsumen mudah menemukan jenis usaha yang tengah dilakoni. 

Jangan tutup mata dengan persaingan

Ketika berencana untuk membangun usaha di rumah, kamu jangan pernah untuk tutup mata dengan persaingan yang ada. Jangan pernah menganggap kalau kamu tidak memiliki saingan saat menjalankan usaha di rumah. 

Selain itu, jangan pernah menganggap kalau bisnis atau usaha kamu yang lebih baik dibandingkan dengan rival. Dengan adanya persaingan, kamu bisa mengatur strategi jitu dalam promosi maupun berjualan. 

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Deretan usaha rumahan yang bisa kamu lakukan

Bagi yang tengah mencari rekomendasi usaha rumahan dengan modal kecil tapi tetap mendatangkan penghasilan berikut pilihannya. Dari sekian banyak usaha kecil-kecilan yang bisa dilakukan di rumah di antaranya usaha rumahan yang lagi trend. 

Tidak hanya itu, usaha ini juga bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga lho. Yuk kita intip aja deretan usaha kecil-kecilan yang bisa dijalani cukup di rumah saja. 

1. Catering rumahan

Pilihan satu ini bisa kamu ambil kalau pengin punya usaha kecil menguntungkan. Pasalnya, banyak perusahaan saat ini menyediakan makanan catering buat makan siang karyawannya.

Lebih mantap lagi, kalau catering rumahan milikmu menerima pesanan pesta pernikahan. Omzet kamu terima dapat lebih besar lagi, kira-kira puluhan juta masuk ke rekening cuma buat satu pesta pernikahan.

Bermodalkan Rp5 juta, kamu bisa membuka usaha catering rumahan. Dimulai dengan menawarkan makananmu ke kantor-kantor, usaha catering bisa berkembang seandainya nanti sukses.

2. Usaha kecil menguntungkan air isi ulang

Di kota-kota besar orang-orang perlahan-lahan udah mulai meninggalkan air sumur dan beralih ke air isi ulang buat minum.

Apalagi perkantoran, mustahil kamu minum air yang dimasak. Kalau haus kamu tinggal ke dispenser, dan minum air dari galon.

Di sinilah peluangnya. Kamu bisa membuka usaha air isi ulang buat memenuhi pesanan-pesanan yang ada. Dengan modal dari Rp15 jutaan – Rp30 jutaan, kamu udah bisa membuka usaha kecil menguntungkan ini.

3. Laundry kiloan

Usaha kecil menguntungkan lainnya adalah usaha laundry kiloan. Kenapa usaha ini menjanjikan? Pasalnya, banyak orang yang udah mulai malas mencuci bajunya sendiri.

Kesibukan mereka selama bekerja bikin mereka gak punya waktu buat mencuci. Alhasil, adanya usaha laundry kiloan meringankan beban mereka dalam membersihkan pakaian.

Modal membuka usaha laundry kiloan mulai dari Rp15 jutaan – Rp20 jutaan. Omzetnya bisa mencapai Rp16 jutaan kalau ramai.

4. Pangkas rambut

Membuka usaha pangkas rambut juga menjadi pilihan usaha kecil menguntungkan. Beberapa usaha pangkas rambut ternama yang dulunya mulai dari kecil bisa mengantongi omzet hingga Rp80 juta.

Lalu, berapa modal yang dibutuhkan buat membuka usaha pangkas rambut ini? Modal Rp30 juta – Rp50 juta udah cukup buat kamu membuka usaha pangkas rambut. Itu pun modal yang dipakai buat menjalin kemitraan.

5. Penjahit rumahan

Pilihan usaha kecil menguntungkan lainnya adalah dengan membuka usaha penjahit rumahan. Buat kamu yang senang menjahit, cocok nih kalau menjadikan peluang ini sebagai sumber penghasilan.

Per bulannya nih penjahit rumahan bisa menghasilkan Rp1,5 juta – Rp3 juta. Modal yang dibutuhkan gak besar-besar amat. Mulai dari Rp2,5 jutaan, kamu udah bisa menjalankan usaha ini.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

6. Usaha fotocopy

Memfotokopi dokumen udah menjadi kebutuhan yang sepertinya gak ada matinya. Pasalnya, kalau berurusan dengan birokrasi, pasti permintaannya fotokopi atau salinan dokumen ini dan itu.

Makanya usaha fotocopy berpotensi menjadi peluang usaha kecil menguntungkan yang bisa kamu pilih. Omzet per bulannya yang bisa kamu peroleh dari usaha ini mencapai Rp4 jutaan. Modal yang dibutuhkan buat menjalankan usaha ini sekitar Rp10 jutaan.

7. Warnet gaming

Meski sekarang udah ada smartphone, kenyataannya nih warnet gaming masih menjadi peluang usaha kecil menguntungkan. Sebulannya aja warnet gaming bisa meraup omzet hingga Rp 9 jutaan.

Modal yang perlu disediakan buat membuka usaha warnet gaming dimulai dari Rp 18 jutaan – Rp 25 jutaan. Emang sih modalnya besar. Kalau konsisten cetak omzet Rp 9 jutaan, modal bisa balik dalam waktu tiga bulan.

8. Frozen food

Usaha makanan beku alias frozen food juga menjadi usaha kecil menguntungkan yang bisa kamu pilih. Apalagi sekarang ini frozen food menjadi pilihan praktis orang-orang yang gak punya waktu ke pasar buat memasak di rumah.

Cukup banyak makanan yang bisa dijadikan frozen food. Mulai dari nugget, sosis, bakso, fish stik, kaki naga, tempura, salmon roll, siomay, pempek, tekwan, hingga risol.

Omzet yang bisa dihasilkan dari usaha frozen food gak main-main lho besarnya. Orang yang punya usaha ini dapat mengantongi hingga Rp40 jutaan. Modal yang mesti disiapkan mulai dari Rp5 – Rp10 juta.

9. Lauk matang

Pilihan lainnya adalah usaha lauk matang. Peluang usaha kecil menguntungkan ini kabarnya cetak omzet Rp500 ribuan dalam sehari. Apalagi di bulan Ramadan, omzetnya bisa meningkat.

Lauk matang yang bisa kamu jajakan ke orang-orang, antara lain sayur bayam bening, sayur asam, sup ayam, tempe bacem, telur puyuh bumbu kacang, ayam goreng, dan masih banyak lauk-lauk lainnya.

Dengan bermodalkan Rp5 juta, usaha lauk matang bisa kamu jalankan. Di bulan puasa ini banyak orang-orang yang berburu lauk saat ngabuburit.

10. Mie ayam bakso

Usaha kuliner yang satu ini dari dulu sampai sekarang tetap menjadi usaha kecil menguntungkan. Bahkan, usaha ini bisa berkembang menjadi usaha yang besar.

Salah satu contohnya yang udah sukses dan masuk ke mal-mal adalah usaha Bakso Jawir. Dulunya usaha ini dimulai kecil-kecilan. Kini dengan bertambahnya jumlah pelanggan, usaha ini menjelma jadi usaha besar dan buka cabang di mana-mana.

Modal buat buka usaha mie ayam bakso ini gak besar-besar amat lho. Bermodalkan Rp4 jutaan, kamu bisa membuka usaha dengan mitra usaha Bakso Benhil.

11. Es kelapa/kelapa obat

Saat hari panas menyengat, orang-orang pasti berpikir minum es kelapa agar tubuh berasa segar kembali. Selama bulan Ramadan, es kelapa menjadi pilihan minuman yang banyak diburu.

Kabarnya nih omzet yang didapat dengan jualan es kelapa ini cukup besar. Ada yang sehari bisa mendapatkan pemasukan hingga Rp1,5 juta.

Modal yang dibutuhkan pun gak terlalu besar. Mulai dari Rp3,6 jutaan kamu udah bisa membuka usaha ini.

12. Agen telur ayam

Gak disangka jadi agen telur ayam bisa memberi omzet hingga Rp10 juta per bulan. Kebutuhan akan produk hewani yang satu ini emang mustahil sepi. Pasalnya, telur menjadi lauk yang terbilang terjangkau dan juga baik bagi kesehatan.

Modal yang diperlukan kalau kamu kepengin menjalankan usaha ini, mulai dari Rp12 jutaan nih kamu udah bisa menjadi agen telur ayam. Itu pun modal buat menjalin kemitraan.

13. Jualan sayur dan buah

Meski terkesan usaha biasa dan terlihat gak menguntungkan, kenyataannya nih jualan sayur dan buah bisa memberi penghasilan hingga Rp2 juta per hari. Dengan omzet tersebut, masih berpikir usaha ini bukan usaha kecil menguntungkan?

Modalnya yang dibutuhkan kalau mau membuka usaha jualan sayur dan buah, gak banyak banget kok. Mulai dari Rp1 jutaan, kamu udah bisa memulai usaha ini.

14. Jualan kue basah

Usaha kecil menguntungkan lainnya adalah jualan kue basah. Entah itu pagi hari ataupun sore hari, ada aja orang yang mencari jajanan ini. Terlebih selama bulan puasa, jajanan ini laris manis.

Terus berapa modal yang harus disiapkan kalau mau menjalankan usaha jualan kue basah? Dengan modal mulai dari Rp1 jutaan, udah cukup buat menjalankan bisnis ini.

15. Nasi uduk

Peluang usaha kecil menguntungkan berikutnya adalah usaha nasi uduk. Banyak orang yang suka sekali dengan makanan yang satu ini. Gak pagi, gak malam, nasi uduk tetap sedap dimakan kapan pun.

Per bulannya usaha nasi uduk mampu meraup omzet hingga Rp19 jutaan. Enaknya nih modal yang disiapkan cukup terjangkau. Dana mulai dari Rp1,2 jutaan udah bisa bikin kamu menjalankan usaha ini lho.

16. Les privat

Selanjutnya ada usaha kecil les privat. Kamu bisa memanfaatkan ruang tengah atau kamar sebagai tempat menjalankan bisnis ini tanpa perlu keluar modal lagi.

Yang paling penting adalah sumber daya manusia untuk mengajar. Jika kamu sendiri mengajar seorang murid, bisa mendapatkan sampai Rp500 ribu per minggu. Tentunya keuntungan semakin besar seiring banyaknya anak yang terdaftar dalam usaha les privat kamu.

17. Jual pulsa elektrik dan paket data internet

Ketiga bepergian keluar rumah, pasti kamu sering melihat banyak pedagang pulsa elektrik dan paket data internet di sepanjang jalan. Jangan hanya menjadi konsumennya aja, kamu juga bisa membuka usaha serupa di rumah lho tanpa perlu mengeluarkan biaya sewa tempat.

Modalnya hanya sebuah handphone dan tentunya pulsa dan paket data untuk ditransfer kepada pelanggan. Kalau mau lebih besar lagi, kamu juga bisa menjual kartu perdana serta handphone.

Omzetnya bisa mencapai Rp5 jutaan per bulan, tergantung sedikit banyaknya pelanggan yang datang ke tempat kamu.

18. Jual beli motor bekas

Usaha kecil di rumah yang bisa kamu lakukan di rumah adalah  jual beli motor bekas. Kamu hanya perlu sedikit lahan rumah yang kosong untuk memajang motor bekas yang dijual.

Setiap motor yang dijual, kamu bisa mendapatkan keuntungan sampai Rp2 juta hingga Rp4 jutaan tergantung permintaan dari pasar.

19. Cuci steam motor atau mobil

Masih memiliki keterkaitan dengan poin sebelumnya, jika modal yang kamu miliki masih belum cukup untuk usaha jual beli motor bekas, bisa memulainya dengan membuka jasa cuci steam motor dan mobil.

Usaha ini berpeluang mendatangkan pelanggan yang banyak ketika musim hujan. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari membuka cuci steam motor dan mobil berkisar di angka Rp1 juta hingga Rp5 jutaan, tergantung skala usaha dan lokasi rumah kamu.

20. Usaha kecil desain grafis

Terakhir, buat kamu yang jago menggambar dan berasal dari jurusan Desain Komunikasi Visual bisa membuka usaha kecil di rumah desain grafis. Modal yang kamu perlukan hanya komputer atau laptop untuk memulainya.

Tentunya dengan strategi pemasaran di media sosial atau menawarkan jasa kepada teman. Omzetnya sendiri berkisar di angka Rp 1 jutaan sebagai permulaan.

Itulah daftar usaha rumahan kecil menguntungkan untuk pilihanmu melakoninya cukup di halaman rumah. Ada yang modal besar, ada pula yang modal kecil. Tinggal dipilih saja, kira-kira mana yang cocok dan berpotensi mencetak keuntungan. Selamat menjalankan usaha! 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →