15 Usaha Rumahan yang Lagi Trend dan Menguntungkan

usaha rumahan yang lagi trend

Bosan kerja? Mungkin kamu bisa mencoba untuk terjun ke usaha rumahan yang lagi trend. Selain bisa mengatur waktu kerja sendiri, usaha rumahan juga terbilang minim modal. 

Meski minim modal, bukan berarti keuntungan yang didapat juga sedikit. Kalau produk atau jasa yang kamu tawarkan berkualitas, maka keuntungan yang besar juga bakal menghampirimu.

Dengan keuntungan itu, kamu jadi bisa mengatur anggaran untuk asuransi kesehatan dan kebutuhan primer lainnya dengan lebih baik.

Lantas gimana caranya bisa sukses? Pertama-tama, kamu harus melakukan riset terlebih dulu, kira-kira bisnis apa yang cocok. Sebisa mungkin, tentukan bidang usaha yang benar-benar kamu pahami. 

Misalnya kamu hobi koleksi sepatu-sepatu bermerek, sampai-sampai hafal betul setiap seri, keluaran terbaru, sampai cara membedakan mana yang asli dan palsu.

Nah jualan sepatu secara online menjadi pilihan yang tepat buat kamu. Atau kamu orangnya jago masak, gak ada salahnya untuk terjun ke bisnis kuliner rumahan. 

Nah kalau masih bingung, berikut ini kita kasih referensi-referensi rekomendasi usaha rumahan yang lagi trend saat ini. 

Rekomendasi usaha rumahan untuk kamu

Ada banyak usaha rumahan yang lagi trend yang bisa kamu jadikan sumber pendapatan.

Mulai dari barang-barang kreatif, makanan, sampai jasa. Barang-barang itu bisa kamu tawarkan hanya bermodalkan peralatan-peralatan yang ada di rumah. 

1. Katering sehat 

usaha rumahan yang lagi trend
Katering sehat. (Pixabay)

Gaya hidup sehat kini tengah ngetrend di kalangan masyarakat, khususnya di wilayah perkotaan. Khususnya bagi pegawai kantoran, banyak yang mengikuti kebiasaan sehat seperti lari sepulang kantor, bersepeda ke kantor sampai menyantap makanan sehat.  

Nah memanfaatkan kebiasaan ini, rekomendasi usaha rumahan yang lagi trend adalah katering sehat. Dengan bermodalkan dapur rumah, beserta bahan-bahan makanan yang kamu beli di pasar, kamu sudah bisa mendapatkan banyak keuntungan. 

Gak perlu masakan yang ribet-ribet, yang penting porsi dan gizinya seimbang. Referensi makanan sehat bisa dilihat di Youtube atau buku resep-resep. 

2. Jualan produk kecantikan 

usaha rumahan yang lagi trend
Produk kecantikan. (Pixabay)

Jualan produk kecantikan juga menjadi peluang usaha rumahan yang paling menggiurkan. Karena kamu gak harus memiliki keahlian untuk membuat kosmetik, cukup jadi dropshipper dan menjualnya secara online, kamu bisa dapat banyak keuntungan. 

Produk kosmetik yang paling dicari biasanya, kosmetik-kosmetik yang terbuat dari herbal, pemutih kulit, pengurus badan,penghilang jerawat, dan lain-lain. 

Kalau kamu pengin punya brand sendiri, tinggal ajak kerja sama dokter atau klinik kecantikan yang memang sudah terpercaya. Minta mereka buatkan satu produk, misal pemutih badan atau penghilang jerawat, kemudian tinggal kamu pasarkan ke internet menggunakan brand kamu sendiri. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Manfaatkan e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi. 

Udah deh kamu bisa menjalankannya dari rumah hanya bermodalkan ponsel atau komputer beserta jaringan internet. 

3. Bisnis PPOB 

usaha rumahan yang lagi trend
Bisnis PPOB yang dikelola BRI. (Instagram)

Kalau kamu sering melihat di rumah atau ruko yang menerima berbagai macam pembayaran sebagai bayar listrik, bayar air, bayar pajak, cicilan kendaraan, dan lain-lain, itulah bisnis PPOB. Kepanjangan dari PPOB adalah Payment Point Online Bank

Rekomendasi usaha rumahan yang lagi trend ini bisa kamu jalankan hanya dengan bermodalkan laptop atau perangkat komputer. Caranya juga gampang, tinggal mendaftar menjadi mitra ke agen seperti Paytren, Payfazz, hingga Kudo. 

Nantinya kamu bakal diinstalkan aplikasi pembayarannya di laptop atau komputer milikmu. Sudah deh, tinggal pasang plang di depan rumah, kamu sudah bisa mulai berbisnis. 

4. Makelar properti 

usaha rumahan yang lagi trend
Makelar properti. (Pixabay)

Siapa bilang makelar properti harus pergi keluar untuk menawarkan rumah? Sekarang zaman sudah semakin canggih, kamu bisa jualan nawar-nawarin ke orang cuma lewat ponsel pintar saja. 

Tinggal unggah foto-foto rumah yang mau kamu jual ke platform jual beli rumah, seperti OLX, rumah.com, rumah123, atau Lamudi. Tapi pastikan kalau foto yang kamu pasang memiliki kualitas yang bagus dan detail. Hal ini untuk menarik perhatian lebih banyak calon pembeli. 

Meski dijalankan dari rumah, bisnis ini bisa mendapatkan banyak keuntungan lho! Terutama dari komisi yang diberikan si pemilik rumah. 

5. Jasa desain grafis

usaha rumahan yang lagi trend
Jasa desain grafis. (Pixabay)

Kalau kamu jago gambar, entah itu gambar logo, brand, desain untuk band dan lain sebagainya, bisa membuka jasa desain grafis lewat Instagram. Pajang hasil karyamu di Instagram sertakan dengan caption dan hastag yang bisa mengundang banyak orang. 

Jasa ini paling banyak dicari oleh mereka-mereka yang terjun ke industri kreatif seperti distro. Cuma bermodalkan komputer khusus desain, internet, dan keahlian menggambar tentunya, kamu sudah bisa meraup banyak keuntungan. 

Kamu bisa mematok harga sesuai dengan tingkat kerumitan gambar. Biasanya sih berkisar antara Rp 300 ribu sampai Rp 1 juta untuk satu desain. 

6. Jualan baju streetwear 

Rekomendasi usaha rumahan yang lagi trend saat ini berikutnya adalah berjualan produk fesyen merek-merek streetwear. Baju-baju dengan merek Supreme, Off-White, Bape, dan Stussy memang lagi jadi demenan anak muda saat ini. 

Mereka yang terobsesi dengan brand-brand ini biasa disebut anak-anak Hypebeast. Nah memanfaatkan trend pasar, kamu bisa menjadi jualan barang-barang ini secara online. Harganya terbilang mahal, jadi kamu harus mempersiapkan modal yang cukup besar untuk belanja barangnya.

Tapi, tenang saja, ada cara yang lebih mudah dan murah, yaitu dengan menggunakan sistem pre-order. Kamu bisa memesan barang itu dari luar misalnya, kalau kuota pemesanan sudah terpenuhi. 

Oh iya, bisnis seperti ini juga termasuk usaha yang lagi trend di luar negeri lho

7. Jasa jahit

usaha rumahan yang lagi trend
Jasa jahit. (Pixabay)

Kamu ibu rumah tangga dan memiliki keahlian menjahit? Gak ada salahnya membuka jasa menjahit.

Jasa jahit dari dulu hingga saat ini tetap laku keras, karena pakaian termasuk ke dalam kebutuhan utama manusia. Kalau baju robek, celana robek, baju kebesaran, semuanya pasti lari ke tukang jahit. 

Untuk membuka jasa menjahit kamu cuma perlu mesin jahit, dan beberapa benang-benang. Soal tempat, manfaatkan saja garasi atau ruang tamumu menjadi workshopnya. 

Bakal lebih untung lagi, kalau kamu gak cuma bisa menjahit, tapi juga bisa membuat pola baju atau celana. Jadi gak cuma reparasi baju yang rusak, tapi juga bisa bikin baju misalnya kemeja batik, atau seragam PNS. 

8. Jasa rias 

usaha rumahan yang lagi trend
Jasa rias. (Pixabay)

Usaha rumahan yang lagi trend selanjutnya yaitu membuka jasa merias wajah. Setiap bulan atau bahkan setiap minggunya pasti ada aja orang-orang yang punya hajatan, entah itu nikahan, ulang tahun, atau wisuda. 

Nah membuka jasa rias wajah menjadi rekomendasi usaha rumahan yang tepat. Karena pertama kamu gak perlu modal yang besar, cukup alat make up, cermin, dan lampu selesai deh.

Kemudian, keuntungan yang bisa didapat juga lumayan, biasanya jasa rias itu dibanderol dengan harga yang lumayan, sekitar Rp100 ribu sampai Rp1 jutaan per orangnya. 

9. Translator 

usaha rumahan yang lagi trend
Translator. (Pixabay)

Membuka jasa translator bisa kamu jadikan pilihan usaha rumahan yang menguntungkan. Selain itu, kamu juga gak memerlukan modal yang besar. Cukup bermodalkan keahlian bahasa asing, laptop atau komputer, dan juga jaringan internet. 

Pelanggan potensial dari bisnis ini mulai dari mahasiswa sampai pebisnis. Kalau mahasiswa, biasanya mereka meminta untuk menerjemahkan skripsi yang mereka buat dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. 

Selain mahasiswa, ada juga lembaga penerbit buku independen. Mereka bakal mencari penerjemah andal untuk menerjemahkan buku-buku dari luar ke dalam bahasa Indonesia. 

10. Buka kursus secara online 

Kalau kamu jago bahasa asing, selain jadi translator, usaha rumahan yang lagi trend adalah membuka kursus bahasa asing online. Kamu bisa mengajarkan murid-muridmu via video call atau pesan singkat. 

Gunakan aplikasi-aplikasi pendukung lainnya seperti Skype, Google Hangout, Zoom, atau aplikasi video lainnya. Modalnya cuma komputer, dan sebuah ruangan yang jauh dari gangguan orang-orang. 

11. Jual kerajinan tangan 

usaha rumahan yang lagi trend
Jual kerajinan tangan. (Pixabay)

Kerajinan tangan menjadi barang yang lagi trend sekarang. Sebut saja seperti kursi dan meja yang terbuat dari bambu, baju rajut, dan juga kerajinan tangan dari kain flannel.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Untuk bisa terjun ke bisnis ini, modal utamanya adalah keterampilan dan kreativitas. 

12. Jualan mainan edukasi 

usaha rumahan yang lagi trend
Jual mainan edukasi. (Pixabay)

Proses edukasi anak gak cuma dimulai dari bangku pendidikan formal saja, tetapi sejak kecil anak juga sudah bisa diedukasi dengan mainan-mainan yang mendidik. Misalnya seperti puzzle, permainan motorik anak, atau buku menggambar. 

Mengingat banyak orang tua yang mulai fokus ke kecerdasan anak sejak dini, mainan-mainan edukasi ini cocok menjadi rekomendasi usaha rumahan yang lagi trend. Kamu bisa berbelanja di pasar mainan, seperti pasar gembrong kalau di Jakarta, kemudian kamu jual lagi via Instagram, atau e-commerce seperti Tokopedia dan OLX. 

13. Usaha rumahan yang lagi trend, jual barang antik 

usaha rumahan yang lagi trend
Jual barang antik. (Pixabay)

Menjual barang antik dari rumah juga bisa menjadi pilihan yang menguntungkan. Tapi bukan berarti kamu harus mengubah rumahmu menjadi lapak, jualannya tetap melalui aplikasi e-commerce atau media sosial. 

Barang antik yang paling laku saat ini adalah lukisan tua, peralatan elektronik jadul seperti ponsel jadul, radio, tv, sampai kamera-kamera analog. Semakin antik barang yang kamu jual, harganya bisa semakin melambung tinggi. 

Keantikan itu bisa diukur dari tahun pembuatan, juga jumlah barang yang tersebar saat ini. Semakin langka tentu semakin mahal. 

Tapi kamu harus rajin-rajin berburu barang antik ke pasar-pasar loak, atau pasar barang bekas. 

14. Usaha kopi susu kekinian 

usaha rumahan yang lagi trend
Usaha kopi susu kekinian. (Pixabay)

Kopi susu kekinian bisa menjadi rekomendasi usaha rumahan yang lagi trend. Kamu gak harus punya kedai besar atau food truck sendiri untuk bisa jualan kopi susu. Tinggal bermitra saja dengan Gojek atau Grab untuk layanan antarnya. 

Modal buka usaha kopi susu kekinian apalagi di rumah juga terbilang murah kok. Cuma modal biji kopi, alat espresso, dan bahan-bahan lainnya. Tapi pastikan dulu kalau kopi racikan kamu sudah pas dan sesuai dengan lidah banyak orang. 

15. Laundry 

usaha rumahan yang lagi trend
Laundry. (Pixabay)

Buka usaha laundry juga masih menjanjikan kok, apalagi kalau kamu bukanya di komplek perumahan baru.

Biasanya komplek baru diisi sama pasangan-pasangan muda yang pada sibuk kerja. Nah dijamin bisnis laundry bakal laku keras di sana. 

Peluang usaha 2020

Selain 15 contoh usaha rumahan yang lagi trend di atas, sebenarnya masih banyak peluang usaha yang bisa kamu pilih di tahun 2020 ini. Entah itu dari bidang jasa, bidang kuliner, atau jual beli barang masih diprediksi laku keras. 

Jualan kopi susu masih bakal laku sepanjang tahun 2020 ini. Kemudian juga jual aksesoris ponsel pintar seperti casing penuh motif, power bank, atau kabel data juga masih ramai bertebaran di Instagram. 

Satu lagi adalah minuman-minuman boba yang lagi hits saat ini. Bisa kamu jual thai tea dengan boba, kemudian milk shake dengan boba, jual deh via ojek online, dijamin banyak yang pesen. 

Tips memulai usaha rumahan yang sukses 

Ada banyak pengusaha-pengusaha sukses yang memulai bisnisnya dari industri rumahan, seperti salah satu contohnya adalah Maicih. Kamu tentu tahu kan keripik pedas Maicih yang sudah dijual di mana-mana.

Pendirinya, Reza Nurhilman, merintis Maicih pada tahun 2008 lalu dengan modal Rp15 juta. Penjualannya juga gak lewat toko-toko besar, tapi dari Twitter dulu hingga akhirnya kini sudah berhasil menjual ke berbagai toko dan supermarket. 

Di awal-awal penjualannya, Maicih terbilang sukses, karena berhasil menjual kurang lebih 50 bungkus per hari. Tapi kemudian, bisnisnya mulai dilirik oleh artis-artis dan dipromosikan ke khalayak ramai.

Jika kamu punya pertanyaan terkait tips-tips pengelolaan keuangan untuk usaha dan rumah tangga, jangan ragu untuk berkonsultasi di Tanya Lifepal.

Tambah penghasilan dengan bergabung dengan Mitra Lifepal

Sambil mengelola usaha rumahan, kenapa tidak bergabung juga dengan Mitra Lifepal. Di sini kamu bisa mendapatkan penghasilan bulanan tambahan hingga Rp30 juta lho!

Di sini kamu berkesempatan untuk memasarkan produk asuransi sebagai jaminan perlindungan finansial kepada masyarakat.

Gak cuma itu aja, kamu berpeluang mendapatkan berbagai pengetahuan berharga mengenai perasuransian dari ahlinya.

Bisa jadi yang awalnya diniatkan sebagai penghasilan tambahan, justru jadi penghasilan utama nih. Yuk cari tahu cara bergabung dengan Mitra Lifepal.

FAQ seputar usaha rumahan

Agar usahamu bisa bertahan dan terus berkembang, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai jenis usaha rumahan yang lebih laku di area tempat tinggalmu.

Lebih baik juga, kamu memilih bidang usaha yang kamu sukai atau sesuatu yang kamu sering lakukan sebagai hobi. Dengan begitu kamu pun bisa mengelolanya dengan penuh komitmen dan dedidaksi yang tinggi.

Sebaliknya jika kamu memaksakan menjual sesuatu yang sedang laku tapi nyatanya tidak sesuai dengan passion kamu, maka akhirnya kamu hanya akan menjalaninya dengan berat hati.

Kredit Usaha Rakyat atau KUR adalah program pemerintah yang berupaya memberikan solusi pembiayaan modal usaha masyarakat yang berkecimpung di bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM.

Bagi kamu yang ingin merintis usaha rumahan bisa mengajukan pembiayaan di bank-bank yang memiliki produk KUR untuk mendapatkan modal usaha.

Untuk bisa merintis usaha rumahan, setidaknya kamu harus memiliki beberapa hal berikut.

  1. Ide usaha rumahan terutama yang lagi trend belakangan ini.
  2. Modal usaha yang cukup untuk membeli bahan baku dan peralatan.
  3. Tempat usaha yang strategis dan bisa ditempati pengunjung jika perlu.
  4. Target pasar sebagai sasaran pelanggan terbanyak.
  5. Pemasaran untuk menjadikan produkmu familier di mata masyarakat.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →