30 Ide Usaha Rumahan: Banyak yang Bisa Dimulai Tanpa Modal Sekalipun!

Usaha rumahan yang gak perlu modal tapi bis amenguntungkan bagi kamu lho

Demi dapatkan pundi-pundi uang, usaha rumahan bisa diandalkan untuk mewujudkan mimpi besarmu. Untuk memulainya pun bisa dipilih yang pakai modal kecil, prosesnya gak ribet, dan pastinya sesuai passion. 

Nah, daripada cuma angan-angan dan bilang nanti-nanti dulu untuk mulai usaha, berikut bahasan lengkap  mengenai usaha rumahan plus 30 ide bisnis yang bisa kamu coba.

1. Jualan salad sayuran dan buah

Usaha rumahan dengan berjualan salad buah dan sayur

Mengingat makin banyak orang yang fokus menjalankan gaya hidup sehat, peluang usaha salad kemasan bisa jadi opsi. Usaha rumahan ini cocok buat kamu yang memang suka berkreasi di dapur dan memang doyan makanan sehat.

Kisaran modal

Kebutuhan jumlah/jenis harga
Kemasan 55000 /25 pcs)x 4 220000
Sayur 5 jenis sayuran 100000
Buah 6 jenis buah 150000
Bahan saus mayomes, yoghurt, susu, keju, (lada, saus tomat, lada, garam-untuk salad sayur) 150000
620000

Asumsi modal ini bisa untuk membuat pesanan 15 boks salad buah dan 15 boks salad sayur. Untuk sisa boks salad, kamu bisa mempergunakannya untuk penjualan berikutnya. 

2. Reseller kaos distro

Reseller kaos bisa dijadikan usaha rumahan

Buat kamu pecinta fashion, kamu bisa coba usaha rumahan dengan jadi dropshipper atau reseller. Untuk memulainya, kamu perlu survei produsen atau distributor barang fashion dengan kualitas bagus dan memberi harga atau sharing profit menarik terbaik. 

Untuk mencarinya, kamu bisa coba lakukan survei dari beberapa kenalan yang sudah memulai usaha lebih dulu atau pun mencari di beberapa e-commerce Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan beberapa lainnya soal agen atau konveksi kaos distro.

Modal

Biasanya pembelian minimal 5 lusin bisa mendapat potongan menarik. Untuk kaos distro dengan kualiatas bagus, dijual dari konveksi dengan kisaran Rp 30 ribu-Rp 45 ribu. 

Jadi modal awal: 

Rp 40 ribu (asumsi) x 72 (5 lusin) = Rp 2880000

Strategi pemasaran

Tiap kaos distro bisa dijual dengan kisaran Rp 65 ribu – Rp 75 ribu/ pcs. Untuk menjaring konsumen kamu bisa memakai sosial media, promosi di blog, buka toko online gratis dari beberapa e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan beberapa marketplace online lainnya. 

Kunci untuk membuat bisnis terus bertahan adalah selalu mengikuti tren, memerhatikan kualitas, dan juga pelayanan ke pelanggan.

3. Jual tanaman hias

Jualan tanaman hias juga bisa kamu lakukan nih demi menghasilkan cuan

Buat yang hobi koleksi tanaman dan tertarik ingin mengembangkannya jadi bisnis, kamu bisa memanfaatkan halaman atau teras rumah untuk berjualan tanaman hias. Sebagai langkah awal, tidak perlu langsung jual banyak jenis tanaman. Misal dimulai dengan beli 20 jenis tanaman. Selebihnya kamu bisa info tanaman lain dan ambil  foto jenis tanaman lain di pusat penjualan tanaman hias yang sudah kamu jadikan langganan.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Modal

Harga varian jenis tanaman hias beragam, dari Rp 5000 sampai Rp 200 ribuan -an tergantung dari jenisnya. Untuk menekan modal awal, beli tanaman hias dengan harga terjangkau dan banyak dicari, seperti kaktus, monstera, lidah mertua, aglonema, dan beberapa jenis lainnya. 

Bujet yang dibutuhkan kisaran Rp 2 juta untuk beli bibit tanaman hias, Rp 1 juta untuk beli tanah medium, plastik bibit, pot, juga pupuk. 

Strategi pemasaran

Selain jualan offline di rumah, kamu bisa manfaatkan ponsel pintar yang kamu miliki untuk memasarkannya secara online lewat sejumlah marketplace juga sosial media. Untuk menarik minat calon pembeli, bikin foto tanaman semenarik mungkin. Tips yang bisa coba, padukan foto tanaman hias yang ditata dalam ruangan dengan desain interior menarik. 

4. Jasa penerjemah

Menjadi penerjemah juga bisa kamu lakukan sebagai salah satu usaha rumahan

Kalau kamu punya keahlian bahasa asing (Inggris, Mandarin, dan Bahasa lain), ini bisa jadi modal besar untuk membangun usaha terjemahan di rumah. Kamu juga gak memerlukan modal yang besar. Cukup bermodalkan keahlian bahasa asing, laptop atau komputer, dan juga jaringan internet. 

Pelanggannya bisa dari korporat, penerbit, juga mahasiswa.

Modal

Asumsikan kamu sudah punya ponsel, jadi selebihnya modal awal yang dibutuhkan adalah laptop (kisaran Rp 4 jutaan) dan WIFI (sebulan sekitar Rp 200 ribu sampai 300 ribu). 

Strategi pemasaran

Beberapa forum freelancer dan penerjemah bisa kamu manfaatkan untuk menawarkan jasamu. Kamu juga bisa memprosikan lewat blog, media sosial, juga memberi info pada networking. Salah satu situs untuk freelancer penerjemah yang bisa kamu coba untuk cari klien adalah Sribulancer. Untuk jasa penerjemah pun bervariasi dengan kisaran Rp 150 ribu- Rp 500 ribuan per artikel (tergantung jumlah kata).

5. Jasa copywriting

Jadi copy writer juga bisa kamu lakukan nih sebagai salah satu usaha untuk hasilkan cuan

Buat yang suka merangkai kata, kamu bisa jadikan kemampanmu ini sebagai bisnis yang bisa dijalankan sebagai usaha rumahan. Tanpa butuh toko, kamu bisa berkreasi dan menunggu order dari rumah. Layanan yang bisa kamu tawarkan mulai dari bikin copy untuk brand, event, juga untuk sejumlah website dan e-commerce.

Modal

Untuk menjalankan profesi ini, sisi kreatif, tahu tren kosakata baru, bisa menepati tenggat waktu yang diberikan juga networking yang luas adalah modal utama yang mesti selalu dipegang. Selanjutnya, kamu hanya butuh laptop, juga WIFI untuk komunikasi dengan calon klien dan klien.

Strategi promosi

Selain menginformasikan jasa copy writing lewat sejumlah networking, kamu juga bisa menginformasikan di blog dan sosial media. Selain itu, join di beberapa forum copy writer akan menambah peluangmu untuk mendapat klien.

6. Jual barang preloved

Menjual barang-barang preloved juga bisa kamu lakukan  

Daripada tidak dipakai atau terbuang, kamu bisa manfaatkan peluang usaha rumahan barang preloved (sudah dipakai) untuk dijual lagi. Jenisnya bisa bermacam-macam, mulai dari baju, tas, aksesori, parfum, sepatu, dan masih banyak lagi.

Modal

Pertama adalah sortir barang-barangmu yang akan dijual lagi. Selain barang pribadi, kamu bisa tawarkan pada teman atau kenalan yang punya koleksi barang yang mau dijual lagi dengan sistem bagi ada bagi hasil keuntungan.

Setelah itu, kamera atau ponsel dengan kualitas kamera yang bagus  (kisaran mulai dari Rp 4 jutaan) juga penting dimiliki untuk memfoto koleksi barang yang mau dijual. Selain itu, WIFI juga dibutuhkan untuk proses pemasaran secara online.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Strategi promosi

Selain lewat sosial media, kamu juga bisa tawarkan barang-barangmu di situs jual beli preloved seperti Carousell juga OLX.

7. Penyewaan mobil

Menyediakan jasa sewa mobil juga bisa kamu lakukan sebagai usaha rumahan

Punya lebih dari satu mobil pribadi dan ingin dijadikan tambahan penghasilan daripada lebih banyak dianggurkan? Kamu bisa coba usaha rumahan dengan menyewakannya.

Modal

Dengan kendaraan yang sudah kamu miliki (bisa dengan cicilan atau beli lunas), kamu bisa langsung menjalankan bisnismu.Tarif sewa biasanya berkisar Rp 300 ribu per hari di luar bensin dan supir. Kalau mobilmu masih cicilan dengan asumsi  Rp 4 jutaan per bulan, kamu tetap bisa menutup cicilan tersebut jika dalam sebulan, mobil disewa sekitar minimal 14 kali.

Strategi promosi

Dengan membuat poster info sewa di depan rumah atau juga memberi info di sosial media, kamu sudah langsung bisa menggaet calon penyewa. Yang harus diperhatikan, pastikan kamu selalu menjaga kondisi mesin, kebersihan mobil sebelum dipakai. Dan yang ak kalah penting, antisipasi keamanan mobilmu dengan asuransi juga meminta jaminan dan tanda pengenal pada penyewa.

8. Jual aksesori perlengkapan olahraga

Jenis usaha rumahan ini juga bisa kamu lakukan lho di rumah

Tren komunitas hobi olahraga yang bisa jadi peluang untuk jadi usaha rumahan. Misal, kamu di komunitas sepeda, kamu bisa berkreasi untuk jualan jersey, tas sepeda,  juga cycling cap dan dipasarkan ke teman-temanmu.

Modal

Untuk menekan modal, kamu bisa sistem pre-order dan membuka pesanan terlebih dulu. Setelah pesanan mencapai angka minimal produksi dan uang sudah ditransfer, baru mulai proses produksi di tempat yang sudah banyak yang merekomendasikan (konveksi jesey, tas, atau konveksi topi). Untuk keuntungan, kamu bisa ambil margin sekitar 15-20%.

Strategi promosi

Info penawaran aksesori bisa kamu infokan lewat forum komunitas yang kamu ikuti juga sosial media.

9. Jual produk kecantikan

Jualan produk kecantikan homemade bisa dilakukan nih agar menghasilkan cuan

Kalau kamu termasuk orang yang gak bisa jauh dari urusan kecantikan atau kosmetik, usaha rumahan yang bisa dicoba adalah jadi dropshipper dan reseller produk-produknya secara online. Tren produk kecantikan natural, produk kecantikan Korea, parfum, juga produk kosmetik. Pilih distributor atau produsen kosmetik terpercaya dengan kualitas yang baik demi menjaga kepercayaan pembeli. 

Modal

Untuk dana awal, ini tergantung dari jenis produk yang akan kamu beli juga tergantung dengan kebijakan distributor. Ada distributor yang bisa bantu mulai usaha rumahan jual kosmetik tanpa modal. Cukup bikin katalog, tunggu pesanan dan transfer dari pembeli, selanjutnya kamu bisa teruskan dana itu ke distributor sekaligus pengirimannya.

Pilihan lain, kamu bisa bandingkan beberapa penawaran distributor kosmetik di e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Selanjutnya, kamu pun bisa buka lapak online di sana cukup bermodalkan ponsel atau komputer beserta jaringan internet.

10. Jasa laundry sneakers

Membuka jasa laundry sneakers bisa juga lho

Banyaknya pecinta sneakers bisa kamu manfaatkan untuk buka usaha rumahan laundry sneakers. Hal utama untuk menjalankan usaha ini adalah tahu material sepatu, teknik pencucian dan pengeringan untuk tiap-tiap jenis sepatu, dan pemberi pelatihan pada tenaga kerjanya dalam pengerjaannya agar hasilnya tidak mengecewakan pelanggan.

Modal

Dengan memanfaatkan ruangan di rumah, tanpa sewa toko atau ruko pun kamu bisa mulai usaha jasa laundry sneakers dengan sistem waralaba. Sejumlah paket ditawarkan untuk mulai usaha rumahan, dengan kisaran mulai Rp 6 juta- Rp 70 jutaaan tergantung paket dan perusahaan waralabanya.

Strategi promosi

Untuk  memaksimalkan promosi, memaksimalkan fungsi sosial media dan juga sejumlah influencer bisa jadi opsi. Dan yang paling utama, mengingat ini adalah usaha rumahan berbasis jasa, pastikan kamu untuk memegang kepercayaan pelanggan dengan kualitas pelayanan yang diberikan. Untuk tarif jasa, kamu bisa mematok harga Rp 70 ribu-Rp 150 ribu per pasang sepatu sesuai dengan bahan dan tingkat kerumitan pencuciannya.

11.  Jual kopi susu kemasan

Kopi kekinian juga bisa kamu lakukan nih di rumah

Euforia kopi susu bisa jadi ladang usaha buat meraup cuan. Biar bisa bersaing dengan berbagai usaha sejenis, pastikan kamu bikin sesuatu yang unik dari usaha rumahan ini. Bisa dengan varian rasa, desain kemasan, atau gimmick menarik setiap pembelian dan juga interaksi sosial media. 

Modal

Dengan kisaran modal Rp 5 juta-Rp 10 juta, kamu bisa memanfaatkannya untuk beli mesin penyeduh kopi, grinder, saringan, kemasan saji, dan bahan baku biji kopi selama satu bulan.  beroperasi. Untuk sementara, kalau masih belum siap dana untuk sewa tempat, jalankan saja usaha kopi dari dapur rumah dan bekerjasama dengan layanan delivery ojek online.

Untuk harga, kopi bisa dibanderol dengan kisaran Rp 13 ribu -Rp 25 ribuan sesuai varian/ botol.

Strategi promosi

Selain gencar bikin promosi lewat sosial media, kamu juga bisa minta bantuan teman-teman atau kenalanmu yang punya lumayan banyak followers di Instagram untuk ikut mempromosikan jualan kopimu. Untuk tahap awal, buat kenalan dekat, kamu bisa kirim beberapa botol kopimu dan minta mereka bikin story atau post di medsosnya.

Promo lainnya, buat program diskon atau buy 1 get 1 yang bekerja sama dengan perusahaan ojek online atau delivery.

12. Jual jamu tradisional kekinian

Menjual minuman jamu kemasan dan kekinian salah satu usaha rumahan yang mudah dilakukan

Meski terkesan jadul, ketenaran jamu tampaknya lagi naik daun lagi. Terlebih makin banyak orang yang sadar untuk menjaga kesehatan dengan jamu. Selain harganya lebih murah, minuman ini pun aman dan minim alergi karena diracik dari bahan-bahan alami.

Modal

Untuk proses pembuatan dan resep jamu bisa kamu cek sejumlah sumber seperti Youtube dan internet. Namun untuk kualitas rasa, pastikan kamu perlu mencoba beberapa kali terlebih dulu untuk menetapkan standar kualitas pembuatan jamu.

Untuk belanja awal awal bahan jamu, kamu bisa siapkan modal sekitar Rp 1,5 jutaan untuk beli kunyit, temulawak, asam jawa, kencur, kapulaga, cengkeh, pala, kapulaga, gula jawa (jumlah biaya ini bisa disesuaikan menurut kebutuhan belanja untuk jenis jamu yang akan kamu kreasikan).

Untuk alat-alat yang dibutuhkan adalah mesin giling dan mesing sangria bahan jamu dengan kirasan harga masing-masing Rp 2 jutaan. Selain itu, kamu juga perlu mendaftar di BPOM untuk legalitas keamanan minuman yang dijual. Biayanya bervariasi dari Rp 100 ribu sampai Rp 2 juta tergantung  dari jenisnya.

Yang tak kalah penting adalah membuat kemasan botol dengan desain menarik sehingga menarik perhatian pembeli dengan harga kisaran Rp 800-Rp 1000/ pcs.

Strategi promosi

Selain lewat sosial media, kamu juga bisa minta bantuan teman-teman atau kenalanmu yang punya lumayan banyak followers di Instagram untuk ikut mengenalkan produk jamumu. Untuk tahap awal, buat kenalan dekat, kamu bisa kirim beberapa botol jamu dan minta mereka bikin story atau post di medsosnya.

Promo lainnya, buat program diskon atau buy 1 get 1 saat membuka gerai onlinemu di perusahaan ojek online atau delivery.

13. Jasa salon kucing & anjing online

Menyediakan jasa salon kucing dan anjing secara online

Suka kucing dan anjing damau coba bisnis yang berhubungan dengan itu? Salon atau grooming online untuk kucing dan anjing bisa jadi salah satunya. Tentu untuk memulainya kamu juga mesti punya ketrampilan dasar soal grooming juga melatih tenaga kerja untuk punya ketrampilan tersebut demi memuaskan pelanggan.

Modal

Biaya awal yang dibutuhkan adalah untuk keperluan beli perlengkapan grooming atau memandikan hewan yang kisaran harganya bisa dari Rp 3-4 juta. Contohnya adalah blower, handuk, cargo hewan, alat kikir kuku, shampoo khusus hewan, bak, pet clipper, sisir, kandang, juga semprotan untuk memandikan. Untuk tempat, kamu bisa pakai teras rumah atau untuk lebih simpel buat jasa salon hewan yang datang ke tempat pelanggan sehingga kamu tidak perlu sewa tempat. Selain itu, kamu juga perlu sisihkan anggaran gaji tenaga kerja (misal Rp 2,5 juta per bulan/orang).

Strategi promosi

Sebarkan info pada lewat komunitas pencinta kucing dan anjing, juga buat akun sosial media untuk mempromosikannya. Cara lain adalah bergabung saat ada expo untuk kucing atau anjing dengan tujuan untuk memperkenalkan layanan jasamu.

14. Jasa konsultan SEO

Menyediakan jasa konsultan SEO

Industri digital membuka peluang bagi para ahli di bidang tersebut, di antaranya adalah konsultan SEO.  Tuntutan tugasnya adalah meningkatkan traffic content sebuah website, e-commerce, juga blog. Buat kamu yang punya keahlian SEO dan mau jadi bisnis, ini kesempatan baik untuk dijadikan sebagai usaha rumahan. Tinggal cek email, pesan, atau menunggu telepon yang masuk say ada calon potensial yang ingin memakai jasamu. Hanya butuh ruang kerja dan sesekali kamu tinggal atur waktu meeting dengan klien di coffee shop atau coworking space.

Modal

Jika sebelumnya kamu sudah punya laptop dan ponsel, selanjutnya kamu tinggal alokasikan dana untuk biaya internet juga sesekali meeting di luar dengan klien.

Strategi promosi

Selain dengan sosial media dan blog, kamu juga bisa mempromosikan jasamu dengan bergabung di forum atau komunitas freelancer untuk industry digital. Biasanya di dalam wadah itu para SEO konsultan yang membangun bisnisnya sendiri bisa lebih cepat mendapatkan order.

15. Jasa les privat

Menyediakan jasa les private

Kalau kamu jago main piano, gitar, renang, atau bahasa asing, atau bidang mata pelajaran tertentu kamu bisa coba dapatakna kursus bahasa asing online. Kamu bisa mengajarkan murid-muridmu via video call atau pesan singkat. 

Untuk memberikan les, kamu bisa pakai aplikasi meeting online (lainnya seperti Skype, Google Hangout, Zoom, atau aplikasi video lainnya untuk yang berminat sistem les online). Untuk pilihan les bertemu langsung, manfaatkan rumah, tempat klien, atau tempat khusus untuk pelatihan (untuk program renang).

Modal

Untuk memudahkan dalam memulai jasa les, pilih yang bidangnya sudah sangat kamu kuasai dan perlengkapan yang dibutuhkan ada (misal gitar atau piano untuk bidang les tersebut).

Sementara untuk memberikan les online, kamu butuh laptop, jaringan internet, dan sebuah ruangan yang jauh dari gangguan orang-orang. 

Strategi pemasaran

Biar banyak orang yang tahu tentang jasa les privat, kamu bisa bergabung dengan forum atau komunitas untuk guru les. Contohnya adalah Ruang Guru dan Brainly.

Selain itu, kamu juga bisa infokan di sosial media seperti Facebook dan Instagram dengan memanfaatkan koneksi teman dan kenalanmu.

16. Jasa desain grafis

Menyediakan jasa desain grafis juga bisa menghasilkan uang lho meskipun dikerjakan di rumah

Jangan disia-siakan buat yang punya keahlian desan grafis, seperti bikin logo, brand. Jasa ini paling banyak dicari oleh industri kreatif seperti merek baju distro, berbagai brand tas, sepatu, juga kemasan, juga sejumlah website dan aplikasi.

Modal

Bermodalkan laptop khusus desain (kisaran Rp 10 jutaan Rp 25 jutaan) tentunya, kamu sudah bisa meraup banyak keuntungan. Kalau mau lebih hemat, bisa pilih juga yang second. Lebih bagus lagi kalau sebelumnya kamu sudah punya koputer atau laptop buat desain. Jadi selebihnya tinggal alokasikan untuk jaringan internet.

Kamu bisa mematok harga sesuai dengan tingkat kerumitan gambar. Biasanya sih berkisar antara Rp 300 ribu sampai Rp 2 jutaan untuk satu desain, bahkan bisa lebih tergantung kerumitannya.

Strategi promosi

Untuk menginformasikan jasa usaha rumahan desain grafis, kamu bisa bergabung dengan forum atau komunitas freelancer sepert Get Craft dan Sribulancer. Selain itu bisa juga infokan

infokan di sosial media seperti Facebook dan Instagram dengan memanfaatkan koneksi teman dan kenalanmu.

17. Jasa makeup artist

Membuka jasa makeup artist

Jasa makeup artist atau rias wajah bisa jadi pilihan usaha rumahan. Jadi kamu tidak perlu tempat usaha khusus, tinggal menunggu klien yang order.Kebutuhan ini semakin meningkat untuk pemotretan majalah, wedding, wisuda, juga acara-acara lainnya.

Modal

Karena ini menyangkut ketrampilan dan seni, pastikan kamu punya keduanya untuk menghasilkan riasan yang memuaskan klien. Bisa ikut kursus online (sekitar Rp 100 ribuan per jam). Contohnya bisa kamu akses di website superprof.co.id. Kalau mau yang kelas kurusus professional, bisa belajar di Puspita Martha, Lasalle Collage, Makeover MakeuP Academy dengan biaya kisaran Rp 17 juta- Rp 70 jutaan (selama beberapa bulan) serta mendapat sertifikat.

Selanjutnya kamu bisa beli peralatan makeup dasar dan alat-alatnya. Kalau modal tidak telalu banyak, kamu bisa patok sekitar Rp 4 jutaan untuk kebutuhan makeup natural (foundation, brush, kaca makeup, tas makeup, bedak, makeup kit (lipstik, blush on, eye shadow, pensil alis, bulu mata palsu, eyeliner) .

Selanjutnya kalau pemasukan sudah mulai banyak, uangnya bisa dipakai untuk upgrade beli pelatan dan kebutuhan makeup lagi. Jasa rias itu  biasa dibanderol dengan harga yang lumayan, sekitar Rp 200 ribuan sampai Rp 3 jutaan per orangnya (tergantung jenis makeup dan produk makeup yang dipakai).

Strategi promosi

Mulai infokan usaha rumahan jasa makeup lewat kenalan atau teman-teman dekatmu. Bisa layanan pesan atau media sosial seperti di Facebook dan Instragram atau juga ikut forum makeup artist.

18. Jasa desain baju dan jahit

Membuka usaha desain dan jait baju

Suatu modal besar kalau kamu punya kemampuan bikin pola baju, desain, sekaligus menjahit. Jasa jahit dari dulu hingga saat ini tetap banyak dicari meskipun berbagai clothing line marak bermunculan.

Terlebih lagi untuk acara-acara special seperti pernikahan, wisuda, juga pertunangan yang kebanyakan orang lebih memilih untuk menjahit ke tukang jahit ketimbang beli jadi.

Modal

Untuk usaha rumahan ini kamu butuh mesin jahit (kisaran Rp 1,5 juta – Rp 5 jutaan) , benang (Rp 200 ribu) , alat obras (Rp 700 ribu – Rp 3 jutaan). Untuk meminimalkan modal, pilih yang susuai kebutuhan dan manfaatkan saja garasi atau ruang tamumu menjadi workshopnya. 

Strategi promosi

Mulai infokan lewat kenalan atau teman-teman dekatmu. Bisa lewat layanan pesan atau media sosial seperti di Facebook dan Instragram. 

19. Jasa daycare

Membuka jasa daycare juga bisa dilakukan bagi kamu yang pengin menghasilkan uang dari usaha rumahan

Mengingat di kota-kota besar kebanyakan pasangan rumah tangga sama-sama bekerja, peluang buka usaha rumahan daycare bisa dipertimbangkan.

Yang perlu diperhatikan adalah berapa kapasitas maksimal untuk menjaga anak-anak (untuk tahap awal mungkin bisa dimulai dengan maksimal 5-10 anak). Bikin standar pengasuhan terbaik sehingga para orangtua yang menitipkan tenang dan usaha daycare bisa berjalan lancar. Biar konsumen percaya, kamu juga mesti menata dan menjaga sanitasi rumah sehingga para calon pelanggan yakin untuk menitipkan anak-anaknya di tempatmu.

Modal

Hal yang perlu dipersiapkan adalah mainan anak seperti permainan sejenis Lego, puzzle, atau jenis-jenis mainan lain yang dapat meningkatkan kemampuan motoric, plus beberapa bantal dan tempat tidur, bahan makanan. Untuk kebutuhan ini siapkan modal sekitar Rp 8  jutaan. Ditambah lagi biaya renovasi ruangan Rp 5 jutaan (hanya ditambah dekorasi dan pernak-pernik tidak bongkar).

Selanjutnya gaji tenaga pengasuh yang membantu misal 1 orang (Rp 2 juta). Kalau mau skala lebih kecil, bisa dimulai dengan kamu sendiri yan mengasuhnya. 

Untuk tarif perbulan ada yang mematok kisaran Rp 900 ribuan sampai Rp 2 juta per anak, tergantung dari usia dan fasilitas (bayi, balita dan anak-anak).

Strategi promosi

Untuk pertama kali, kamu bisa infokan ke tetangga di lingkungan perumahanmu. Selain itu bisa juga di sosial media seperti Facebook dan Instagram.

20. Jual frozen food

Menjual frozen food juga bisa dilakukan nih sebagai penghasilan kamu

Kebutuhan frozen food di kalangan orang-orang sibuk ibukota bisa jadi lading baru untuk buka usaha rumahan praktis. Ini karena frozen food bisa disimpan lama dan bisa lebih cepat memasaknya. Jenisnya pun beragam mulai dari nugget, dimsum, ayam goring tepung, kaki naga, dan masih banyak lagi.

Modal

Sesuaikan dengan kemampuan finansial untuk mulai usaha ini. Buat yang modalnya pas-pasan, mulai saja dengan pakai freezer yang sudah ada di rumah. Tapi kalau mau langsung bisa stok banyak frozen food, bisa beli freezer box dengan kisara Rp 2 jutaan.

Untuk frozen foodnya kamu bisa bermitra dengan beberapa distributor yang menawarkan berbagai paket usaha, mulai dari yang tanpa modal sampai berbayar dengan sejumlah penawaran fasilitas. Contohnya adalah Kraukk.com juga MiniFroz.

Strategi promosi

Pelanggan pertama bisa kamu fokuskan ke sekitar perumahanmu. Selain itu kamu bisa minta bantuan pada teman-teman dengan jumlah followers banyak juga untuk memperkenalkan di sosmed mereka. Cara lain adalah dengan membuka toko online di Tokopedia, Shopee, juga Bukalapak.

21. Jual bumbu racik

Menjual bumbu racikan juga bisa kamu lakukan nih untuk menambah uang

Hampir sama dengan frozen food, bumbu racik juga banyak diminati karena bisa dipakai untuk masak secara instan dan pas untuk orang-orang di kota besar.

Berbagai pilihan jenis bumbu diantaranya bumbu sambal instan, bumbu pecel, bumbu soto, sambal goreng, dan masih banyak lagi.

Modal

Untuk tahap awal, gunakan alat-alat yang sudah tersedia di dapur, seperti alat giling bumbu atau food processor. Selainnya jangan beri penguat rasa supaya rasa bumbu tetap asli. Beli bahan-bahan bumbu dengan kualitas segar agar menjamin kualitas rasa. Misal, di awal kamu alokasikan dana sekitar Rp 500 ribu untuk beli bahan-bahan bumbu, Rp 300 ribu untuk beli kemasan dan cetak stiker label kemasan, juga mendaftarkan ke BPOM (kisaran mulai Rp 100 ribu-Rp, 1,5 juta tergantung jenis makanan).

Strategi promosi

Pelanggan pertama bisa kamu fokuskan ke sekitar perumahanmu. Selain itu kamu bisa minta bantuan pada teman-teman dengan jumlah followers banyak juga untuk memperkenalkan di sosmed mereka. Cara lain adalah dengan membuka toko online di Tokopedia, Shopee, juga Bukalapak.

22. Jasa gambar ilustrasi dan komik

Menyediakan jasa ilustrasi komik juga bisa kamu lakukan

Tren kekinian sedang berpihak pada gambar ilustrasi dan komik. Banyak kebutuhan desain dan produk kreatif yang butuh sentuhan ilustrasi dan gambar-gambar komik. Baik untuk bikin ilustrasi wajah perorangan, untuk kebutuhan materi iklan, web, dan aplikasi, juga penerbitan buku.

Buat kamu yang punya bakat terpendam di sini, jangan ragu untuk menjadikannya sebagai tambang cuan.

Tidak hanya komik saja, namun keahlian ini juga sering diminta untuk membuat cover movie kartun.

Modal

Selain ketrampilan dasar menggambar, kamu juga perlu alat-alat pendukungnya seperti tablet untuk menggambar (kisaran Rp 5 juta –Rp 15 jutaan) atau beli pen tablet yang dihubungkan ke computer (kisaran Rp 1 jutaan).

Sementara tariff untuk bikin ilustrasi bisa dibanderol kisaran Rp 100 ribuan  / wajah (tergantung tingkat kerumitan). Untuk project lain seperti untuk kebutuhan buku, website, harganya bervariasi tergantung dari jumlah desain dan tingkat kerumitannya.

Strategi pemasaran

Biar banyak orang yang tahu, kamu bisa gabung dengan forum atau komunitas untuk ilustrastor. Selain itu, kamu juga bisa infokan di sosial media seperti Facebook dan Instagram dengan memanfaatkan koneksi teman dan kenalanmu.

23. Agen PPOB

Menyediakan cara payment point online juga bisa kamu lakukan nih sebagai usaha rumahan

Usaha rumahan berbasis PPOB atau  Payment Point Online Bank juga bisa sumber pendapatan. Di sini kamu melayani pembayaran seperti bayar listrik, bayar air, bayar pajak, cicilan kendaraan, tiket, dan lain-lain.

Modal

Usaha rumahan yang lagi trend ini bisa kamu jalankan hanya dengan bermodalkan laptop, printer, dan jaringan internet (asumsikan sekitar Rp 3 jutaan). Selanjutnya tinggal mendaftar menjadi mitra ke agen seperti Paytren, Payfazz, hingga Kudo dan beli deposit, misal sekitar Rp 500 ribu.

Nantinya kamu bakal diinstalkan aplikasi pembayarannya di laptop atau komputer milikmu. Sudah deh, tinggal pasang plang di depan rumah, kamu sudah bisa mulai berbisnis. 

Strategi pemasaran

Untuk informasi pada orang sekitar, kamu bisa pasang plang atau poster dan juga bisa kamu berikan info layanan ini ke beberapa kenalan atau teman lewat sosial media dan layanan pesan. Keuntungan yang didapat biasanya sekitar Rp 2000 per transaksi.

 24. Usaha laundry

Membuka jasa laundry di rumah juga bisa kamu lakukan nih sebagai penghasilan tambahan

Usaha  rumahan yang tawarkan jasa laundry juga masih menjanjikan. Terlebih kalau kamu tinggal di sekitar kampus, perumahan, juga rumah sakit. Kamu cukup sediakan mesin cuci dan pengering, pengharum pakaian, detergen, timbangan, juga sterika uap.

Modal

Buat yang mau terima beres untuk beli keperluan usaha laundry, kamu bisa beli paket waralaba dengan kisaran harga sekitar Ep 36 juta – Rp 60 jutaan sudah termasuk mesin cuci dan alat-alat lainnya.

Tapi kalau mau lebih hemat, belanja saja keperluannya sendiri. Seperti mesin cuci front loading (Rp 3 jutaan), setrika ( Rp 200 ribuan), peralatan meja, hanger, dan rak ( sekitar Rp 1 jutaan), detergen, pewangi, pemutih ( Rp 200 ribuan), timbagan (Rp 150 ribu), listrik ( Ro 400 ribuan). Ini dengan asumsi tempat usaha dilakukan di rumah. Untuk tarif cuci setrika berkisar dari Rp 8 ribu sampai Rp 15 ribu per kilo (tergantung lokasi bisnis).

Strategi promosi

Untuk informasi pada orang sekitar, kamu bisa pasang plang atau poster dan juga bisa kamu berikan info jasa laundry ini ke kenalan atau teman lewat sosial media.

25. Catering kantoran atau anak sekolah

Menyediakan katering buat karyawan dan anak sekolah bisa lho kamu lakukan

Hobi masak juga termasuk salah satu modal besar buat cari uang, misalnya dengan menjual makanan catering baik untuk karyawan atau anak sekolah. Biar banyak orang yang tertarik, pastikan kamu menawarkan menu-menu yang menggoda selera dan juga cukup nutrisi alias sehat.

Modal

Untuk memulai usaha rumahan ini, sebaiknya kamu mulai dengan memberi tester atau contoh makanan ke beberapa orang yang kamu kenal agar mereka bisa memberi masukan untuk kualitas rasa. Selanjutnya, setelah dapat order, mulailah belanja bahan-bahan makanannya. Misal untuk modal awal kamu anggarkan Rp 800 ribu ( beli bahan makanan, bumbu) kemasan dan stiker merek (Rp 300 ribuan) dan biaya gas dan listrk ( Rp 500 ribuan).  

Ini dengan asumsi kamu sudah punya perangkat masak kompor, wajan, rice cooker. Untuk tempat pengolahannya pun jadi satu dengan dapur rumah.  Untuk catering kamu bisa membanderol harga sekitar Rp 20-Rp 30 ribu / box atau Rp 120 ribu ( 5 hari)

Strategi pemasaran

Pelanggan pertama bisa kamu fokuskan ke sekitarmu atau teman-teman dekat. Selain itu kamu bisa minta bantuan pada teman-teman dengan jumlah followers banyak juga untuk memperkenalkan cateringmu di sosmed mereka. Cara lain adalah dengan bekerja sama dengan layanan delivery makanan di Gojek atau Grab.

26. Jual oleh-oleh atau makanan khas daerah

Menjual oleh oleh sebagai usaha rumahan bisa kamu lakukan nih

Makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia punya ciri khas tersendiri dan selalu bikin kangen. Ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha rumahan. Caranya dengan memilih beberapa item oleh-oleh atau makanan khas yang banyak dicari di perantauan. Misal, pancake durian, rendang, krupuk Bangka, bolu Meranti, krupuk paru, bakpia, dan masih banyak lagi.

Modal

Pertama kamu kontak beberapa produsen terkait dan buat kerjasama dropshipper atau reseller untuk pembelian produk-produknya. Misal, untuk jualan Durian Ucok, kamu bisa beli di awal minimal 15 produknya untuk bisa jadi reseller atau dropshipper (untuk partai kecil).

Misal kamu tertarik jualan  durian kupas (Rp 68000/box) jadi kamu butuh modal sekitar Rp 1.020.000. Pilihan lain adalah  rendang kemasan Den Lapeh, dimana hanya beli 1 produk (Rp 79.000) dan promo di sosial media, kamu sudah bisa tergabung untuk jadi reseller.

Strategi promosi

Langkah selanjutnya adalah membuat katalog produk dan menyebarkannnya lewat sosial media atau buka toko online di marketplace sehingga kamu bisa aktif menjual produk oleh-oleh.

27. Jasa fashion stylist atau food stylist

Fashion stylist juga bisa kamu jadikan salah satu peluang usaha mendapatkan cuan

Buat pencinta fashion atau boga yang hobi bikin tampilan baju atau makanan jadi lebih cantik, kamu bisa tawarkan jasa sebagai fashion stylist dan food stu. Terlebih lagi kalau kamu sebelumnya sudah punya pengalaman atau portfolio dalam hal styling, misal di media cetak, televise, atau pernah terlibat dalam proyek iklan di sejumlah agensi.

Selain untuk styling buat brand tertentu, beberapa kebutuhan fashion stylist personal pun kian meningkat.

Modal

Selain pengetahuan tren fashion (fashion stylist) juga tentang teknik styling untuk makanan bagi food stylist, hal lain yang tak kalah penting adalah networking di kalangan industri terkait.

Contoh dengan desainer, brand fashion, atau butik-butik, brand makanan, agensi iklan dan juga fotografer. Hal ini karena akan memudahkan untuk mendapatkan peluang order dari klien. Selain itu, anggarkan pengeluaran untuk jaringan internet, beli majalah cetak /online tentang fashion (fashion stylist) juga tentang styling makanan (food stylist).

Strategi promosi

Selalu update sosial media atau blog mu dengan berbagai portfolio terbaru. Cara lain adalah dengan join di forum khusus yang menjembatani antara para stylist dengan klien. 

28. Jual aksesori 

Menjual aksesoris juga salah satu cara kamu menghasilkan cuan nih

Melihat peminat aksesori wanita tidak pernah surut, hal ini menjadikan sebuah peluang emas untuk dijadikan sebagai usaha rumahan. Terlebih lagi kalau kamu tipe orang yang kreatif dan memang suka bikin pernak-pernik aksesori. Dengan proses produksinya yang tidak makan tempat dan bahan bakunya yang tidak terlalu butuh banyak modal.

Modal

Misal kamu mau berkreasi dengan aksesori gelang, cincin, atau kalung dengan kreasi kain, maka alokasikan dana untuk beli rak aksesori, lem tembak, rantai kalung, peniti bros, cincin polos, gunting, jarum, tang kecil (kurang lebih sekitar Rp 3 jutaan untuk menghasilkan sekitar 300 pcs aksesori ) juga kuota internet (Rp 300 ribuan) untuk pemasaran juga mencari sumber DIY untuk menginspirasi pembuatan aksesori.

Untuk penjualan aksesori, kamu bisa memasang harga sekitar Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu/ pcs.

Strategi promosi

Untuk system promosi online, sosial media dan buka toko di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, juga Bukalapak bisa jadi pilihan. Selain itu, kamu juga bisa kerjasama dengan beberapa toko offline dengan menitipkan aksesori dengan sistim profit sharing.

29. Reseller buku

Menjadi reseller buku salah satu cara buat membangun usaha di rumah nih

Bagi penggemar buku, kesepatan jadi reseller atau dropshipper buku bisa jadi pilihan untuk usaha rumahan. Selain tahu update buku-buku baru, kamu juga bisa menambah penghasilan.

Modal

Cukup daftar sebagai reseller di beberapa penerbit, kamu pun bisa mulai menjalankan bisnis. Contohnya penerbit Mizan, dimana system registrasinya cukup dengan online dan membeli awal buku senilai Rp 500 ribu. Selain itu, WIFI atau kuota internet pun dibutuhkan untuk mempromosikan buku. Sebagai reseller, kamu bisa mendapatkan harga buku dengan diskon mulai dari 8% hingga 80%.

Strategi promosi

Buat aku sosial media khusus yang memberikan update buku-buku terbaru dan koleksi buku yang tersedia. Selain itu kamu juga bisa bikin blog yang berisi review buku-buku yang kamu jual.

30. Jual tote bag unik

Menjual totebag unik juga bisa dijadikan salah satu usaha nih di rumah

Tren tote bag tampaknya tidak pernah berakhir. Tas multifungsi yang dipakai banyak kalangan pun kini makin digemari karena tampilannya yang unik. Buat kamu yang suka berkreasi, kamu bisa mulai coba jadikan ini peluang untuk usaha rumahan.

Modal

Robet? Mahal? Jangan langsung mikir begitu. Kamu bisa mulai dari skala kecil dengan memesan tote bag dengan desain mu sendiri tanpa perlu punya konveksi. Ada beberapa tempat custom dimana kamu bisa pesan tote bag dengan kreasimu tanpa minimal order. Misal di Porinto dengan kisaran harga Rp 50 ribu- Rp 100 ribuan. Dengan begitu, kamu bisa menyiapkan modal sesuai kemampuan dan mulai bikin tas sesuai motif-motif yang menurutmu banyak penggemar.

Strategi pemasaran

Langkah selanjutnya adalah membuat katalog produk dan menyebarkannnya lewat sosial media atau buka toko online di marketplace sehingga kamu bisa mulai menjaring konsumen dengan produk-produk tote bag-mu. 

Peluang usaha rumahan

Mengingat bisnis menawarkan keuntungan tanpa batas, buat kamu yang ingin wirausaha bisa memulainya dari usaha rumahan. Apa saja peluangnya?

  • Kamu bisa menjalankan usaha yang sesuai dengan minat. Eksplorasi jenis usaha pun makin berkembang, tidak sebatas jual barang saja, melainkan juga bisa menawarkan keahlian dan jasa.
  • Era digital semakin memudahkan pemasaran. Banyak marketplace yang memberikan fitur toko online gratis sehingga kamu bisa lebih mudah memasarkan produk atau jasa.
  • Keberadaan sosial media pun jadi media promosi strategis. Yang terpenting, kelola sosial media jualanmu semenarik mungkin, juga tidak monoton.
  • Usaha rumahan pun tidak perlu menunggu kaya untuk memulai. Banyak yang bisa dijalankan, bahkan ada juga yang dengan sistem tanpa modal.  

Kendala memulai usaha rumahan

Setiap menjalankan usaha pasti ada hal-hal yang perlu diwaspadai agar bisnis berjalan mulus dan tidak setengah-setengah. Berikut adalah beberapa kendala yang biasa timbul di awal usaha dan mesti diantisipasi.

  • Takut memulai dan takut gagal sering jadi penghalang banyak orang buat menjalankan bisnis yang sebenarnya sudah diimpikan. Hal ini bisa diantisipasi dengan sering minta masukan dari orang-orang yang sudah menjalankan bisnis dan puny pikiran positif untuk terus maju. Kalau perlu, anggarkan bujet untuk ikut workshop tentang usaha yang akan membangkitkan motivasi bisnismu.
  • Banyak orang yang mengeluhkan tidak punya atau kurang modal buat usaha. Padahal kalau mau usaha, pasti semua ada jalannya. Kamu bisa pilih bisnis dengan modal kecil, ikut program dropshipper tanpa modal, atau juga pinjam dana ke bank.
  • Hal lain yang menjadi kendala adalah ketidakkonsitenan dalam menjalankan bisnis. Pas di awal semangat, lalu tidak berapa lama kurang bisa manajemen waktu sehingga banyak hal yang terbengkalai.

Dengan melihat beberapa ide usaha rumahan, juga peluang dan kendala-kendala yang mesti diantisipasi, hal tersebut bisa jadi motivasi untuk bisa punya kemandirian finansial yang dijalankan dengan usaha sendiri. Semoga sukses! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →