5 Usaha Rumahan yang Menjanjikan dengan Modal Maksimal Rp 7 Juta

Memiliki usaha rumahan dapat sangat membantu mendongkrak pendapatan setiap bulannya. Nah, kabar baiknya ternyata ada banyak pilihan usaha rumahan yang menjanjikan dan gak membutuhkan modal besar, lho!

Berikut ini beberapa rekomendasi dari Lifepal beserta simulasi keuntungannya. Yuk simak!

1. Warung makan

Usaha Rumahan yang Menjanjikan
Makan di warteg selain bikin kenyang harga pun bikin kantong senang (tribunnews)

Bisnis kuliner emang gak ada duanya, gak terkecuali usaha warung makan. Peluang buka usaha warung makan ini besar banget. Apalagi kalau lokasi rumah yang dijadikan usaha berada di tempat ramai. Misalnya dekat kampus, perkantoran, rumah sakit atau ruang publik. Pasti laku deh. 

Dan jangan salah lho, banyak pengusaha sukses berawal dari buka usaha warung makan. Misalnya Warteg Kharisma Bahari di Jakarta yang lumayan terkenal. Sekarang warteg tersebut sudah punya 92 cabang.

Buat yang tertarik buka usaha warung makan, yuk coba simak simulasi berikut ini dengan asumsi tempat sudah tersedia.

Biaya investasi awal:

– Renovasi tempat= Rp1,5 juta

– Peralatan masak= Rp1,5 juta

– Peralatan makan= Rp1 juta

– Meja dan kursi bikin sendiri= Rp2 juta

– Bahan baku utama harian= Rp500 ribu

– Biaya lain-lain= Rp500 ribu

Total= Rp7 juta

Estimasi omzet:

Misalnya dalam sehari orang yang makan di warung makan mencapai 30 orang dengan harga per porsi Rp15 ribu, maka omzet per hari adalah Rp450 ribu. 

Artinya, dalam sebulan kamu bisa dapat omzet: Rp450.000 x 30 (hari) = Rp 13,5 juta

[Baca: Simak 5 Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Bertahan Lama Ini]

2. Snack rumahan

Usaha Rumahan yang Menjanjikan
Yang doyan ngemil pasti suka borong snack kan (lakupon)

Percaya gak kalau camilan bisa jadi usaha rumahan yang menjanjikan?tentu saja, mengingat banyak banget orang yang suka ngemil.

Coba deh kalau lagi nonton TV di rumah, lagi ngobrol sama teman di kosan, pasti harus ada camilan kan? Nah, berarti peluang usaha camilan ini lumayan besar. Jangan salah lho, artis aja banyak yang sukses jualan camilan.

Ada banyak jenis camilan yang bisa dijual di rumah. Mulai dari kerupuk seblak, makaroni, gurilem, sistik dan camilan lainnya. Kamu bisa menjual aneka snack tersebut dengan kemasan Rp5 ribu misalnya.

Bahkan kamu bisa jadi pemasok atau distributor ke para pengecer dan warung-warung. Nah, kalau tertarik buka usaha camilan, yuk simulasikan dulu hitung-hitungannya dengan asumsi tempat sudah tersedia.

Biaya investasi awal:

– Renovasi tempat = Rp2 juta

– Rak = Rp1 juta

– Timbangan = Rp200 ribu

– Plastik kemasan = Rp300 ribu

– Belanja aneka camilan = Rp2 juta

Total = Rp5,5 juta

Estimasi omzet:

Misalnya dalam sehari camilan yang terjual mencapai 50 pcs dengan harga per porsi Rp5 ribu. Maka omzet per hari = Rp250 ribu..

Artinya, dalam sebulan kamu bisa dapat omzet: Rp250 ribu x 30 (hari) = Rp7,5 juta.

3. Warung burjo dan mie instan

Punya rumah di lokasi kampus atau kantor beruntung banget. Karena tentu saja bisa dijadiin lahan buat bisnis. Bisnis rumahan yang cocok adalah buka lapak bubur kacang ijo alias burjo dan mie rebus.

Jangan salah lho, bisnis burjo ini banyak banget pelanggannya. Selain jualan burjo dan mie rebus, biasanya makanan yang dijual juga banyak seperti gorengan, kopi, es teh, dan aneka minuman lainnya.

Tertarik buat buka burjo? Yuk simak dulu simulasinya dengan asumsi tempat sudah tersedia ya.

Biaya investasi awal:

– Renovasi tempat = Rp 2 juta

– Peralatan masak = Rp 1 juta

– Peralatan makan = Rp 500.000

– Belanja bahan baku = Rp 2 juta

– Biaya lain-lain = Rp 500.000

Total = Rp 6 juta

Estimasi omzet:

Misalnya dalam sehari omzet yang diperoleh = Rp200 ribu. Artinya, dalam sebulan kamu bisa dapat omzet: Rp200 ribu x 30 (hari) = Rp6 juta.

4. Laundry

Buka laundry jadi salah satu usaha rumahan yang menjanjikan. Apalagi kalau musim hujan. Pasti banyak tuh pelanggan yang minta dicuciin baju.

Nah, ini kesempatan banget buat yang pengin buka usaha laundry. Selain modalnya gak besar, usaha ini juga menjanjikan banget. Yuk simak simulasinya.

Biaya investasi awal:

– Mesin cuci + pengering 2 unit: Rp2,5 juta x 2 = Rp5 juta

– Setrika uap = Rp500 juta

– Timbangan = Rp200 ribu

– Belanja bahan baku = Rp500 ribu

– Biaya lain-lain = Rp500 ribu

Total = Rp6,7 juta

Estimasi omzet:

Ongkos jasa laundry saat ini rata-rata Rp7 ribu per kilogram. Kalau dalam sehari ada sekitar 20 kilogram, berarti omset yang didapat mencapai Rp140 ribu.

Artinya, dalam sebulan omzet yang diperoleh dari usaha laundry: Rp140 ribu x 30 (hari) = Rp4,2 juta.

5. Usaha rumahan yang menjanjikan, cuci motor

Usaha Rumahan yang Menjanjikan
Bisnis cuci motor juga menguntungkan lho, apalagi kalau musim hujan (kontan)

Punya budget minim sekitar Rp7 juta bisa buka usaha rumahan yang menjanjikan. Caranya kamu bisa buka bisnis cuci motor yang bisa dilakukan di halaman rumah.

Modal yang diperlukan buat usaha ini memang tergolong murah. Peralatannya pun gak terlalu banyak. Berikut analisa usahanya.

Biaya investasi awal:

– Alat steam dan kompresor = Rp4 juta

– Peralatan mencuci (tong, ember, sikat dll) = Rp1 juta

– Biaya perlengkapan lain = Rp1 juta

– Tabung salju = Rp500 ribu

– Biaya lain-lain = Rp500 ribu

Total = Rp7 juta

Estimasi omzet:

Ongkos jasa cuci motor saat ini rata-rata Rp10 ribu per motor. Kalau dalam sehari ada sekitar 20 sepeda motor, berarti omzet yang didapat mencapai Rp200 ribu. 

Artinya, dalam sebulan omzet yang diperoleh dari usaha cuci motor: Rp200 ribu x 30 (hari) = Rp6 juta.

Nah, itulah beberapa peluang usaha rumahan yang menjanjikan yang bisa dilakukan dengan modal sekitar Rp 7 juta.

Memang, setiap buka usaha mungkin gak bakal ngasih untung langsung besar. Tapi kalau usaha dikerjakan dengan telaten, maka keuntungan dengan sendirinya akan menghampiri.

[Baca: Hindari 6 Hal Ini Biar Usaha Sampingan di Rumah Gak Gampang Bangkrut!]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →