Usaha Sampingan dengan Modal Tipis untuk Karyawan Kantoran

usaha sampinga

Kalau saat ini kamu berstatus sebagai karyawan fulltime, kamu bisa lho mendapat tambahan penghasilan selain gaji lewat usaha sampingan. Tapi kira-kira usaha sampingan apa ya yang sesuai untuk karyawan dan tetap bisa memberi hasil yang menguntungkan?

Tak perlu khawatir akan repot, karena ada banyak jenis usaha sampingan yang simpel dan mudah untuk dilakoni karyawan.

Kalau selama ini kamu hanya mengandalkan gaji saja, usaha sampingan akan membantu kamu secara finansial untuk meminimalkan risiko terkait hal-hal tak terduga yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Artikel kali ini akan mengajak kamu membahas tentang ide usaha sampingan yang bisa kamu pilih biar makin nambah cuan!

Usaha sampingan karyawan dan jumlah modalnya

Selain pekerjaan utama sebagai karyawan, nggak ada salahnya untuk kamu tambah cuan lewat usaha sampingan. Bahkan gak harus karyawan, siapapun kamu dan apapun pekerjaanmu, sama-sama punya peluang emas menjalani usaha sampingan. Tapi, kali ini kita bakal bahas usaha sampingan yang cocok buat para karyawan.

Perusahaan nggak akan melarang lho kalau kamu mau punya usaha sampingan. Bahkan usaha sampingan bagi para karyawan dinilai lumrah saja. Asalkan, kamu tetap bisa menyeimbangkan antara usaha sampingan dan tanggung jawab pekerjaan utamamu. Salah injak rem, bisa-bisa kamu sendiri yang kerepotan.

Sayangnya, banyak sekali karyawan yang tak kunjung memulai ide usaha sampingannya karena alasan modal. Banyak yang beranggapan kalau menjalankan usaha perlu banyak modal atau bahkan sampai harus pinjam ke bank.

Sebetulnya, wajar-wajar saja kalau ada yang berpikiran seperti itu. Pasalnya, untuk memulai sesuatu memang tidak mudah dan banyak pertimbangan yang harus dipikirkan matang-matang. Jangan sampai kamu salah langkah!

Tapi bukan berarti modal usaha sampingan tak bisa dijangkau, ya!

Modal usaha sampingan busa disesuaikan tergantung jenis usaha apa yang kamu pilih untuk dijalankan. Semakin usaha tersebut memakan tempat dan banyak peralatan penunjang, maka modal yang kamu butuhkan bisa lumayan bisa sampai puluhan juta.

Lagi-lagi, kamu dituntut untuk jeli memanfaatkan peluang, apalagi di zaman sekarang. Kalau kamu cermat, smartphone dan internet pun bisa lho dijadikan media buat mengumpulkan cuan dari usaha sampingan, bahkan bisa jadi kamu gak perlu keluarin modal sepeser pun!

Berikut ini beberapa ide bisnis sampingan karyawan yang bisa dilakukan tanpa harus mengganggu pekerjaan utamanya. Apa saja ya?

Jenis-jenis usaha sampingan

1. Usaha katering

Karyawan swasta biasanya mulai bekerja pada pagi hari. Belum lagi jarak membuat mereka harus berangkat pagi-pagi sekali. Otomatis, pada jam-jam tersebut, banyak orang yang nggak sempat menyiapkan sarapan sebelum masuk kerja.

Nah, ini bisa jadi peluang bisnis sampingan karyawan yang bisa kamu coba. Mulai dari menu sarapan pagi simpel seperti bubur, nasi kuning, dan lainnya, kamu bisa tawarkan menu sarapan pagi ini ke teman-teman di kantor.

Eits, tak berhenti di sarapan saja. Menyediakan makan siang yang mudah disantap teman-teman kantormu pun bisa dijadikan ajang menambah cuan! Pastikan menu sarapan atau makan siang yang kamu jual harus enak ya, biar teman-teman di kantor pada ketagihan dan jadi pelanggan setia.

2. Jual pulsa dan kuota internet

Zaman sekarang, ponsel pintar yang terkoneksi dengan Internet sudah seakan jadi kebutuhan primer. Kalau begitu, ini artinya Internet butuh pulsa atau kuota. Peluang bagus untuk bisnis sampinganmu kan?

Bisnis sampingan menjual pulsa atau kuota Internet ini gak perlu peralatan banyak. Kamu cukup deposit pulsa ke operator untuk kamu jual lagi.

Ada banyak kok operator pulsa dan kuota Internet murah yang dijual melalui aplikasi. Nah, peluang bagus ini bisa kamu manfaatkan tuh buat kita jual lagi ke pelanggan di kantor.

Hanya bermodalkan smartphone, kamu bisa transaksi pulsa dan kuota pakai aplikasi yang tersedia.

3. Bisnis MLM

Bisnis multi level marketing (MLM) kebanyakan punya stigma negatif di masyarakat. Padahal, gak semua bisnis MLM itu selalu negatif loh!

Nggak sedikit produk MLM yang juga terpercaya dan bisa memberikan penghasilan tambahan, terutama buat karyawan. Misalnya, beberapa produk kecantikan seperti Jafra, Sophie Martin, Oriflame, dan lain-lain.

Bisnis sampingan ini juga nggak akan mengganggu pekerjaan utama kamu. Tawarkan saja produk produk-produk MLM ke teman kantormu saat sedang istirahat makan siang atau di tengah obrolan santai sore sepulang kerja.

Jangan lupakan juga tetangga di sekitar rumahmu yang bisa dijadikan target pasar strategis untuk bisnis MLM-mu.

4. Online shop

Bisnis satu ini tentunya sudah nggak asing lagi ya. Bisnis online shop sudah sepert tren tersendiri di tengah masyarakat. Gak heran kalau banyak pusat perbelanjaan sekarang sepi pembeli dan banyak yang tutup. Mungkin saja salah satu penyebabnya karena banyak bermunculan toko online.

Nah, daripada hanya memperhatikan tren dan ikut-ikutan jadi pembeli saja, lebih baik kamu coba buka usaha bisnis online ini. Banyak lho ide bisnis yang bisa dijual secara online.

Mulai dari pakaian anak, kue, atau aneka makanan lain, hampir semua benda bisa kamu jual melalui online shop. Kamu bisa lakukan bisnis ini di waktu senggang atau saat libur. Tapi, tentu harus ngeluarin modal ya!

Nggak punya banyak modal? Jangan sedih! Kamu masih bisa jadi reseller atau dropshipper produk milik orang lain. Caranya, kamu hanya perlu punya akun media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya buat promosi produk yang dijual.

5. Membuat blog

Menulis blog akhir-akhir ini kembali jadi trend lagi, lho. Kamu yang hobi menulis, bisa buat blog pribadimu sebagai usaha sampingan. 

Tak perlu pusing-pusing memikirkan ide. Mulai saja menulis dan bercerita tentang hobi hingga hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaanmu sekarang. Kamu juga bisa menuliskan sesuatu yang sedang booming saat ini. Agar semakin banyak yang mengunjungi blogmu, pastikan tulisan yang kamu tulis selalu berkualitas!

Modal untuk membuat blog juga sangat murah. Ada banyak penyedia jasa pembuatan website yang kini menjamur dan bisa dijangkau mulai dari harga ratusan ribu.

Bingung bagaimana cara kerja blog bisa menghasilkan cuan untukmu? Melalui penyedia jasa pembuat website tadi, kamu punya kesempatan lho buat mengulik informasi dari mereka. Biar gak ganggu pekerjaanmu, kerjakan saat waktu senggang, ya! 

6. Jasa desain grafis

Kamu punya keahlian desain grafis? Jangan malu-malu, ini justru kesempatan emas buat kamu menambah cuan. Ada banyak hal yang membutuhkan jasa seorang desain grafis. Mulai dari hal-hal yang sederhana seperti desain kartu nama, mug, kaos, hingga poster. 

Cukup dengan laptop atau komputer dan aplikasi desain grafis yang biasa kamu gunakan untuk modal usaha sampingan ini. Manfaatkan juga sosial media buat promosi dan pemasaran. 

Biar makin banyak yang tahu dan laku, di internet banyak lho website yang menyediakan pasar desain online seperti sribu.com.  Oh iya, penetapan harga desain patut kamu pelajari, pasalnya banyak orang yang menganggap murah produk desain. Selain itu, say no to harga teman, ya!

7.  Jualan produk software

Bagi yang bekerja sebagai programmer, usaha sampingan yang satu ini cocok banget buat kamu. Apalagi kalau kamu bisa ciptakan software aplikasi, akan mudah untuk kamu mendapat cuan jika menjualnya dengan SaaS (Software as a Service). 

Sasaran software yang sudah kamu buat adalah para pengguna ponsel genggam smartphone. Software-nya bisa berupa berupa game yang banyak disukai orang.

Pembuatannya pun terbilang mudah, kamu tinggal membeli template dari sebuah aplikasi, lalu ubah teks dan desainnya sesuai selera.

8. Membuka kursus digital

Zaman sekarang kursus gak melulu harus dengan tatap muka. Kumpulkan semua ilmu yang kamu punya dalam bentuk eBook atau video, lalu publikasikan.

Kamu juga bisa memanfaatkan layanan streaming melalui aplikasi yang memungkinkan kamu bisa berkomunikasi layaknya tatap muka. Anak-anak sekolah merupakan sasaran empuk kalau kamu buka kursus atau les digital, apalagi mereka memang dekat banget dengan teknologi.

Agar materi yang kamu sampaikan jelas dan mudah dimengerti, jangan lupa susun materi secara runut. Gunakan gaya mengajar yang friendly agar semakin banyak orang menyukai pelajaran yang kamu sampaikan.

Kursus digital biasanya mematok harga berdasarkan sesi atau jam. Selain itu, hari libur adalah waktu yang sempurna buat kamu fokus ke usaha kursus ini. 

9. Pedagang musiman

Hari libur seperti Sabtu dan Minggu cocok banget dimanfaatin buat bisnis sampingan karyawan. Kamu bisa buka usaha kuliner atau pakaian di pasar kaget yang banyak jadi incaran orang-orang usai berolahraga pagi..

Kalau kamu punya kendaraan pribadi, kamu bisa pake tuh bagian belakang mobil buat menjajakan produk yang kamu jual. Jangan salah lho, berjualan menggunakan mobil di pasar dadakan saat ini lagi tren banget!

Karena biasanya pasar dadakan ini hanya ada di akhir pekan, jadi kamu bisa manfaatkan hari libur untuk produktif menghasilkan uang tambahan selain dari gaji bulanan.

10. Usaha warkop sederhana

Warung kopi belakangan sedang berada di puncak ketenaran, apalagi dibarengi dengan hobi anak muda untuk berkumpul.

Gak perlu bingung milih tempat, teras rumahmu sekalipun bisa disulap jadi warung kopi asalkan letaknya strategis. Pilihan lain adalah membuka warkop di sekitar kampus atau kawasan industri dan perkantoran.

Modal usaha yang satu ini murah banget lho. Contohnya, modal segelas kopi adalah Rp2.000 dan kamu jual dengan harga Rp4.000. Kamu tinggal kalikan dengan jumlah kopi yang terjual.

Selain kopi, sajikan juga makanan ringan seperti gorengan atau mie instan. Biar makin komplit, pasanglah wifi agar pengunjung makin nyaman. Wah, kedengarannya gampang banget, ya!

11. Jasa penerjemah

Mahir berbahasa asing jadi salah satu keahlianmu? Kalau begitu, ini momen yang tepat buat kamu kembangin bisnis dari keahlian  yang kamu punya. Pasalnya, ada banyak perusahaan yang membutuhkan jasamu.

Di era komunikasi yang masif seperti sekarang, perusahaan berbondong-bondong menjalin kerja sama dengan perusahaan internasional untuk mengembangkan sayap bisnisnya. Sehingga perusahaan akan butuh jasamu untuk menerjemahkan dokumen dan berkas yang mereka punya. 

Eits, gak cuma yang berkaitan dengan bisnis. Manfaatkan juga situs online dan sosial media, maka calon pengguna jasamu pun akan semakin luas dari berbagai kalangan. Perbanyak juga jenis produk yang bisa kamu terjemahkan ya, bisa jurnal, skripsi, sampai makalah.

Kalau kamu kreatif dan jeli mengulik peluang, ide bisnis sampingan buat karyawan bisa lebih banyak dari yang sudah disebutkan tadi, lho! Tapi buat kamu yang baru mau mencoba, tak perlu langsung muluk-muluk deh.

Buka saja bisnis yang sekiranya mudah kita jalani baik secara bujet atau secara tenaga dan waktu. Biar bisnis sampingan karyawan yang dijalani kecil, yang penting ada tambahan buat mencukupi kebutuhan.

Siapa tahu, dari bisnis kecil ini kalau kamu jalani sama seriusnya dengan pekerjaanmu sekarang, maka kedepannya akan berkembang semakin besar, ya kan? Bagaimana, siap mencoba? 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →