Usai Lebaran, 7 Ide Bisnis Pernikahan Ini Bakal Mendulang Banyak Uang

Banyak yang bakal menyelenggarakan pesta pernikahan setelah lebaran. Momen spesial ini bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan, lho.

Buat mewujudkan pernikahan idaman pasti perlu melibatkan banyak pihak, dong? Mulai dari urusan konsumsi, busana, hingga tempat yang perlu didekorasi.

Kamu bisa masuk ke area ini, menyediakan yang dibutuhkan dan yang terbaik, serta dapat uang banyak dari sana.

Dari sejumlah peluang bisnis yang ada karena pernikahan, ini tujuh pilihan terbaik yang bisa kamu coba.

1. Desain undangan pernikahan

peluang bisnis
(image: panduannikah)

Walau undangan via online bukan hal yang asing lagi, undangan fisik tetap menjadi pilihan utama saat ini.

Membuka bisnis undangan dengan modal minim dapat kamu lakukan dengan sistem rekanan. Dengan kata lain kamu gak perlu memproduksi semuanya sendiri.

Caranya? Temukan supplier kertas yang murah dan tempat percetakan yang menerima jasa pra cetak. Jika gak memiliki kemampuan mendesain, kamu bisa mengajak kerja sama teman yang punya skill ini atau menggunakan jasa desain eksternal.

Buat menjalankan bisnis ini tanpa modal, mintalah pelanggan membayar uang muka, seenggaknya buat bahan pengerjaan sample undangan.

Jangan lupa, perbanyak portofolio baik berupa berbagai desain undangan ataupun undangan bentuk fisik. Biar usahamu laris, buatlah desain yang unik dengan harga terjangkau.

2. Pernak-pernik photobooth

peluang bisnis
(image: pelangiphotobooth)

Berbisnis photobooth perlu modal yang cukup besar, mulai dari perlengkapan kamera, lampu, laptop, printer, kertas foto, dan perlengkapan lainnya. Dengan peralatan tersebut, seenggaknya kamu perlu sekitar Rp 30 juta.

Namun, jika pengin mendulang untung tanpa keluar modal besar, kamu bisa berfokus pada properti fotonya.

Modalnya? Jauh lebih minim karena yang kamu butuhkan adalah kreativitas dan kemampuan mendesain. Biaya kertas, cetak , dan aksesoris lainnya bisa kamu pangkas hingga gak lebih dari Rp 500 ribuan. Biar fotonya Instagrammable gitu lho.

Buat penjualannya bisa kamu lakukan secara paket atau satuan.

3. Jasa beli atau buat suvenir

Merasa punya kemampuan buat bikin kerajinan tangan yang unik dan menarik? Manfaatkan keahlianmu ini dengan berbisnis suvenir.

Bagi kamu yang merasa gak cukup kreatif dan gak punya banyak waktu tapi pengin icip-icip bisnis ini, tentu aja bisa juga.  Sediakan waktu khusus buat berburu berbagai suvenir cantik di tempat kerajinan atau pusat suvenir.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Beli beberapa contoh produk suvenir yang menurutmu paling menarik. Lalu, pajang produk secara online.

Hal ini udah dibuktikan oleh Yulia, pemilik usaha suvenir asal Yogyakarta. Dengan cara tersebut, bisnis Yulia yang semula bermodal Rp 500 ribu, kini udah beromzet hingga Rp 50 juta dalam satu bulan. Hebat banget ya.

4. Dekorasi backdrop lamaran atau tunangan

peluang bisnis
(image: nrachmaa.blogspot)

Udah gak asing kan lihat foto pasangan di media sosial yang menunjukkan cincin di depan berbagai backdrop cantik? Artinya, jasa dekorasi backdrop masih banyak dicari.

Jika gak pengin keluar modal besar, buat permulaan kamu bisa mulai bikin aneka hiasan seperti bunga kertas.

Ada banyak tutorial bikin bunga kertas di YouTube. Sebagai media promosi, kamu bisa memberi jasa ini secara gratis buat pernikahan teman atau orang terdekat. Jika hasilnya menarik, cepat atau lambat pasti banjir orderan.

Inilah yang dilakukan oleh Yana, pemilik bisnis Paper Flower Jakarta. Bermula dari iseng-iseng mendekorasi kamarnya dengan bunga kertas, ia kini telah memiliki beberapa pegawai dan omzet hingga Rp 28 juta per bulan.

5. Makeup Artist (MUA)

Mahir merias dan punya perlengkapan makeup yang mumpuni? Jangan cuma dikoleksi atau dipakai sendiri ya. Manfaatkan makeup-mu dengan menjadi penata rias pengantin.

Tarif rata-rata penata rias pengantin dari Rp 2 juta sampai Rp 5 juta sekali rias lho. Itu cuma buat satu proyek. Kebayang kan kalau dalam satu bulan ada empat proyek? Udah berapa tuh.

Jika belum punya makeup yang memadai, sediakan modal Rp1 juta sampai Rp 2 juta buat membeli perlengkapan makeup standar.

6. Jasa MC dan hiburan

Pengin bisnis tanpa modal? Kamu pandai berbicara dan membangun suasana yang akrab dan meriah? Kalau iya, manfaatkan aja itu. Tawarkan kemampuanmu menjadi master of ceremony alias MC pada kerabat terdekat dulu. Promo dari mulut ke mulut biasanya lumayan berhasil.

Gak cuma jadi MC, kamu yang bersuara indah juga bisa menawarkan diri menjadi penyanyi di acara pernikahan.

Sebagai portofolio, sering-sering aja bikin cover lagu di channel YouTube pribadi. Siapa tau aja ada produser rekaman yang melirik. Betul, gak?

7. Jasa hias seserahan

Cuma dengan modal Rp 1 juta sampai Rp 5 juta aja, kamu udah bisa mulai bisnis jasa hias seserahan. Perlengkapan yang kamu butuhkan adalah nampan atau keranjang, kaca atau mika, bunga plastik, pita, boneka, dan aksesoris kecil lainnya.

Modal awal ini bisa disesuaikan dengan tarif yang nantinya kamu pasang.

 

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Gimana? dari sebuah momen spesial seperti pernikahan aja ada banyak banget peluang bisnis yang bisa kamu ambil.

Selain tujuh ide bisnis di atas, kamu juga bisa menyediakan jasa jahit seragam, wedding organizer, fotografi atau dokumentasi, jasa catering, dan masih banyak lagi.

Selama jeli melihat kesempatan, apa pun bisa kamu jadikan kesempatan mendulang uang. Biar terhindar dari kegagalan, belajar dan ikutilah kiat sukses dari mereka yang telah lebih dulu terjun di usaha tersebut.

Selamat mencoba peluang bisnis yang satu ini!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →