Terkenal di Sosmed, Segini Penghasilan 4 Ustadz Kondang Indonesia dari YouTube!

ustadz indonesia

Tak bisa dipungkiri, kemunculan para ustadz Indonesia memang sangat menarik perhatian masyarakat luas. Gak heran kalau banyak nama ustadz yang semakin kondang di dunia maya.

Contohnya, Ustadz Abdul Somad yang diketahui memiliki 1,9 juta pengikut di akun Instagramnya, @ustadzabdulsomad_official.

Jadi, memang bisa dibilang perkembangan zaman yang sudah serbadigital seperti saat ini memberikan kemudahan untuk banyak orang. Salah satunya, dalam hal mendapatkan ilmu agama.

Kini kalau ingin mendengarkan ceramah, kamu hanya perlu berjelajah di Instagram maupun YouTube. Makanya, banyak sekali ustadz tidak hanya terkenal di Instagram, tapi juga di YouTube.

Gak main-main, para ustadz Indonesia itu juga memiliki jumlah subscribers yang gak kalah dengan selebriti. Tak pelak, itu turut membuat mereka mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Pengin tahu berapa penghasilan yang diraup para ustadz Indonesia dari YouTube? Berikut di antaranya seperti dilansir dari Socialblade.com:

1. Aa Gym

Ustadz Indonesia
Aa Gym (Instagram/@aagym)

Nama penceramah Aa Gym memang sudah terkenal cukup lama. Meski sempat menghebohkan publik dengan poligami yang dilakukannya, beberapa waktu silam, Aa Gym tetap menjadi penceramah favorit banyak orang.

Termasuk di Instagram, Aa Gym memiliki banyak pengikut yaitu mencapai 5 juta dan 211 subscribers di channel YouTube-nya, Aagym Official.

Sudah bergabung sejak tahun 2016, Aa Gym diperkirakan mendapatkan penghasilan dari YouTube sekitar US$ 283 atau setara Rp 4 juta hingga US$ 4.500 atau setara Rp 63,3 juta per bulan. Demikian seperti dilansir dari Social Blade.

Baca juga: Rumah Sederhana hingga Belanja di Pasar, Gini Potret Kehidupan Nyata Ustadz Abdul Somad

2. Adi Hidayat

Ustadz Indonesia
Adi Hidayat (Instagram/@adihidayatofficial)

Selain Abdul Somad, Ustadz Adi Hidayat juga menjadi salah satu dai kondang di Indonesia. Tausiah ustadz yang dijuluki ilmu Alquran ini juga banyak beredar di Instagram dan YouTube.

Selain memiliki 2,4 juta pengikut di Instagram, pria yang akrab disapa UAH itu juga sudah memiliki 369 ribu subscribers di channel YouTube-nya, Adi Hidayat Official.

172 video yang sudah diunggah di akun YouTube-nya. Sehingga, mengantarkan ustadz Adi Hidayat diprediksi oleh Social Blade menghasilkan uang sekitar US$ 361 atau setara dengan Rp 5,1 juta hingga US$ 5.800 atau setara dengan Rp 81,6 juta per bulan.

3. Hanan Attaki

Ustadz Indonesia
Hanan Attaki (Instagram/@hanan_attaki)

Nama Ustadz Hanan Attaki tentu sudah tak asing lagi di telinga banyak orang, terutama para anak muda. 

Gaya ceramahnya yang mudah dicerna dan kerap membahas mengenai kehidupan para anak muda membuat Hanan Attaki semakin digemari banyak orang.

Termasuk di Instagram, ustadz lulusan Al-Azhar, Kairo ini sudah memiliki 7,8 juta followers. Bukan cuma di Instagram, dia juga terkenal di YouTube lho dan bahkan sudah memiliki 823 subscribers.

Seperti yang dikutip dari Social Blade, ustadz yang kerap mengenakan topi ini mendapatkan penghasilan dari YouTube sekitar US$ 443 hingga US$ 7.100 yang jika dirupiahkan sekitar Rp 6,2 juta hingga Rp 99,9 juta per bulan.

4. Abdul Somad

Ustadz Indonesia
Abdul Somad (Instagram/@ustadzabdulsomad_official)(Instagram/@ustadzabdulsomad_official)

Pemilik nama lengkap Abdul Somad Batubara atau yang lebih dikenal dengan Ustadz Abdul Somad merupakan salah satu penceramah yang digemari banyak orang.

Cara berceramahnya yang sederhana dan kerap diselingi lawakan itu membuat namanya semakin terkenal. Ustadz Abdul Somad juga sangat populer di Instagram, dan YouTube.

Saking tenarnya, dia berhasil meraih penghargaan Gold Play Button karena mendapatkan 1 juta subscribers lewat channel YouTube Tafaquh Video.

Tapi, kini dai berusia 42 tahun ini memiliki channel YouTube sendiri yang bernama Ustadz Abdul Somad Official dan sudah memiliki 310 ribu subscribers.

Seperti yang dilansir dari Social Blade, Ustadz Abdul Somad mendapatkan penghasilan mulai dari US$ 586 atau sekitar Rp 8,2 juta sampai US$ 9.400 atau setara Rp 132,3 juta per bulan.

Itulah perkiraan penghasilan yang diperoleh para ustadz Indonesia yang kini sangat populer digemari banyak orang. (Editor: Chaerunnisa)