Mengalami 4 Hal Ini dalam Hidup? Awas, Itu Tanda Kamu Punya Tumpukan Utang

Utang menumpuk tentu saja menjadi salah satu hal yang sangat dihindari oleh banyak orang. Logikanya, siapa sih yang pengin punya banyak utang yang bikin hidup jadi gak tenang dan pusing sendiri.

Namun sayangnya banyak orang yang justru terjun ke jurang utang tanpa mereka sadari. Gaya hidup pun menjadi faktor penyebab utamanya.

Gimana gak terlilit utang kalau hobinya nongkrong di kafe kekinian yang untuk harga minumannya saja dibanderol di atas Rp 50 ribu. Belum lagi buat camilan dan makanan berat lainnya. Bisa-bisa sekali hangout mengeluarkan uang lebih dari Rp 300 juta.

Lah, kalau nongkrong-nya setiap akhir pekan. Berarti dalam sebulan, kamu harus keluar bujet sekitar Rp 300 ribu x 4 yakni Rp 1,2 juta. Jumlah segini mah udah bisa buat bayar cicilan motor setiap bulannya.

Gak berhenti sampai disitu, pengeluaran tersebut cuma buat hangout doang dan belum ditambah dengan pengeluaran tambahan lainnya, seperti buat belanja hingga liburan.

Kalau kondisinya seperti itu terus menerus sih wajar aja jika banyak orang yang nekat ngutang kartu kredit hanya untuk memenuhi kebutuhan gaya hidupnya.

Sayangnya, masih banyak aja orang yang gak sadar kalau hidupnya ternyata sudah tercekik utang. Seperti apa tanda-tandanya? Berikut empat di antaranya:

Uang langsung ludes setelah gajian

Utang menumpuk
Uang langsung ludes setelah gajian (Shutterstock).

“Duh, gaji gw cuma numpang lewat doang nih. Udah habis buat bayar cicilan A, B sampai Z. Baru gajian tapi udah tanggal tua lagi.”

Kamu pasti familiar dengan kalimat tersebut karena gak sedikit orang yang uang gajinya langsung habis untuk membayar cicilan alias utang.

Jadi, tanpa disadari kalau gaji terus tergerus untuk melunasi tagihan utang yang ada. Boro-boro punya sisa dana buat menabung dan investasi, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja udah keteteran.

Kalau kamu sudah mengalami kondisi seperti itu, harus segera mencari solusi agar terbebas dari kondisi tidak menyenangkan seperti itu. Kebayang gak, kalau kamu harus hidup seperti itu terus sampai tua? Duh, jangan sampai deh!

Baca juga: Habis Liburan Banyak Utang? Ini Lho Cara Jitu buat Menghindarinya

Hanya mampu bayar minimum tagihan

Utang menumpuk
Seorang wanita bingung karena utang (Shutterstock).

Tagihan kartu kredit datang, sayang uang yang kamu miliki hanya cukup untuk membayar minimum payment.

Banyak orang yang melakukan cara tersebut agar terbebas dari blacklist pihak bank. Namun, kalau kamu terus menerus hanya membayar tagihan minimum, justru hanya akan menyusahkan diri kamu sendiri lho.

Pasalnya dengan begitu durasi pelunasan utang kamu akan jadi semakin lama karena yang kamu bayar hanya sebagian kecil dari total tunggakan saja.

Tidak tahu total utang yang dimiliki

Utang menumpuk
Terjerat utang (Shutterstock).

Pernah gak sih kamu tidak mengetahui dengan pasti total utang kamu yang harus kamu bayar setiap bulan atau secara keseluruhan?

Nah, kondisi tersebut menjadi salah satu tanda kalau kamu memiliki tumpukan utang. Gimana gak, kamu aja tidak tahu jumlah utang kamu karena saking banyaknya utang yang kamu miliki.

Kalau seperti itu sih, banyak banget orang yang bingung harus membayar utang yang mana dahulu dan ujung-ujungnya bikin utang menumpuk dan semakin menggunung.

Jumlah tagihan lebih dari 40 persen dari penghasilan kamu

Utang menumpuk
Utang kartu kredit (Shutterstock).

Tanda yang sangat jelas kalau kamu memiliki utang menumpuk adalah jumlah tagihan yang sudah melebihi 40 persen dari total pendapatanmu.

Untuk mengetahuinya gampang banget kok, kamu dapat mengumpulkan semua slip tagihan yang sudah dibayarkan dan jumlah seluruhnya. Jika saat diakumulasi mendekati atau bahkan melebihi 40 persen dari gaji, maka sudah bisa dipastikan kalau kamu kelilit utang.

Itu dia beberapa tanda yang perlu kamu waspadai yang menandakan kalau kamu terlilit utang. Kalau sudah seperti itu, sebaiknya kamu segera mencari solusi agar cepat terbebas dari jeratan utang. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis