Cegah Virus Corona dengan Gaya Hidup Sehat, Hemat dan Simpel!

Virus corona bisa dicegah dengan melakukan hal-hal ini

Baru ini, Presiden Jokowi mengumumkan kasus virus corona pertama terdapat di Indonesia. Hal ini tentunya membuat kaget banyak pihak karena setelah kurang lebih 3 bulan wabah ini menyebar di Wuhan, China hingga ke belahan dunia.

“Ada orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia. Di cek di sana ternyata positif corona. Tim di Indonesia langsung menelusuri. Ternyata orang yang telah terkena virus corona ini berhubungan dengan dua orang, seorang ibu yang umurnya 64 tahun, dan putrinya 31 tahun,” terang Jokowi kepada media di Istana Negara, Jakarta Pusat, mengutip dari CNN Indonesia.

Imbas dari virus ini, harga masker dan hand sanitizer di pasaran melonjak hampir 10 kali lipat dari biasanya. Kedua alat medis tersebut gak serta merta menghindarkan kamu dari paparan virus corona.

Alangkah baiknya jika kamu menerapkan gaya hidup sehat agar sistem imun dalam tubuh kuat dan mampu menangkal wabah virus yang bermula datang dari Wuhan, China. Biaya yang dikeluarkan juga gak mahal kok, bahkan ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan secara gratis dan menambah gendut isi dompet kamu lho!

Buat kamu yang masih belum mementingkan kesehatan diri sendiri, bisa menyimak artikel berikut ini agar terhindar dari virus corona. 

Tangkal virus corona dengan katering makanan sehat

Berlangganan katering sehat salah satu cara mencegah virus corona

Bagi masyarakat perkotaan yang bekerja, menerapkan gaya hidup sehat emang terdengar sangat sulit lantaran keterbatasan waktu dan deadline kerja yang menghantui. Belum lagi, perkara kondisi lalin di ibu kota macet, makin-makin deh stres di menumpuk.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengganti menu makan siang dengan katering makanan sehat. Sekarang ini sudah banyak startup yang menyediakan menu makanan sehat dan langsung dikirim ke kantor. 

Soal harga makanan sehat juga gak beda jauh jika dibandingkan dengan kamu menggelontorkan makan siang di foodcourt atau restoran cepat saji. Buat yang penasaran berapa biayanya, bisa menyimak ilustrasi di bawah ini:

Rp 25.000 (harga catering) x 22 hari (jumlah waktu kerja) = Rp 550.000 (total biaya per bulan)

Itulah ilustrasi harganya dengan asumsi harga per porsi yang kamu pilih seharga Rp 25 ribu. Dengan catatan itu baru makan siang saja ya, untuk sarapan dan makanan malam berbeda lagi.

Berhenti merokok!

Berhenti merokok salah satu cara juga menjaga kesehatan

Meskipun gak secara langsung menangkal datangnya virus ini ke tubuh, namun berhenti merokok bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan risiko terkena penyakit kritis seperti jantung, kanker hingga stroke.

Bukan cuma dari sisi kesehatan, berhenti merokok juga bisa menambah tebal isi dompet kamu lho, gak percaya? Langsung lihat saja hitung-hitungan berikut ini:

Rp 20.000 (harga rokok per bungkus isi 16) x 30 hari = Rp 600.000 (biaya rokok per bulan)

Perhitungan di atas menggunakan asumsi setiap harinya kamu menghabiskan rokok sebanyak 16 batang, lumayan banget bukan? Kamu bisa menggunakan uang sebesar Rp 600 ribu tersebut untuk membiayai katering makanan sehat. 

Olahraga rutin minimal 2 kali seminggu

Olahraga salah satu cara juga menjaga kesehatan kamu agar terhindar dari virus corona

Langkah gaya hidup sehat selanjutnya bisa kamu lakukan adalah dengan berolahraga. Agar manfaatnya terasa bagi tubuh, minimal kamu harus melakukan olahraga sebanyak 2 kali dengan durasi sekitar 1 jam hingga 2 jam.

Ada berbagai macam pilihan olahraga bisa dilakukan demi meningkatkan stamina tubuh mulai dari futsal, badminton hingga yang gratis sekalipun seperti lari. Kamu cuma perlu modal sepatu lari, celana dan kaos untuk melakukan olahraga ini.

Untuk sepatu lari atau running shoe sendiri , harganya saat ini sudah sangat terjangkau mulai dari Rp 300 ribuan per pasang hingga Rp 1 juta. 

Makan makanan bergizi dan multivitamin

Menyantab makanan bergizi dan vitamin sangat diperlukan bagi tubuh

Selain mengonsumsi menu makanan katering sehat, kamu juga harus menjaga pola asupan yang bergizi. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh, coba penuhi pola konsumsi gizi seimbang di mana kebutuhan karbohidrat, protein, serat dan vitamin terpenuhi setiap harinya.

Kalau kamu kesulitan melakukannya, bisa diganti dengan mengonsumsi multivitamin. Harganya juga gak begitu mahal, cukup mengeluarkan bujet Rp 30 ribuan per bulan untuk membeli tablet vitamin c 500 mg.

Pergi ke kantor dengan sepeda

Berangkat kerja dengan menggunakan sepeda

Buat kamu yang kesulitan melakukan olahraga secara rutin setiap minggunya, bisa diakali dengan pergi kerja menggunakan sepeda. Gak cuma menyehatkan bagi tubuh, tips ini juga akan mengurangi biaya transportasi setiap bulannya.

Hanya saja modal yang perlu kamu rogoh membeli sepeda lipat lumayan menguras kantong, tapi bermanfaat dalam jangan waktu panjang. Harganya bervariasi mulai dari Rp 1 jutaan hingga belasan juta tergantung merek yang kamu pilih.

Tips pengelolaan uang pribadi 50/30/20

Melakukan pengaturan keuangan dengan metode ini

Hal yang sudah dijelaskan di atas gak sulit dan mahal kok, kalau masih merasa ragu bisa mencoba menerapkan pengelolaan keuangan 50 persen kebutuhan, 30 persen hiburan dan 20 persen investasi serta tabungan dari total penghasilan bulanan.

Jadi kamu gak perlu bingung dan takut lagi alokasi dana bulanan hilang entah ke mana karena penggunaan yang kurang tepat.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan guna menerapkan gaya hidup sehat dan terhindar dari virus corona. Kalau kamu masih sering parno akibat wabah ini, gak ada salahnya juga menggunakan masker meskipun harganya mahal. 

Atau mungkin menggunakan asuransi kesehatan agar pengeluaran berobat bisa diminimalisir. Tetap semangat dan jaga kesehatan, ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →