Volvo VS Fortuner: Perbandingan Spesifikasi dan Keunggulan

volvo vs fortuner

Mobil Volvo VS Fortuner sempat menjadi perbincangan hangat pada akhir tahun 2020 lalu. Pasalnya, saat itu mobil Fortuner yang memiliki bodi gagah dan kokoh, seketika remuk bertabrakan dengan Volvo 960.

Menurut saksi mata yang melihat, mobil Fortuner terlihat sangat rusak di bagian depannya serta mengalami kerusakan kecil di bagian bumper, namun kabar baiknya kondisi bodi terlihat masih utuh.

Mendengar kejadian ini, masyarakat banyak yang menyimpulkan bahwa mobil Volvo lansiran tahun 80-an ini, memiliki kekuatan bodi yang kuat dibandingkan dengan keluaran mobil zaman sekarang.

Dapatkan perlindungan finansial dari asuransi mobil supaya kamu terjamin dari mahalnya biaya servis dan perbaikan di bengkel. Berkat asuransi mobil, tabungan dan investasimu tetap aman.

Namun bagaimana dengan spesifikasi dan kondisi mobil Volvo XC90 tahun 2021? Dalam rangka menelisik bagaimana spesifikasi, perbedaan dan kekuatan dari kedua mobil ini, berikut adalah pembahasannya yang perlu kamu ketahui.

Spesifikasi Volvo VS Fortuner

Jika mendengar kejadian yang dijelaskan diatas, pasti banyak orang yang penasaran mengapa hal tersebut bisa terjadi, dimana seharusnya mobil Fortuner lebih kuat dibandingkan dengan mobil jaman dahulu.

Hal ini pun berkaitan dengan spesifikasi mobil Volvo XC90 yang kini dipertanyakan spesifikasinya, mulai dari mesin, performa, dimensi atau ukuran mobil Fortuner vs Volvo dan suspensinya. 

Mesin dan Performa Volvo VS Fortuner

KeteranganVolvoFortuner
Kapasitas mesin2.521 cc2.694 cc
Tenaga280 hp/5.200 rpm163 PS/3.400 RPM (Bensin)

149.6 PS/3400 RPM (Diesel) Silinder64 Silinder Segaris TransmisiOtomatisManual dan automatic Jenis bahan bakarBensinBensin (Varian TRD dan SRZ) & Solar (varian VRZ dan G) Kapasitas tangki71 liter80 liter Kecepatan maksimum215-230 km/jam0-100 km/jam Gearbox4 speed automatic Torsi maksimal380 Nm/1.800-5.000 rpm24.7 NM/4,000 RPM

Dimensi

KeteranganVolvoFortuner
Panjang4.950 mm4.795 mm
Lebar2.141 mm1.855 mm
Tinggi1.775 mm1.835 mm
Ground clearance218 mm225 mm
Wheelbase2.8842.745

 Setir, Suspensi dan Ban

KeteranganVolvoFortuner
Suspensi depanFront suspension with spring strutsDouble Wishbone dengan Coil Spring dan Stabilizer
Suspensi belakangMulti-Link rear suspension/coil spring4-Link dengan Lateral Rod
Velg Alloy Wheels AtlantisR18 (TRD, SRZ) dan R17 (VRZ, G)
Ban235/60 R18265/60 (TRD, SRZ) & 265/65 (VRZ, G)
Rem depanDisc brakes with EBA dan EBDCakram
Rem belakangDisc brakes with EBA dan EBDCakram
ABS YaYa

 Keamanan dan Keselamatan

KeteranganVolvoFortuner
ABSYaYa
Brake assistYaYa
Airbag sopirYaYa
Airbag penumpangYaYa
Airbag sampingYa
Kontrol traksiYa
Kamera parkirYa
Camera 360Ya

Perbandingan eksterior mobil Volvo dan Fortuner

Eksterior mobil atau bagian luar mobil adalah bagian yang paling cukup diperhatikan mulai dari bentuk, ukuran, serta komponen-komponennya seperti lampu depan, lampu belakang, spion, parking sensor, roda, ban dan lain-lain. Berikut ini penjelasan detail mengenai mobil Volvo dan Fortuner.

KeteranganVolvoFortuner
Lampu depanLED dan Daytime Running HorizontalProyektor
Lampu belakangLEDLED
Lampu kabutYaYa
SpionElectric MirrorKaca spion elektrik
Side SkirtTIdakYa
Roof railYa
Bagasi otomatisYa

Perbandingan interior mobil Volvo XC90 dan Fortuner

Interior mobil atau bagian dalam mobil adalah komponen dan fitur yang tersedia di dalamnya. Berikut ini perbedaan interior Volvo VS Fortuner.

Volvo XC90

Volvo XC90 merupakan mobil berjenis SUV yang memiliki interior nyaman, terutama pada bagian kabin dan bantingan suspensinya yang nyaman.

Mobil Volvo XC90 keluaran 2021 ini memiliki fitur menarik, seperti audio sistem yang dapat terhubung dengan Android auto dan Apple CarPlay. Dan kabar baiknya kamu bisa mengontrol layanan musik dari bangku kemudi.

Mobil berjenis sedan ini hanya muat untuk 7 penumpang, disertai dengan bahan kursi kulit yang nyaman.

Terdapat audio 2DIN speaker pada bagian depan dan belakang, juga tersedia power steering dan tombol pengaturan di stir kemudi.

Toyota Fortuner

Toyota Fortuner merupakan jenis kendaraan SUV yang memiliki interior mewah dan megah. Terdapat 3 bagian tempat duduk, yakni bagian depan, tengah dan belakang sehingga dapat memuat 7 penumpang.

Memiliki fitur keselamatan airbag yang terdapat pada bagian depan dan samping sehingga membantu mencegah penumpang saat terjadi kecelakaan. Bahan kursinya dibaluti kulit yang mewah dan nyaman disertai audio 2DIN speaker depan dan belakang.

Toyota Fortuner memiliki power steering yang dapat meringankan sistem kemudi sehingga dapat dikendalikan maupun disesuaikan.

Selain itu, mobil Fortuner memiliki tombol pengaturan pada stir yang sangat memudahkan pengemudi.

Keamanan antara Volvo dan Fortuner 

Kekuatan mobil saat bertabrakan dapat diketahui dari spesifikasi fitur dan kekuatan mesinnya. Berikut penjelasannya.

Keamanan Mobil Volvo

Mobil Volvo XC90 merupakan jenis mobil yang sangat mahal, harganya mencapai Rp. 1 Milyar lebih, maka tak heran mengapa mobil ini termasuk dalam mobil kelas atas dan termasuk mobil mewah termahal di dunia.

Dinilai sebagai mobil dengan struktur bodi terbaik, Volvo XC90 berhasil mendapatkan gelar mobil paling aman di dunia.

Sedari dulu Volvo selalu mengutamakan keselamatan, hingga kemajuan teknologi selalu membawanya berinovasi.

Volvo XC90 dibuat dengan paket standar keselamatan yang sangat canggih di dunia yaitu fungsi auto-brake. Komponen ini dapat mengaktifkan rem mobil secara otomatis ketika berada di persimpangan.

Selain itu, Volvo juga mengembangkan teknologi untuk mengurangi cedera akibat kecelakaan, ketika mobil melaju maka nantinya akan ada yang menyerap energi antara rangka bodi dan jok.

Dengan dikembangkannya teknologi keamanan ini, diharapkan konsumen dapat terhindar dari kecelakaan parah yang menyebabkan kematian.

Keamanan Mobil Fortuner

Mobil Fortuner dibekali dengan sistem keamanan pasif Global Outstanding Assessment (GOA).

Menurut Technical Support Division dari PT. Toyota Astra Motor, sistem keamanan tersebut bertujuan untuk menjaga penumpang agar tetap aman pada area kabinnya.

Menurutnya, GOA merupakan sebuah teknologi, yang didesain khusus ketika ada benturan yang diserap dengan merata oleh bodi mobil sehingga akan mengurangi terjadinya perubahan bentuk kabin jika terjadi kecelakaan.

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa mobil Toyota bukanlah jenis mobil yang lebih ringkih dari mobil Volvo. Pasalnya, sekarang ini semua mobil penumpang didesain dengan menyerap benturan agar lebih baik, bukan meneruskan benturan.

Jadi, kalau kamu berpikir mobil zaman sekarang lebih mudah penyok atau hancur, itu memang benar adanya. 

Namun ternyata itu bagian dari sistem keselamatan mobil, terutama pada bagian depan dan belakang yang didesain untuk menghindari resiko crumple zone (zona benturan).

Demikian pembahasan tentang spesifikasi, perbedaan dan kekuatan mobil Volvo VS Fortuner ini.  Satu hal yang perlu diketahui, walaupun kedua mobil tersebut memiliki fitur keselamatan masing-masing, namun kamu harus tetap waspada dan berhati-hati di mana saja kamu berada.

Tips dari Lifepal! Bagi peminat mobil Volvo dan Fortuner, keduanya menawarkan keunggulan yang unik. Namun tentu sisi pengeluaran, misalnya harga dan pajak mobil, harus menjadi pertimbangan utama juga.

Pajak mobil Volvo dan pajak mobil Fortuner tentu berbeda. Cari tahu selengkapnya agar mempermudah dirimu saat menyusun anggaran pengeluaran nantinya.

Memiliki asuransi mobil bisa membantumu terhindar dari kerugian finansial saat terjadi kecelakaan atau musibah yang tidak terduga dan menjamin risiko-risiko seperti biaya perawatan dan perbaikan akibat kerusakan kecil maupun total. 

Dengan jaminan finansial dari asuransi mobil, dana tabungan dan investasi pun jadi aman.

Kamu juga bisa mengandalkan bengkel mobil rekanan dari asuransi mobil pilihanmu yang tersebar luas di berbagai wilayah di Indonesia dan memiliki reputasi baik.

Manfaatkan asuransi mobil sebagai perlindungan terbaik

Asuransi adalah salah satu solusi untuk mengontrol risiko pengeluaran berlebih, baik dari segi pengeluaran kesehatan, perjalanan, bisnis, karyawan, aset, rumah atau properti, maupun kendaraan hingga pendidikan, kredit, dan pertanian. 

Jangan sampai lupa mempersiapkan proteksi diri dan finansial dengan asuransi supaya kantong gak jebol karena kejadian tidak terduga!

Sebelum membeli produk asuransi online, sebaiknya pelajari dulu fungsi dan pengertian asuransi, istilah-istilah dalam polis serta kenali berbagai jenis asuransi di Indonesia supaya kamu bisa mendapatkan manfaat optimal dari asuransi piilihanmu nantinya.

Temukan referensi berbagai perusahaan dan produk asuransi, bandingkan polis, hemat, klaim serta konsultasi secara gratis hanya di Lifepal!

Ikuti kuis asuransi mobil Lifepal berikut jika kamu masih belum juga menemukan produk asuransi yang yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Pertanyaan seputar volvo vs fortuner

 
Sekarang ini semua mobil penumpang didesain dengan menyerap benturan agar lebih baik, bukan meneruskan benturan.

Ini adalah bagian dari sistem keselamatan mobil, terutama pada bagian depan dan belakang yang didesain untuk menghindari resiko crumple zone (zona benturan).

Jadi, apapun fitur keselamatan yang dimiliki volvo vs fortuner, pengendara tetap harus bijaksana, waspada dan berhati-hati dalam berkendara.

Anda dapat membawa pulang Toyota Fortuner dengan membayar uang muka (DP) minimum sebesar Rp 28,68 Juta. Selanjutnya, Anda dapat melakukan pembayaran cicilan sebesar Rp 43,56 Juta per bulan selama 12 bulan.