Wahai Para Suami, Bedakan Ya Antara Uang Nafkah dan Uang Belanja

uang nafkah dan uang belanja

Nonton reality show di tipi swasta kadang suka berasa makjleb. Kali ini episode tentang duit, duit, dan duit yang jadi sumber geger pasangan suami istri. Kesannya umbar aib gitu yak masalah rumah tangga ampe terekpos di tipi.

Cuma kali ini ada pelajaran yang bisa dipetik sih. Makjlebnya itu setelah pantengin jalan ceritanya. Seperti ngasih sindiran ke diri sendiri, gitu lho. Utamanya soal ‘penggunaan jatah bulanan istri dari suami.’

Jadi gini jalan ceritanya. Si Rosyid tiba-tiba aja terlalu perhitungan sama keuangan rumah tangga. Dia minta istrinya, Romlah, bikin catatan pengeluaran. Apapun itu yang pake duit, wajib dicatat. Mau beli mi instant kek, terasi kek, cabe kek, pokoknya dicatat rinci!

Bukan tanpa sebab si Rosyid bikin instruksi beginian. Dia merasa istrinya enggak becus mengelola keuangan. Bahkan sampai curiga duit yang disetorkan tiap bulan itu diselewengkan buat hal yang enggak-enggak.

Setelah sempat perang dingin, akhirnya terungkap juga kalau sebagian duit bulanan itu diberikan ke mama Romlah tanpa sepengetahuan Rosyid. Romlah ngaku sengaja kirim duit itu buat genepin mamanya bayar utang.

Ujung-ujungnya happy ending sih. Rosyid akhirnya ikhlaskan duit itu setelah Romlah nangis sesegukan di samping mamanya. Biar nangisnya stop, Rosyid bilang ke Romlah,” duit ku kan duit mu juga dan duit mu ya tetap duit mu.”

uang nafkah dan uang belanja

Ada uang abang disayang, tak ada uang abang dicincang hahaha, sadis bingits sih bu! (Suami Istri / deseretdigital) 

Jalan ceritanya klise banget sih. Toh, cuma urusan penggunaan jatah bulanan yang di mata suami dianggap tak digunakan ‘semestinya’. Nah itu jadi masalah karena nggapan suami duit bulanan itu dialokasikan buat bayar tagihan bulanan, biaya sekolah anak, arisan, dll.

Ini pangkalnya. Apakah Rosyid salah? Ya susah jawabnya. Lagian enggak salah sih punya anggapan itu. Di saat bersamaan, Romlah juga enggak salah. Dia enggak tahu persis apakah jatah bulanan yang diterimanya itu duit nafkah atau duit belanja?

Yang pasti definisi uang nafkah dan uang belanja beda. Kalau duit belanja jelas, alokasinya untuk memberesi semua kebutuhan sehari-hari keluarga selama sebulan. Nah, duit nafkah itu adalah duit yang diperuntukan khusus untuk kebutuhan istri selama sebulan. Pendek kata, semacam uang jajan istri.

Dari pengertian itu sudah sangat jelas kalau uang nafkah itu jadi kewajiban suami untuk membahagiakan istri. Ini duit di mana istri punya kewenangan mutlak mau diapakan duit itu.

Suka-suka istrilah. Mau digunakan percantik diri ke salon, tambah koleksi blus di lemari, beli parfum baru. Atau malah istri yang baik hati bisa saja duit itu dipakai buat bikin bistik enak, beliin kemeja baru buat suami atau anak-anak. Pokoknya bebas deh terserah keinginan si istri.

 

“Uang istri itu uang istri.” Ini yang mesti disadari dulu ketika hidup dalam rumah tangga. Yang namanya uang suami, otomatis uang istri juga. Soalnya, suami itu berkewajiban menafkahi istri. Sebaliknya, istri enggak ada kewajiban nafkahin suami.

Intinya, beban cari nafkah itu ada di pundak sampeyan, sebagai lelaki.  Soal kerelaan istri ikutan kerja dan dapat penghasilan sehingga turut bantu keuangan keluarga, itu lain lagi. Meski istri punya gaji sendiri, tetap enggak menggugurkan kewajiban suami memberi uang nafkah.

Ingat kan petuah orang bijak yang bilang sebaik-baiknya lelaki adalah yang paling baik pada keluarganya. Konkretnya, ya ada baiknya memberikan uang jajan tersendiri ke istri di luar uang belanja bulanan.

Tak perlu banyak, semampunya saja. Selama haknya terpenuhi, kemungkinan besar istri juga bakal ngerti dengan sendirinya. Enggak bakal nuntut macam-macam di luar kemampuan suaminya.

Kalau nanti suami enggak mampu beri uang nafkah dulu, pasti istri bakal paham banget karena biasanya hak uang jajan selalu dipenuhi.

uang nafkah dan uang belanja

Suami istri harmonis tuh dimulai dari saling terbuka, jangan cuma terbuka sama media sosial ya bro! (Siluet Pasangan / blogspot) 

 

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Poin Penting Urus Keuangan Keluarga bagi yang LDR]

[Baca: Siasat Tambah Tabungan dengan 7 Tips Hemat Belanja Bulanan]

[Baca: 6 Trik Belanja Bulanan yang Jauh dari Boros]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →