Wajib Tahu, 5 Perusahaan BUMN Ini Beri Gaji Besar Sampai Ratusan Juta!

lowongan kerja bumn

Selain CPNS, lowongan kerja BUMN (Badan Usaha Milik Negara) juga selalu jadi incaran banyak pencari kerja. Pasalnya, sudah bukan rahasia lagi kalau perusahaan BUMN menawarkan gaji yang cukup menjanjikan.

Selain alasan gaji BUMN yang besar, badan usaha yang modalnya dimiliki negara ini juga terkenal memberikan beragam benefit menggiurkan untuk para karyawannya. Bahkan, ada lho perusahaan BUMN yang menawarkan pendidikan gratis buat kesejahteraan karyawannya. 

Dan yang paling penting, jenjang karier di perusahaan BUMN juga jelas. Jadi, peluang kamu buat menapaki karier yang lebih baik pun terbuka lebar.

Setiap tahun, ada saja kebutuhan tenaga kerja dari perusahaan BUMN. Oleh sebab itu, kalau kamu berminat memulai karier di perusahaan negara ini, rajin-rajin deh pantau informasinya. Sebab, yang berminat untuk bekerja di perusahaan BUMN ini bisa mencapai puluhan ribu orang! Bisa dipastikan, persaingannya untuk masuk ke perusahaam BUMN akan sangat ketat.

Alur pendaftaran rekrut bersama BUMN

Buat kamu para jobseeker, baik fresh graduate atau karyawan yang ingin pindah bekerja di perusahaan BUMN, simak cara berikut ini untuk mendaftar rekrutmen perusahaan BUMN. Bagi yang tengah mengincar lowongan kerja BUMN, penting perhatikan ini. Penerimaan kerja perusahaan BUMN dibagi menjadi tiga jalur, yaitu:

  • Reguler untuk lulusan SLTA/SMK, Vokasi, Diploma, S1 dan S2
  • Talenta disabilitas
  • Putra dan putri Kawasan Timur Indonesia (Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur/NTT, dan Nusa Tenggara Barat/NTB).

Selanjutnya, untuk mendaftar dan mengikuti proses rekrutmen perusahaan BUMN, kamu harus mengikuti cara berikut ini.

  1. Buka website https://rekrutbersama.fhcibumn.com
  2. Klik “Buat Akun.” Lalu masukkan nomor KTP, alamat email, ketik ulang email, sandi atau password, dan ketik lagi sandi kamu
  3. Setelah selesai, klik “Buat Akun”
  4. Isi dan lengkapi data pribadi kamu
  5. Pilih program rekrut yang ingin kamu ikuti, apakah Regular, Disabilitas, atau KTI
  6. Setelah memilih program, kemudian isi surat keterangan sehat atau surat keterangan disabilitas
  7. Jika kamu sudah mengisi seluruh biodata dan men-submitnya, maka sistem akan melakukan seleksi administrasi. 

Selesai dari tahapan pendaftaran, langkah berikutnya adalah proses Rekrutmen dengan tahap-tahap seperti berikut ini:

Seleksi Awal

  • Seleksi Administrasi
  • Tes Nilai-nilai BUMN

Seleksi Kemampuan Dasar

  • Pilih tiga posisi/BUMN sesuai minat dan bakatmu
  • Tes Online (Numerical Verbal dan Spatial)
  • Setiap BUMN memiliki kuota pendaftaran. Jadi, jangan lupa untuk segera mendaftar, ya!

Seleksi BUMN

Seleksi di masing-masing perusahaan BUMN (tahapan tes bisa berbeda-beda sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan seperti tes kemampuan sesuai posisi pilihan dan wawancara manajemen).

Tunggu Pengumuman

Pengumuman hasil tes yang dilakukan di setiap tahapan akan diumumkan melalui website https://rekrutbersama.fhcibumn.com dan dikirim ke email kamu yang telah didaftarkan.

Kalau kamu menemukan kendala selama mengikuti program Rekrut Bersama BUMN, bisa langsung tanyakan ke helpdesk channel yang disediakan. Bisa melalui @fhcibumn di Twitter dan @forumhumancapitalindonesia di Instagram, atau sampaikan pertanyaanmu via email ke [email protected]

BUMN yang banyak diincar pencari kerja

Perusahaan BUMN yang terdapat di Indonesia ada banyak sekali. Bahkan tak sedikit pula perusahaan yang tidak kamu sangka-sangka ternyata adalah anak perusahaan BUMN. Dari sekian banyak perusahaan tersebut, ada top 5 perusahaan BUMN yang paling banyak diincar para jobseeker nih!

Kabarnya, perusahaan-perusahaan tersebut berani memberi gaji besar untuk para karyawannya. Apa saja perusahaan itu dan berapa besar gajinya? Yuk, simak!

1. KAI

Lowongan kerja di PT Kereta Api Indonesia (KAI) adalah salah satu yang paling dinanti-nanti para jobseeker. Pasalnya, PT KAI berani memberi gaji hingga Rp13 juta per bulan! Terutama buat kamu yang melamar sebagai masinis.

Ditambah lagi, PT KAI memberikan fasilitas untuk kami yang ingin melanjutkan pendidikan selama enam bulan hingga satu tahun. Enak banget ya!

Dikutip dari job-like, rata-rata gaji staf PT KAI berada di kisaran Rp3,5 – Rp6 juta. Ini belum termasuk dengan tambahan benefit lainnya lho! Seperti misalnya tunjangan anak istri, tunjangan rumah, tunjangan transportasi, tunjangan kinerja, dan tunjangan lainnya.

Sementara itu, untuk posisi Executive Vice President yang memegang posisi tertinggi, yaitu sebesar Rp42,5 juta. Disusul posisi manajemen sebesar Rp17,9 juta, Senior Manager sebesar Rp28,4 juta, dan General Manager sebesar Rp28,5 juta.

Lagi-lagi, nominal gaji ini belum termasuk tunjangan THR dan ulang tahun sebesar satu kali gaji. Juga tunjangan lain, seperti tunjangan rumah, transportasi, dan rekreasi.

Tertarik berkarier di PT KAI? Pengumuman soal penerimaan pegawai baru PT KAI bisa kamu cari tahu di recruitment.kai.id.

2. Bank Mandiri

Perusahaan BUMN selanjutnya yang paling banyak diincar oleh jobseeker adalah Bank Mandiri. Lowongan Bank Mandiri sangat ditunggu-tunggu karena katanya, Bank BUMN satu ini memiliki standar gaji yang tinggi.

Bagi kamu yang masih fresh graduate, peluang mengikuti program Management Trainee Bank Mandiri tak boleh dilewatkan. Karyawan baru dari jalur Management Trainee umumnya akan langsung mendapat gaji sebesar Rp 5,3 juta. Itu baru gaji level fresh graduate saja!

Buat mereka yang menduduki posisi direksi, besaran gajinya tak main-main. Bahkan bisa sampai 3 digit, atau tepatnya mencapai sekitar Rp271 juta per bulan. Wow, besar banget ya!

Sementara itu, porsi gaji karyawan level menengah juga nggak kalah besar. Karyawan yang menjabat sebagai ODP-Assistant Manager mendapatkan gaji sebesae Rp6,5 juta, Senior Software Developer Rp8 juta, Auditor Rp9,2 juta, Senior Relationship Manager Rp12,4 juta, Kepala Cabang Rp14 juta, Branch Manager SME Rp17,6 juta, dan Area Manager Rp29 juta.

Nah kalau soal tunjangan, kamu nggak perlu khawatir. Bank Mandiri menyediakan berbagai tunjangan untuk karyawannya mulai dari asuransi, bonus tahunan, hingga bonus uang cuti tiap tahun. Berminat kerja di Bank Mandiri? Langsung saja apply di mandiricareer.net.

3. BTN

Bicara soal perusahaan BUMN yang berani memberi gaji besar, kita nggak bisa melewatkan Bank BUMN yang satu ini. 

Seperti yang diberitakan Detik, untuk karyawan new entries dari program Officer Development Program (ODP), Bank BTN  bahkan berani memberikan nominal gaji yang lebih besar daripada Bank Mandiri. Yaitu sebesar Rp6 – Rp8 juta. 

Kalau kamu fresh graduate dan berhasil lolos rekrutmen program ODP, nominal gaji tersebut pasti sangat lebih dari cukup! Tentunya dengan catatan, kamu harus bersedia untuk ditempatkan di semua cabang Bank BTN di seluruh Indonesia nantinya.

Untuk gaji paling tinggi Bank BTN sudah jelas diterima jajaran direksi. Angkanya mencapai Rp187 juta per bulan. Sementara itu, untuk mereka yang menduduki posisi sekelas manager, akan menerima gaji sekitar Rp10 jutaan hingga Rp28 jutaan.

Di luar gaji pokok, karyawan Bank BTN juga mendapatkan berbagai tunjangan kesejahteraan. Sebut saja tunjangan insentif kinerja, tunjangan istri, tunjangan anak, tunjangan perumahan, tunjangan kematian, tunjangan daerah, dan lain-lain.

Untuk kamu yang ingin tahu terkait lowongan kerja Bank BTN, kamu bisa melihatnya di recruitment.btn.co.id.

4. Pertamina

Sudah jadi rahasia umum kalau perusahaan BUMN yang satu ini memberikan gaji besar ke karyawannya. Pasalnya, untuk level staf saja, Pertamina memberikan gaji sekitar Rp4-Rp7 jutaan per bulan.

Gaji tertinggi di perusahaan ini yaitu sebesar Rp75 juta diberikan untuk posisi General Manager. Lalu ada pula posisi Drilling Supervisor dengan gaji sebesar Rp55 juta, Director Rp47,5 juta, dan Procurement Manager Rp42,5 juta.

Benefit yang diberikan Pertamina untuk karyawannya juga nggak kalah menarik. Mulai dari pesangon bagi yang pensiun, dana pensiun, kendaraan dinas, rumah dinas, tunjangan kesehatan, tunjangan makan, hingga bonus.

Kabar baiknya, tak hanya fresh graduate yang bisa melamar di Pertamina. Kamu yang sudah profesional dan berpengalaman pun tetap punya kesempatan untuk melamar di jabatan yang strategis.

Pertamina juga menjadi salah satu perusahaan BUMN yang paling banyak diincar job seeker. Saking banyaknya, sampai-sampai ada oknum yang tak bertanggung jawab mencantumkan lowongan dan panggilan kerja palsu mengatasnamakan Pertamina.

Jangan sampai tertipu ya! Lowongan kerja Pertamina yang benar bisa kamu cari tahu di recruitment.pertamina.com.

5. BRI

Lagi-lagi, Bank BUMN menduduki posisi sebagai perusahaan BUMN yang memberikan gaji besar dan lowongannya selalu ditunggu-tunggu banyak orang.

Hal yang menarik dari pemberian gaji untuk karyawan Bank BRI yaitu, semakin tinggi karier kamu, makin besar pula gaji yang kamu terima.

Untuk level staf, BRI memberikan gaji mulai dari Rp4-Rp6 jutaan Kemudian untuk posisi Senior Manager gajinya Rp32,5 juta, Senior Auditor Rp25,5 juta, Assistant Vice President Rp25 juta, Branch Manager Rp22,8 juta, dan Service Quality Assurance Rp19,5 juta.

Gaji terbesar di Bank BRI dipegang oleh jajaran direksi yang tiap bulannya bisa menerima gaji sampai Rp220 jutaan.

Kalau kamu betul-betul tertarik untuk mendaftar di Bank BRI, jangan sampai kamu melewatkan lowongan Bank BRI terbaru. BRI biasanya menginformasikan penerimaan tenaga kerja baru di e-recruitment.bri.co.id. Di situ semua lowongan dari BRI akan diinformasikan.

Itu dia lima perusahaan BUMN yang populer karena berani memberikan gaji besar untuk karyawannya. Walaupun, tetap tak bisa dipungkiri kalau rata-rata jobseeker mendaftar kerja tidak hanya karena tergiur soal gaji, tetapi lebih pada keinginannya untuk mencari pengalaman.

Sebab, salah satu keuntungan bekerja di perusahaan BUMN adalah, pengalaman di sana bisa jadi modal untuk menapaki karier selanjutnya yang lebih tinggi lagi.

Entah lompatan karier di dalam perusahaan ataupun lompatan karier saat bekerja di perusahaan lain.

Tips mempersiapkan diri lolos ke perusahaan BUMN gaji tertinggi

Agar bisa menang bersaing mengalahkan ribuan pelamar memang gak mudah. Namun, bukan berarti kemungkinannya nihil. Kamu bisa mencoba mengikuti tips berikut agar berhasil lolos diterima kerja di perusahaan BUMN:

Pastikan dokumen lengkap

Di semua perusahaan, tahapan awal proses rekrutmen adalah cek kelengkapan administrasi. Beda dengan kantor swasta, perusahaan BUMN umumnya memiliki persyaratan dokumen yang lebih banyak. 

Sebelum mendaftar, pastikan semua dokumen kamu lengkap mulai dari KTP, ijazah, dan lain-lain sudah kamu siapkan.

Pelajari materi tes

Agar berhasil lolos rekrutmen bersama BUMN, kamu wajib mempersiapkan diri dengan mempelajari materi tes. Pasalnya tes di sini bukan hanya tentang pengetahuan mengenai posisi yang kamu lamar saja.

Banyak pelamar yang gagal di tahap ini karena menganggap remeh tes-tes berikut ini. Padahal hasil dari tes ini sangat menentukan lho. Yuk, ketahui seperti apa sih jenis tesnya?

GAT atau General Aptitude Test

Tes ini dirancang untuk menguji kemampuan dan bakat, sekaligus juga untuk mengukur IQ kamu. Pastikan kamu fokus saat melaksanakan tes ini ya!

Tes akademik

Tujuannya jelas, untuk menguji kompetensi akademik kamu terhadap bidang studi yang dikuasainya. Tes ini juga digunakan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuanmu terkait job desc pekerjaan yang dilamar.

Psikotes 

Saat ini di toko-toko buku ada banyak buku yang berisi tentang kiat sukses menjalani psikotes. Kamu juga mungkin bisa mempertimbangkan untuk membeli buku tersebut sebagai bahan masukan dan latihan kamu sebelum menjalani tes ini.

Tes bahasa Inggris

Salah satu tujuan tes bahasa inggris adalah untuk mengetahui seberapa lancar bahasa Inggris yang kamu kuasai. Ini dilakukan menggunakan standar dari TOEFL. Oleh sebab itu, kamu juga harus mempersiapkan diri dengan bak ya!

Percaya diri saat wawancara

Nah, untuk kamu yang berhasil lolos sampai ke tahap wawancara, jangan lengah ya! Karena, untuk tes wawancara di BUMN biasanya harus melewati 2 hingga 3 tahapan.

Selain itu yang harus kamu lakukan adalah meyakinkan pewawancara kalau kamu memang layak diterima. Jenis tes wawancara di setiap BUMN juga berbeda-beda. 

Ada yang mewajibkan presentasi individu dan dilanjutkan dengan presentasi ke dewan direksi. Ada pula yang melakukan wawancara melalui FGD (Forum Group Discussion)

Persiapkan diri kamu sebaik-baiknya ya! Caranya dengan memperdalam lagi pengetahuan tentang pekerjaan di posisi yang kamu lamar dan siapkan mental.

Beberapa sesi wawancara bisa saja dilakukan dalam bahasa Inggris, jadi jangan lupa juga untuk tetap mengasah kemampuan bicara bahasa Inggris kamu dan banyak berlatih agar semakin fasih.

Jaga kesehatan

Hal yang kerap dianggap sederhana ini nyatanya  gampang-gampang susah untuk dilakukan. Banyak orang menyepelekan masalah kesehatan ini karena merasa dirinya sehat-sehat saja. 

Padahal, hampir semua perusahaan BUMN akan menerapkan tes kesehatan dalam akhir sesi seleksi karyawannya. Pastikan kondisi fisik kamu prima saat menjalani medical check-up. 

Ini akan jadi penentu akhir apakah kamu memang layak diterima atau tidak. Pasalnya, hasil dari MCU ini akan menunjukkan kondisi kesehatanmu untuk menentukan apakah kamu bisa ditempatkan di kantor cabang daerah atau tidak.

Nah, itu tadi 5 perusahaan BUMN yang memberikan gaji besar bahkan sampai ratusan juta rupiah per bulannya. Semoga rasa penasaranmu tentang gaji karyawan BUMN terjawab ya! Bagi yang tengah mengincar lowongan kerja BUMN sudah saat nih mempersiapkan diri. 

Selain pekerjaan diatas, sebenarnya ada juga pekerjaan sampingan lain yang bisa kamu coba lihat, yaitu menjadi Agen Asuransi. Jadi agen asuransi merupakan salah satu pekerjaan sampingan yang bisa menghasilkan banyak cuan, hingga 30 juta per bulan, lho! Lumayan banget kan.. yuk coba lihat detailnya disini

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →