Gaji UMR Bukan Alasan Susah Kurban, Gini 3 Cara Siapkan Duitnya

Walau-Gaji-UMR-3-Cara-Ini-Bikin

Gaji UMR identik dengan hidup yang serba pas-pasan. Pengeluaran dan kebutuhan sehari-hari sering mepet sama gaji atau bahkan suka lebih besar pasak daripada tiang alias tekor

Jelang Idul Adha gini, jadi makin miris karena keinginan berkurban sering kepentok besarnya penghasilan. Meskipun pengin banget dan udah cita-cita dari dulu, membeli kambing atau sapi pasti bukan hal yang mudah.

Asal kamu tahu, UMR DKI Jakarta saat ini sebesar Rp 3,6 juta. Sementara harga kambing berada pada kisaran Rp 2 juta dan sapi bisa Rp 20 juta. Dipotong kebutuhan sehari-hari, jangankan beli kambing, bisa menyisihkan buat tabungan aja udah syukur banget.

Eits, tunggu, yakin nih gaji UMR gak bisa sama sekali buat berkurban? Kalau bujet langsung dikeluarkan tanpa persiapan, jelas gak bakal bisa sih. Tapi kamu bisa melakukannya dengan cara: direncanakan.

Buat kamu yang gajinya pas-pasan tapi pengin bisa rutin berkurban, coba cara-cara di bawah ini.

Menabung

gaji umr

1. Hitung target dana yang diperlukan

Sebelum menabung buat kurban, sebaiknya evaluasi lagi pengeluaranmu tiap bulan. Jangan salah, gaji UMR sekalipun masih bisa menabung dan investasi. Cek caranya di sini.

Jika udah mengevaluasi cash flow bulanan, sekarang saatnya menentukan hewan yang pengin dikurbankan. Sapi atau kambing?

Mengingat harganya, kambing bisa jadi pilihan yang bijak saat ini. Tapi jika tetap pengin berkurban sapi tanpa merasa terbebani, kamu bisa mengajak patungan enam orang lainnya. Ingat, kurban sapi bisa dilakukan oleh tujuh orang sekaligus.

Dengan gitu kamu cuma perlu mempersiapkan dana sekitar 1/7 dari total harga sapi.

Jadi, maksimal dana yang perlu dikumpulkan adalah Rp 2,5 juta buat kambing dan Rp 2,8 juta buat sapi. Lalu, tambahkan 10 persen dari harga tersebut sebagai estimasi kenaikan harga kurban pada tahun depan.  

Dana yang diperlukan pun menjadi Rp 2,7 juta sampai Rp 3 juta. Biar lebih aman, kita pilih di angka maksimal yuk, Rp 3 juta.

2. Buat strategi menabung

Menabung dana kurban perlu disiapkan paling gak satu tahun sebelum Idul Adha.

Pada tahap ini kamu udah punya target dana yang perlu disiapkan seperti yang disebut di atas. Sekarang, bagilah dengan 10 atau 11 bulan. Ingat, jumlah hari pada tahun hijriyah lebih pendek daripada tahun masehi. Oleh sebab itu, jangan bikin rencana tabungan dalam 12 bulan.

Dengan gitu, jika tiap bulan aja kamu menabung sebesar Rp 272 ribu, biaya kurban tiap tahunnya pasti terpenuhi.

3. Ikut program tabungan kurban

Jika takut merasa gak disiplin, kamu juga bisa mengikuti tabungan kurban di beberapa layanan keuangan atau perbankan. Contohnya seperti program Tabungan Qurban di BNI Syariah.

Investasi

gaji umr

Selain produk tabungan, kamu juga bisa menempatkan uang buat berkurban di produk investasi seperti reksadana. Kamu bisa memilih reksadana campuran seperti reksadana Sucor AM yang dapat dibeli dengan modal awal Rp 100 ribu aja.  

Dengan imbal hasil yang lebih besar dari bunga tabungan, total uang yang didapat pun bisa lebih besar.

Gunakan dana THR dan Bonus Tahunan

Saat Hari Raya Idul Fitri, pemasukan pasti bertambah. Gitu pula dengan pengeluaran. Biasanya THR habis buat keperluan mudik dan sebagainya. Tapi, bukan berarti kamu gak bisa sisihkan uang dari THR buat tabungan kurban.

Di Jakarta, dengan gaji UMR ditambah THR, artinya kamu bakal mendapat penghasilan sekitar Rp 7 jutaan. Buat membeli kurban kambing, kamu cukup menyisihkan setengah pemasukan tersebut. Tapi, kalau keperluan Idul Fitri cukup besar, kamu bisa menyisihkan seperempat THR buat menambah tabungan kurban.

Sama halnya dengan bonus tahunan. Jika pengin menggunakan bonus buat bersenang-senang, sisihkan di awal 10 sampai 20 persen buat biaya kurban. Dengan gitu, dana kurban jadi lebih mudah dilunasi.

Nah, terbukti kan, dengan perencanaan yang tepat gaji UMR pun tetap bisa rutin berkurban tiap tahun.

Selamat mencoba!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →