Warna Mobil Cerminkan Karakter Pemiliknya, Kamu yang Mana?

Warna mobil

Warna mobil yang dipilih orang untuk tunggangan mereka tidak hanya karena perkembangan tren, tapi juga dapat menginterpretasikan karakter sang pemilik dari sisi psikologis. 

Jenis mobil juga memengaruhi selera orang dalam mencari warna yang cocok dengan karakter alias kepribadian si pemiliknya.

Berdasarkan ilmu psikologi, ada ungkapan yang menyebutkan kamu adalah pilihanmu. Itu berarti, warna mobil yang dipilih dapat mencerminkan sifat pribadimu.

Ada pemilik kendaraan yang menyukai warna mobil netral seperti hitam, putih, silver, atau abu-abu. Banyak juga yang menyukai warna-warna cerah seperti kuning, merah, atau biru.

Untuk mengetahui seperti apa karakter seseorang di balik pilihan warna tunggangannya, Today.com mengungkapkan 10 warna mobil tersebut:

Hitam

Warna mobil
Mobil hitam

Warna hitam sejak lama menjadi simbol kemewahan dan suatu kemapanan. Pemilik mobil juga bisa memunculkan kesan misterius dari kesan gelap.

Pilihan warna mobil hitam masih jadi favorit banyak orang dan tak lekang waktu. Pemilik mobil warna hitam menyukai sisi tegas dan kesan klasik, sehingga berkarakter kuat, bermartabat, mewah, dominan dan terkendali.

Baca juga: Lecet Akibat Goresan, Segini Biaya yang Dibutuhkan untuk Cat Mobil atau Body Repair

Putih

Warna mobil
Mobil putih

Warna netral lainnya adalah putih, menyimbolkan kejujuran dan kemurnian. Pemilik yang memilih warna mobil putih memiliki karakter jujur, elegan namun tetap sederhana, anggun, dan perfeksionis.

Khusus untuk kalangan perempuan, warna mobil yang tak kalah ikonik ini sekaligus mencirikan sifat bersih.

Krem atau cokelat

Warna mobil
Mobil cokelat

Mereka yang memilih warna mobil krem atau cokelat  ingin tetap membumi, tetap hemat dan berperilaku jujur. 

Selain pemalu, mereka yang menyukai warna mobil satu ini juga bersifat rendah hati, jujur, hemat dan cuek dengan penampilan.

Silver

Warna mobil
Mobil silver

Orang yang memilih mobil berwarna silver ternyata memiliki karakter yang pandai, berkelas, praktis, inovatif dan cerdas.

Penyuka mobil warna silver langsung menyiratkan karakter mereka yang praktis, inovatif, orientasi bisnis, serta selera yang baik. Silver yang tergolong dalam warna netral bisa sedikit menyamarkan noda debu pada mobil.

Selain terkesan mewah, silver menyimbolkan teknologi modern sebagaimana terdapat pada material bahan stainless steel. Ini sekaligus menunjukkan pemilik mobil merupakan orang yang menyukai sesuatu berbau teknologi.

Dari sisi strata sosial, silver juga melambangkan pemilik yang memiliki strata sosial tinggi. Pemilik kendaraan biasanya tidak sungkan menunjukkan kasta sosialnya di masyarakat.

Merah

Warna mobil
Mobil merah

Merah seperti halnya hitam juga menyiratkan kesan sebagai sisi maskulinitas. Karakter pengguna warna mobil merah sedikit mirip dengan warna hitam, yaitu ‘berkuasa’ dan agresif. Bagi para pria, warna ini menunjukkan suatu status dominan dari sisi finansial.

Sebaliknya, perempuan yang memakai mobil berkelir merah menunjukkan sifat percaya diri dan keceriaan yang tinggi.

Warna dengan kesan berani ini juga menggambarkan sifat agresif, menyenangkan, ambisius, penuh semangat dan menikmati hidup.

Abu-abu

Warna mobil
Mobil abu-abu

Pemilik mobil warna abu-abu memiliki ciri khas dengan kesan sederhananya. Mereka ingin menjaga hidup tetap bermartabat, matang dan memegang tradisi yang sudah ada. 

Dengan begitu, pengguna mobil abu-abu cenderung pemalu, cermat, mudah berkompromi, pencinta kenyamanan dan dewasa.

Biru

Warna mobil
Mobil biru

Orang yang memiliki mobil berwarna biru memiliki karakter optimis. Bahkan, warna ini melambangkan ketenangan hidup dan sifat bijaksana dari pemiliknya.

Mereka yang memilih kendaraan berwarna biru juga cenderung memiliki sifat kasing sayang, optimis, stabil, dan jujur.

Hijau

Warna mobil
Mobil hijau

Warna mobil yang populer di tahun 1990-an ini menggambarkan sifat baik seperti lemah lembut, mandiri, sabar, dan cinta kedamaian.

Kuning atau emas

Warna mobil
Mobil kuning

Pengguna warna kuning alias gold biasanya memiliki karakteristik menyenangkan yang ceria dan penuh kebahagiaan.

Pemilik mobil biasanya bijaksana, imajinatif, berselera humor yang baik, pandai berbisnis. Selain itu, dua warna ini biasanya digunakan oleh kalangan muda atau orang yang berjiwa muda.

Mobil warna oranye

Warna mobil
Mobil oranye

Satu lagi, orang yang suka dengan warna anti mainstream. Pengguna mobil ini mengutamakan sisi kenyamanan, serta cukup hemat dalam pemakaian uang.

Sisi unik dari karakteristik pengguna warna mobil oranye yaitu gemar menginvestasikan uang, serta pastinya suka memanjakan diri sendiri. 

Itulah warna mobil dilihat dari sisi psikologis pemiliknya. Mana warna mobil favoritmu?

Pastikan pilihan mobil terbaik untukmu dengan mengikuti kuis berikut ini

Hindari kesalahan dalam membeli mobil dengan mencari tahu pilihan terbaik dalam kuis berikut ini.

Temukan juga asuransi mobil yang sesuai dengan bujet kamu dalam kuis di bawah ini.

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang asuransi mobil? Lihat pertanyaan populer seputar asuransi di Tanya Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →