Warren Buffett Ungkap Kriteria Pegawai di Perusahaannya

Warren Buffett

Mau kerja di perusahaan milik Warren Buffett? Kenapa tidak, kamu bisa kok! Tapi, tentu ada syarat yang harus dipenuhi.

Meski Warren Buffett seorang investor ulung, kesuksesan CEO Berkshire Hathaway ini gak luput dari peran orang-orang yang ada di belakangnya. 

Untuk urusan mencari pegawai, Buffett gak pernah neko-neko dalam kriteria. Secara garis besar, hanya ada tiga kriteria karyawan ideal menurut pernyataan Buffett di situs Inc

Mau tahu kriteria sederhana untuk karyawan ideal Warren Buffett? Yuk, cek ulasannya di sini:

1. Cerdas

seorang wanita berkacamata tengah membaca buku
Cerdas (Pixabay)

Tentu saja kerja dengan Warren Buffett harus cerdas. Kalau gak cerdas, bagaimana dia bisa bertahan di perusahaan investasi yang memiliki banyak portofolio investasi di berbagai bidang.

Sekadar diketahui, perusahaan Buffett menguasai saham GEICO, Duracell, Dairy Queen, BNSF, Lubrizol, Fruit of the Loom, Helzberg Diamonds, Long & Foster, FlightSafety International, Pampered Chef, dan NetJets.

Selain itu, Berkshire juga memegang 26,7 saham Kraft Heinz Company, 17 persenan saham American Express, 9,9 persen saham WellsFargo, 9,4 persen Coca Cola, 6,8 persen Bank of America, dan 5,22 persen saham Apple. Banyak banget ya!

Jelas saja, pemiliknya adalah orang terkaya dunia yang kaya karena saham. Buffett lebih paham saham mana yang harus dia beli.

Tapi, pilihan-pilihan Buffett juga dibantu dengan analisa-analisa canggih dari stafnya. Kalau stafnya gak cerdas, ya susah deh!

2. Inisiatif Tinggi

sebuah lampu tengah diberi daya
Inisiatif Tinggi (Pixabay)

Kriteria kedua juga gak kalah penting. Sampai kapanpun juga, karyawan yang punya inisiatif tingkat tinggi adalah yang paling diandalkan perusahaan.

Gak dipungkiri, pertumbuhan sebuah perusahaan juga bergantung pada insiatif karyawan-karyawannya yang berada di jenjang atas. Karena mereka memiliki hak untuk mengambil keputusan.

Inisiatif juga harus didukung dengan kecerdasan tingkat tinggi. Percuma kalau cuma inisiatif saja tapi gak jago analisa.

3. Punya Integritas

seorang pria berjabat tangan dengan hologram
Punya Integritas (Pixabay)

Inilah yang paling penting di antara yang lain. Bahkan, Warren Buffett mengungkapkan, tanpa adanya integritas, seorang bisa membahayakan perusahaannya.

“Ada tiga hal yang kami pertimbangkan saat merekrut orang. Pertama adalah kecerdasan, kedua adalah inisiatif atau energi, dan yang terakhir adalah integritas. Jika mereka cerdas dan punya inisiatif, tapi gak memiliki poin ke tiga, dia bisa saja mencelakaimu karena besar kemungkinan mereka jadi malas,” ujar Buffett.

Memang benar, tanpa adanya integritas, gak menutup kemungkinan karyawan bisa melakukan hal-hal yang membahayakan seperti menggelapkan dana, atau yang lebih parah lagi menjual informasi penting ke kompetitor.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Itulah tiga kriteria karyawan ideal menurut Buffett. Apakah kamu memenuhi kriterianya? Kalau ya, selamat deh kamu sudah pas jadi karyawan Warren Buffett!

Tinggal pintar-pintar cari kesempatan untuk bisa kerja di sana ya. Cari kerja memang gampang, tapi diterimanya susah.

Pada intinya, di mana pun kamu bekerja, perusahaan besar pun menginginkan karyawan dengan kriteria seperti ini. Pasalnya, karyawan adalah aset. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →