Ini Dia 8 Mobil Termahal di Dunia dan Para Pemiliknya

mobil termahal di dunia

Berbicara soal mobil termahal di dunia, tentu yang bakal terlintas di benak kita adalah kecepatan, akselerasi, dan interiornya yang mewah. Tapi, jangan lantas lupa sama siapa pemilik mobil-mobil mahal itu.

Kalau bicara soal pemiliknya ya sudah pasti orang kaya, tapi cuma ada satu orang terkaya di dunia versi Forbes yang terbukti memiliki salah satu dari mobil termahal ini. Dan itu pun bukan yang paling mahal di dunia.

So, tanpa berlama-lama lagi. Inilah delapan mobil termahal di dunia beserta kisah para pemiliknya. Yuk mari simak ulasannya.

1. Pagani Huarya BC

Mobil sport yang dirilis Pagani Automobiles S.P.A ini masuk ke dalam salah satu mobil termahal di dunia. Mobil seharga US$2,8 juta atau Rp38 miliar ini menggendong mesin yang diproduksi Mercedes-AMG, M158 biturbo dengan 12 silinder. Kecepatan maksimalnya 383 km per jam.

Konon kabarnya, pada 2014 pendiri Facebook Mark Zuckerberg membeli hypercar ini. Namun sepertinya bukan yang seri BC. Tapi tetap saja mahal sih.

Hampir semua orang tahu, Zuckerberg adalah orang terkaya nomor empat di dunia. Total kekayaannya mencapai US$71,5 miliar atau setara dengan Rp978 triliun.

Sejak masih berusia 20 tahun, pria yang di dropout dari Universitas Harvard ini berhasil menciptakan produk yang nilai valuasinya mencapai ratusan juta dolar. Gak heran kalau di usia 30 tahunan dia sudah jadi salah satu dari orang terkaya.

Pria yang akrab disapa Zuck ini sebenarnya gak pernah terlihat hobi bermewah-mewahan. Setiap tampil di media hanya mengenakan kaos abu-abu polos saja, dan gak pernah terlihat mengenakan aksesori mewah. Sebelum punya pagani, dia mengendarai VolksWagen GTI.

2. Aston Martin Valkyrie

Aston Martin Valkyrie merupakan mobil yang diproduksi Aston Martin namun didesain oleh salah satu desainer F1 ternama, Adrian Newey. Mesinnya pun memiliki tenaga yang besar  dan mesin dengan 12 silinder. Harganya mencapai US$3,2 juta atau Rp43 miliar.

Pembalap F1 asal Australia dari Tim Redbull Racing, Daniel Ricciardo, dikabarkan memiliki mobil ini.  Kamu juga harus tahu bahwa harga yang harus dibayarkannya yaitu Rp43 miliar, setara dengan setengah gaji Ricciardo selama satu tahun!

Menurut laporan dari situs The Richest, total kekayaan pria kelahiran 1989 itu disinyalir mencapai US$1,4 juta atau setara dengan Rp19 miliar. Jelas banget harga mobil itu dua kali lipat lebih besar ketimbang total kekayaannya. Kok berani ya sampai menghabiskan duit sebanyak itu cuma buat mobil?

Ricciardo sudah memulai karirnya di dunia balap saat masih berusia sembilan tahun. Dulu dia merupakan pembalap cilik yang merajai sirkuit Go-Kart. Passionnya di dunia otomotif ternyata membuahkan hasil yang baik.

Sejumlah kejuaraan yang berhasil diikuti olehnya antara lain adalah, Western Australian Formula Ford Championship, Formula BMW Asian Championship, dan pada 2008 dia sudah memulai debutnya di Formula 3. Meski demikian, Ricciardo juga masih terlibat di beberapa kejuaraan lainnya. Hingga akhirnya pada 2010 dia berhasil tampil di F1.

3. Lykan Hypersport

Kamu pernah nonton “Fast and Furious 7?” Ingat kan waktu ada adegan di Dubai, di mana Dom mengendarai mobil sport yang buas hingga meloncati gedung. Itulah mobil Lykan Hypersport yang dinobatkan sebagai salah satu mobil termahal di dunia.

Hypercar itu dibuat oleh W Motor, perusahaan otomotif asal Lebanon lewat kerja samanya dengan RUF Automobiles dan Canadian Autopart. Harga mobil bermesin F6 twin turbo ini mencapai US$3,4 juta atau Rp46 miliar. Dan hanya diproduksi tujuh unit.

Selain kepolisian Abu Dhabi, mobil ini ternyata dibeli oleh seorang warga Qatar, yaitu Sheikh Jawan bin Hamad Al-Thani. Pria ini adalah salah satu keluarga Kerjaaan Qatar.

Sejauh ini, gak pernah ada laporan soal total kekayaan dari Sheikh Jawan atau ragam bisnis yang dia miliki. Dalam pemberitaan di situs Al Arabiya, Jawan hanya dikabarkan memilih Lykan berwarna hitam.

4. Lamborghini Veneno Roadster

Mobil termahal di dunia yang satu ini adalah mobil buatan Italia yang mereknya sudah diketahui banyak orang. Varian Veneno Roadster ini cuma diproduksi sembilan unit di dunia, dan harganya US$4,5 juta alias Rp61 miliar.

Siapa yang punya mobil ini? Dia adalah Kris Singh, Managing Director dari Tequesta Investments, sebuah perusahaan di Florida, Amerika Serikat yang bergerak di bidang properti.

Singh juga terkenal sebagai kolektor barang mewah yang konon kabarnya memiliki total kekayaan sebesar US$200 juta, atau Rp2,7 triliun. Pria ini memang sangat menyukai Lamborghini, dan kamu bisa melihat banyak foto mobil mewah di akun Instagramnya.

Sebagai seorang pebisnis di Negeri Paman Sam, Singh juga terbilang minim publikasi media. Sampai saat ini jarang ditemukan informasi seputar riwayat karier dan bisnis Singh.

5. Koenigsegg CCXR Trevita

Apa sih yang gak mewah kalau mobil diproduksi oleh Rolls Royce? Produsen otomotif asal Inggris yang identik dengan mobil super mewah ini pernah memproduksi Sweptail yang didaulat sebagai mobil termahal sejagad.

Sweptail dibanderol dengan harga Rp170 miliar dan selain mengandalkan kemewahan dan kenyamanan ekstra, kabarnya mobil ini juga diklaim sebagai mobil paling aman yang pernah dibuat Rolls Royce.

Sayangnya, Rolls Royce sendiri gak pernah kasih tahu siapa pembeli mobil yang cuma ada satu di dunia ini. Pabrikan mobil asal Inggris ini cuma menyebutkan bahwa pembelinya adalah kolektor setia mobil Rolls Royce. Pastinya bukan orang sembarangan ya yang mampu bayar mobil semahal itu!

6. Sweptail Rolls Royce

Apa sih yang gak mewah kalau mobil diproduksi oleh Rolls Royce? Produsen otomotif asal Inggris yang identik dengan mobil super mewah ini pernah memproduksi Sweptail yang didaulat sebagai mobil termahal sejagad.

Sweptail dibanderol dengan harga Rp170 miliar dan selain mengandalkan kemewahan dan kenyamanan ekstra, kabarnya mobil ini juga diklaim sebagai mobil paling aman yang pernah dibuat Rolls Royce.

Sayangnya, Rolls Royce sendiri gak pernah kasih tahu siapa pembeli mobil yang cuma ada satu di dunia ini. Pabrikan mobil asal Inggris ini cuma menyebutkan bahwa pembelinya adalah kolektor setia mobil Rolls Royce. Pastinya bukan orang sembarangan ya yang mampu bayar mobil semahal itu!

7. Bugatti L Voiture Noire

Mobil yang populer dengan sebutan Bugatti LVN ini resmi dirilis pada Maret 2019 di Geneva Motor Show 2019. Dengan harga Rp262 miliar, otomatis mobil ini diklaim sebagai mobil termahal di dunia.

Lantas, siapa sih yang rela merogoh kocek sebanyak itu demi mobil mewah? Cristiano Ronaldo pernah diisukan memiliki mobil ini, tapi ternyata kabar ini gak terbukti kebenarannya.

Saat ini, Pangeran Saudi, Badr bin Saud diisukan mengoleksi Bugatti LVN. Memang pangeran yang doyan mengoleksi mobil mewah ini belum mengabarkan secara resmi, namun beberapa foto di akun media sosialnya menunjukkan beliau berfoto dengan mobil termahal ini.

Ya mungkin saja, karena sang pangeran ini sebelumnya sudah mengoleksi beberapa unit Bugatti, seperti Bugatti Chiron dan Bugatti Vision GT Concept.

8. McLaren F1 LM-Spec Supercar

Bayangkan apa jadinya kalau para teknisi dari tim Formula 1 McLaren bergabung untuk membuat mobil sport yang elegan. Inilah yang terjadi pada McLaren F1 LM-Spec Supercar ini.

Dilengkapi mesin V12 6,1 liter, mobil yang mampu mencapai kecepatan 100 kilometer per jam hanya dengan waktu 2,4 detik ini harganya mencapai Rp270 miliar lho! Namanya juga McLaren, rasanya ada yang kurang kalau kecepatannya gak mumpuni. Untuk itu, para teknisi Formula 1 berhasil membuat mobil ini mampu melaju hingga 370 kilometer per jam. Sadis!   

Kolektor mobil asal Selandia Baru, Andrew Bagnall tercatat sebagai pemilik mobil langka keluaran McLaren ini.

Gak semua orang terkaya punya mobil termahal di dunia

Cerita tentang mobil termahal di dunia menjadi bukti bahwa gak semua orang terkaya itu pasti senang dengan kemewahan. Jeff Bezos yang menduduki peringkat pertama orang terkaya di dunia, mobilnya Chevrolet Blazer. Lalu Warren Buffet juga naik Cadillac XTS yang harganya US$ 45 ribu alias Rp 600 jutaan saja.

Lagipula, semakin mahal harga sebuah mobil, tentu makin mahal juga perawatannya. Kepemilikan mobil tersebut sifatnya hanya sebagai hobi, otomatis mobilnya bakalan sering diparkir di garasi daripada digunakan untuk operasional sehari-hari.

Mengapa demikian? Karena selain konsumsi BBM-nya boros, tentu sayang kan kalau tiba-tiba kegores.

Nah, tertarik beli mobil mewah? Boleh aja, kalau kamu udah sekaya orang-orang di atas ya. Kamu juga bisa mengecek keuanganmu dengan mudah di Lifepal financial checker secara online!  (Editor: Chaerunnisa)