Pengertian Serta Ciri-Ciri Wirausaha dan Contohnya

keuntungan bisnis wirausaha

Wirausaha adalah upaya membangun usaha atau lapangan kerja secara mandiri dengan didasari inovasi dan kreativitas yang unik sehingga bisa menghasilkan keuntungan finansial. Wirausahawan cenderung berani menempuh risiko, namun di baliknya terdapat potensi kesuksesan bisnis sebagaimana idenya yang orisinal belum memiliki pesaing.

Jika kamu sudah lama ingin memulai wirausaha dan sudah punya tabungan yang cukup untuk dijadikan modal awal, maka jangan ragu untuk mewujudkan mimpi besarmu itu. Namun jangan lupa untuk memproteksi diri kita dengan asuransi kesehatan dahulu ya supaya nanti kita tidak perlu dipusingkan dengan tagihan berobat yang mahal jika harus ke rumah sakit.

Nah, walau kata wirausaha itu sendiri sudah sangat umum kita dengar, namun mungkin kita belum memahami seluk-beluknya. Untuk itu, mari simak pengertian wirausaha selengkapnya di sini.

Pengertian wirausaha menurut para ahli

Setiap ahli memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai apa itu wirausaha, namun agar lebih jelas mari simak beberapa pengertian dari para ahli berikut ini.

1. Joseph C. Schupeter

Menurut Joseph C. Schupeter, wirausaha adalah orang yang mampu menghancurkan keseimbangan pasar dan mampu membentuk keseimbangan baru untuk memperoleh keuntungan yang besar.

2. Reymond W.Y.KAO

Menurut Reymond W.Y.KAO, wirausaha adalah orang yang mampu merancang dan menciptakan suatu gagasan menjadi realita besar.

3. J.B. Say

Menurut J.B. Say, wirausaha adalah seseorang yang mampu mengelola sumber daya yang dimilikinya secara ekonomis dengan efektif dan efisien.

Berdasarkan pengertian dari para tokoh di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa wirausaha adalah seseorang yang mampu menciptakan suatu gagasan baru dan mengelola sumber daya tersebut secara efisien.

Ciri-ciri wirausahawan sukses

Seorang wirausahawan yang unggul tentu memiliki ciri-ciri tersendiri dan belum tentu dimiliki semua orang. Lagipula, nilai-nilai inilah yang menjadikan seseorang bisa sukses di bidangnya.

Jadi, apa saja ciri-ciri yang dimaksud?

  • Memiliki keberanian yang tinggi.
  • Berani mengambil keputusan meskipun memiliki risiko tinggi.
  • Memiliki daya kreativitas yang tinggi.
  • Memiliki berbagai inovasi yang jarang terpikirkan oleh orang lain.
  • Dapat berpikir secara jangka panjang.
  • Memiliki semangat dan kemauan yang keras.
  • Memiliki sifat hemat atau tidak konsumtif.
  • Memiliki sikap kepemimpinan dan bisa memotivasi diri sendiri dan tim kerjanya.

Nah, jika kita telah memiliki ciri-ciri di atas, maka kita sudah bisa memulai usaha yang pastinya bisa memberikan keuntungan dalam jangka panjang.

Tips mengelola wirausaha dengan sukses

 Setiap wirausahawan tentu ingin usaha yang dijalaninya mendapatkan keuntungan yang besar. Maka dari itu, coba ikuti tiga tips mudah berikut ini agar usaha yang dijalani semakin sukses.

1. Ikuti pola pikir orang sukses

Pelajari bagaimana pola pikir para pengusaha lainnya yang telah mendulang kesuksesan. Lihat bagaimana cara mereka menyikapi sebuah masalah dan bagaimana cara mereka menemukan terobosan baru dalam banyak hal.

2. Tanamkan dalam diri bahwa modal bukan segalanya

Meskipun modal sangat penting demi kelancaran sebuah usaha, tapi modal bukanlah penentu suksesnya suatu usaha. Seorang wirausahawan yang memiliki tekad kuat pasti memiliki cara untuk mendapatkan modal usahanya.

3. Kerja keras dan disiplin tinggi

Seorang pengusaha harus selalu berusaha memberikan upaya terbaiknya dengan kerja keras dan disiplin, dengan begitu akan lebih mudah ketika menghadapi berbagai gempuran dari para pesain usaha.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Pelaku wirausaha wajib perhatikan hal-hal ini

Dengan modal seadanya, rasa percaya diri, dan kemampuan yang dirasa mampu untuk membangun suatu usaha membuat beberapa wirausahawan pemula melupakan 3 hal ini sebelum memulai usaha. Apa saja itu?

1. Lupa menggali potensi diri

Setiap orang pada umumnya memiliki minat, bakat, dan potensi. kamu perlu menggalinya, jangan hanya berorientasi dengan usaha yang sedang naik daun. Bisa-bisa kamu hanya membuat suatu usaha tapi tidak bisa mengelolanya.

Mengetahui dan menggali potensi diri menjadi salah satu faktor penting dalam mengembangkan usaha yang akan dilakukan. Sebab, saat seseorang udah mengetahui apa bakatnya, di mana potensinya, maka usaha yang dijalankan akan terasa lebih mudah dan cepat berkembang.

Wirausahawan yang unggul perlu memiliki enam karakter utama ini, yaitu:

  • Focus. Fokus pada satu usaha yang akan dijalankan agar memiliki dampak positif yang besar.
  • Advantage. Target wirausahawan adalah keuntungan.
  • Creativity. Memiliki pemikiran kreatif dalam promosi produk dan mengatasi persaingan pasar.
  • Ego. Pandai mengelola ego diri sendiri, sikap seperti apa yang harus dilakukan saat menghadapi masalah.
  • Team work. Sekalipun kamu sebagai owner, di dalam berwirausaha tetap memerlukan tim. Kerja sama tim yang struktural penting untuk menunjang pengelolaan usaha.
  • Social insight. Kembangkan jiwa sosial agar produk yang dibuat mudah diterima masyarakat.

2. Kategori yang manakah kamu?

Berikut kategori-kategori untuk menjadi seorang wirausahawan.

  • Penemu, menjadi si otak. Biasanya si penemu akan banyak berpikir mengenai konsep usaha, promosi, hingga metodologi.
  • Inovator, dapat memecahkan masalah baru dan mampu mengembangkan teknologi baru.
  • Marketer, mampu menganalisis dan mengidentifikasi kebutuhan pasar. Tak lupa juga mampu mengelola agar produk dapat memenuhi kebutuhan pasar.
  • Oportunis, bisa menyesuaikan antara kebutuhan dan jasa yang akan diperoleh.

3. Potensi wajib yang diperlukan

Selain potensi yang dimiliki diri sendiri, wirausahawan juga membutuhkan beberapa potensi wajib untuk membangun dan mengembangkan usahanya. Potensi tersebut dibagi ke dalam tiga kategori, di antaranya:

  • Teknis, misalnya kemampuan menulis, mendengar, presentasi, membina organisasi, dan bekerja sama.
  • Manajemen, kemampuan memulai, mengembangkan, dan mengelola perusahaan. Misalnya, membuat keputusan, memasarkan pengelolaan keuangan, dan produksi.
  • Kewirausahaan, maksudnya adalah memiliki keterampilan seperti kedisiplinan, pengambilan risiko, pemikiran yang inovati, memiliki jiwa kepemimpinan, dan orientasi pada perubahan.

Contoh-contoh wirausaha kecil yang menjanjikan

Setelah mengetahui tips sukses berwirausaha, sekarang mari kita lihat tiga contoh wirausaha yang menguntungkan.

1. Laundry

Jika tinggal di area yang padat penduduk, dekat area pendidikan, dan area perkantoran, maka contoh wirausaha yang pertama ini cukup menguntungkan untuk dicoba. Apalagi jika musim penghujan tiba akan banyak orang yang malas mencuci sendiri karena sulit menjemurnya hingga kering.

2. Cuci motor

Contoh wirausaha yang ini juga tidak kalah menguntungkan. Apalagi jika musim penghujan tiba, orang akan lebih sering mencucikan motornya karena terkena cipratan genangan air yang biasa ada di jalan.

3. Usaha katering kantoran

Nah, usaha katering juga tidak kalah menguntungkan untuk dicoba. Biasanya orang-orang yang berada di perkantoran suka malas keluar untuk mencari makan siang sebab cuaca yang panas atau sedang dikejar-kejar deadline. Peluang ini tentunya akan sangat menguntungkan untuk dicoba.

4. Jualan pulsa

Nggak perlu mengeluarkan modal yang besar dan hanya dibutuhkan kesabaran karena keseharianmu akan diganggu dengan orang-orang yang membeli pulsa ke konter. Sekalipun banyaknya generasi milenial yang nggak mau ribet dan mau melakukan hal-hal yang praktis aja di rumah termasuk membeli pulsa, kamu tetap bisa menjalani contoh wirausaha ini. Kamu bisa memberikan layanan pesan pulsa melalui pesan singkat di WhatsApp.

5. Pertamini (Pom Mini)

Pertamini atau Pom Mini udah bisa kamu temui di mana saja di kota-kota besar. Ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis kecil-kecilan. Apalagi, jika di suatu lingkungan yang jauh sekali jaraknya dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina.

Sebelum memulai contoh wirausaha yang satu ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama yakni pilihlah tempat yang sekiranya jauh dari SPBU untuk menarik minat konsumen. Kedua, jangan mematok harga yang lebih tinggi daripada SPBU, ya. Ingat, banyak orang, termasuk kamu, menyukai hal-hal yang berharga murah dan hemat, kan?

6. Suvenir pernikahan

Salah satu unsur terpenting saat hendak melangsungkan pernikahan adalah suvenir. Semua orang tentu akan menikah dan semua orang pasti mencari suvenir pernikahan. Ada banyak pilihan untuk suvenir pernikahan, misalnya bros, gantungan kunci, dan kipas. Buatlah dengan kreatif suvenir-suvenir pernikahan tersebut agar usahamu memiliki ciri khas sendiri yang gampang menarik perhatian konsumen.

7. Berjualan gorengan

Contoh wirausaha berikutnya adalah menjual gorengan di sekitar lingkungan rumahmu. Nggak perlu mengeluarkan modal yang besar. Kamu bisa menggunakan perkakas di dapur sebagai alat usaha dan modalnya pun terbilang mudah dicarinya dengan harga yang lumayan murah.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

8. Minuman cokelat dan jus buah

Kini, banyak sekali gerai minuman yang menjual varian khusus seperti kopi, coklat, atau jus buah yang diberikan beragam variasi seperti keju, selai, dan topping lainnya. Nggak perlu buat gerai yang besar, sebagai langkah awal kamu bisa membukanya di dekat sekolah. Biasanya, anak sekolah yang paling mudah mengeluarkan uang untuk membeli minuman manis dengan variasi warna, lho. Atau, banyak sekali franchise minuman yang bisa kamu ikuti.

9. Usaha kreatif cutting sticker

Bertumbuhnya kegemaran dan kecintaan masyarakat terhadap kendaraan, baik mobil, motor, maupun sepeda, sebanding dengan permintaan konsumen yang menginginkan kendaraan mereka tampak cantik dan menawan. Nggak melulu bisnis jok kendaraan, ternyata dengan membuka usaha kreatif cutting sticker kamu bisa meraup keuntungan yang besar dengan minim modal. Pilihlah lokasi yang tepat untuk menjajakan stiker daganganmu.

Untuk membuat satu blok full cutting sticker pada satu unit motor matic biasanya akan dikenakan tarif sekitar dua ratus ribu hingga tiga ratus ribu rupiah sesuai dengan tingkat kesulitannya.

Sedangkan modal belanja bahan stiker sebanyak 1-2 gulung yang bisa digunakan untuk tiga unit motor dengan desain full cutting, hanya membutuhkan modal sebesar kurang lebih seratus lima puluh ribu rupiah saja. Contoh wirausaha yang ini cocok buat kamu yang hobi otomotif supaya dapat passion yang tepat.

10. Tukang sayur

Sayur dan lauk-pauk merupakan kebutuhan pokok manusia yang selalu dibutuhkan setiap harinya. Kamu yang berkecimpung di usaha ini akan meraup keuntungan besar sekalipun dengan modal yang minim. Setidaknya, nggak seperti contoh wirausaha pada umumnya yang bersyukur barang dagangannya laku 1-2 produk.

Hal itu nggak berlaku untuk sayur. Baik tukang sayur yang menjajakan dagangannya di suatu tempat atau berkeliling, setidaknya ada lebih dari 5 pelanggan yang akan membeli barang dagangannya, bukan?

11. Bisnis musiman dengan modal kecil tapi untung besar

Sekalipun bersifat sementara, tetapi kamu tetap bisa meraup keuntungan yang besar, lho. Peluang mendapatkan keuntungan dari jenis bisnis musiman ini memang sangat signifikan. Apalagi saat memasuki puncak musimnya. Sebut saja berjualan terompet saat tahun baru dan takjil saat Ramadhan tiba. Kamu bisa menjajalnya dengan mengikuti musim atau tren perkembangan zaman.

Tentu masih banyak contoh-contoh usaha kecil yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam merintis usaha sendiri. Namun yang terpenting adalah sesuaikan pilihanmu nanti dengan passion pribadi. Tanpa kesesuaian bidang usaha dan passion, tentu akan sulit untuk berkembang lebih jauh, bukan?

Jangan lupa juga untuk memproteksi bisnismu dengan asuransi karyawan. Dengan begitu, operasional bisnis setiap harinya bisa tetap berjalan lancar meski ada beberapa risiko yang gak terhindarkan.

Kelebihan dan kekurangan menjalani wirausaha

Jika melihat dari contoh wirausaha tadi, rasanya semangat mulai tinggi ya untuk segera memulai. Tapi nyatanya, mengelola bisnis wirausaha tentu disertai pula oleh adanya tantangan yang mana mengandung kelebihan dan kekurangan. Yuk,  simak apa saja di bawah ini.

Kelebihan wirausaha

Wirausaha tentunya memberikan kita kesempatan untuk mewujudkan cita-cita. Selain itu ada juga beberapa poin kelebihan lainnya, mari simak:

  • Memiliki kesempatan mengembangkan ide-ide brilian.
  • Memiliki kesempatan untuk menunjukkan potensi diri.
  • Mendapatkan pengakuan atas usaha yang dirintis.
  • Bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.
  • Dapat berkontribusi besar untuk kehidupan masyarakat lainnya.
  • Bebas menentukan jam kerja yang diinginkan.

Kekurangan wirausaha

Meskipun memiliki serangkaian kelebihan, tapi pendapatan yang akan didapatkan tidaklah tetap tergantung seberapa banyak pelanggan yang datang atau menggunakan usaha kita. Beberapa kekurangan lainnya dengan menjalankan wirausaha adalah sebagai berikut.

  • Tidak adanya jaminan usaha dapat terus berjalan dengan lancar.
  • Selalu ada risiko kegagalan dalam berwirausaha.
  • Jam kerja yang tidak produktif.
  • Kualitas hidup yang tidak pasti hingga usaha yang didirikan mencapai titik keberhasilan.
  • Tidak adanya rekan kerja untuk berdiskusi akan pengembmangan ide usaha.
  • Tanggung jawab yang lebih besar.

Dengan demikian itulah informasi seputar wirausaha. Lantas apa bedanya istilah tersebut dengan wiraswasta?

Wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan suatu gagasan baru dan mengelola sumber daya tersebut secara efisien. Orang dengan kemampuan semacam ini bisa mengembangkan bahan mentah atau bahan baku menjadi sesuatu yang menarik dan bisa mendatangkan keuntungan finansial. Lebih efektif lagi karena orang itu memiliki kreativitas yang tinggi.

Di lain sisi, wiraswasta adalah orang yang memiliki kemampuan menilai adanya peluang usaha di lokasi atau waktu tertentu. Misalnya, orang ini menyadari bahwa area tempat tinggalnya didominasi oleh perumahan dan beberapa sekolah umum. Dan kemudian dia berinisiatif membeli bisnis waralaba dan menempatkannya di tengah kota yang kemungkinan besarnya akan laris. 

Kesalahan yang sering terjadi dalam dunia wirausaha

Masalah yang biasa dihadapi oleh wirausahawan, apalagi wirausahawan pemula, biasanya saat mengelola usaha tersebut. Mulai dari, pengelolaan bahan baku, personalia, daya penawaran, pengontrolan keuangan hingga membangun kepercayaan konsumen.

Hal tersebut terjadi lantaran kurang matangnya perencanaan sebelum atau saat memulai suatu usaha. Atau, sering kali, perencanaan yang kurang meyakinkan padahal usaha udah mulai berjalan. Hingga mengakibatkan kurangnya pengembangan perencanaan saat terjadi masalah di luar perkiraan.

Masalah lainnya adalah penentu lokasi usaha. Wajib mempertimbangkan lokasi mana yang tepat. Penting untuk mempertimbangkannya agar tidak menjadi hambatan untuk kemajuan usaha. Diperlukan wawasan dalam menganilisis lokasi mana yang berpeluang besar untuk mendapatkan konsumen yang tertarik dengan produk yang dijual.

Solusi mengatasi kesalahan-kesalahan wirausaha

Sekalipun banyak masalah yang akan ditemui saat mulai berusaha, kamu tetap tak perlu khawatir. Setiap permasalahan dan kesalahan tentu saja ada solusinya. Hal pertama yang perlu kamu pelajari adalah masalah perencanaan hingga pengelolaan hasil. 

Jadi, solusi dari kendala wirausaha adalah senantiasa menambah wawasan tentang pencarian distributor, meningkatkan kualitas penawaran agar saling menguntungkan, memantau persaingan, dan pencarian karyawan kompeten yang paham dengan bidang usaha yang dikelola. Hal-hal tersebut tentu penting untuk memudahkan pelaksanaan dan pencapaian target pasar.

Jika semua perencanaan udah benar-benar matang dan sarana-prasarana telah tersedia. Segeralah mulai usaha sesuai dengan perencanaan. Gunakan sistem pengelolaan keuangan yang tepat dan pengelolaan sumber daya manusia yang lebih efektif.

Temukan orang yang mampu diajak bekerja sama untuk mengelola usaha agar target yang direncanakan tercapai. Bangun jaringan komunikasi yang saling menguntungkan dengan sikap kehati-hatian. Pertimbangkan terlebih dulu dengan matang apapun keputusan yang akan ditetapkan.

Sudah mantap, kan, untuk mulai wirausaha? Tunggu apa lagi! Dan jangan lupa baca juga informasi seputar manajemen keuangan bisnis dan asuransi di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →