20 Tempat Wisata Kulon Progo yang Wajib Dikunjungi Generasi Milenial

wisata kulon progo

Wisata Kulon Progo kini bisa menjadi alternatif buat kamu yang berencana liburan ke Yogyakarta. Berbeda dengan destinasi-destinasi wisata di Kota Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo lebih banyak menawarkan sensasi berwisata dengan nuansa alam. Sementara itu, Kota Yogyakarta lebih didominasi oleh wisata kuliner dan wisata budaya.

Meskipun masih jarang terdengar dan kurang familiar, tapi kamu gak bakal menyesal deh menjelajah ke Kulon Progo. Sebab, ada banyak atraksi menarik yang bisa kamu jajal di sini.

Apa saja sih memangnya kelebihan wisata Kulon Progo?

Baca juga: 20 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Bakal Bangkitkan Kenangan

Alasan wisata ke Kulon Progo

Wisata Kulon Progo menyimpan sejumlah atraksi maupun keindahan alam yang menarik untuk dijelajahi. Kabupaten yang berada di barat Kota Yogyakarta ini bisa menjadi alternatif wisata di Provinsi DIY.

Semuanya bisa kamu temukan di sini, tapi paling banyak adalah wisata alam. Mendaki gunung, masuk goa, bermain air, hingga wisata rohani semua ada. Jadi, Kulon Progo sangat tepat untuk dijelajahi bersama teman atau keluarga.

Selain itu, biaya wisata di sana sangat murah. Kamu gak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa bersenang-senang di sini. Bayangkan saja, rata-rata biaya masuk ke tempat wisata di sini hanya berkisar antara Rp 2.000 sampai Rp 10.000, sementara parkir kendaraannya juga gak mahal-mahal banget kaya tempat wisata lainnya.

Baca juga: Liburan ke Magelang? Yuk Kunjungi 20 Tempat Wisata yang Keren dan Murah Meriah Ini

1. Air Terjun Kedung Pedut

wisata kulon progo
Kedung Pedut. (Instagram/@kedungpedut)

Biaya masuk ke wisata Kulon Progo ini tidaklah mahal, satu orang dikenakan biaya Rp 3.000, parkir mobil Rp 3.000 dan parkir motor Rp 2.000. Dari parkiran, kamu hanya perlu berjalan sedikit untuk mencapai air terjun yang dituju.

Meskipun lelah tapi kamu akan merasa puas ketika sampai di tujuan. Aliran air yang jernih dan kolam alami yang bening langsung menyapa dan seolah menghipnotismu untuk nyemplung ke dalam.

2. Kalibiru

wisata kulon progo
Kalibiru. (Instagram/@wisataalamkalibiru)

Kalibiru merupakan salah spot wisata Kulon Progo yang paling populer, tepatnya di Hargowilis, Kokap. Tempat ini berjarak sekitar 50 kilometer dari Kota Yogyakarta dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 30 menit dengan kendaraan.

Perjalanan yang jauh dan melelahkan tersebut bakal terbayarkan dengan keindahan alam di sini. Karena kamu bisa melihat bentangan perbukitan hijau dengan waduk di tengahnya yang sangat memanjakan mata. Jangan sia-siakan kesempatanmu untuk berfoto atau sekadar menikmati atraksi yang ada seperti flying fox dan menyebrangi jembatan gantung.

3. Hutan Mangrove Pantai Congot

wisata kulon progo
Hutan Mangrove Pantai Congot. (Instagram/@wahyuaprylinasari)

Sebenarnya, hutan mangrove ini merupakan lokasi konservasi. Tapi, berhubung tempatnya sangat indah dan menenangkan, lokasi ini kemudian berubah menjadi salah satu destinasi wisata Kulon Progo. Seluruh operasional dikelola langsung oleh masyarakat sekitar, sehingga bisa jadi sumber pemasukan tambahan pula bagi warga.

Hanya dengan membayar uang masuk Rp 5.000 kamu sudah bisa menyusuri keindahan mangrove yang menjulang tinggi. Tenang saja, sudah ada jalan setapak yang terbuat dari bambu kok, jadi gak bakal becek deh.

4. Wisata Kulon Progo, Gunung Kukusan

wisata kulon progo
Gunung Kukusan. (Shutterstock)

Wisata Kulon Progo yang satu ini membutuhkan tenaga ekstra untuk menikmatinya, namanya juga gunung. Gunung Kukusan adalah spot yang paling indah untuk menikmati matahari terbit.

Jadi untuk menikmatinya, kamu harus berangkat subuh-subuh, lalu jalan sekitar 200 meter untuk ke spot terbaik. Dijamin rasa lelahmu bakal terbayarkan oleh keindahannya! Apalagi, di atas puncaknya kamu bisa memandangi gunung-gunung seperti Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Sumbing. Pintu masuknya ada di Desa Wisata Nglinggo dan pengunjung diharuskan membayar Rp 5.000.

5. Tebing Gajah

wisata kulon progo
Tebing Gajah. (Instagram/@tebinggunung)

Kontur dataran tinggi di Kulon Progo memang selalu menarik untuk ditelusuri. Yang terbaru dan lagi ngehits adalah Tebing Gunung Gajah. Di tempat wisata Kulon Progo ini ada banyak spot-spot foto yang instagramable buat kamu.

Tapi gak melulu soal foto, di sini juga ada arena outbound dengan permainan yang memacu adrenalin seperti flying fox, atau menyeberangi satu pohon dengan pohon yang lainnya dengan jembatan kayu.

6. Embung Banjaroya

wisata kulon progo
Embung Banjaroya. (Shutterstock)

Embung Banjaroya letaknya ada di daerah Kalibawang. Nah dari lokasi ini kamu akan disuguhi dengan pemandangan perbukitan serta waduk yang berukuran kecil. Udaranya sejuk dan suasananya yang tenang sangat cocok untuk bersantai melepas penat bersama keluarga atau orang tersayang.

Uniknya, saat tiba di lokasi kamu bakal disambut dengan tugu buah durian yang berukuran besar. Ternyata, usut punya usut, Kalibawang merupakan salah satu sentra penghasil durian menoreh paling mantap se-DIY. Oleh sebab itu, sangat tepat kalau kamu berkunjung ke sini saat musim durian. Karena, biasanya akan ada festival durian yang diselenggarakan dengan sangat meriah di sini.

7. Wisata Kulon Progo Goa Kebon

wisata kulon progo
Goa Kebon. (Instagram/@goakebon_official/@panoramakulonprogo)

Primadona dari spot wisata di Goa Kebon adalah air terjunnya. Katanya sih, airnya bisa menyembuhkan beragam penyakit. Mitos seperti itu ternyata masih diamini oleh warga sekitar, sehingga tempat wisata ini gak pernah sepi pengunjung. Bahkan katanya, meski kemarau berkepanjangan, airnya juga gak bakal menyusut atau kering.

8. Goa Kiskendo

wisata kulon progo
Goa Kiskendo. (Instagram/@kiskendokp)

Kalau wisata goa yang satu ini letaknya di Desa Jatimulyo, Kulon Progo. Goa ini masih dianggap sakral oleh warga sekitar karena konon sering digunakan untuk pertapaan para leluhur. Hal ini terbukti dari 9 batu lokasi pertapaan yang masih ada hingga saat ini. Yang unik dari wisata Kulon Progo ini, di dinding mulut goa, kalian akan melihat relief atau pahatan tokoh pewayangan yang sangat menakjubkan.

Atraksi utamanya adalah menyusuri goa yang kurang lebih sepanjang 600 meter. Saat menelisik ke dalam, seorang pemandu akan menghibur kamu dengan cerita-cerita sejarah dan legenda seputar Goa Kiskendo.

9. Kebun Bunga Matahari

wisata kulon progo
Kebun Bunga Matahari. (Instagram/@ensiklopedijogja/@selvyna_ougesa_claransia)

Kamu tahu dong betapa indahnya bunga matahari? Tapi sangat sulit untuk menemukannya? Datang saja ke Kebun Bunga Matahari Kulon Progo. Letaknya berada di kawasan Pantai Glagah.

Di sini, kamu bisa menikmati keindahan bunga sambil berfoto-foto ria. Lumayan deh fotonya bisa diunggah ke Instagram, pasti banyak yang nge-like. Harga tiket masuk ke tempat wisata Kulon Progo inin gak mahal kok, cukup Rp 5.000 saja. Tapi perlu diingat, jangan bertingkah usil ya, misal mencabut bunga.

10. Pantai Glagah

wisata kulon progo
Pantai Glagah. (Shutterstock)

Inilah primadona di Kulon Progo. Yang paling terkenal dari Pantai Glagah adalah lagunanya yang luas. Di sini kamu bisa menjelajah dengan perahu kayuh, memancing, atau hanya sekadar menikmati deburan ombak saja. Paling pas sih saat sore hari, karena pantai ini menjadi salah satu spot menikmati sunset terbaik di Kulon Progo.

11. Air Terjun Kembang Soka

wisata kulon progo
Air Terjun Kembang Soka. (Instagram/@air_terjun_kembangsoka)

Menikmati udara dingin dan jernihnya air pegunungan adalah cara yang paling tepat untuk menghilangkan penat. Semua itu bisa kamu dapatkan di Air Terjun Kembang Soka yang berada di Desa Jatimulyo. Suasana di wisata Kulon Progo yang satu ini masih sangat alami. Kamu akan merasakan sensasi berada di alam liar dengan pepohonan liar dan hijau dengan air yang jenih.

12. Waduk Sermo

wisata kulon progo
Waduk Sermo. (Shutterstock)

Waduk Sermo diresmikan pada tahun 1996 oleh Presiden Soeharto. Kini, waduk yang terletak di Desa Hargowilis ini telah bertransformasi menjadi tempat rekreasi andalan. Area sekitar banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon rindang, jadi adem kalau nongkrong siang-siang. Sementara itu, waktu yang paling ramai adalah sore hari. Menikmati suasana waduk sambil memancing adalah momen paling tepat untuk menutup hari.

13. Rafting Kalibawang

wisata kulon progo
Rafting Kalibawang. (Instagram/@arusprogorafting)

Wisata Kulon Progo yang satu ini cocok banget buat kamu yang doyan olahraga ekstrem, yaitu rafting di Kalibawang. Kamu akan diajak untuk menelusuri derasnya arus Sungai Progo yang sangat mengasyikkan. Kamu bisa memilih paket yang rute pendek atau yang panjang sekalipun. Paling panjang yaitu sekitar 25 km dengan durasi 4 jam.

14. Puncak Widosari

wisata kulon progo
Puncak Widosari. (Instagram/@seputarkulonprogo)

Tidak ada yang istimewa dari tempat wisata ini, tapi Puncak Widosari seolah memiliki daya tarik sendiri dibanding tebing-tebing di sekitarnya. Karena, memang bentuknya yang beda sendiri dari tebing-tebing yang lainnya. Akan ada tangga kayu yang bisa kamu tapaki untuk sampai ke puncak tebing. Sesampainya di atas, kamu akan disambut pemandangan bukit-bukit hijau serta pemandangan Gunung Merbabu dan Merapi.

15. Bendungan Kayangan

wisata kulon progo
Bendungan Kayangan. (Instagram/@roby_ampera)

Bendungan Kayangan ini menawarkan suasana alam yang menyejukkan. Ketika kamu masuk ke area wisata Kulon Progo ini, kamu bakal disambut sama aliran sungai yang tenang dan tumbuh-tumbuhan liar yang masih hijau. Cara paling asyik untuk menikmatinya yaitu dengan berendam di sungainya. Dijamin bisa ngilangin stres selama seminggu bekerja.

Dikutip dari Kompas, Bendungan Kayangan ini berkaitan dengan Kerajaan Majapahit. Konon, ada seorang pria bernama Mbah Bei yang berasal dari Kerajaan Majapahit datang ke bendungan ini. Di sini, ia mengajarkan cara beternak dan bercocok tanam kepada warga sekitar.

16. Pantai Pasir Kadilangu

wisata kulon progo
Pantai Pasir Kadilangu. (Instagram/@pantai_pasirkadilangu)

Meski namanya pantai, tapi ini sebenarnya lebih tepat sebagai wisata hutan mangrove. Karena memang letaknya bukan yang pas di pinggir pantai banget, melainkan di dekat kawasan hutan mangrove. Di tempat ini, kamu bisa berfoto-foto ria dengan latar jembatan bambu dan hutan mangrove.

Salah satu spot foto yang paling menarik adalah jembatan cinta. Jembatan yang terbuat dari bambu ini dibentuk semenarik mungkin hingga menyerupai lambang hati. Wah romantis banget deh kalau foto sama pasangan di sini.

17. Wisata Kulon Progo Goa Sriti

wisata kulon progo
Goa Sriti. (Instagram/@tiptriktrip)

Goa Sriti akan memberikan pengalaman berwisata sambil belajar sejarah buat kamu. Karena goa ini, meskipun tidak populer di kalangan wisatawan, tapi turut andil dalam perjuangan kemerdekaan zaman dulu. Goa ini menjadi tempat persembunyian Pangeran Diponegoro saat menyusun taktik gerilya untuk menyerang Belanda yang kemudian dikenal Perang Diponegoro. Lokasi goa ini lumayan mudah dijangkau, tepatnya ada di Dusun Pukuh, Kecamatan Samigaluh.

18. Ekowisata Taman Sungai Mudal

wisata kulon progo
Sungai Mudal. (Instagram/@jogjakartaid)

Dari namanya saja kalian pasti sudah tahu betapa indahnya spot wisata satu ini. Ya, meski letaknya yang berada di tengah hutan dan di pinggir sungai, taman ini tetap indah dengan bunga-bunga warna-warni yang cantik. Semuanya tertata rapi dan terawat dengan baik.

Pas banget deh buat kamu yang lagi cari ketenangan, sambil duduk-duduk, menikmati bunga, dan meresapi gemericik sungai. Spot ini baru diresmikan pada tahun 2015 yang terletak tepat di Desa Jatimulyo.

19. Ayunan Watu Jaran

wisata kulon progo
Ayunan Watu Jaran. (Instagram/@airyindonesia)

Berayun di langit sepertinya bukan hal yang mustahil. Kalau kamu gak percaya, coba saja mampir ke spot wisata Ayunan Watu Jaran. Kamu akan berayun-ayun di pinggir tebing yang tentu sangat mendebarkan. Hati-hati deh buat yang punya riwayat sakit jantung.

20. Sendang Sono

wisata kulon progo
Sendang Sono. (Instagram/@begz.bagyo_)

Nah kalau yang ini adalah wisata rohani umat Kristiani. Konon tempat ini dulu menjadi tempat peristirahatan para biksu Borobudur. Namun pada tahun 1904, seorang pastur Van Lith asal Belanda mengubah tempat ini menjadi lokasi pembaptisan warga Kalibawang. Hingga kini tempat ini akhirnya menjadi salah satu tempat peziarahan umat Katholik.

Baca juga: 20 Tempat Wisata di Malang yang Kekinian Banget

Biaya liburan ke Kulon Progo

Untuk menuju ke wisata Kulon Progo, ada banyak pilihan transportasi untuk ke sana. Tapi yang paling disarankan adalah kamu menggunakan mobil sendiri atau motor. Karena lokasi wisata di sana sangat banyak, rasanya kurang afdol kalau hanya mengunjungi satu lokasi saja, oleh karena itu, lebih baik bawa kendaraan sendiri biar bisa mengeksplor dengan bebas.

Kalau kamu bukan berasal dari DI Yogyakarta, kamu bisa lebih dulu mengunjungi Kota Yogyakarta dengan menggunakan kereta atau pesawat terbang. Sesuaikan saja dengan bujet yang kamu miliki. Kalau memang kamu punya bujet lebih, gak ada salahnya menggunakan pesawat.

Dari Jakarta ke Yogyakarta, harga tiket pesawat paling tidak mulai dari Rp 400 ribuan untuk yang paling murah. Sementara naik kereta, kamu bisa naik ekonomi yang dijual seharga Rp 200 ribuan. Ingat, belinya jangan dadakan, karena harga bisa berubah sewaktu-waktu dan bisa saja tiketnya udah ludes terjual.

Sesampainya di Yogyakarta, kamu bisa deh mulai menyewa mobil atau motor. Kalau mobil biasanya per 24 jam paling murah sekitar Rp 250 ribuan, tergantung dari mobil apa yang kamu gunakan. Sementara motor, sekitar Rp 100 ribu untuk 24 jam.

Untuk menghemat waktu, tetapkan dulu tujuan mana saja yang kamu ingin kunjungi. Buat perencanaan matang agar waktumu gak habis sia-sia cuma gara-gara mikirin lokasi. Kalau sudah siap semua selamat tinggal gas dan menikmati wisata Kulon Progo! (Editor: Ruben Setiawan)