Jangan Ditunggu, Wujudkan Hidup Bahagia dengan Habiskan Uang buat Hal Ini

Mau hidup bahagia? Gunakan deh uang kamu sebaik-baiknya. Ada caranya lho agar uang yang kamu miliki bisa hadirkan kebahagian dalam hidupmu.

Walaupun masih jadi perdebatan apakah uang bisa bikin hidup bahagia atau gak, faktanya nih orang-orang yang gak punya uang memiliki level stres yang lebih tinggi. Kamu pun pasti juga merasakan hal yang demikian, bukan?

Lagian siapa juga sih yang bisa happy saat hidupnya selalu kekurangan uang. Gimana pun juga kita harus realistis dalam hidup di era serba yang modern saat ini. Apalagi tinggal di perkotaan, uang itu penting banget perannya buat jaga kondisi psikis dan fisik tetap baik.

Asal tahu aja nih, berbagai kebutuhan yang kita penuhi itu memerlukan uang. Makanya kalau gak ada uang, gak ada kebutuhan yang terpenuhi. Bayangkan aja gimana caranya tetap bisa hidup bahagia kalau kebutuhan pokok aja gak bisa terpenuhi?

Sampai di sini kamu setuju kan kalau uang dapat bikin hidup bahagia? Namun, kebahagian ini mustahil dirasakan kalau pemakaian uangnya tanpa tujuan yang jelas. Justru yang terjadi hidup malah berantakan karena uang habis buat hal yang kurang bermanfaat.

Baca juga: Rayakan Ultah ke-82, Ini Fakta Paus Franciscus yang Hidupnya Sederhana

Inilah kenapa kamu perlu tahu gimana caranya habiskan uang yang bisa bikin hidup bahagia. Penasaran gimana? Disimak yuk ulasannya yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id berikut ini:

1. Belilah pengalaman bukan barang supaya hidup bahagia

Belilah pengalaman bukan barang supaya hidup bahagia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Daripada beli barang, lebih baik beli pengalaman. Punya kenangan indah bisa bikin hidup bahagia lho. Udah gitu pengalaman yang kamu dapat nantinya bisa memberi manfaat semisal menjadi sumber pemasukan baru.

Banyak pengalaman yang bisa kamu peroleh dengan menghabiskan uang. Misalnya aja pengalaman karena belajar bahasa Inggris atau digital marketing.

Dengan menguasai bahasa Inggris dengan fasih, kesempatan kamu bekerja di luar negeri lebih besar. Atau berkat penguasaan ilmu digital marketing, peluang kamu berkarier di perusahaan teknologi lebih tinggi.

Baca juga: Pernah Hidup Susah, Ini 7 Miliuner yang Kaya Raya Berkat Terjun ke Investasi

Bukan cuma ilmu atau skill aja, membeli pengalaman bisa beri kamu kebahagiaan dalam bentuk lain semisal travelling. Rupanya nih travelling berkontribusi positif buat kesehatan kamu lho. Stres kamu bisa hilang dan mood kamu jadi lebih baik.

Dengan pikiran yang segar, kamu pun menjadi lebih produktif dalam bekerja. Hasil kerja pun bisa lebih maksimal.

2. Mulailah berinvestasi kalau belum

Hidup bahagia kamu juga mesti mulai belajar investasi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Hidup bahagia jadi jaminan di masa mendatang kalau kamu punya kekayaan yang sanggup memenuhi kebutuhan kamu hingga masa pensiun nanti. Jangan anggap ini sesuatu yang mustahil lho. Kekayaan kamu bisa bertambah berkat investasi.

Dengan berinvestasi, kamu bisa mendapatkan keuntungan atau return hingga 10 persen lho per tahun. Malah bisa mencapai 20 persen. Keuntungan sebesar itu bisa kamu dapatkan dengan memiliki investasi saham.

Namun, ada yang perlu diingat nih. Investasi saham itu mengandung risiko. Ada yang sampai mengistilahkan investasi saham ini sebagai investasi high risk, high return. Selama kamu melakukan analisis fundamental dan teknikal, keuntungan besar bakal mampir ke kamu.

Baca juga: Buat Ngopi Habiskan Sejuta, Ini Potret Gaya Hidup Milenial Jakarta

Kalau mau aman, kamu bisa berinvestasi di deposito atau obligasi negara. Di deposito kamu bisa dapat bunga per tahunnya hingga 6 persen. Begitu juga dengan obligasi negara.

Dijamin investasi di kedua instrumen tersebut aman. Sebab dana deposito dijamin keamanannya oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS. Sementara dana obligasi negara dijamin pemerintah.

3. Habiskan waktu bersama keluarga

Habiskan waktu bareng keluarga dijamin hidup kamu bakal bahagia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kamu pasti setuju menghabiskan waktu bersama keluarga dapat bikin hidup bahagia. Inilah alasannya kenapa banyak orang memberi saran agar menyediakan waktu luang bersama keluarga.

Dengan uang yang dimiliki, kamu bisa melakukan perjalanan wisata bersama keluarga. Ataupun mengadakan makan malam bersama di restoran.

Pada saat-saat seperti itu, kamu merasakan adanya suasana yang ceria dan hangat. Secara otomatis, kamu pun larut dalam suasana tersebut dan merasakan kebahagiaan.

4. Gunakan uang buat hobi yang kamu senangi

Banyak yang bilang karena menjalani hobi yang disenangi, orang menjadi bahagia. Ini ada benarnya. Hobi dapat membantu seseorang dalam melepaskan kebosanannya. Lagi pula sekarang ini hobi menjadi hal yang tanpa diduga mendatangkan uang.

Kalau kamu senang dengan fotografi, gunakanlah uangmu buat memenuhi hobimu itu. Ketimbang kamu pakai uang demi memuaskan keinginan konsumtif, bukankah lebih baik dipakai buat beli lensa terbaru, bukan?

Gak menutup kemungkinan nantinya hasil fotografi kamu punya daya jual di Shutterstock. Dan bisa jadi keuntungan yang didapat bisa menutupi bujet buat hobimu tersebut.

Udah tahu kan sekarang gimana caranya memanfaatkan uang agar hidup bahagia? Poin besarnya dari ulasan ini adalah selama kamu menggunakan uang dengan benar dan bijak, pastinya hidup kamu bakal bahagia, setuju?

Pasti kamu semua setuju dengan pendapat di atas, wajar aja kok kamu udah kerja keras dari pagi sampai malam, mau gak mau mesti nyenengin diri sendiri. Itu perlu banget, jangan sampai kamu udah kerja dari pagi sampai malam tapi uang habis gak tahu ke mana alias gak jelas.

Ada baiknya kamu bisa lakukan hal-hal di atas agar hidup kamu semakin bahagia dan gak sia-sia lho. Mumpun masih muda, kamu mesti punya kesenangan yang bikin kamu bahagia dan terbayarkan hasil kerja keras selama ini. (Editor: Mahardian Prawira). 

Tags:

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis