Mengenal Yuanta Sekuritas dan Cara Daftarnya

Yuanta Sekuritas

PT Yuanta Sekuritas Indonesia adalah anak perusahaan Yuanta Financial Holding Co., Ltd yang menjadi broker sekuritas dan bank investasi di Indonesia.

PT Yuanta juga sudah menjadi anggota Bursa Efek Indonesia (BEI) dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Perantara dan Pedagang berdasarkan Keputusan Wakil Komisioner Pengawas Pasar Modal II Nomor KEP-8 / PM.2 / 2017 tanggal 22 Februari 2017 dan Surat Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal (SK Ketua Bapepam) KEP-126 / PM / 1992 tanggal 9 Maret 1992.

Selain itu, Yuanta Sekuritas juga terdaftar sebagai Penjamin Emisi berdasarkan Keputusan Wakil Komisioner Pengawas Pasar Modal II (SK Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II) Nomor KEP-7 / PM.2 / 2017 tanggal 22 Februari 2017 dan Surat Keputusan Ketua Ibukota Nomor Badan Pengawas Pasar (SK Ketua Bapepam) Nomor KEP-19 / PM / 1994 tanggal 6 Juli 1994.

Profil Yuanta Sekuritas

Sementara di dunia, nama Yuanta Financial Holding Co, Ltd menjadi salah satu perusahaan jasa keuangan terbesar di Taiwan. Yuanta telah terdaftar di Bursa Efek Taiwan sejak tahun 2002 silam. 

Per Desember 2015 yang lalu saja, grup perusahaan ini memiliki aset senilai USD45 miliar. 

Yuanta Financial Holding telah memiliki beragam produk jasa dan layanan keuangan, seperti perbankan, asuransi jiwa, broker atau sekuritas, modal ventura, hingga manajemen aset. 

Perusahaan ini telah menguasai pasar ekuitas dan berjangka di Asia Utara selama lebih dari 55 tahun. Puncaknya, pada tahun 2013 Yuanta memiliki kantor cabang di wilayah Asia Tenggara. Salah satu kantornya berdiri di Vietnam dan Indonesia. 

Selama 55 tahun perkembangannya, Yuanta telah menjadi penyedia layanan serta solusi di pasar ekuitas dan pasar berjangka di Asia Utara.

Pada 2013, Yuanta Securities telah berkembang di luar Asia Utara, menumbuhkan kehadirannya di Asia Tenggara melalui kantornya di Vietnam dan Indonesia.

Keunggulan Yuanta Sekuritas

Perusahaan sekuritas ini menawarkan beragam keunggulan bagi nasabahnya, salah satunya adalah memberikan akses investasi kepada nasabah tidak hanya di Indonesia saja, melainkan akses investasi di seluruh negara Asia. 

Berikut ini daftar keunggulan yang ditawarkan Yuanta: 

1. Mendapatkan akses ke ekuitas dan derivatif ke seluruh Asia

Yuanta telah memiliki kantor cabang yang tersebar di sebagian negara-negara besar di Asia, selain itu mereka juga memiliki mitra perusahaan-perusahaan terbaik yang ada di negara lain. 

Dengan adanya jaringan ini, memungkinkan nasabah di Indonesia untuk melakukan investasi di bursa-bursa efek atau perusahaan di negara-negara besar di Asia lainnya seperti di China, Korea, dan Taiwan.

2. Proses trading yang cepat 

Yuanta menawarkan tim customer service yang berkompeten dan profesional di bidang investasi saham. Oleh sebabnya mereka bisa membantu nasabah untuk proses pengambilan keputusan dalam berinvestasi secara cepat dan tepat. 

3. Bisa melakukan trading meski saldo kas terbatas 

Yuanta memberikan kesempatan kepada nasabahnya untuk tetap bisa melakukan trading atau beli saham meski saldo di kasnya tidak mencukupi. Layanan ini artinya memberikan pinjaman dana kepada nasabah yang membutuhkan. 

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

4. Mendapatkan informasi seputar pasar saham dari ahli

Yuanta memiliki tim ahli yang siap memberikan hasil-hasil riset terkait kondisi pasar terkini. Informasi tersebut sangat berguna bagi kamu untuk membaca situasi pasar dan sebagai masukkan saat hendak bertransaksi. 

Cara membuka rekening efek di Yuanta Sekuritas

Pembukaan rekening efek di Yuanta Sekuritas terbilang praktis, karena calon investor atau nasabah bisa melakukannya secara online, tanpa harus mengunjungi kantor mereka. Berikut ini cara registrasi buat memiliki rekening efek lewat Yuanta Sekuritas:

1. Masuk ke website resmi Yuanta 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunjungi langsung situs resmi Yuanta Sekuritas di www.yuanta.co.id. Setelah masuk, kamu bisa memilih pilihan ‘Open an Account’ di sudut kanan atas tampilan situs.

2. Mengisi formulir 

Setelah itu, unduh formulir pembukaan yang tersedia di dalam situs, lalu dicetak dan diisi sesuai dengan data diri kamu.

3. Mengirim formulir dan data diri ke kantor pusat

Apabila formulir telah diisi, kamu tinggal mempersiapkan dokumen-dokumen identitas diri yang dibutuhkan seperti KTP, NPWP, dan halaman depan buku tabungan. Kirim formulir beserta dokumen tersebut ke kantor pusat Yuanta Sekuritas.

4. Tunggu email aktivasi 

Setelah proses pengiriman selesai, kamu tinggal menunggu email konfirmasi dari pihak Yuanta. Nantinya nomor akun dana investor dan nomor SID akan terlampir dalam email tersebut. Kamu bisa mulai mengunduh dan install aplikasi trading online dari Yuanta Sekuritas di perangkat komputer. 

5. Login dengan kata sandi yang telah dikirimkan 

Untuk bisa bertransaksi, kamu harus login menggunakan user ID dan kata sandi yang telah dikirimkan. Tapi, untuk mendapatkannya, kamu harus menyerahkan setoran awal terlebih dahulu agar akun bisa digunakan untuk trading

Setoran awal ke Yuanta Sekuritas

Beberapa sekuritas mewajibkan nasabahnya untuk melakukan setoran awal ke rekening efek sebelum bisa melakukan jual beli saham. Setoran awal ini nantinya bisa langsung digunakan oleh nasabah untuk membeli saham yang diinginkan. 

Sayangnya, untuk setoran awal ke rekening Yuanta Sekuritas belum diketahui secara pasti berapa besarannya. Kamu bisa mengetahuinya dengan menghubungi nomor +62 21 515 3608 atau menanyakan via email di alamat [email protected]

Biaya transaksi atau fee Yuanta Sekuritas

Sama halnya dengan perusahaan sekuritas lainnya, Yuanta juga membebankan biaya transaksi atau fee kepada nasabahnya. Biaya beli/jual di Yuanta Sekuritas terbilang flat dan kompetitif. Berikut ini persentase biaya yang ditawarkan atau dibebankan:

  • Biaya pembelian/buy: 0,15 persen
  • Biaya jual/sell: 0,25 persen

Daftar perusahaan sekuritas terbaik lainnya yang terdaftar di OJK

Lifepal telah membuat beberapa ulasan mengenai daftar perusahaan sekuritas lainnya di Indonesia selain Yuanta Sekuritas. Berikut ini daftarnya beserta ulasannya yang bisa kamu jadikan rujukan: 

Pertanyaan seputar Yuanta Sekuritas

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait Yuanta Sekuritas. 

PT Yuanta Sekuritas Indonesia adalah anak perusahaan Yuanta Financial Holding Co., Ltd salah satu perusahaan di bidang jasa keuangan asal Taiwan yang memiliki banyak kantor cabang di negara-negara Asia.

Di Indonesia Yuanta memiliki perusahaan bernama Yuanta Sekuritas Indonesia yang bergerak di bidang broker saham dan manajemen aset.

Yuanta Connect merupakan aplikasi perangkat komputer yang bisa digunakan oleh nasabah untuk melakukan jual beli saham secara online.

Dengan Yuanta Connect, nasabah bisa melakukan transaksi dimanapun dengan bantuan jaringan internet.

Yuanta Connect bisa didapatkan secara gratis melalui situs resmi mereka www.yuanta.co.id.

Melakukan pembukaan rekening efek di Yuanta Sekuritas terbilang mudah, berikut ini tata caranya:

  • Masuk ke situs resminya dan memilih ‘Open an Account’.
  • Mencetak formulir dan mengisinya disertai dengan tanda-tangan basah.
  • Kirim formulir yang telah diisi beserta dokumen-dokumen data diri yang dibutuhkan ke kantor pusat Yuanta.
  • Setelah menerima kode email konfirmasi, nomor Akun Dana Investor, dan Nomor SID (tautan pemasangan akan dilampirkan), selanjutnya unduh dan install aplikasi trading online Yuanta Sekuritas di perangkat komputer.
  • Jika sudah, kamu akan menerima email aktivasi yang berisi kata sandi dan perdagangan PIN setelah melakukan setoran awal. Kamu pun bisa langsung memulai trading.

Biaya transaksi yang dipatok oleh Yuanta terbilang ringan bila dibandingkan dengan sekuritas lainnya. Yuanta membebankan biaya 0,15 persen untuk transaksi beli, dan 0,25 persen untuk transaksi jual.

Itulah seluk beluk tentang Yuanta Sekuritas. Semoga bisa meyakinkan diri kamu untuk berani berinvestasi saham. Selain saham, kamu juga bisa memilih asuransi unit link yang bisa memberikan manfaat ganda, perlindungan jiwa sekaligus manfaat investasi. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →