#TanyaLifepal

Temukan Jawaban Untuk Pertanyaan Keuanganmu

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Ade Wikasyah
Praktisi Keuangan Syariah
Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Perencana Keuangan, fasilitator Financial Planning Class & CFP Preparation Class, Pembicara, Narasumber
Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Galuh Alifani
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Roswitha Jassin, SE, MBA, CFP
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.
Apa perbedaan bank konvensional dan bank syariah, lebih baik mana?
0
1
0
Terjawab
Apakah bisa mengajukan pinjaman di lembaga keuangan bukan bank? Saya Adhi (32), seorang wirausaha sedang mencari tambahan dana untuk usaha, namun tidak melalui bank melainkan pada lembaga keuangan lain. Saat ini, saya sedang membutuhkan kucuran dana untuk modal usaha. Namun, saya masih memiliki tanggungan di bank. Apa yang dimaksud dengan lembaga keuangan bukan bank? Apakah bisa mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan non bank tersebut?
1
1
0
Terjawab
Bagaimana cara efektif untuk mengatur keuangan? Sebagai pekerja swasta yang berstatus single, saya sering mendapat tambahan uang yang cukup banyak dari pekerjaan sampingan. Tapi, entah kenapa selalu habis untuk berbagai keperluan. Karena itu, saya sangat ingin mengetahui bagaimana caranya mengatur keuangan. Saat ini, saya masih membelanjakan keperluan untuk hidup di setiap awal bulan, baru menyisihkan uang untuk tabungan dan investasi ketika ada sisa uang. Cara tersebut tampaknya tak tepat untuk dilakukan karena membuat saya jadi boros. Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara yang efektif untuk mengatur keuangan? Minta masukannya ya. Terima kasih banyak.
0
1
0
Terjawab
Mengapa ekonomi di Indonesia krisis? Bagaimana cara menghadapinya? Saya Wisnu (30), seorang pekerja. Mengapa negara Indonesia bisa mengalami krisis ekonomi? Berdasarkan sumbernya, krisis ekonomi uang terjadi di suatu negara dapat bersumber dari domestik maupun bersumber dari luar negeri. Nah, bagaimana cara kita menghadapinya?
0
1
0
Terjawab
Saya tertarik dengan produk deposito. Apa itu deposito? Dalam ketidakpastian ekonomi seperti sekarang ini, banyak orang menyimpan uangnya dengan investasi di instrumen paling aman. Selain emas, produk investasi yang cukup menarik dilirik adalah deposito. Karena itu, berhubung saya juga masih orang lama yang belum terlalu berani berinvestasi berisiko tinggi, saya lebih tertarik dengan produk deposito. Tapi, saya belum mengetahui betul apa itu deposito? Apa saja jenis-jenisnya yang bisa dipilih? Serta apa saja keuntungan dan kelemahannya?
0
1
0
Terjawab
Bagaimana cara trading saham yang benar untuk seorang pemula? Saham disebut sebagai instrumen investasi dengan return terbaik. Karena itu, saya pun memutuskan untuk berinvestasi saham. Saya juga mendengar dari teman–teman kalau main saham bisa mendatangkan keuntungan ratusan persen dalam sekejap. Itu membuat saya penasaran ingin langsung trading saham. Tapi, sebagai investor pemula saya takut rugi besar. Bagaimana cara trading saham yang benar buat pemula? Apa strategi supaya main saham tidak rugi? Terima kasih.
0
1
0
Terjawab
Saya ingin berinvestasi saham atau obligasi. Apa itu saham dan obligasi? Saya tertarik untuk membeli produk investasi tertentu sebagai pegangan jangka panjang. Tapi, saya masih bingung antara membeli saham atau obligasi. Apa perbedaan investasi saham dan obligasi?
0
1
0
Terjawab
Apa saja proses pengambilan keputusan investasi yang umumnya dilakukan oleh investor?
1
1
0
Terjawab
Sudah 5 tahun kerja, gaji saya sangat kecil, apa saran untuk saya? Sejak lulus kuliah, saya bekerja sebagai marketing di perusahaan kecil di bidang export-import daerah Cikarang. Saya sering menemani bos untuk meeting dengan klien dari China, karena saya bisa bahasa Mandarin. Sudah 5 tahun bekerja, gaji saya ga pernah naik, cuma ada pengesuaian dengan UMR dari waktu ke waktu. Sampai sekarang, gaji saya baru 5jt/ bulan. Saya sudah sempat meminta naik gaji, tapi bos saya merasa keberatan. Saya bingung harus bagaimana, apakah ada saran untuk saya?
0
1
0
Terjawab
Apakah aman berhutang demi membeli rumah dan mobil saat mau nikah? Di tengah persiapan pernikahan, saya diminta untuk juga memikirkan memiliki rumah dan mobil. Banyak orang yang rela berhutang untuk memiliki hunian dan kendaraan roda empat. Namun, saya masih bingung karena tengah fokus mempersiapkan pernikahan. Mengapa sih seseorang rela berhutang demi memiliki rumah atau mobil? Apakah aman kalau saya juga mengajukan hutang untuk properti dan kendaraan di tengah kondisi mempersiapkan pernikahan?
2
1
0
Terjawab
Saya bekerja di perusahaan selama belasan tahun, kapan saya kaya? Saya Lutfi, seorang kepala rumah tangga dengan dua orang anak. Saat ini, saya masih bekerja di perusahaan tekstil selama belasan tahun, tapi saya belum juga kaya. Saya bingung, meski pun sudah bekerja selama belasan tahun tetap saja belum bisa kaya. Kapan seorang pekerja seperti saya bisa kaya? Apa yang harus dilakukan untuk mewujudkannya?
0
1
0
Terjawab
Apa usaha sampingan karyawan yang tepat dijalani saat pandemi? Saya seorang karyawan dengan jam kerja 9-5. Sejak pandemi, saya sampai saat ini masih bekerja dari rumah (WFH). Sehingga membuat saya berpikir untuk menjalani usaha sampingan. Tapi, saya masih bingung apa usaha sampingan karyawan yang tepat saya jalani mengingat saat ini sedang pandemi? Mohon masukannya ya. Terima kasih.
0
0
0
Apa saja rekomendasi investasi emas syariah yang bisa dipilih? Selama ini emas dikenal sebagai investasi yang memproteksi keuangan hingga masa depan. Itu membuat saya tertarik investasi emas. Tapi, saya ingin melakukannya dengan cara yang halal, yaitu investasi emas syariah. Apa saja investasi emas syariah yang bisa dipilih? Dan bagaimana hukum menabung emas secara syariah?
0
0
0
Bagaimana cara membeli rumah second dengan KPR syariah? Saya merupakan nasabah salah satu bank syariah yang sedang mencari rumah second. Namun, saya tidak memiliki cukup biaya untuk membeli rumah secara cash. Karena itu, saya hendak mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR) di bank syariah tempat saya menabung. Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara membeli rumah second dengan KPR syariah? Mohon infonya. Terima kasih banyak.
0
0
0
Apakah aman membeli rumah di perumahan syariah? Saya seorang pekerja yang baru saja berumah tangga. Saat ini kami masih numpang tinggal di rumah mertua, dan saya tertarik membeli rumah di perumahan syariah. Tapi maraknya pemberitaan mengenai pengembang bodong berkedok perumahan syariah membuat saya was-was. Apakah aman membeli rumah di perumahan syariah? Apa perbedaannya dengan jenis perumahan umumnya? Terima kasih atas jawabannya.
0
0
0