Terjawab

Adakah batasan dalam kebebasan berpendapat?

Oktober 2, 2020

Jawaban

Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
0 Komentar

Setiap individu memiliki hak dasar yang termuat dalam konstitusi negara. Kebebasan berpendapat di Indonesia diatur di dalam Pasal 28E Ayat 3 UUD 1945 yang berbunyi “Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.”

Lebih lanjut, di dalam Pasal 28J Ayat 2 UUD 1945 dengan tegas disebutkan bahwa dalam menjalankan hak dan kebebasannya, setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang dengan maksud semata-mata untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak dan kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis.

Bahwa berdasarkan uraian di atas, kebebasan tersebut bukanlah kebebasan yang tanpa batas tetapi kebebasan bersyarat.  Ketika kita dalam melakukan aktivitas apapun akan selalu bersinggungan dengan hak orang lain. Begitu pula dalam penggunaan hak kebebasan menyampaikan pendapat yang harus menghormati harkat dan martabat orang lain.