Terjawab

Adakah investasi yang cocok untuk pelajar berusia 15 tahun?

Oleh : 
Desember 28, 2020

Saya merupakan seorang pelajar yang duduk di bangku SMP dan berusia 15 tahun. Semenjak pandemi, saya memiliki banyak waktu luang sehingga saya terpikirkan untuk investasi. Namun, saya masih belum memiliki KTP. Adakah investasi yang cocok untuk pelajar berusia 15 tahun?

Jawaban

Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.
0 Komentar

Pertama saya ingin mengapresiasi karena jarang sekali orang semuda kamu sudah sadar dan paham pentingnya berinvestasi. Kamu masih duduk di bangku SMP namun sudah paham hal tersebut, sebuah start yang sangat baik.

Semakin muda usia investor, umumnya semakin agresif pula investasi yang dapat dipilih sehingga bisa mendapatkan return yang lebih menarik. Selain itu investor dengan usia muda juga masih memiliki jangka waktu investasi yang panjang sehingga bisa menikmati compound interest lebih lama, sebuah kemewahan yang tidak dimiliki semua orang.

Perhatikan Tujuan dan Profil Risikomu

Namun tentunya dalam berinvestasi kamu perlu memperhatikan tujuan dan profil risikomu. Hal ini agar investasi lebih terarah dan sesuai dengan karakter dirimu.

Titipkan Investasi ke Orang Dewasa yang Kamu Percaya

Sayangnya untuk membuka rekening investasi biasanya minimal dibutuhkan syarat berupa KTP dan rekening tabungan. Jika kamu belum memiliki KTP, agaknya akan sulit untuk membuka rekening investasi atas nama sendiri. Mungkin kamu bisa menitipkan investasi ke orang tua atau orang dewasa lain yang kamu percaya.

Pelajari Investasi Lebih Lanjut

Investasi dengan potensi return paling besar adalah investasi ke diri sendiri. Maka dari itu jangan pernah berhenti untuk mengembangkan potensi dirimu dengan berbagai macam kegiatan. Jika kamu memiliki ketertarikan di bidang investasi mungkin kamu bisa memulainya dari membaca buku-buku populer atau mengikuti online course seputar investasi. Sehingga ketika kamu sudah memiliki rekening investasi, kamu dapat berinvestasi secara lebih terarah. Kamu bisa mencuri start lebih awal.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.