Terjawab

Amankah investasi lewat sukuk?

Oleh : Jenggala Isty
September 13, 2020

Answer

Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
0 Comments

Ketika kita bicara aman atau tidak, maka harus ada perbandingannya. Secara umum investasi di Obligasi tingkat resiko lebih rendah dari Saham. Jika dibandingkan dengan Obligasi Perusahaan maka Obligasi Pemerintah akan lebih aman karena kemampuan Pemerintah dalam membayar kembali pokok dan kupon sudah seharusnya lebih baik dari Perusahaan. Lalu jika dibandingkan sesama Obligasi Pemerintah, misalkan seri FR, maka Sukuk lebih kecil resikonya.

 

Apa yang membuat resiko kecil dari Sukuk adalah: Size dana yang dikumpulkan oleh Pemerintah lebih kecil, Jangka waktu lebih pendek dan penempatan dana yang pastinya digunakan untuk proyek yang cenderung lebih aman. Ditambah Sukuk menggunakan sistem pengelolaan Syariah dimana mempunyai jaminan atas pinjaman pemerintah tersebut. Dan ketika kita berbicara resiko dan tingkat keamanan maka akan paralel dengan tingkat pengembalian investasi, semakin aman maka tingkat pengembalian akan semakin kecil. Kembali lagi tetap harus disesuaikan dengan tujuan investasinya.