Terjawab

Bagaimana cara membayar angsuran yang sudah 1,5 tahun menunggak?

Oleh : mohamad rafi
Desember 26, 2020

Saya memiliki angsuran sisa 3 bulan untuk dibayar. Tetapi sudah hampir setahun lebih saya tidak membayarnya. Bagaimanakah cara saya melunasinya? Apakah saya bisa bayar angsuranya terlebih dahulu dan untuk dendannya menyusul?

Jawaban

Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
0 Komentar

Cara melunasi utang bisa dilakukan dengan berbagai metode sederhana dan harus dijadikan prioritas finansial. Sebab, menunda untuk melunasi angsuran utang itu seperti berdiam diri dalam lumpur hidup. Perlahan tapi pasti akan tenggelam. Karena itu, angsuran utang sebaiknya diselesaikan dan dilunasi, sebab semakin lama menunda untuk bayar, semakin tinggi juga beban bunga yang akan menumpuk. 

Nah, salah satu cara melunasi utang terbaik adalah dengan melunasi pokok dan bunganya terlebih dahulu. Jika ingin mendapatkan keringanan, bisa juga menghubungi pihak bank untuk mengajukan negosiasi pelunasan utang. 

Nantinya dapat diketahui apakah bank memutuskan negosiasi seperti apa yang akan dilakukan, misal stop bunga atau mengizinkan nasabah melunasi pokok utang dengan sistem cicilan, atau cara-cara lainnya. 

6 Cara melunasi utang yang efektif

Selain itu, ada juga cara-cara lainnya yang bisa dilakukan. Berikut ini kami rangkum enam cara melunasi utang yang dapat dilakukan setiap bulannya: 

1. Alokasi anggaran utang menjadi 50 persen

Umumnya ketika buat alokasi anggaran bulanan, pos keuangan utang (jika ada) disarankan sekitar 10 hingga 20 persen dari gaji bulanan. Meski begitu, jika kredit sudah menumpuk, salah satu cara melunasi utang terbaik dan tercepat adalah meningkatkan alokasi anggarannya menjadi 50 persen. 

Artinya, jika pendapatan bulanan berada di angka Rp6 juta, maka sisihkan Rp3 juta untuk pos keuangan utang. Memang sih awalnya akan terasa cukup membenani, tapi cara ini benar-benar efektif untuk melunasi utang dalam waktu cepat. 

2. Gunakan dana darurat untuk lunasi utang

Dana darurat bisa juga bisa jadi solusi sebagai cara melunasi utang yang ideal. Bukannya Dana darurat punya fungsi atau kegunaannya sendiri? Kok malah digunakan untuk melunasi utang? Nah, utang yang menumpuk bisa dijadikan sebagai kebutuhan darurat yang harus segera diselesaikan. 

Alasannya, nilai utang akan terus meningkat mengikuti bunga setiap bulannya. Ketika sudah lunas, jangan lupa buat alokasi anggaran untuk kembalikan dana darurat yang sudah digunakan ya. 

3. Gunakan metode 3R

3R adalah rescheduling, reconditioning, dan restructuring. Metode 3R ini bisa jadi cara melunasi utang yang efektif bahkan telah diatur dalam peraturan pemerintah. 

 

Rescheduling Reconditioning Restructuring
  • perpanjangan waktu pembayaran cicilan 
  • mengubah jumlah setoran pelunasan kredit
  • pembayaran bunga
  • penundaan pelunasan bunga kredit
  • penurunan suku bunga kredit
  • pembebasan atau pengurangan bunga atau pokok utang
  • dikhususkan untuk kredit pinjaman modal 
  • tambahan dana untuk modal usaha dengan harapan keuntungan usaha bertambah

4. Jual barang untuk modal melunasi utang

Kalau jumlah kredit yang harus dilunasi masih terbilang tidak terlalu tinggi, nggak ada salahnya untuk coba jual barang-barang yang sudah jarang terpakai. Sekarang ini sudah ada banyak sekali platform jual barang online yang bisa dimanfaatkan, seperti OLX, Carousell, Prelo, Jualo, dan masih banyak lagi. 

5. Bangun usaha tanpa modal

Cara melunasi utang selanjutnya adalah dengan buat bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan setiap bulannya. Nah, karena objektif-nya untuk melunasi kredit, sebaiknya cara bisnis atau usaha tambahan yang tidak memerlukan modal awal. Salah satunya adalah dengan menjadi dropshipper. 

Dropshipper adalah layanan di mana kita menjadi perantara antara penjual dan pembeli. Tentu saja nanti kita bisa ambil margin dari harga produk tersebut. 

6. Gunakan asuransi kredit

Jika nilai utang cukup tinggi atau biasanya digunakan untuk modal usaha, sebaiknya pertimbangkan memiliki asuransi kredit. Jenis asuransi ini bisa membantu nasabah dalam melunasi utang jika terjadi risiko gagal bayar. Misal perusahaan bangkrut, di PHK, dan risiko tidak terduga lainnya.  Biasanya jenis asuransi kredit ini menjadi syarat pengajuan dalam pinjaman kredit pemilikan rumah (KPR), kredit kendaraan bermotor (KKB), dan kredit dalam jumlah besar lainnya. 

Keuntungan dan Kerugian Utang

Itu tadi enam cara melunasi utang yang bisa dijadikan acuan. Selain mengetahui cara melunasi utang di atas, penting juga untuk dipahami bahwa jika mengetahui cara mengelola yang baik dan efektif, kredit bisa menjadi solusi perputaran finansial yang justru menguntungkan. 

Karena itu, sebaiknya pertimbangkan keuntungan dan kerugian berikut ini:

Keuntungan Kerugian
  • berguna untuk modal usaha
  • memiliki rekam jejak kredit yang baik
  • berguna untuk mengajukan KPR
  • Meningkatkan beban bulanan
  • Dikenakan bunga 
  • Risiko perputaran finansial terganggu

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Ade Wikasyah
Praktisi Keuangan Syariah
Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Galuh Alifani
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Lolita Setyawati, CA, MSIT, CFP®️
Certified Financial Planner
Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Nadia Isnuari Harsya, CFP®
Independent Financial Planner
Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Roswitha Jassin, SE, MBA, CFP
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.