Terjawab

Apa bank syariah yang paling menguntungkan nasabah?

Desember 1, 2020

Saya saat ini tengah mendapatkan pembiayaan dari salah satu bank syariah. Tapi, angsuran yang harus saya bayar malah lebih mahal dibandingkan bank konvensional.

Saya ingin menanyakan apa bank syariah yang paling menguntungkan nasabah? Atau apakah semua bank syariah sama saja? Minta informasinya. Terima kasih.

Jawaban

Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
1 Komentar

Pada KPR Bank Syariah tidak ada perhitungan bunga seperti halnya pada KPR Konvensional. Maka, tidak ada istilah bunga rendah atau bunga murah pada KPR Bank Syariah. Istilah yang dikenal pada KPR Bank Syariah adalah sistem bagi hasil, dimana nilai pembiayaan syariah adalah nilai pembelian unit rumah ditambah margin. Margin yang diambil Bank Syariah ini diberitahukan kepada konsumen saat akad.

Akad yang paling sering digunakan adalah akad Jual Beli (Murobahah). Pada akad ini, harga jual unit rumah sudah ditentukan sejak awal ketika nasabah menandatangani surat perjanjian. Adapun besarnya angsuran perbulan yang harus dibayar nasabah ditentukan dari besarnya margin dan jangka waktu angsuran. Semakin lama masa angsuran, maka akan semakin tinggi pula margin yang harus Anda bayarkan kepada Bank Syariah. Tentunya, hal tersebut terkait dengan risiko untuk bank.

Kenapa Angsuran KPR Bank Syariah Lebih Tinggi dari KPR Bank Konvensional Pada Umumnya?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, adanya margin pada KPR Syariah membuat nilai angsuran Anda tetap hingga masa tenor pinjaman berakhir. Sedangkan pada KPR Konvensional besar angsuran bisa berbeda – beda tergantung bunga saat itu.

Pada tahun – tahun awal KPR Konvensional, Anda akan dikenakan bunga flat yang mana cicilan pada tahap ini biasanya jauh lebih kecil dibandingkan cicilan KPR Syariah. Namun, perlu diketahui juga bahwa bunga flat biasanya hanya berlaku 2 sampai 3 tahun pertama saja, selebihnya akan dikenakan bunga mengambang, yang berubah mengikuti suku bunga Bank Indonesia.

Suku Bunga Bank Indonesia ini bisa berubah – ubah, kadang naik dan kadang turun. Sayangnya, penurunan suku Bunga Bank Indonesia ini sangat jarang terjadi dan langka. Walau pada masa pandemi Suku Bunga Bank Indonesia turun, nasabah tetap perlu meminta penurunan atau penyesuaian suku bunga dan belum tentu hal ini dikabulkan oleh Bank Konvensional tempat memperoleh pinjaman.

Hal seperti ini tidak akan kita temui pada KPR Syariah, karena harga unit rumah dan margin keuntungan sudah ditentukan sejak awal saat dilakukan akad. Angsuran setiap bulannya tidak akan berubah dari angsuran pertama hingga lunas. Jadi walau diawal angsuran KPR Syariah terlihat lebih tinggi, setelah tahun 3, bisa jadi angsuran di bank konvensional lebih tinggi dari angsuran di Bank Syariah.

Pilihan untuk KPR tanpa Bank Syariah atau biasa disebut dengan Tunai Bertahap kepada Developer juga dapat menjadi pilihan untuk nasabah yang ingin memiliki rumah dengan cara mencicil yang sesuai dengan syariat. Tentunya dengan memastikan Developer Rumah yang dipilih adalah Developer yang terpercaya.

Makasih inpormasinya,bermnftErna restiana

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.