Terjawab

Apa fungsi asuransi untuk kehidupan?

Oktober 26, 2020

Jawaban

Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
0 Komentar

Eksistensi asuransi sering kali disalahpahami sebagai bentuk pengeluaran yang tidak diperlukan alias pemborosan. Salah satu penyebabnya adalah citra asuransi yang terkesan mudah dibeli tapi sulit diproses saat ada klaim. Nyatanya tidak demikian.

Apa Fungsi Asuransi?

Asuransi berfungsi memberikan perlindungan finansial bila terjadi musibah yang tidak diduga dari risiko baik alami maupun bukan alami. Asuransi juga mengandung fungsi tabungan untuk kebutuhan masa depan sesuai dengan horison waktu yang ditentukan, yaitu apakah jangka pendek, menengah, atau panjang.

Selain itu, asuransi dapat berfungsi sebagai pengganti pendapatan bila seseorang mengalami kecelakaan sehingga tidak bisa beraktivitas secara ekonomis. Selain dari itu juga, asuransi berfungsi sebagai instrumen investasi.

Apa Saja Produk Asuransi yang Bisa Dibeli?

Ada berbagai produk asuransi yang fungsi dasarnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, antara lain:

  • Asuransi jiwa: Melindungi penghasilan nasabah jika mengalami risiko kehilangan pekerjaan.
  • Asuransi kesehatan: Menanggung biaya berobat di klinik atau rumah sakit.
  • Asuransi properti: Melindungi rumah, tempat usaha, dan aset perusahaan.
  • Asuransi kendaraan: Menjamin ganti rugi atas kerusakan pada mobil/motor pribadi.

Apa Fungsi Pengajuan Klaim Asuransi?

Klaim asuransi diajukan jika nasabah mengalami suatu musibah yang menyebabkan dirinya mengalami kerugian.
Pada penerapannya, pengajuan klaim asuransi akan diproses dan diperiksa terlebih dahulu oleh perusahaan asuransi. Jika memang musibah atau kejadian yang menimpa nasabah sesuai dengan isi kesepakatan pertanggungan di dalam polis asuransi, maka nasabah akan mendapatkan ganti rugi.

Tapi jika ternyata melibatkan faktor-faktor yang berada di luar ketentuan yang disepakati, maka klaim asuransi akan ditolak dan nasabah tidak mendapatkan ganti rugi.

Inilah awalan bermunculannya kesalahpahaman bahwa perusahaan asuransi selalu berupaya menghindar dari kewajiban memberi ganti rugi dengan cara menolak pengajuan klaim asuransi. Nyatanya, hanya karena sebuah produk asuransi dikatakan dapat menanggung biaya berobat di rumah sakit, namun tidak semua penyakit bisa ditanggung. Hal inilah yang sepatutnya dipahami.

Untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman yang berujung kepada penolakan klaim asuransi, sebaiknya calon nasabah berkonsultasi terlebih dahulu kepada agen atau broker asuransi yang terpercaya. Lifepal sebagai broker asuransi online terdepan di Indonesia menawarkan jasa konsultasi keuangan yang telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia. Konsultasikan kendala kamu di Lifepal dan dapatkan rekomendasi yang paling pas dengan kebutuhanmu.