Terjawab

Apa investasi yang tepat untuk biaya pendidikan dalam jangka waktu 2 tahun dan modal awal Rp2 juta-Rp3 juta?

Oleh : Ika Jumantara
September 28, 2020

Jawaban

Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.
0 Komentar

Pilihan instrumen investasi yang sesuai bisa berbeda untuk setiap orang, karena kondisi masing-masing orang berbeda antara satu dengan lainnya. Dalam kasusmu jangka waktu investasi cukup pendek dan tujuan investasinya untuk hal yang tidak bisa ditunda. Ada baiknya untuk berinvestasi di instrumen dengan risiko rendah, sehingga rencana pendidikan dalam 2 tahun dapat terlaksana dengan baik. Tidak perlu mengambil risiko investasi yang berlebih hanya karena greed sehingga mempertaruhkan rencana pendidikan tersebut.

Ada beberapa instrumen investasi dengan risiko cukup rendah untuk jangka waktu 2 tahun dengan modal awal Rp 2 – 3 juta saja, yaitu:

Deposito

Deposito memiliki beragam opsi waktu mulai dari 1, 3, 6, 12, sampai 24 bulan. Ada fasilitas perpanjangan secara otomatis menggunakan sistem ARO (Automatic Roll Over). Sudah cukup banyak Bank yang menawarkan fasilitas deposito secara online. Tingkat imbal hasil deposito umumnya sekitar 5% per tahun. Sedangkan biaya awalnya sangat beragam, namun sudah banyak Bank yang menawarkan produk Deposito dengan biaya awal yang terjangkau.

Reksa Dana Pasar Uang

Reksa Dana yang portofolionya dialokasikan ke produk-produk pasar uang seperti deposito, SBI, dan lainnya. Tingkat imbal hasil bisa berbeda pada setiap reksa dana, ada yang hingga 7% per tahun. Cari informasi lebih detail seperti isi portofolio, return historis, fee, dan lainnya dengan membaca dokumen prospektus dan fund fact sheet-nya. Biaya awal cukup terjangkau, mulai dari Rp100.000 saja. Sudah banyak agen penjual reksa dana online, yang memudahkan transaksi reksa dana.