Terjawab

Apa jenis asuransi jiwa murni yang bagus?

November 23, 2020

Jawaban

Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
0 Komentar

Kalau mau cari yang preminya terjangkau bisa pilih polis Simas Jiwa Siji Guard 4. Dengan mulai Rp120 ribu per bulan, kamu bisa mendapatkan santunan meninggal dunia hingga Rp500 juta. Polisnya juga bisa diperpanjang hingga nasabah usia 69 tahun. 

Atau kalau mau nilai santunan yang lebih tinggi, bisa pilih Manulife Essential Assurance dengan premi mulai dari Rp475 ribu per bulan untuk santunan meninggal dunia hingga Rp2,5 miliar!

Kamu bisa mempelajari soal produk asuransi jiwa pada laman https://lifepal.co.id/asuransi/jiwa/

Pilihan Produk Asuransi Jiwa Lainnya

Sebagai referensi pilihan lainnya, kamu bisa dapatkan produk perlindungan dari asuransi jiwa dari beberapa perusahaan asuransi berikut.

Kalau kamu lebih tertarik untuk mendapatkan manfaat asuransi jiwa syariah, lebih baik pilih asuransi jiwa dari Takaful Keluarga.

Tips Memilih Asuransi Jiwa Murni yang Tepat

Tentu yang menjadi patokan kita saat menimbang manfaat asuransi jiwa murni adalah besaran santunan tunai yang didapat berbanding dengan premi asuransi yang perlu dibayar. 

Idealnya yang kita harapkan adalah semakin banyak pertanggungan dan semakin murah premi asuransinya. Namun tidak cuma dua poin itu saja, ada beberapa poin lain yang wajib kita jadikan pertimbangan juga.

1. Tentukan apa yang Menjadi Kebutuhanmu dan Kesanggupan Finansialmu

Tujuan dari perlindungan asuransi jiwa murni adalah memberikan santunan tunai kepada ahli waris kita. Tentukan siapa saja yang kamu tunjuk dan tidak ada salahnya juga jika kamu ingin membagi-bagi jumlahnya.

Selain itu, tentukan juga berapa lama pertanggungan yang kamu inginkan, mungkin 10, 20, atau 30 tahun? Lalu diskusikan bersama agen asuransimu terkait berapa santunan tunai yang didapatkan dari premi asuransi tertentu yang kamu bayar pada tiap periode.

2. Lakukan Riset Kecil Terkait Kualitas Perusahaan Asuransi Pilihanmu

Tidak ada salahnya untuk iseng-iseng cek profil dan variasi produk yang dimiliki suatu perusahaan asuransi. Minimal, kamu bisa cek situs resmi mereka dan apa saja penghargaan yang mereka telah raih.

Sebagaimana mereka akan menjadi pengelola keuangan kita nantinya, sekalian saja cek laporan keuangan tahunan mereka. Tentu kita menginginkan jaminan bahwa keuangan mereka sehat, bukan?

Dalam hal ini, kamu bisa cari tahu Risk Based Capital (RBC) dari perusahaan asuransi yang mau dipilih. Sebagai catatan, RBC adalah rasio kesehatan finansial perusahaan asuransi. Biasanya mereka mencantumkan RBC di dalam laporan keuangan tahunan pada situs resmi mereka.

Kesimpulannya, menentukan perusahaan yang menawarkan asuransi jiwa murni terbaik tentu cukup sulit. Lebih baik kita meminta bantuan agen asuransi sebagai penasihat. Namun, kita sendiri pun harus bersikap proaktif jika menyangkut kebutuhan pribadi. Mencari informasi sendiri tentu menjadi langkah yang bijaksana.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Ade Wikasyah
Praktisi Keuangan Syariah
Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Galuh Alifani
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Lolita Setyawati, CA, MSIT, CFP®️
Certified Financial Planner
Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Nadia Isnuari Harsya, CFP®
Independent Financial Planner
Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Roswitha Jassin, SE, MBA, CFP
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.