Terjawab

Apa jenis bisnis yang menguntungkan di masa pandemi seperti saat ini

Oleh : Tegar Mataya
Desember 11, 2020

Saya seorang wiraswasta yang sudah beberapa kali berganti lini bisnis, mulai dari makanan, fashion, sampai menjalani bisnis jasa titip (jastip).

Tapi, saat ini saya sudah tak memiliki modal karena sempat tertipu dan bisnis colaps di tengah jalan. Saya kini sedang mencari ide usaha bisnis kecil untuk tetap bekerja di tengah pandemi.

Apa jenis bisnis yang menguntungkan di masa pandemi yang bisa saya jalani? Mengingat saat ini saya hanya punya modal Rp5 juta, kira-kira apa jenis bisnis yang bisa dijalankan? Mohon informasinya. Terima kasih.

Jawaban

Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
0 Komentar

Buat kamu yang berpikir bahwa memulai bisnis butuh banyak modal, ini saya berikan beberapa ide bisnis yang mungkin sesuai dengan talenta yang kamu miliki. 

Dengan kemajuan zaman, banyak kok  pebisnis yang memulai usahanya dengan modal minim, dapat bertumbuh sampai saat ini dan bisnisnya semakin lama semakin besar. 

Berikut ide bisnis untuk kamu yang minim modal :

1. Bisnis Media Sosial

Perkembangan platform social media saat ini bukan lagi hanya untuk bergaul, tapi juga untuk berbisnis. Dengan menjalani bisnis sosial media,kamu tidak perlu mengeluarkan modal banyak. 

Coba lakukan riset kecil-kecilan dulu di awal, kemudian lakukan personal branding di sosial media secara konsisten. Setelah itu tangkap peluang yang ada di luar sana.

2. Bisnis Jasa Editor

Ini adalah bisnis yang dapat kamu tekuni saat punya passion menulis dan mengedit tulisan. Jasa yang dapat kamu tawarkan seperti menjadi penulis lepas di perusahaan atau media, jasa proofreading dan jasa editing. 

Kamu dapat menerapkan tarif sesuai dengan tingkat kesulitan dan kualitas tulisan yang kamu sajikan.

3. Jasa Bimbel

Apabila kamu memiliki pengetahuan lebih dalam bidang akademik, kamu bisa menjadikannya sebagai komoditas bisnis, salah satu caranya dengan menjadi guru les bimbel. 

Guru bimbel tidak memerlukan modal yang besar, kamu cukup sediakan tempat untuk belajar, bisa di rumah atau bisa mendatangi langsung ke kediaman murid kamu. 

Selanjutnya masih banyak deretan ide bisnis yang dapat kamu kembangkan sendiri sesuai talentamu, seperti : Fotografi, Graphic Desainer, Website Developer, Business Planner, Personal Trainer dan Influencer.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.