Terjawab

Apa jenis investasi terbaik untuk dana pensiun?

Oleh : Kamala Calya
September 28, 2020

Jawaban

Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.
0 Komentar

Alokasi instrumen investasi untuk dana pensiun bisa berbeda untuk setiap orang. Tergantung dari beberapa faktor seperti target dana pensiun, usia, profil risiko, dan lainnya. Namun, dalam hal investasi kamu sudah lebih unggul satu langkah karena sudah memiliki tujuan yang jelas yaitu untuk dana pensiun.

Sebelum itu semua, jika kamu seorang karyawan ada baiknya mengkonfirmasikan ke bagian sumber daya manusia apakah perusahaan menawarkan benefit dana pensiun. Dana pensiun dari perusahaan menarik karena umumnya ada skema employer matching dan juga bisa sebagai pengurang pajak karena dikutip sebelum pemotongan pajak.

Jika kamu bukan karyawan atau benefit dana pensiun belum mencukupi target dana pensiun maka ada baiknya juga berinvestasi secara mandiri. Apabila kamu masih muda dan jangka waktu hingga masa pensiun masih lama, kamu relatif dapat mengalokasikannya ke instrumen yang high risk sehingga dapat menikmati return yang lebih menarik. Saham dan reksa dana saham adalah contoh instrumen yang termasuk ke kategori ini

Namun jika jangka waktu hingga masa pensiun sudah tidak terlalu lama, tentu sebaiknya mengalokasikan ke instrumen dengan risiko lebih rendah. Beberapa instrumen yang bisa masuk ke dalam opsi adalah surat utang negara, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana pasar uang, dan lain-lain.

Selama perjalanan menuju target dana pensiun sebaiknya kamu juga melakukan aktivitas manajemen risiko dengan diversifikasi aset dan rebalancing setiap periode tertentu.