Terjawab

Apa jenis investasi yang cocok bagi kepala keluarga single income?

Oleh : Bernard Lo
Desember 28, 2020

Saya berumur 30 tahun, kami keluarga baru, anak sudah berumur 1 tahun. Sumber pendapatan saat ini hanya saya sendiri sebagai kepala keluarga (single income), dengan pekerjaan sebagai karyawan swasta memperoleh gaji bulanan.

Tanggungan saat ini untuk menyicil rumah dan biaya sehari – hari kebutuhan keluarga.

Sebagai orang tua prioritas kami tentu ke pendidikan anak dan sebagai kepala keluarga yang single income saya ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan berinvestasi.

Apa jenis investasi yang sesuai dengan profil saya?

Jawaban

Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.
0 Komentar

Halo. Jika dilihat dari profil, tanggungan kamu cukup banyak. Selain itu ada juga cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Sebelum memulai investasi sebaiknya pastikan dulu kamu sudah memiliki dana darurat yang siap digunakan sewaktu-waktu. Rule of thumb-nya adalah 6-12 kali pengeluaran bulanan.

Coba Mulai Usaha Sampingan atau Freelance

Untuk penghasilan tambahan, mungkin kamu bisa mencoba memulai usaha sampingan atau menawarkan jasa freelance. Usaha sampingan ataupun freelance bisa dimulai secara sederhana melalui online. Kamu seorang karyawan swasta, pasti memiliki skills yang dibutuhkan industri dan bisa ditawarkan untuk pekerjaan freelance di waktu senggang. Selain itu kamu juga memiliki istri yang bisa diajak bekerja sama membangun usaha sampingan.

Rekomendasi Investasi

Karena pendidikan anak adalah yang menjadi prioritasmu, maka saya asumsikan tujuan investasimu adalah untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Anak masuk TK ketika berusia 4-5 tahun, maka kamu masih memiliki jangka waktu investasi kurang lebih 4 tahun. Untuk jangka waktu menengah seperti ini salah satu instrumen investasi yang cocok adalah instrumen pendapatan tetap.

Instrumen pendapatan tetap yang cukup populer adalah Obligasi Ritel Indonesia atau reksa dana pendapatan tetap. Kedua jenis investasi ini bisa dimulai dengan biaya yang cukup rendah. Selain itu untuk memulainya juga bisa lewat agen-agen yang beroperasi secara online, sehingga memudahkanmu saat registrasi awal.

Selamat berinvestasi.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.