Terjawab

Apa jenis investasi yang menguntungkan di tahun 2021?

Oleh : Isthika Tisna
Januari 5, 2021

Saya sudah lama tertarik berinvestasi, tapi baru akan memulai tahun depan. Apa jenis investasi yang menguntungkan di tahun 2021?

Jawaban

Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.
0 Komentar

Dalam investasi risk and return selalu hadir bersamaan. Investasi dengan keuntungan tinggi selalu disertai dengan risiko investasi tinggi. Keuntungan investasi adalah bayaran karena kamu sudah bersedia mengambil risiko. Oleh karena itu kurang bijak jika dalam berinvestasi kita hanya memikirkan sisi keuntungan tanpa memikirkan sisi risikonya.

Hal yang Harus Dipahami dalam Berinvestasi

Dalam berinvestasi sebaiknya kita memahami:

Tujuan Investasi

Setiap orang memiliki tujuan investasi yang berbeda, seperti untuk dana pendidikan anak, dp rumah, dana pensiun, dll. Sebaiknya kamu memiliki tujuan investasi yang jelas dan terukur.

Profil Risiko

Investor yang menginginkan return tinggi harus siap dengan risiko tinggi. Risiko investasi antara lain adalah risiko perubahan harga, risiko pasar, risiko likuiditas, dll. Untuk mengetahui profil risiko, coba tanyakan beberapa hal ini:
1. Apakah kamu bisa mengambil risiko?
Profil seperti umur, jumlah pendapatan, jumlah tanggungan, dll bisa menentukan seberapa besar kemampuan kamu mengambil risiko investasi.
2. Seberapa besar risk appetite kamu?
Orang yang baru mulai investasi umumnya menganggap dirinya memiliki risk appetite yang tinggi. Namun hal ini bisa berubah ketika dihadapkan dengan kerugian investasi.
3. Apakah perlu mengambil risiko?
Untuk apa mengambil risiko tinggi jika tujuan investasimu bisa dicapai dengan instrumen berisiko kecil.

Dalam hal investasi di tahun 2021, ada baiknya coba baca report atau hasil analisis dari beberapa lembaga mengenai outlook economy Indonesia di tahun 2021. Hal ini agar kamu bisa lebih memahami kondisi ekonomi Indonesia dan sektor apa yang akan bangkit.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.