Apa jenis pekerjaan ibu rumah tangga yang bisa menghasilkan uang?

Oktober 20, 2020

Jawaban

Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
0 Komentar
Terima kasih atas pertanyaannya.

Saya selalu tidak bisa menyembunyikan rasa kekaguman saya kepada setiap ibu rumah tangga yang masih ingin bekerja untuk menghasilkan uang. Karena saya paham benar bagaimana sibuknya seorang ibu rumah tangga. Antara mengurus anak, suami, rumah, menu makanan, sebagian juga menjadi supir, mentri keuangan dan lain lain.

Menyadari bahwasanya seorang ibu rumah tangga sendiri memiliki kesibukan yang tidak sedikit bahkan tetap harus bekerja melebihi jam kantor, maka pertanyaan saya adalah berapa banyakkah waktu yang ibu punya untuk mengurus bisnis yang Ibu miliki? Pekerjaan seorang ibu rumah tangga tidak bisa disepelekan karena menyangkut sistem berjalannya sebuah rumah tangga.

Oleh sebab itu saya optimis seorang ibu rumah tangga memiliki kemampuan multi tasking yang tinggi. Namun kalau ingin memiliki penghasilan tambahan, maka harus memiliki extra waktu yang dikorbankan.

Beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga yang menghasilkan uang antara lain adalah:

Menjadi Seorang Blogger

60% sahabat blogger saya adalah ibu rumah tangga. Menjadi blogger sangat bisa menghasilkan penghasilan, namun memang membutuhkan waktu. Reputasi yang dibangun bisa membutuhkan waktu yang lama untuk bisa membuat anda menjadi profesional blogger. Dan ada ilmu yang tidak sedikit dan peralatan yg juga tidak murah untuk menunjang profesi ini kalau memang ingin diseriuskan.

Content Writer

Seorang content writer bisa dibayar mulai dari Rp. 250.000,- sampai Rp.500.000,- Bahkan ada yang lebih murah. Yang lebih mahal juga ada dan banyak, bahkan bisa diberikan beberapa produk untuk diulas sehingga benefit yang diterima juga banyak. Namun, butuh keahlian story telling juga dalam hal ini.

Reseller atau Droshipper

Ada banyak produk makanan yang mencari reseller. Namun hal ini membutuhkan keahlian Anda dalam memasarkan produk juga. Keahlian dalam mengolah konten, membuat foto menjadi menarik, visual story telling, keahlian seo dan lain -lain dibutuhkan di sini agar banyak masyarakat menjadi tahu dan kenal dengan produk yg dimaksud. Dan juga, ada biaya untuk iklan yang harus anda persiapkan, jadi nggak mungkin juga melakukan hal ini tanpa modal.

Ada banyak pekerjaan yang sebenarnya bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Apalagi sekarang banyak ibu pekerja yang harus bekerja dari rumah, sehingga semua ibu menjadi ibu rumah tangga dan ibu pekerja dalam waktu yang bersamaan. Apapun pekerjaan ibu yang ingin dilakukan dari rumah dengan asumsi waktu yang fleksibel, sebenarnya kembali tergantung apa keahlian dan kebisaan ibu ibu. Belum tentu seseorang bisa menulis dengan baik, tapi ia bisa masak. Bisa saja menjadi konten video masak yang disenangi. Karena seseroang yang duduk tidak melakukan apapun selama 2 jam saja bisa memperoleh jutaan view di youtube. Apalagi seorang ibu rumah tangga yang penuh dengan kreativitas.

Kuncinya adalah mengolah kreativitas dan sejauh mana Ibu mau belajar. Jadi dengan kata lain, saya butuh informasi lebih lanjut tentang apa kebisaan Ibu dan bagaimana mengolahnya menjadi pundi pundi rupiah, semua bisa dilakukan.Semua ibu rumah tangga adalah unik dan pastinya ada pengalaman yang bisa dibagikan dan malah menghasilkan uang. Hanya saja hal ini sering tidak disadari akibat seorang ibu rumah tangga terlalu menyepelekan dirinya sendiri sehingga talentanya terkubur.

Agen asuransi, agen property adalah beberapa pilihan menarik lainnya yang bisa dijadikan opsi, kalau memang ibu ingin bekerja dari rumah. Jadi pertanyaan yang sebenarnya adalah sejauh apa dan seingin apa ibu ingin bekerja? Karena kalau ibu berharap bisa bekerja tanpa modal sama sekali, sebaiknya dipikirkan kembali apa risk dan rewardnya.