Terjawab

Apa jenis pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang hasilkan uang?

Oleh : lufi
November 18, 2020
Saya Lufi, ibu rumah tangga dengan dua anak, saya ingin memiliki pendapatan sendiri. Buat seorang ibu rumah tangga, memiliki pendapatan sendiri bisa membantu saat kondisi keuangan kurang baik. Memegang uang sendiri juga bisa membuat saya lebih leluasa melakukan apapun. Karena kondisi itu, apa jenis pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang?

Jawaban

Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
0 Komentar

Banyak alternatif pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah. Terlebih pada masa pandemic seperti saat ini. Apapun sebenarnya bisa kita maksimalkan untuk bisa menjadi uang. Hanya saja semua itu balik ke diri kita sendiri, apakah kita punya hobby atau passion untuk melakukan hal tersebut.

Bisnis Kuliner

Sebagai contoh jika ibu Lufi hobby masak dan memiliki skill yang cukup untuk membuat masakan tertentu, ibu bisa memulai untuk mengembangkan hobby tersebut menjadi sebuah bisnis kuliner. Tinggal ibu mengembangkan cara penjualan, packagingnya, target market dan perhitungan bisnisnya agar tidak salah perhitungan.

Menjadi Dropshipper atau Reseller

Atau jika tidak punya cukup waktu untuk memasak, bisa pilih bisnis yang lebih simple yaitu dropshipping atau reseller. Cari produk yang ibu suka dan banyak permintaan dari konsumen terhadap produk tersebut saat ini, cari tahu apakah produk tersebut membuka jalur dropshipper atau reseller. Dengan cara ini ibu tidak perlu memikirkan produksi produknya, tinggal mencari pasarnya dan cara mendeliverykannya kepada mereka.

Modal uang dan waktu yang ibu keluarkan tidak sebesar dibandingkan jika ibu memproduksi sendiri produk tersebut. Secara keuntungan pasti lebih sedikit, karena spread yang ibu ambil akan sedikit, karena itu yang perlu ditekankan dalam bisnis dropshipper atau reseller adalah kuantitas produk yang terjual. Semakin banyak yang bisa ibu pasarkan maka keuntungan yang ibu dapat akan semakin besar juga.

Sebelumnya pelajari terlebih dahulu produk yang akan ibu tawarkan, pastikan ibu Lufi paham dengan produk tersebut tidak hanya kelebihan tetapi kekurangannya juga. Dan produk apa yang menjadi pesaing dari produk tersebut. Selamat mencoba!